Friday, July 22, 2016

AS Bantai Rakyat (Muslim) Suriah, 160 Warga Tewas!

Peta wilayah Manbij, Suriah utara

Setidaknya 160 warga sipil tewas dalam serangan yang dilakukan oleh jet-jet tempur koalisi AS di Manbij, wilayah utara Suriah yang dikuasai oleh ISIS.
Serangan udara pada hari Selasa (19/07) tersebut menargetkan sekelompok warga sipil yang berusaha melarikan diri dari bentrokan di desa Tukhar, Manbij. Kata sumber-sumber lokal kepada Anadolu Agency.
“Sejumlah keluarga tewas dalam serangan itu,” kata sumber yang enggan disebut namanya itu. Sumber tersebut juga mengatakan bahwa serangan udara juga menyebabkan sedikitnya 100 orang terluka.
Pihak Pentagon mengatakan akan menelusuri laporan tersebut. “Kami akan meninjau informasi yang kami miliki tentang kejadian tersebut, termasuk informasi yang diberikan oleh pihak ketiga,” tulis seorang pejabat Pentagon dalam sebuah email.
“Jika informasi tersebut kredibel, kita akan menentukan langkah yang tepat berikutnya.” imbuhnya.
Sejak Juni lalu, koalisi Kurdi dan Arab yang didukung oleh AS melancarkan serangan untuk merebut kembali Manbij dari kelompok ISIS.
Konflik Suriah sendiri telah berlangsung lebih dari lima tahun. Menurut data PBB, lebih dari seperempat juta orang telah tewas dan lebih dari 10 juta menjadi pengungsi.
Data berbeda disampaikan oleh sebuah LSM Suriah, Syrian Center for Policy Research, yang menyatakan lebih dari 470.000 orang telah tewas dalam konflik yang terjadi sejak 2011 itu.
Reporter : Ibas Fuadi
Sumber : Anadolu
http://www.kiblat.net/2016/07/20/jet-tempur-koalisi-tewaskan-160-warga-sipil-di-suriah/