Monday, January 4, 2016

Arab Saudi : “Iran Tak Tahu Malu, Sponsori Terorisme Namun Menuduh Orang Lain Mendukung Tindakan Terorisme”


January 3, 2016
Hubungan Arab Saudi dan Iran memanas pasca dieksekusi matinya seorang ulama Syiah terkemuka, Nimr al-Nimr. Pasca ulama terpandang Iran mengecam eksekusi tersebut, pemerintah Arab Saudi ‘menyerang’ balik dan menyebut Iran tak tahu malu.
Arab Saudi menyebut Iran tak tahu malu karena telah mensponsori terorisme namun menuduh orang lain mendukung tindakan terorisme. Iran juga disebut telah merusak stabilitas regional dengan mengeluarkan statemen yang dapat menimbulkan pertikaian diplomatik.
“Rezim Iran adalah rezim terakhir di dunia yang bisa menuduh orang lain mendukung terorisme, mengingat bahwa (Iran) adalah negara yang mensponsori teror, serta dikutuk oleh PBB dan banyak negara,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dalam pernyataan ke kantor berita resmi SPA, seperti dikutip dari AFP, Minggu (3/1/2016).
“Rezim Iran tidak memiliki rasa malu karena omong kosong tentang masalah-masalah hak asasi manusia, bahkan tahun lalu dieksekusi ratusan warga Iran tanpa dasar hukum yang jelas,” lanjutnya.
Sebelumnya, Wamnelu Iran mengatakan Arab Saudi melakukan tindakan tidak manusiawi terkait dengan dieksekusinya ulama Syiah, Nimr al-Nimr Baqr. “Ini merupakan tindakan tidak manusiawi yang membuktikan impotensi hak asasi manusia dan demokrasi di Arab Saudi. Ini akan memiliki konsekuensi dan komunitas Muslim tidak akan mentolerir kejahatan seperti ini,” kata Ibrahim Rahimpur.
Sumber : Saudi Press Agency