Thursday, November 5, 2020

Benarkah Sultan Abdul Hamid II Menolak Tawaran Herzl ? Membuktikan Hubungan Utsmani Dengan Zionis Yahudi (2)

Peran Sultan Abdul Hamid II Dalam Penempatan Yahudi di Palestina

Mengapa Turki Segera Mengakui Negara Zionis Israel, Saat Arab Sedang Berperang, Serta Erdogan Mengunjungi Makam Pendiri Zionisme Di Jerusalem ? (bagian pertama)
Hijrah Kaum Yahudi di Masa Daulah Utsmaniyah
(Penempatan Yahudi di Palestina di Masa Daulah Utsmani)
Membuktikan Hubungan Turki Utsmani dengan Gerakan Zionis Yahudi (1)
Turki Utsmani Menjual Palestina


Membuktikan Hubungan Turki Utsmani dengan Gerakan Zionis Yahudi (2)
 
"Sultan Abdul Hamid II dan kemudahan yang diberikan kepada Gerakan Zionisme untuk mengambil alih Palestina."
Pembahasan sejarah kali ini dikhususkan tentang Sultan Daulah Utsmaniyah, Abdul Hamid II yang memberikan kemudahan kepada gerakan Zionisme untuk mengambil alih Palestina.
Meskipun tema ini cukup kontroversial, Dr Sultan Al-Asqhah memastikan bahwa yang disampaikannya tidak keluar dari fakta sejarah dan tidak menyelesihinya.
Menurutnya, tema ini bisa saja mengejutkan beberapa orang, bagi mereka yang mengedepankan perasaan daripada pemikiran yang sehat dalam penelitian dan riset.
Mereka dapat mengatakan, apakah masuk akal bahwa Sultan ini tidak peduli kepada Palestina?
Maka kami katakan kepada mereka; benar, itu sangat masuk akal sekali.
Bukankah sultan ini yang tidak mempedulikan Makkah dan Baitullah Al Haram? Dan yang telah menjadikannya kacau dengan berbagai kejahatan dan perbuatan keji?
Bukankah sultan ini yang mana para jamaah haji pada masanya, berteriak meminta tolong dan merintih ketakutan dari pasukan keamanan dan kekuasaan tentara Turki terhadap mereka?
Maka, muncul pertanyaan, apakah keberadaan Quds dan Masjid Al Aqsa sangat penting bagi Sultan Abdul Hamid seperti Makkah?
Jawabnya, tidak! Dua kota Suci tersebut menurut Sultan Abdul Hamid dan para Sultan Utsmani secara umum, bahkan menurut seluruh pemimpin Turki hingga hari ini:
Sedikitpun tidak akan dapat menyamai Istanbul dan ibukota Turki “yang disucikan.” Dan sejarah menjadi bukti terhadap hal itu.
Dulu beredar informasi yang dimanipulasi (hoax), mengatakan bahwa Sultan Abdul Hamid, dialah yang melindungi Palestina dari Yahudi yang akan mendudukinya.
Dan dialah yang telah membayar harga tersebut dengan singgahsananya, untuk melawan gerakan Zionisme dari pengambilalihan Palestina.
Omongan manis yang masyhur ketika itu mengatakan bahwa Sultan Abdul Hamid mengatakan:
‘Sesungguhnya tanah ini”, yaitu Palestina “bukanlah milikku sendiri, akan tetapi milik seluruh umat Muslim, dan aku tidak akan memisahkannya walau satu jengkalpun.”
Ini semua perkataan manis yang dibuat-buat oleh Ikhwanul Muslimin, dan yang dibuat-buat oleh para pengikutnya, yang tidak melakukan penelitian ilmiah, meski hanya satu persen.
Menurut Dr. Sultan, Perkataan tersebut tidak pernah ditemukan di dokumen sejarah manapun, kecuali dari orang-orang “hizby” yang disebutkan di atas.
Berikut penjelasan terkait tema di atas, dalam halaqah terakhir terkait pembuktian hubungan Turki Utsmani dengan Zionis Yahudi:
Peran Sultan Abdul Hamid II Dalam Penempatan Yahudi di Palestina

Abdul Hamid II Dan Al-Quds, Apakah Sultan Benar-Benar 

Menolak Tawaran Herzl ? (3)


“Beritahu temanmu Herzl bahwa aku tidak dapat menjual bahkan satu kaki negara ini karena itu bukan milikku tetapi milik rakyatku ... Rakyatku telah memperoleh tanah ini dengan berperang dan dengan darah mereka dan mereka telah memberinya makan dengan darah mereka sendiri, dan kami akan menutupinya dengan darah kami sendiri sebelum kami mengizinkan siapa pun untuk memperkosanya dari kami .. sehingga orang-orang Yahudi dapat menyelamatkan miliaran mereka.  Jika kerajaan saya terpecah, mereka mungkin mendapatkan Palestina tanpa bayaran, tetapi hanya akan terbagi atas mayat kami.  Saya tidak akan menerima otopsi kami saat kami masih hidup. "
Ungkapan yang kuat dan fasih ini, yang dikatakan oleh Sultan Abdul Hamid II sebagai tanggapan atas tawaran yang dibuat oleh Theodore Herzl, bapak spiritual dari gerakan Zionis, dan masih diucapkan oleh kaum Islamis di Turki serta di dunia Arab, mereka memanggilnya sebagai belas kasihan pada Abdul Hamid yang berdiri sendiri di hadapan ambisi orang Yahudi di Palestina.  Impian mereka baru terwujud setelah penggulingannya dari tahta Ottoman.
Tetapi bagaimana jika ada versi lain dari Sultan Ottoman yang menolak tawaran Herzl ?!
Sebuah cerita yang kita ketahui bahwa kata-kata berapi-api itu, yang ditolak dengan antusias oleh Abdel Hamid, bukanlah akhir yang solid untuk masalah negosiasi itu sendiri, melainkan Sultan mengatakannya kepada teman Yahudinya, Count Philip Newlensky untuk mengirimkannya ke Herzl, setelah kunjungan pertama yang terakhir ke Istanbul pada 19 Juni 1896. Kemudian, sebelum bernegosiasi langsung - atau melalui mediator - dengan pemimpin Zionis empat kali berturut-turut, di mana Sultan menerima bahwa Palestina akan menjadi bagian dari perundingan besar dengan Herzl.
Fadwa Nuseirat mengatakan dalam bukunya, "The Role of Sultan Abdul Hamid II in Facilitating Zionist Control of Palestine": "Kontak antara Herzl dan Sultan Abdul Hamid II diperpanjang selama enam tahun, di mana keduanya tidak saling memotong rambut, seperti yang diketahui Herzl bahwa mendapatkan janji di Palestina  Dari Abdul Hamid, dia tidak ditandingi oleh janji lain, dan godaannya adalah dengan uang satu-satunya alatnya, dan untuk memenangkan Abdul Hamid ke kelasnya, dia melakukan lima perjalanan ke Istanbul antara tahun 1896 dan 1902, dua di antaranya atas biaya Sultan Abdul Hamid.
Dia melanjutkan: "Herzl memulai negosiasinya dengan Sultan Abdul Hamid II melalui orang-orang Sultan dan rekan dekatnya, seperti Pangeran Philip Newlensky, yang digambarkan sebagai pusat rahasia Sultan Abdul Hamid, dan Samuel Montagu, bankir Yahudi Inggris.  Negosiasi dimulai dari janji untuk membayar hutang negara Utsmaniyah dan menghidupkan kembali ekonominya dengan mendorong orang-orang Yahudi kaya untuk melakukan kegiatan ekonomi untuk kepentingan negara Utsmaniyah, dengan imbalan mendapatkan dekrit yang disertifikasi oleh Sultan yang mengizinkannya untuk memiliki tanah Palestina dan dengan pengakuan internasional atas hak tersebut.
Penerimaan Abdelhamid atas prinsip negosiasi dari fondasinya mengejutkan.  Pria itu mengenal buku Herzl "The Jewish State" sebelum pemimpin Zionis itu mengungkapkan keinginannya untuk datang ke ibukota Ottoman.  Konsekuensinya, dia seharusnya menutup pintu negosiasi di hadapan Herzl sejak awal, karena dia tidak perlu melakukan negosiasi jangka panjang yang akan berlangsung selama enam tahun untuk mengungkap tujuan sebenarnya dari Zionisme global.
Bagaimanapun, kunjungan pertama Herzl ke Istanbul adalah pada tanggal 18 Juni 1896, di mana Ibn al-Sadr bertemu dengan Grand Javid Bey dan menyampaikan tawarannya berdasarkan penawaran 20 juta Ottoman Lira untuk membebaskan Kekaisaran Ottoman dari hutang publik yang dimilikinya untuk kepentingan negara-negara Eropa, termasuk dua juta untuk Palestina, dan  18 juta untuk membebaskan Kekaisaran Ottoman dari ketergantungan finansial pada Eropa.  Ini sebagai imbalan atas dikeluarkannya keputusan Sultan Ottoman yang mengizinkan orang-orang Yahudi mendirikan negara mereka di Palestina.
Abdelhamid menanggapi tawaran itu dengan syarat yang akan terus mengatur semua negosiasi berikutnya antara dia dan Herzl.  Terkait dengan persetujuannya terhadap imigrasi orang Yahudi ke Palestina, asalkan mereka tidak mendirikan rumah nasional bagi mereka yang terpisah dari Kekaisaran Ottoman, melainkan sebagai bagian dari yang terakhir.  Sultan juga menuntut, Herzl, melalui mediator, untuk mendukung posisi Ottoman di Eropa di halaman-halaman surat kabar Yahudi, terutama tentang masalah orang-orang Armenia, yang terhadap siapa Sultan merencanakan pembantaian pada waktu itu di kota-kota dan desa-desa di Anatolia timur.
Herzl menerima dukungan dari Ottoman di Eropa, tetapi dia menolak masalah imigran Zionis yang mendapatkan kewarganegaraan Ottoman, dan dia lebih suka mendirikan tanah air merdeka untuk mereka di Palestina tanpa otoritas atas Turki.  Disusul dengan tanggapan Abdel Hamid Al-Hassim yang sebelumnya disampaikan pada pembukaan laporan tersebut.
Namun tanggapan ini disusul beberapa hari kemudian, tepatnya pada 26 Juni 1896, Sultan Abdul Hamid setuju untuk bertemu dengan Herzl (cepat atau lambat) tanpa menyebutkan tanggalnya.  Dan lagi, Abdul Hamid mengulangi permintaannya melalui teman mediatornya, Newlensky, ketika Kekaisaran Ottoman menerima imigrasi orang Yahudi ke sana dengan syarat mereka tidak tinggal bersama, dan bahwa mereka dibubarkan di tempat-tempat yang sesuai yang ditentukan untuk mereka oleh pemerintah Ottoman sendiri.  Ini sebagai imbalan untuk Herzl menggunakan pengaruhnya untuk mempengaruhi surat kabar Eropa untuk berbicara tentang Ottoman tentang masalah Armenia.  Untuk kedua kalinya, Herzl menerima dukungan dari posisi Ottoman. Dia bahkan pergi ke London dan bertemu dengan salah satu pemimpin Komite Revolusi Armenia dalam upaya membujuknya untuk menyelesaikan perselisihan mereka dengan Sublime Porte, tetapi pemimpin Armenia itu menolak.
Sultan juga memberi tahu temannya Newlensky bahwa, karena kesulitan keuangannya, dia siap untuk bernegosiasi dengan Herzl dengan imbalan 20 juta, dan dengan mencicil, dan menurut apa yang mereka sampaikan, dia akan membahas imigrasi Yahudi ke Palestina, sementara kompensasi finansial untuk negara Yahudi akan dibahas nanti.
Demikian berakhirlah kunjungan pertama Herzl ke Istanbul.  Setelah itu, ia sempat menyelenggarakan Kongres Zionis Pertama antara 29 Agustus hingga 1 September 1897, di hadapan 240 delegasi yang mewakili masyarakat Zionis dari seluruh dunia.  Konferensi tersebut menyatakan bahwa tujuan Zionisme adalah "untuk menciptakan tanah air bagi orang-orang Yahudi di Palestina."  Dia juga secara resmi mendeklarasikan berdirinya Organisasi Zionis Dunia, dan Herzl terpilih sebagai presidennya.
Kementerian Luar Negeri Utsmaniyah dengan hati-hati mengikuti rincian Kongres Zionis Pertama, dan mengirimkan laporan yang memadai tentang hasil konferensi tersebut kepada Sultan Abdul Hamid.  Pada tahun 1898, Duta Besar Ottoman di London, Antonio Paul Pasha, mengirim laporan kepada Astana di mana dia memperingatkan tentang peningkatan jumlah koloni Zionis di Palestina, menekankan bahwa para pemukim ini tidak akan menerima hidup di bawah negara Ottoman dan keputusannya, tetapi sebaliknya, dan seperti yang mereka umumkan pada konferensi pertama, mereka ingin hidup.  Di bawah perlindungan internasional dan bentuk independen dari Kekaisaran Ottoman.
Pada tahun 1898, duta besar Ottoman untuk Washington, Ali Farah Bey, menulis kepada Sultan mengatakan: "Waktunya telah tiba untuk mencegah orang Yahudi memasuki Palestina, dan untuk itu tindakan yang lebih tegas harus diambil." Dan dia mengatakan kepada Sultan bahwa saat mengunjungi Yerusalem dia melihat orang-orang Yahudi kaya dan kendali mereka atas kota, di  Ketika Muslim miskin, dan jika kita tidak menghentikan aktivitas pemukiman mereka, mereka akan memiliki kendali penuh atas kota.
Pada tahun 1903, dia memperingatkan duta besar Ottoman di Berlin, dan menuntut agar Zionis dilarang membeli tanah di Palestina, karena dia tahu bahwa tujuannya adalah untuk mendirikan negara bagi orang-orang Yahudi di Palestina.
Meskipun Abd al-Hamid mengetahui semua ini, dia menerima negosiasi dengan Herzl.  Memang, imigrasi Yahudi ke Palestina, dan operasi pemukiman Zionis di sana, paling intens selama waktu itu.  Seperti yang dikatakan Fadwa Nuseirat: "Antara tahun 1898 dan 1899, makelar Yahudi menjelajahi wilayah Marj Ayoun Palestina untuk memperoleh (membeli) properti."
Setelah itu, Herzl berusaha memanfaatkan hubungan yang sangat baik antara Kaiser Glium II dan Sultan Abdul Hamid untuk menekan Sultan Abdul Hamid dan meminta persetujuannya atas proyek Zionis di Palestina.  Dalam kunjungannya ke Timur pada tahun 1898, Herzl bertemu Tsar di Istanbul pada tanggal 18 Oktober 1898, dan menjelaskan kepadanya tentang kondisi kaum Yahudi di dunia dan aspirasi mereka untuk mencapai imigrasi ke Palestina dan proyek-proyek ekonomi yang ingin mereka lakukan ketika menetap di tanah Arab.  Kaiser menunjukkan simpati penuh atas tuntutan Herzl.  Kemudian dia bertemu dengannya lagi di Yerusalem, dan dia memberikan pidato di tangannya di tendanya pada bulan November 1898.
Di sini, Fadwa Nuseirat bertanya: “Mengapa Kekaisaran Ottoman mengizinkan Herzl untuk kegiatan ini selama kunjungan Kaiser Jerman ke Palestina?  Dan dalam kapasitas apa dia menyampaikan pidato di hadapan Tsar di Yerusalem?  Bukankah lebih tepat bagi Sultan Abdul Hamid untuk mencegah Herzl memasuki tanah Palestina? "  Mengomentari kunjungannya ke Palestina, Herzl sendiri menulis: "Jika pemerintah Utsmaniyah memiliki pandangan ke depan untuk mengakhiri kegiatan dan gerakan saya, masalahnya sederhana, karena saya seharusnya diusir dari negara itu."
Akan tetapi, pada akhirnya, Tsar gagal mencapai mediasi dengan Sultan Ottoman, yang mendorong Herzl untuk mencari suaka di Inggris dan mengadakan Kongres Zionis Keempat di London pada tahun 1900. Setelah konferensi, Herzl meminta Vampir orientalis Hongaria untuk mengatur pertemuan dengannya dengan Sultan Abdulhamid II di Istanbul.  Memang, Herzl bertemu Sultan pada 18 Mei 1901.
Dalam pertemuan tersebut, Herzl menawarkan kembali kepada Sultan untuk melunasi hutang Kesultanan Utsmaniyah dengan imbalan mengizinkan Zionis untuk mendirikan rumah nasional bagi mereka di Palestina.  Sultan, pada gilirannya, meminta aplikasi baru terkait pencalonan Herzl untuk orang yang kompeten untuk mengawasi ekstraksi sumber daya mineral yang belum dimanfaatkan di Kekaisaran Ottoman dari besi, emas, minyak dan perak.  Pembicaraan berlangsung selama lebih dari dua jam, diakhiri dengan permintaan izin hijrah dari Herzl untuk kepentingan orang Yahudi dan presentasi rinci tentang keuangan negara Ottoman, dan Sultan berjanji untuk menyediakan semua itu.  Usai pertemuan, Herzl mendapat hadiah dari Sultan berupa pulpen dan cincin, sebagai ungkapan persahabatan.
Herzl kembali ke Eropa dengan optimis, dan pada bulan-bulan berikutnya mulai bernegosiasi dengan Sultan melalui pertukaran surat.  Dalam surat-surat tersebut, Abd al-Hamid meminta 4 juta poundsterling untuk melunasi hutang Utsmaniyah, sedangkan Herzl meminta imbalan janji dan jaminan dari Sultan bahwa arus imigrasi Yahudi akan terus berlanjut.  Sultan setuju, tetapi ia menetapkan syarat-syarat yang berkaitan dengan keharusan para imigran untuk memperoleh kewarganegaraan Ottoman dan menjalankan dinas militer.
Pada Februari 1902, Herzl melakukan perjalanan ke Istanbul lagi dan bertemu dengan dua orang sultan: Izzat Bey dan Ibrahim Bey.  Dia memberitahunya tentang persetujuan Sultan atas imigrasi orang Yahudi ke Anatolia dan Mesopotamia, dengan syarat mereka memperoleh kewarganegaraan Ottoman.  Akibatnya, Sultan menolak imigrasi ke Palestina secara langsung, yang ditolak Herzl dan mengancam akan meninggalkan Istanbul.  Sultan menanggapi dengan ketakutannya bahwa persetujuan eksplisitnya akan menyebabkan kemarahan rakyat Muslimnya.  Jawaban akhir dari Abd al-Hamid atas permintaan Herzl datang dalam bentuk nasehat kepada Zionis: Masuki negara ini sebagai pria kaya dan berteman .. Setelah itu, Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan.  Tapi Herzl menolak lagi, karena sejak awal dia membutuhkan janji resmi Ottoman untuk mengizinkan orang Yahudi masuk ke Palestina, dan tidak terikat oleh ikatan yang mengikat Zionisme dengan hubungan dengan Ottoman.
Kemudian datanglah kunjungan terakhir Herzl ke Istanbul pada akhir Juli 1902, dan Sultan Abdul Hamid II menanggapinya melalui sekretaris pertamanya, Tahsin Bey, dengan istilah yang sama.  Alhasil, penolakan Herzl tidak berubah.  Ini diikuti dengan kematian Herzl sendiri pada bulan Mei 1904, dan kemudian Abd al-Hamid II menurunkan dirinya dari tahta di tangan para pemimpin muda Turki, dan negosiasi di antara mereka berakhir tanpa hasil.  Tetapi penerimaan Abd al-Hamid atas prinsip negosiasi dari awal dan selama enam tahun berturut-turut (1896-1902), memainkan peran yang menentukan dalam memfasilitasi imigrasi Yahudi ke Palestina, karena sebelum yang terakhir, Sultan adalah tempat tawar-menawar dengan Herzl.  Sama seperti kebutuhan Abdel Hamid akan pebisnis kaya seperti Edmund de Rothschild mengarah pada keputusan pemberian terakhir yang memberinya wewenang untuk mendirikan pemukiman bagi imigran Yahudi di tanah Palestina, yang menjadi inti dari Negara Israel.


Abdel-Hamid II Dan Al-Quds, Bagaimana Rothschild Membantu 
Menyelesaikan Zionis Di Palestina ? (2)

Apakah Sultan Abdul Hamid II benar-benar menolak imigrasi orang Yahudi ke Palestina dan menetap di sana?! ... Mari kita tinggalkan tanggapan terhadap sejarah permukiman Zionis di Palestina sebelum era Abd al-Hamid, dan kemudian akibatnya pada saat ia digulingkan dari tahta pada tahun 1908.

Gerakan pemukiman Zionis di Palestina terutama dikaitkan dengan imigrasi Yahudi baru-baru ini sejak pertengahan abad kesembilan belas, ketika setiap kelompok imigran Yahudi tiba di tanah Arab, mendirikan pemukiman atau koloni pertanian tertutup bagi mereka untuk memastikan bahwa mereka tidak berhubungan dengan orang Arab.  Dalam kedua kasus tersebut, kasus imigrasi atau keadaan pemukiman, itu adalah keputusan sultan Ottoman yang membuat masalah itu legal dan sah.

Apakah Sultan Abdul Hamid II benar-benar menolak imigrasi orang Yahudi ke Palestina dan menetap di sana?! ... Mari kita tinggalkan tanggapan terhadap sejarah permukiman Zionis di Palestina sebelum era Abd al-Hamid, dan kemudian akibatnya pada saat ia digulingkan dari tahta pada tahun 1908.
Gerakan pemukiman Zionis di Palestina terutama dikaitkan dengan imigrasi Yahudi baru-baru ini sejak pertengahan abad kesembilan belas, ketika setiap kelompok imigran Yahudi tiba di tanah Arab, mendirikan pemukiman atau koloni pertanian tertutup bagi mereka untuk memastikan bahwa mereka tidak berhubungan dengan orang Arab.  Dalam kedua kasus tersebut, kasus imigrasi atau keadaan pemukiman, itu adalah keputusan sultan Ottoman yang membuat masalah itu legal dan sah.
Permukiman Zionis pertama di Palestina dikenal sebagai Mishkenot Shaananim.  Itu didirikan oleh Zionis Inggris yang kaya Musa Montefiore, di mana Abd al-Wahhab al-Messiri mengatakan dalam ensiklopedia tentang Yahudi dan Zionisme: “Montefiore adalah seorang pemimpin komunitas Yahudi di Inggris.  Dia mengambil dari Sultan Abdul Majid the First dekrit hak istimewa yang memungkinkan dia untuk membangun pos terdepan Zionis di mana dia membawa gelombang pertama imigran Eropa Ashkenazi ke Palestina.
Selain Mishkenot Shaananim, Asosiasi Aliansi Zionis Prancis memperoleh firman Ottoman pada tahun 1868, yang menurutnya mereka menyewa 2.600 dunam tanah dari desa Yazur dekat Jaffa selama 99 tahun, dan mendirikan sekolah pertama untuk pendidikan kejuruan bagi orang Yahudi dengan nama McVeigh Israel.  Kemudian ia memperoleh tanah lain dengan membeli langsung di Yerusalem, Haifa, Safad dan Tiberias, untuk mendirikan sekolah untuk mengajar agama Yahudi.
Ada juga kelompok Ksatria Templar.  Ini adalah asosiasi Zionis Kristen dari Jerman yang memperoleh hak istimewa lain setelah Perang Krimea (1853 - 1856) yang memungkinkannya untuk hadir di Palestina.  Al-Misiri berkata tentang kelompok itu: “Itu adalah asosiasi pemukiman Zionis, yang namanya berasal dari kelompok First Knights Templar di Perang Salib .. Dengan pecahnya Perang Krimea, pendirinya, Christoph Hoffman, percaya bahwa sudah waktunya untuk mendirikan Kerajaan Tuhan dan memisahkan Tanah Perjanjian di Palestina dari Kerajaan Ottoman yang runtuh dan menjadikannya rumah  Kepada umat pilihan Tuhan, dalam implementasi janji alkitabiah. "
Pada tahun 1861, kelompok Kuil Jerman menjalin hubungan dekat dengan kelompok Zionis non-Yahudi di Eropa dengan tujuan menjajah Palestina.  Yang paling penting dari mereka, menurut Al-Masiri, “adalah dengan Henri Dotan, pendiri Palang Merah Swiss, yang mendirikan sebuah asosiasi dengan nama (Aksi Internasional untuk Pembaruan Palestina), menyerukan dominasi Kristen melalui penyelesaian damai.  Inilah sebabnya dia meminta duta besar Ottoman di Paris, Jamal Pasha, dan Menteri Berkuasa Penuh Prancis di Istanbul, Monsieur Poret untuk menekan Sublime Porte agar mengizinkan penjajah Jerman dari Asosiasi Kesatria Templar membeli tanah di negara Arab dan menetap di sana.
Pada tahun 1868, Kekaisaran Ottoman menyetujui permintaan Dotan, dan dia melakukan perjalanan dengan Hoffmann ke Palestina dan bertemu dalam perjalanan dengan beberapa diplomat Eropa yang memberi mereka nasihat tentang bagaimana menangani Sublime Porte dan menunjukkan kepada mereka perlunya non-naturalisasi kewarganegaraan Ottoman untuk menikmati perlindungan Eropa seperti yang dilakukan pemukim Zionis setelah mereka.
Salah satu alasan yang mendorong Hoffman dan Dutan untuk memulai proyek permukiman mereka adalah dikeluarkannya undang-undang Ottoman pada tahun 1867, yang memungkinkan orang asing memiliki hak untuk memiliki tanah di semua negara bagian kekaisaran, karena undang-undang ini mencapai penetrasi Zionis sepenuhnya atas tanah Arab, sehingga pemerintah Barat dan orang-orang Yahudi yang kaya, setelah dikeluarkan, mulai membeli tanah.  Di Palestina, dan perpindahan orang Yahudi Ashkenazi ke sana, dan pembentukan pemukiman di sana.
Hofmann tiba di Haifa pada tahun 1868, dan tahun berikutnya memulai operasi konstruksi di koloni Zionis Jerman pertama di Palestina dari laut hingga kaki Gunung Karmel, dan dengan cepat dibuka pada tahun 1870. Ia berkembang hingga populasinya mencapai 750 pada tahun 1914.  Pada tahun 1872, keluarga Zionis Bergheim, yang disponsori oleh Jerman, memperoleh 500 hektar di desa Abu Shusha di Ramle, Palestina, pada tahun 1872.
Era Abdul Hamid
Ini tentang pemukiman Zionis di Palestina sebelum Abdul Hamid naik tahta.  Bagaimana setelah janjinya ke Kesultanan pada tahun 1867 ?!
Bertentangan dengan kepercayaan populer, catatan sejarah mengkonfirmasi kelanjutan imigrasi Yahudi ke Palestina dan pendirian permukiman di seberang itu, terlepas dari ideologi Islam yang dianut Sultan Abdul Hamid.  Pada tahun 1876, Moshe Solomon membeli 3.375 dunum tanah di desa Malabes, Palestina.  Zionis Rusia juga membeli tanah di desa Ayyun Qara al-Arabiya, dan mendirikan pemukiman Rishon LeZion di atasnya, tenggara Jaffa, pada tahun 1882. Di tahun yang sama, mereka mendirikan pemukiman Zichron Ya'qub di atas area seluas 6000 dunam, menggantikan desa Zamarin.
Tahun 1882 juga menjadi saksi ketetapan pertama Sultan Abdul Hamid untuk mencegah imigrasi orang Yahudi ke Palestina.  Namun, keputusan tetap tanpa kekuatan untuk menegakkannya, itulah yang dirujuk Fadwa Nuseirat dalam studinya tentang peran Abdel Hamid II dalam memfasilitasi kontrol Zionis atas Palestina sebagai berikut: “Meskipun ada dekrit larangan dari tahun 1882 hingga 1896, pemerintah Utsmaniyah mengeluarkan banyak keputusan di mana masalah larangan diamandemen.  Hal ini disebabkan munculnya beberapa kesulitan dan kendala yang dihadapi oleh administrator ketika melaksanakan keputusan pelarangan, antara lain mediasi umat Yahudi secara langsung dengan Astana, dan tekanan negara asing untuk menghentikan upaya pencegahan tersebut karena melanggar sistem keistimewaan asing yang memberikan kebebasan bergerak dan bertempat tinggal kepada warganya di provinsi Ottoman.  Inilah yang memaksa pemerintah untuk membuat amandemen yang akan melemahkan kekuatan absolut larangan itu, dan menjaga efektivitas keputusan ini antara pasang surut, dan masuknya orang Yahudi asing tetap bebas meskipun ada larangan, yang untuk warga negara Rusia, Austria, Yunani dan Iran, tetapi tidak termasuk subjek Amerika, Prancis dan Jerman.  Dan Inggris ».
Nusirat menyebutkan contohnya, dengan mengatakan: “Pada tahun 1888, untuk memuaskan negara asing, Sublime Porte menyatakan bahwa Yahudi asing yang tinggal di Palestina dapat membeli tanah sesuai dengan dua kondisi berikut:
Untuk menunjukkan kepada Kantor Pendaftaran Tanah (Tabu) di Yerusalem sertifikat yang dikeluarkan oleh konsulat mereka, yang harus menyatakan kepada administrator yang membuktikan bahwa mereka adalah penduduk yang sah.
Bahwa mereka berjanji untuk tidak mengizinkan orang Yahudi ilegal untuk tinggal di tanah mereka jika berada di perkotaan, atau untuk membangun koloni di sana jika di pedesaan. "
Gubernur (gubernur) Yerusalem, Rauf Pasha, waspada terhadap keseriusan yang sebelumnya, jadi dia mengeluarkan perintah lokal yang melarang penjualan tanah kepada orang-orang Yahudi, bahkan jika mereka adalah rakyat Ottoman, dan dia mulai bekerja untuk menghalangi pembangunan gedung baru di koloni mereka dalam pelaksanaan perintah.  Pada akhir tahun 1892, penjualan tanah pangeran kepada orang-orang Yahudi dan seluruh warga negara asing dilarang.  Tetapi di bawah tekanan dari kekuatan besar, terutama Jerman, keputusan itu dibatalkan pada bulan April 1893, ketika pemerintah Ottoman mengumumkan bahwa larangan tersebut mencakup orang-orang Yahudi yang tinggal di Palestina dengan penduduk non-Prancis saja, dan yang lain diizinkan untuk membeli tanah dengan syarat bahwa mereka tidak dilarang untuk tinggal, dan bahwa tidak ada orang Yahudi yang tinggal di tanah ini selain Romawi.  .
Oleh karena itu, Rauf Pasha kecewa melawan Judaiisasi atas tanah Palestina, dan digantikan oleh agen loyalis seperti Rashid Bey, yang bekerja sama dengan orang-orang dan asosiasi yang bekerja dan membantu membeli tanah untuk orang Yahudi asing dan sarana kerja mereka.  Dia bahkan membenarkan fasilitasi proses penyelesaian Zionis, dengan keuntungan ekonomi yang akan diperoleh dari perbendaharaan Ottoman.
Rothschild
Edmund de Rothschild - pengusaha Zionis yang terkenal - memainkan peran berbahaya dalam membangun pemukiman Yahudi di Palestina selama era Abd al-Hamid.  Fadwa Nuseirat berkata: “Rothschild memiliki beberapa keistimewaan dan hubungan baik dengan Sultan Abdul Hamid II dan dengan pemerintahan Ottoman, dan alasannya adalah bahwa Rothschild Bank di London telah mendapatkan beberapa pinjaman kepada negara Ottoman, yang pada gilirannya mempengaruhi kebijakan Ottoman terhadap Palestina.  Rothschild dan Eliyahu Shaide, direktur koloninya di Palestina, yang merupakan seorang Yahudi Prancis, mendokumentasikan secara dekat hubungan mereka dengan pejabat Ottoman di Istanbul.  Pada setiap kunjungan ke wilayah tersebut, Shayid akan bertemu dengan pejabat Ottoman di Beirut dan Palestina, dan bekerja dengan mereka untuk menghilangkan hambatan yang mencegah pembentukan koloni, dan dia biasa memberikan laporan bulanan kepada negara Ottoman yang menjelaskan pentingnya keberadaan koloni ini.
Keberhasilan Rothschild dalam membangun permukiman Yahudi adalah bukti penting keberhasilan Zionisme dalam menembus embargo Ottoman.  Ia berhasil menempatkan orang Yahudi asing di dalam wilaya Beirut, di Haifa, di desa Zamarin dan sekitarnya, dan di distrik Safad di Sanjak of Acre.  Dan pembentukan 3 permukiman di sana: al-Jaʻuna, Zabid dan Dehair, yang kemudian tersedia untuk Rothschild untuk menampung orang-orang Yahudi yang datang melalui pelabuhan Tirus, Sidon, Haifa dan Jaffa.
Pengusaha Zionis juga berhasil membeli 120 ribu dunum tanah Palestina.  Dia menunjuk agen untuknya di seluruh wilayah Palestina, dengan uang pensiun 5 ribu piaster.  Ia pun menunjuk sejumlah dokter dengan uang pensiun 3000 piaster untuk menjaga kesehatan kaum Yahudi yang tinggal di sana, ia membuka apotek di setiap toko dan mempekerjakan apoteker di sana.  Para ahli dan teknisi Prancis juga dikirim untuk mempelajari kondisi pertanian, ekonomi dan sosial orang Yahudi, dan para ahli ini mulai melatih orang Yahudi dalam prinsip-prinsip pertanian dan membimbing mereka dalam masalah profesional, pendidikan, dan kesehatan.
Rothschild juga mengekstraksi obligasi tapu atas nama para agen, terutama agen seniornya, Eliyahu Shady.  Dan dia bekerja sama dengan sejumlah misionaris dan asisten Inggris dan Amerika, menjual tanah kepada mereka dengan atau tanpa izin untuk membangun kuil, rumah sakit, dan rumah hunian;  Rothschild memiliki perusahaan yang bekerja di bidang pertanian dan dengan uangnya.  Dan dia mendirikan pusat-pusat untuk memberikan kesempatan kerja bagi orang-orang Yahudi di koloninya.
Di dalam permukiman itu sendiri, Rothschild membangun struktur dalam bentuk benteng di distrik Haifa, Tiberias, dan Safed.  Dia memiliki tanah di Horan dan bekerja untuk membeli, melatih, dan mendistribusikan senjata ke desa-desa Yahudi.  Nuseirat berkata: “Dari sini kita melihat bahwa Rothschild menjadi arahan utama dari gerakan kolonial Zionis dalam praktiknya dan berhasil mendapatkan izin dari Kekaisaran Ottoman untuk mendaftarkan semua tanah yang dia miliki atas namanya sendiri, dan jumlah koloninya mencapai 19 koloni.  Diperkirakan bahwa dia menghabiskan sekitar 40 juta franc untuk itu, yang dengannya dia mampu memiliki 275.000 dunum tanah Arab.
Itulah mengapa Abdel-Wahab El-Messiri berkata tentang Rothschild: "Permukiman pertama di Palestina tidak akan bisa berlanjut tanpa bantuannya."  Kemudian pemikir Mesir merujuk pada kontak langsung Rothschild dengan Sultan Abdul Hamid II, dan dia memperoleh izin darinya untuk membeli tanah di Palestina pada akhir tahun 1883 untuk mendirikan sebuah pos terdepan pertanian model "Zionis" untuk akunnya sendiri, dinamai menurut ibunya, dan dia juga mendirikan industri untuk pemukim Zionis seperti kaca dan minyak zaitun.  Dan sejumlah pabrik di Haifa, dan pabrik garam di Atlit ».
Pada tahun 1899, Rothschild mendirikan Asosiasi Pemukiman Yahudi dan memberinya 400.000 franc untuk mendanai dirinya sendiri.  Jumlah permukiman yang ia dirikan di Palestina di bawah pengawasan Ottoman mencapai lebih dari 30 permukiman.  Volume pengeluarannya setelah tahun 1900 mencapai sekitar 7 juta franc, dan dia mengawasi emigrasi Zionis terbesar ke Palestina antara tahun 1882 dan 1903, yang berjumlah 6.500 orang Yahudi.  Sebagai pengakuan atas usahanya, dia dijuluki Abu Al-Yishuv, yang berarti ayah dari pemukim Yahudi.
Pada tahun 1906, orang-orang Yahudi mengambil alih tanah desa Artuf, sebelah barat Yerusalem, untuk membangun pemukiman Ben Shemen.  Pada tahun berikutnya, mereka memperoleh tanah di selatan Ramla untuk mendirikan pemukiman Khalda, dan mendirikan desa pertama di Ain Ghanem pada tahun 1908. Tahun terakhir sama dengan saat Abd al-Hamid II digulingkan dari tahta.
Tampak dari pemaparan sebelumnya bahwa ukuran permukiman Zionis di Palestina menjadi dua kali lipat pada era Abd al-Hamid II bukannya menyusut, dan hal ini secara langsung disebabkan oleh kebijakan kontradiktif Sultan Utsmaniyah, di mana dekrit pelarangan imigrasi Yahudi sejalan dengan dekrit pemberdayaan Zionis dari tanah Palestina.

Abd Al-Hamid II Dan Yerusalem, Bagaimana Al-Othmanli Mengizinkan 
Palestina Untuk Imigran Zionis (1)

Gambaran tentang pembela Yerusalem melawan ambisi Zionis adalah salah satu gambaran mental yang paling melekat pada biografi Sultan Ottoman Abdul Hamid II.  Sejauh ini dianggap sebagai rintangan yang tidak dapat diatasi bagi Zionis untuk mencapai keberhasilan dalam merebut Palestina dari tangan orang-orang Arab, dan hal ini tidak terjadi sampai ia digulingkan dari tahtanya dalam kudeta muda Turki pada tahun 1908.

Laporan berikut, yang akan muncul dalam bentuk trilogi, mencoba membongkar gambaran itu dan menunjukkan sentuhannya dengan realitas sejarah, dengan menghadirkan isu-isu utama dalam hubungan Abdul Hamid II dengan aktivitas Zionis di Timur Tengah: posisinya tentang imigrasi Yahudi ke Palestina, hubungannya dengan pendiri gerakan Zionis Theodore Herzl, dan akhirnya kebijakannya.  Menuju pemukiman Yahudi di tanah Arab.

Emigrasi Zionis

Zionisme didefinisikan, menurut almarhum pemikir Mesir Abd al-Wahhab al-Messiri, sebagai: “Sebuah gerakan dalam formasi Eropa Barat yang memandang Yahudi sebagai surplus manusia yang tidak berguna yang harus ditinggalkan (kembali) dari tanah airnya (tanah pengasingan) ke luar Eropa di belahan dunia mana pun, kemudian diidentifikasi di Palestina.  (Zion atau Artes Israel atau Tanah Israel dalam istilah Zionis), dan mereka akan dipindahkan sampai mereka dipekerjakan dan diubah menjadi elemen pemukiman tempur untuk melayani kepentingan Barat, sebagai imbalan untuk Barat memastikan kelangsungan hidup dan kelangsungannya dalam kerangka negara fungsional.

Kelemahan parah yang melanda Kekaisaran Ottoman selama abad kesembilan belas memainkan peran utama dalam meningkatkan laju nubuatan Zionis.  Hal ini juga menyebabkan kepercayaan para pemimpin Eropa pada kemampuan mereka untuk mendirikan negara Israel, atau "Kerajaan Tuhan" di Palestina, tanpa populasi Muslimnya - secara teknis dan militer terbelakang - menjadi penghalang.

Awalnya dengan Perjanjian London pada tahun 1841, yang diakhiri dengan perang antara Muhammad Ali Pasha, gubernur Mesir dan Kesultanan Ottoman.  Dalam koridor konferensi, lingkaran politik Eropa menyerukan untuk pertama kalinya menggabungkan masalah "Timur", atau masa depan Kekaisaran Ottoman, dengan masalah "Zionis" terkait dengan pembentukan rumah nasional bagi orang Yahudi.

El-Messiri mengatakan: “Pada titik ini (Perjanjian London tahun 1840), ide Zionis mengkristal di antara non-Yahudi, dan berubah menjadi proyek kolonial tertentu .. karena menjadi mungkin untuk menggabungkan pertanyaan Yahudi dengan mitra timurnya, dan memikirkan solusi dengan memindahkan orang Yahudi ke Palestina dan menciptakan basis untuk kolonialisme.  barat".

Proyek Barat menjadi lebih jelas setelah Perang Krimea antara Ottoman dan Tsar Rusia antara 1853 dan 1856, setelah Inggris dan Prancis memberi Sultan Abdul Majid I kemenangan palsu atas Rusia untuk melindungi kepentingan mereka di Timur.  Setelah perang berakhir, saya menyerahkan ke Konferensi Kekuatan Besar di Paris sebuah memorandum tentang pemukiman Yahudi di Palestina.  Untuk membalas budi, Abd al-Majid I membuat konsesi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mendukung kekuatan Barat yang membantunya, melalui konsesi asing yang luas yang mengizinkan pembentukan pemukiman Zionis di tanah Arab.

Permukiman pertama di Palestina disebut "Mishkanot Shaananim", yang didirikan oleh Zionis Inggris yang kaya, Musa Montefiore, yang merupakan pemimpin komunitas Yahudi di Inggris.  Montefiore mengambil dari Abd al-Majid the First dekrit hak istimewa yang memungkinkannya untuk membangun pos terdepan Zionis tempat ia membawa gelombang pertama imigran "Ashkenazi" Eropa ke Palestina.

Imigrasi orang Yahudi ke Palestina terus berlanjut sepanjang era Abd al-Majid I dan penggantinya, Abd al-Aziz.  Dan permukiman Zionis baru dibangun di atas tanah Arab dengan keputusan Ottoman.  Undang-undang Ottoman baru tahun 1867, yang mengizinkan orang asing - untuk pertama kalinya dalam sejarah - hak untuk memiliki tanah di semua negara bagian kekaisaran, adalah faktor utama dalam mendorong pemerintah Barat dan orang Yahudi kaya untuk membeli tanah di Palestina, menggusur orang Yahudi Ashkenazi ke sana, dan membangun permukiman di sana.

Abdel Hamid ... kesadaran yang tidak ada gunanya

Abdul Hamid II mencapai tahta Kekaisaran Ottoman pada tahun 1876, setelah kudeta terhadap saudaranya Murad V.  Terlepas dari pemahamannya tentang masalah imigrasi Yahudi ke Palestina, dan hubungannya dengan proyek kekaisaran yang luas untuk merebut tempat Arab dari negara Utsmaniyah, keputusan Abdel Hamid tentang masalah ini akan ditunda hingga April 1882, ketika peningkatan imigrasi Zionis dari Eropa Timur ke Palestina mendorongnya untuk mengeluh tentang Muslim di Palestina.  Dari dampaknya terhadap kehidupan mereka, hingga tindakan dan pengambilan keputusan

Saat itu, Abd al-Hamid II mengumumkan tidak akan mengizinkan imigran Yahudi menetap di Palestina.  Sebaliknya, mereka dapat berimigrasi ke provinsi Ottoman lainnya, dan menetap di sana sesuka mereka, asalkan mereka menjadi rakyat Ottoman, dan mereka menerima keputusan negara Ottoman tentang mereka.

Fadwa Nuseirat mengatakan dalam bukunya “The Role of Sultan Abdul Hamid II in Facilitating the Zionist Control of Palestine”: “Menurut ketetapan ini, mereka (yaitu, kaum Yahudi) dapat diberikan tanah pemerintah yang dibebaskan dari biaya, dan mereka juga dibebaskan dari pajak dan dinas militer, dan mereka diberi kebebasan untuk menjalankan ritual keagamaan mereka sebagai milik mereka.  Mata pelajaran lainnya ».

Pada tanggal 29 Juni 1882, Kekaisaran Ottoman menerapkan keputusan untuk mencegah imigrasi ke Palestina dengan melakukan telegram kepada pengawas Yerusalem yang memintanya untuk tidak mengizinkan orang Yahudi yang memiliki kewarganegaraan Rusia dan Rumania untuk menetap di Palestina karena mereka tidak diterima.  Tetapi para konsul asing dari Rusia, Jerman, Austria, Prancis, dan Inggris memanfaatkan hak istimewa asing yang diberikan oleh Sultan dari keluarga Othman, yang terakhir adalah Abdul Hamid, secara teratur memberi mereka, dan memberi mereka kekuasaan yang luas, untuk memprotes larangan ini, dan bahkan memaksa Sultan Abdul Hamid untuk mencabutnya.  Bukti terbaik dari hal ini adalah bahwa para imigran Yahudi dari semua bangsa dapat turun ke pelabuhan Jaffa dan menyusup ke Palestina setelah dikeluarkannya keputusan Sultan.

Pada tahun 1886, Abd al-Hamid II kembali mengambil keputusan untuk melarang imigrasi orang Yahudi ke Palestina.  Di sisi lain, para konsul asing kembali memprotes, sehingga menghalangi penerapan firman al-Hamidi, relatif terhadap Abdel-Hamid di lapangan.  Ini diulangi lagi pada tahun 1888 ketika kekuatan Eropa memainkan peran penting dalam membatasi keputusan Kekaisaran Ottoman untuk melarang imigrasi Yahudi ke Palestina untuk migrasi kolektif, bukan individu.

Dihadapkan pada lelucon itu, di mana negara Ottoman dikelola dari markas besar konsulat, bukan dari Istana Yildiz tempat Sultan berada, Rauf Pasha (1887 - 1889), gubernur Ottoman di Yerusalem dan salah satu gubernur Ottoman yang paling menentang, memprotes imigrasi Yahudi.  Dalam pidatonya kepada pemerintah pusat di Istanbul, dia menekankan bahwa izin negara bagi orang Yahudi untuk melakukan perjalanan ke Yerusalem untuk tujuan ziarah atau perdagangan memungkinkan masalah memburuk di Palestina, karena mereka melanggar hukum dan tetap di Palestina, terlepas dari fakta bahwa dekrit tersebut melarang mereka untuk tinggal lebih dari sebulan.  Basha juga mengindikasikan bahwa para imigran Yahudi menggunakan suap untuk mendarat di pelabuhan Jaffa dan memasuki wilayah Palestina.  Mereka juga lebih suka mempertahankan kewarganegaraan Eropa mereka untuk mendapatkan perlindungan konsuler Eropa.

Semua informasi ini diberikan oleh Komisioner Distrik Yerusalem, yang sebenarnya merupakan peringatan akan bahaya yang akan segera terjadi yang diwakili oleh migrasi ini. Dia tidak menemukan telinga yang mendengarkan, baik pada Sultan Abdul Hamid atau pemerintahannya di Istanbul, di mana keputusan larangan imigrasi berlanjut tanpa disertai dengan keinginan nyata untuk menerapkannya.  Begitu pula dengan otoritas lokal di pantai Palestina, yang menerima harga rendah sebagai imbalan atas perjalanan Zionis di tanah Arab.

Fadwa Nuseirat berkata: “Begitulah caranya meskipun semua larangan diberlakukan.  Sebagai hasil dari keputusan yang kontradiktif dari Kekaisaran Ottoman mengenai imigrasi orang Yahudi, kami melihat bahwa jumlah orang Yahudi di Palestina terus meningkat .. sampai mereka meningkat menjadi 50 ribu pada tahun 1890, kebanyakan dari mereka berasal dari orang Yahudi di Rusia dan Rumania .. untuk pertama kalinya dalam berabad-abad, orang Yahudi menjadi mayoritas di antara penduduk Yerusalem.

Dia melanjutkan: “Dalam laporan lain disebutkan bahwa dengan dimulainya emigrasi (1882-1904) jumlah orang Yahudi di Palestina mencapai 26 ribu, atau 5,8% dari total penduduk 450 ribu.  Kaum Yahudi memiliki sekitar 0,03% tanah, dengan total 10.000 dari 26,3 juta dunam.  Dengan berakhirnya gelombang pertama imigrasi Yahudi pada tahun 1904, populasi permukiman meningkat menjadi 55.000, di antaranya 5.000 orang Yahudi yang tinggal di 28 permukiman pertanian baru yang didistribusikan di seluruh Palestina, dan wilayah tanah yang dimiliki oleh orang Yahudi meningkat menjadi 400.000 dunam, karena Yishuvia memiliki 420.000 atau 1,6 dari seluruh wilayah Palestina.  ».

Denda tanpa arti

Di tahun yang sama (1890), diselenggarakan Kongres Gerakan "Pecinta Zion" Keempat.  Dan di dalamnya, para delegasi mengambil keputusan tentang dua hal penting: Yang pertama adalah pelonggaran pembatasan otoritas Ottoman yang diberlakukan pada imigrasi orang Yahudi ke Palestina dan pemukiman di sana.  Yang kedua adalah persetujuan oleh pemerintah Rusia dan Rumania atas lisensi Prancis untuk gerakan "Pecinta Zion".  Ini dilakukan melalui intervensi Amerika Serikat di Sublime Porte dan pemerintah Rusia dan Romania dalam mendukung gerakan Zionis dalam menempatkan orang Yahudi di Palestina.  Asosiasi membuka kantor di Jaffa untuk membeli tanah, dan imigrasi kembali ke Palestina (1890-1891).  Dalam hal ini, Fadwa Nuseirat mengatakan: “Zionis, untuk memfasilitasi migrasi mereka ke Palestina, biasa menghubungi menteri Ottoman melalui konsul negara asing di Istanbul, termasuk duta besar Amerika, untuk mencabut pembatasan imigrasi dan dengan berbagai cara, termasuk suap.  Larangan Ottoman ini dielakkan dan para imigran tiba di Palestina sebagai peziarah.

Mengingat peningkatan Yahudi baru-baru ini, dan peningkatan yang sesuai dalam keluhan Arab tentang amandemen demografis yang berbahaya di Palestina, Sultan Abdul Hamid mengeluarkan keputusan baru yang melarang imigrasi Yahudi pada tahun 1891, di mana ia menyatakan bahwa imigrasi orang Yahudi akan memiliki efek yang sangat berbahaya di Palestina, dan jika mereka berimigrasi ke Palestina.  Di mana pun dari Kekaisaran Ottoman, mereka akan menyusup ke Palestina nanti.  Ini berarti kesadaran yang mendalam dari Sultan bahwa tujuan besar orang Yahudi di dunia Ottoman adalah Palestina untuk mendirikan negara di tanahnya.  Konsekuensinya, pelarangan Sultan atas imigrasi Yahudi seharusnya berlaku menyeluruh di semua tanah Ottoman, tidak hanya Palestina.  Tetapi kejadian-kejadian berikut ini sekali lagi menunjukkan bahwa Abdel Hamid tidak siap melakukannya.

Otoritas Ottoman sendiri mengabaikan keputusan Sultan, dan di tahun yang sama (1891) menerima permintaan imigrasi Yahudi dari semua negara.  Para konsul juga terus mendesak penaklukan Palestina bagi para imigran Yahudi.  Pada tahun 1886, misalnya, Inggris berhasil membatalkan keputusan Utsmaniyah yang memaksa orang-orang Yahudi mendapatkan tiket turis untuk memasuki Palestina.  Hal terburuk adalah bahwa instruksi yang dikeluarkan dari Istana Yildiz itu sendiri, yang disampaikan oleh kepala buku Sultan kepada Wazir Agung, merekomendasikan kehati-hatian dan ketepatan dengan orang-orang Yahudi yang datang dari Rusia, tetapi tanpa larangan total.  Menurut Fadwa Nuseirat, ini berarti: “Negara Ottoman sebenarnya menghapus keputusan larangan, dan mengizinkan imigran Yahudi untuk tinggal di tempat yang mereka inginkan, Yerusalem, Jaffa, Safad dan Tiberias, atau di permukiman yang banyak dibangun pada periode itu di tangan pengusaha besar Zionis.  Mereka dipimpin oleh Rothschild, yang berjanji untuk mengawasi sebagian besar koloni dan membeli tanah. "

Kartu merah

Setelah itu, keputusan pelarangan dilanjutkan oleh Abdul Hamid II.  Sabda baru dikeluarkan pada tahun 1900, menyusul telegram dari duta besar Ottoman di Washington, di mana ia menegaskan niat orang-orang Yahudi untuk berimigrasi ke Palestina dan mendirikan negara merdeka mereka sendiri di tanahnya.  Sultan menanggapi hal ini dengan keputusan yang melarang tempat tinggal permanen orang Yahudi di Palestina, sementara mengizinkan mereka untuk tinggal sementara hanya selama 3 bulan, di mana orang Yahudi tersebut diberikan tiket merah dengan bentuk yang berbeda untuk memfasilitasi deportasinya nanti oleh otoritas Turki.

Bupati Yerusalem saat itu, yang dipanggil Akram Bey, membenarkan komik Hamidi firman yang baru, ketika ia menyatakan bahwa sistem kartu merah tidak pernah menjadi penghambat infiltrasi imigran Yahudi ke Palestina, sebaliknya, itu alat yang sangat membantu .. karena tidak diterapkan setiap saat.  Terhadap seorang Yahudi, prosedur ini (yaitu, keputusan untuk mendeportasi dia setelah 3 bulan tinggal).  Jadi, menurut Akram Bey, Kartu Merahlah yang menjamin masuknya orang Yahudi dengan nyaman ke Yerusalem, dan bukan sebaliknya.

Namun pendapat pengawas Yerusalem tidak mengubah apapun dari posisi Sultan Abdul Hamid yang tetap mengeluarkan pemecatan sesuai kondisi sebelumnya tanpa perubahan.  Bahkan, dia menambahkan fasilitas untuk imigrasi Yahudi ini, pemecatan baru yang memungkinkan imigran Yahudi membeli tanah Merian dan membangunnya, yang berarti pemberdayaan penuh Zionisme dari tanah Palestina.  Efek dari hal ini segera terlihat dengan peningkatan jumlah imigran Yahudi ke Palestina, terutama setelah peningkatan penganiayaan terhadap orang Yahudi di Rusia yang dimulai pada tahun 1905. Peningkatan ini terus berlanjut tanpa perlawanan Ottoman, hingga penggulingan Sultan Abdul Hamid di tangan Partai Turki Muda dalam kudeta tahun 1908.

Gambaran tentang pembela Yerusalem melawan ambisi Zionis adalah salah satu gambaran mental yang paling melekat pada biografi Sultan Ottoman Abdul Hamid II.  Sejauh ini dianggap sebagai rintangan yang tidak dapat diatasi bagi Zionis untuk mencapai keberhasilan dalam merebut Palestina dari tangan orang-orang Arab, dan hal ini tidak terjadi sampai ia digulingkan dari tahtanya dalam kudeta muda Turki pada tahun 1908.
Laporan berikut, yang akan muncul dalam bentuk trilogi, mencoba membongkar gambaran itu dan menunjukkan sentuhannya dengan realitas sejarah, dengan menghadirkan isu-isu utama dalam hubungan Abdul Hamid II dengan aktivitas Zionis di Timur Tengah: posisinya tentang imigrasi Yahudi ke Palestina, hubungannya dengan pendiri gerakan Zionis Theodore Herzl, dan akhirnya kebijakannya.  Menuju pemukiman Yahudi di tanah Arab.
Emigrasi Zionis
Zionisme didefinisikan, menurut almarhum pemikir Mesir Abd al-Wahhab al-Messiri, sebagai: “Sebuah gerakan dalam formasi Eropa Barat yang memandang Yahudi sebagai surplus manusia yang tidak berguna yang harus ditinggalkan (kembali) dari tanah airnya (tanah pengasingan) ke luar Eropa di belahan dunia mana pun, kemudian diidentifikasi di Palestina.  (Zion atau Artes Israel atau Tanah Israel dalam istilah Zionis), dan mereka akan dipindahkan sampai mereka dipekerjakan dan diubah menjadi elemen pemukiman tempur untuk melayani kepentingan Barat, sebagai imbalan untuk Barat memastikan kelangsungan hidup dan kelangsungannya dalam kerangka negara fungsional.
Kelemahan parah yang melanda Kekaisaran Ottoman selama abad kesembilan belas memainkan peran utama dalam meningkatkan laju nubuatan Zionis.  Hal ini juga menyebabkan kepercayaan para pemimpin Eropa pada kemampuan mereka untuk mendirikan negara Israel, atau "Kerajaan Tuhan" di Palestina, tanpa populasi Muslimnya - secara teknis dan militer terbelakang - menjadi penghalang.
Awalnya dengan Perjanjian London pada tahun 1841, yang diakhiri dengan perang antara Muhammad Ali Pasha, gubernur Mesir dan Kesultanan Ottoman.  Dalam koridor konferensi, lingkaran politik Eropa menyerukan untuk pertama kalinya menggabungkan masalah "Timur", atau masa depan Kekaisaran Ottoman, dengan masalah "Zionis" terkait dengan pembentukan rumah nasional bagi orang Yahudi.
El-Messiri mengatakan: “Pada titik ini (Perjanjian London tahun 1840), ide Zionis mengkristal di antara non-Yahudi, dan berubah menjadi proyek kolonial tertentu .. karena menjadi mungkin untuk menggabungkan pertanyaan Yahudi dengan mitra timurnya, dan memikirkan solusi dengan memindahkan orang Yahudi ke Palestina dan menciptakan basis untuk kolonialisme.  barat".
Proyek Barat menjadi lebih jelas setelah Perang Krimea antara Ottoman dan Tsar Rusia antara 1853 dan 1856, setelah Inggris dan Prancis memberi Sultan Abdul Majid I kemenangan palsu atas Rusia untuk melindungi kepentingan mereka di Timur.  Setelah perang berakhir, saya menyerahkan ke Konferensi Kekuatan Besar di Paris sebuah memorandum tentang pemukiman Yahudi di Palestina.  Untuk membalas budi, Abd al-Majid I membuat konsesi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mendukung kekuatan Barat yang membantunya, melalui konsesi asing yang luas yang mengizinkan pembentukan pemukiman Zionis di tanah Arab.
Permukiman pertama di Palestina disebut "Mishkanot Shaananim", yang didirikan oleh Zionis Inggris yang kaya, Musa Montefiore, yang merupakan pemimpin komunitas Yahudi di Inggris.  Montefiore mengambil dari Abd al-Majid the First dekrit hak istimewa yang memungkinkannya untuk membangun pos terdepan Zionis tempat ia membawa gelombang pertama imigran "Ashkenazi" Eropa ke Palestina.
Imigrasi orang Yahudi ke Palestina terus berlanjut sepanjang era Abd al-Majid I dan penggantinya, Abd al-Aziz.  Dan permukiman Zionis baru dibangun di atas tanah Arab dengan keputusan Ottoman.  Undang-undang Ottoman baru tahun 1867, yang mengizinkan orang asing - untuk pertama kalinya dalam sejarah - hak untuk memiliki tanah di semua negara bagian kekaisaran, adalah faktor utama dalam mendorong pemerintah Barat dan orang Yahudi kaya untuk membeli tanah di Palestina, menggusur orang Yahudi Ashkenazi ke sana, dan membangun permukiman di sana.
Abdel Hamid ... kesadaran yang tidak ada gunanya
Abdul Hamid II mencapai tahta Kekaisaran Ottoman pada tahun 1876, setelah kudeta terhadap saudaranya Murad V.  Terlepas dari pemahamannya tentang masalah imigrasi Yahudi ke Palestina, dan hubungannya dengan proyek kekaisaran yang luas untuk merebut tempat Arab dari negara Utsmaniyah, keputusan Abdel Hamid tentang masalah ini akan ditunda hingga April 1882, ketika peningkatan imigrasi Zionis dari Eropa Timur ke Palestina mendorongnya untuk mengeluh tentang Muslim di Palestina.  Dari dampaknya terhadap kehidupan mereka, hingga tindakan dan pengambilan keputusan
Saat itu, Abd al-Hamid II mengumumkan tidak akan mengizinkan imigran Yahudi menetap di Palestina.  Sebaliknya, mereka dapat berimigrasi ke provinsi Ottoman lainnya, dan menetap di sana sesuka mereka, asalkan mereka menjadi rakyat Ottoman, dan mereka menerima keputusan negara Ottoman tentang mereka.
Fadwa Nuseirat mengatakan dalam bukunya “The Role of Sultan Abdul Hamid II in Facilitating the Zionist Control of Palestine”: “Menurut ketetapan ini, mereka (yaitu, kaum Yahudi) dapat diberikan tanah pemerintah yang dibebaskan dari biaya, dan mereka juga dibebaskan dari pajak dan dinas militer, dan mereka diberi kebebasan untuk menjalankan ritual keagamaan mereka sebagai milik mereka.  Mata pelajaran lainnya ».
Pada tanggal 29 Juni 1882, Kekaisaran Ottoman menerapkan keputusan untuk mencegah imigrasi ke Palestina dengan melakukan telegram kepada pengawas Yerusalem yang memintanya untuk tidak mengizinkan orang Yahudi yang memiliki kewarganegaraan Rusia dan Rumania untuk menetap di Palestina karena mereka tidak diterima.  Tetapi para konsul asing dari Rusia, Jerman, Austria, Prancis, dan Inggris memanfaatkan hak istimewa asing yang diberikan oleh Sultan dari keluarga Othman, yang terakhir adalah Abdul Hamid, secara teratur memberi mereka, dan memberi mereka kekuasaan yang luas, untuk memprotes larangan ini, dan bahkan memaksa Sultan Abdul Hamid untuk mencabutnya.  Bukti terbaik dari hal ini adalah bahwa para imigran Yahudi dari semua bangsa dapat turun ke pelabuhan Jaffa dan menyusup ke Palestina setelah dikeluarkannya keputusan Sultan.
Pada tahun 1886, Abd al-Hamid II kembali mengambil keputusan untuk melarang imigrasi orang Yahudi ke Palestina.  Di sisi lain, para konsul asing kembali memprotes, sehingga menghalangi penerapan firman al-Hamidi, relatif terhadap Abdel-Hamid di lapangan.  Ini diulangi lagi pada tahun 1888 ketika kekuatan Eropa memainkan peran penting dalam membatasi keputusan Kekaisaran Ottoman untuk melarang imigrasi Yahudi ke Palestina untuk migrasi kolektif, bukan individu.
Dihadapkan pada lelucon itu, di mana negara Ottoman dikelola dari markas besar konsulat, bukan dari Istana Yildiz tempat Sultan berada, Rauf Pasha (1887 - 1889), gubernur Ottoman di Yerusalem dan salah satu gubernur Ottoman yang paling menentang, memprotes imigrasi Yahudi.  Dalam pidatonya kepada pemerintah pusat di Istanbul, dia menekankan bahwa izin negara bagi orang Yahudi untuk melakukan perjalanan ke Yerusalem untuk tujuan ziarah atau perdagangan memungkinkan masalah memburuk di Palestina, karena mereka melanggar hukum dan tetap di Palestina, terlepas dari fakta bahwa dekrit tersebut melarang mereka untuk tinggal lebih dari sebulan.  Basha juga mengindikasikan bahwa para imigran Yahudi menggunakan suap untuk mendarat di pelabuhan Jaffa dan memasuki wilayah Palestina.  Mereka juga lebih suka mempertahankan kewarganegaraan Eropa mereka untuk mendapatkan perlindungan konsuler Eropa.
Semua informasi ini diberikan oleh Komisioner Distrik Yerusalem, yang sebenarnya merupakan peringatan akan bahaya yang akan segera terjadi yang diwakili oleh migrasi ini. Dia tidak menemukan telinga yang mendengarkan, baik pada Sultan Abdul Hamid atau pemerintahannya di Istanbul, di mana keputusan larangan imigrasi berlanjut tanpa disertai dengan keinginan nyata untuk menerapkannya.  Begitu pula dengan otoritas lokal di pantai Palestina, yang menerima harga rendah sebagai imbalan atas perjalanan Zionis di tanah Arab.
Fadwa Nuseirat berkata: “Begitulah caranya meskipun semua larangan diberlakukan.  Sebagai hasil dari keputusan yang kontradiktif dari Kekaisaran Ottoman mengenai imigrasi orang Yahudi, kami melihat bahwa jumlah orang Yahudi di Palestina terus meningkat .. sampai mereka meningkat menjadi 50 ribu pada tahun 1890, kebanyakan dari mereka berasal dari orang Yahudi di Rusia dan Rumania .. untuk pertama kalinya dalam berabad-abad, orang Yahudi menjadi mayoritas di antara penduduk Yerusalem.
Dia melanjutkan: “Dalam laporan lain disebutkan bahwa dengan dimulainya emigrasi (1882-1904) jumlah orang Yahudi di Palestina mencapai 26 ribu, atau 5,8% dari total penduduk 450 ribu.  Kaum Yahudi memiliki sekitar 0,03% tanah, dengan total 10.000 dari 26,3 juta dunam.  Dengan berakhirnya gelombang pertama imigrasi Yahudi pada tahun 1904, populasi permukiman meningkat menjadi 55.000, di antaranya 5.000 orang Yahudi yang tinggal di 28 permukiman pertanian baru yang didistribusikan di seluruh Palestina, dan wilayah tanah yang dimiliki oleh orang Yahudi meningkat menjadi 400.000 dunam, karena Yishuvia memiliki 420.000 atau 1,6 dari seluruh wilayah Palestina.  ».
Denda tanpa arti
Di tahun yang sama (1890), diselenggarakan Kongres Gerakan "Pecinta Zion" Keempat.  Dan di dalamnya, para delegasi mengambil keputusan tentang dua hal penting: Yang pertama adalah pelonggaran pembatasan otoritas Ottoman yang diberlakukan pada imigrasi orang Yahudi ke Palestina dan pemukiman di sana.  Yang kedua adalah persetujuan oleh pemerintah Rusia dan Rumania atas lisensi Prancis untuk gerakan "Pecinta Zion".  Ini dilakukan melalui intervensi Amerika Serikat di Sublime Porte dan pemerintah Rusia dan Romania dalam mendukung gerakan Zionis dalam menempatkan orang Yahudi di Palestina.  Asosiasi membuka kantor di Jaffa untuk membeli tanah, dan imigrasi kembali ke Palestina (1890-1891).  Dalam hal ini, Fadwa Nuseirat mengatakan: “Zionis, untuk memfasilitasi migrasi mereka ke Palestina, biasa menghubungi menteri Ottoman melalui konsul negara asing di Istanbul, termasuk duta besar Amerika, untuk mencabut pembatasan imigrasi dan dengan berbagai cara, termasuk suap.  Larangan Ottoman ini dielakkan dan para imigran tiba di Palestina sebagai peziarah.
Mengingat peningkatan Yahudi baru-baru ini, dan peningkatan yang sesuai dalam keluhan Arab tentang amandemen demografis yang berbahaya di Palestina, Sultan Abdul Hamid mengeluarkan keputusan baru yang melarang imigrasi Yahudi pada tahun 1891, di mana ia menyatakan bahwa imigrasi orang Yahudi akan memiliki efek yang sangat berbahaya di Palestina, dan jika mereka berimigrasi ke Palestina.  Di mana pun dari Kekaisaran Ottoman, mereka akan menyusup ke Palestina nanti.  Ini berarti kesadaran yang mendalam dari Sultan bahwa tujuan besar orang Yahudi di dunia Ottoman adalah Palestina untuk mendirikan negara di tanahnya.  Konsekuensinya, pelarangan Sultan atas imigrasi Yahudi seharusnya berlaku menyeluruh di semua tanah Ottoman, tidak hanya Palestina.  Tetapi kejadian-kejadian berikut ini sekali lagi menunjukkan bahwa Abdel Hamid tidak siap melakukannya.
Otoritas Ottoman sendiri mengabaikan keputusan Sultan, dan di tahun yang sama (1891) menerima permintaan imigrasi Yahudi dari semua negara.  Para konsul juga terus mendesak penaklukan Palestina bagi para imigran Yahudi.  Pada tahun 1886, misalnya, Inggris berhasil membatalkan keputusan Utsmaniyah yang memaksa orang-orang Yahudi mendapatkan tiket turis untuk memasuki Palestina.  Hal terburuk adalah bahwa instruksi yang dikeluarkan dari Istana Yildiz itu sendiri, yang disampaikan oleh kepala buku Sultan kepada Wazir Agung, merekomendasikan kehati-hatian dan ketepatan dengan orang-orang Yahudi yang datang dari Rusia, tetapi tanpa larangan total.  Menurut Fadwa Nuseirat, ini berarti: “Negara Ottoman sebenarnya menghapus keputusan larangan, dan mengizinkan imigran Yahudi untuk tinggal di tempat yang mereka inginkan, Yerusalem, Jaffa, Safad dan Tiberias, atau di permukiman yang banyak dibangun pada periode itu di tangan pengusaha besar Zionis.  Mereka dipimpin oleh Rothschild, yang berjanji untuk mengawasi sebagian besar koloni dan membeli tanah. "
Kartu merah
Setelah itu, keputusan pelarangan dilanjutkan oleh Abdul Hamid II.  Sabda baru dikeluarkan pada tahun 1900, menyusul telegram dari duta besar Ottoman di Washington, di mana ia menegaskan niat orang-orang Yahudi untuk berimigrasi ke Palestina dan mendirikan negara merdeka mereka sendiri di tanahnya.  Sultan menanggapi hal ini dengan keputusan yang melarang tempat tinggal permanen orang Yahudi di Palestina, sementara mengizinkan mereka untuk tinggal sementara hanya selama 3 bulan, di mana orang Yahudi tersebut diberikan tiket merah dengan bentuk yang berbeda untuk memfasilitasi deportasinya nanti oleh otoritas Turki.
Bupati Yerusalem saat itu, yang dipanggil Akram Bey, membenarkan komik Hamidi firman yang baru, ketika ia menyatakan bahwa sistem kartu merah tidak pernah menjadi penghambat infiltrasi imigran Yahudi ke Palestina, sebaliknya, itu alat yang sangat membantu .. karena tidak diterapkan setiap saat.  Terhadap seorang Yahudi, prosedur ini (yaitu, keputusan untuk mendeportasi dia setelah 3 bulan tinggal).  Jadi, menurut Akram Bey, Kartu Merahlah yang menjamin masuknya orang Yahudi dengan nyaman ke Yerusalem, dan bukan sebaliknya.
Namun pendapat pengawas Yerusalem tidak mengubah apapun dari posisi Sultan Abdul Hamid yang tetap mengeluarkan pemecatan sesuai kondisi sebelumnya tanpa perubahan.  Bahkan, dia menambahkan fasilitas untuk imigrasi Yahudi ini, pemecatan baru yang memungkinkan imigran Yahudi membeli tanah Merian dan membangunnya, yang berarti pemberdayaan penuh Zionisme dari tanah Palestina.  Efek dari hal ini segera terlihat dengan peningkatan jumlah imigran Yahudi ke Palestina, terutama setelah peningkatan penganiayaan terhadap orang Yahudi di Rusia yang dimulai pada tahun 1905. Peningkatan ini terus berlanjut tanpa perlawanan Ottoman, hingga penggulingan Sultan Abdul Hamid di tangan Partai Turki Muda dalam kudeta tahun 1908.


Sultan II. Abdulhamit dan Theodor Herzl
 
Menyadari bahwa anti-Semitisme yang kuat di Eropa terlalu mengakar untuk diselesaikan dengan konversi, Herzl yakin bahwa 'Masalah Yahudi' hanya dapat diselesaikan melalui jalur politik. Karena wilayah tersebut berada di bawah kekuasaan Ottoman, Sultan Abdulhamit adalah salah satu orang yang memegang kunci solusi tersebut.
 
Fenomena negara-bangsa dan anti-Semitisme (antisemitisme)
 
Abad ke-19 adalah periode paling intens dari proses nasionalisasi bangsa-bangsa Eropa. Bangsa Jerman dan Italia baru dapat mendirikan negara bangsa mereka pada tahun 1871 setelah perjuangan besar.
 
Sementara arus nasionalis mengagungkan bahasa dan kesatuan budaya, pendukung mereka mengecualikan minoritas nasional dan budaya di negara mereka. Orang Yahudi di seluruh Eropa telah lama mengalami diskriminasi karena mereka adalah kelompok etno-budaya yang berbeda dan memiliki agama berbeda yang dibenci oleh gereja. Dengan gerakan nasionalisme, anti-Semitisme mengambil dimensi baru: Rasisme!
 
Pencarian solusi politik untuk 'Pertanyaan Yahudi':  gerakan Zionis
 
Theodor Herzl, seorang jurnalis Yahudi Wina yang berpikiran sekuler asal Hungaria, yang mempelajari hukum, melihat solusi untuk anti-Semitisme yang semakin berbahaya dalam adopsi kolektif mereka atas agama Kristen.
 
Pada tahun 1894, Alfred Dreyfus, seorang keturunan Yahudi, seorang kapten di tentara Prancis, dituduh melakukan pengkhianatan. Herzl, yang ditunjuk oleh surat kabar tempat dia bekerja untuk menangani kasus ini, sampai pada kesimpulan bahwa karena rasisme yang kuat di Eropa, anti-Semitisme terlalu mengakar untuk diselesaikan dengan pindah agama, 'Masalah Yahudi' hanya dapat diselesaikan secara politik . Herzl berpikir bahwa orang Yahudi dapat mencapai negara penentuan nasib sendiri dengan dukungan komunitas internasional, dan Negara Yahudi - solusi kontemporer untuk masalah Yahudi.Dia menerbitkan bukunya (Der Judenstaat - Versuch einer modernen lösung der Judenfrage) pada Februari 1896. Tempat di mana negara dapat didirikan secara alami adalah Tanah Israel, tanah air bersejarah orang-orang Yahudi. Herzl akan menulis novelnya The Old New Homeland (Altneuland), di mana dia bermimpi mendirikan Negara Yahudi pada tahun 1902 di Tanah Israel .
 
Aliran gagasan yang merangkum kerinduan ini memiliki nama modern pada tahun 1890: Zionisme .
 
Herzl untuk tujuan ini pada tanggal 28 Agustus 1897 di Basel, Swiss 1 dikumpulkan Kongres Zionis dan tujuan politiknya sebagai Kekaisaran Ottoman di bawah manajemen , "Zionisme berusaha untuk mendirikan tanah air di Palestina untuk orang-orang Yahudi di bawah perlindungan hukum publik" sebagai Jenis dituangkan.
 
Dua dari tokoh kunci di balik fenomena 'Zionisme Politik' yang berkembang jauh sebelum Herzl adalah Roma dan Yerusalem - penulis buku kecil The Last National Question (Rom und Jerusalem die letzte Nationalitätenfrage) (1862), teman Karl Marx, Moses Hess dan Self Liberation - A Russian Penulis buku (Autoemanzipation - Mahnruf an seine stammesgenosse von einem russischen Juden) (1882), yang dapat diterjemahkan sebagai Panggilan untuk Asal Mula Yahudi , adalah Leo Pinsker.
 
Yang membuat Herzl istimewa adalah dia berhasil mempolitisasi masalah tersebut dengan cara yang berorientasi pada tindakan .
 
Latar belakang sejarah
 
Hz. Musa, 3500 tahun yang lalu, hidup dalam penangkaran di Mesir selama 400 tahun. Dia menyelamatkan keluarga Yakub, orang Israel, dan membawa mereka kembali ke negara mereka. Dengan kata lain, keterkaitan orang-orang Yahudi dengan tanah leluhur dan kerinduan untuk kembali ke sana merupakan fenomena kuno.
 
Selama 2700 tahun terakhir, orang-orang Yahudi diusir dari tanah mereka beberapa kali: Asyur pada 722 SM, Babilonia pada 587 SM, Romawi pada 70 M dan 135 M.
 
Bangsa Romawi mendominasi wilayah tersebut sejak 63 SM. Pada tahun 6 M, mereka menghubungkan wilayah itu ke Roma sebagai Provincia Yudea , Negara Bagian Yudea . Setelah Romawi menumpas pemberontakan Yahudi pada tahun 132 M dengan darah dan mengasingkan sebagian besar orang Yahudi, mereka mengubah nama ibu kota Yerusalem (Yerusalem) menjadi Aelia , dan nama wilayah tersebut menjadi Provincia Syria Palaestina ( Negara Palestina ) dengan tujuan untuk menghancurkan hubungan negara tersebut dengan orang-orang Yahudi. 
 
Namun, selalu ada kehadiran kecil orang Yahudi di daerah tersebut, meskipun diganggu oleh Bizantium dan kemudian Tentara Salib. Setelah periode Bizantium, Hz. Ömer , Saladin setelah periode Tentara Salib , Yavuz Sultan Selim dan Kanuni Sultan Süleyman berkontribusi pada penguatan kehadiran Yahudi di negara tersebut setelah periode Mamluk .
 
Zaman modern
 
Orang-orang Yahudi, yang merupakan mayoritas penduduk Yerusalem pada tahun 1850-an, datang ke Tanah Israel dan Yerusalem untuk mati di sana, menghabiskan hari-hari terakhir mereka.
 
Imigrasi Yahudi, yang dimulai pada tahun 1860 ketika politisi Inggris keturunan Yahudi Sir Moses Montefiore mendirikan lingkungan baru di luar tembok kota, dipercepat dengan pendirian Sekolah Pertanian Mikveh Israel pada tahun 1870 dan pogrom Rusia yang intensif (penjarahan dan pembantaian yang menargetkan orang Yahudi) pada tahun 1882. .
 
Kontak Herzl
 
Herzl bertemu dengan pendeta, kepala negara, dan kaisar untuk tujuan ini. Sultan Abdülhamit, yang memegang kunci pemecahannya, adalah yang paling penting dari negarawan ini, karena wilayah tersebut berada di bawah kekuasaan Ottoman sejak 1517.
 
Perlu dicatat bahwa tuntutan ini tidak menciptakan perlawanan khusus di mata negara-negara yang diperintah oleh rezim tersebut, karena era tersebut adalah era kerajaan multinasional.
 
Salah satu sumber utama kontak Herzl secara umum dan khususnya dengan Sultan Abdulhamit adalah memoarnya.
 
Mereka yang tidak memiliki akses ke sumber daya dalam bahasa asing adalah 'Memories of Theodor Herzl' Ergun Göze, Pendiri Zionisme dan Sultan Abdülhamid '(1995),' Pazarlık 'Vahdettin Engin (2010) dan Prof. Dr. Anda dapat membaca karya Mim Kemal Öke, 'The Casus in the Palace' (1991), di mana Herzl disebutkan dalam konteks Turkolog Yahudi Arminius Vambery.
 
Herzl dalam media visual dan cetak kami:  Kronologi
 
Alih-alih menanggapi semua omong kosong dan disinformasi di media kami satu per satu, saya merasa tepat untuk membagikan kronologi singkat bahwa pembaca dapat melengkapi kekurangan mereka dengan menggunakan sumber-sumber tersebut di atas dan komentar saya tentang ini:
 
28 Maret 1896 - Herzl bertemu dengan Philip Michael Ritter von Newlinski , seorang bangsawan Polandia yang bekerja untuk Sultan Abdulhamid dan memiliki hubungan baik dengannya di Wina .
 
18 Juni 1896 - Herzl datang ke Istanbul dengan dan melalui Count Newlinski, berharap untuk bertemu dengan Sultan Abdulhamit.
 
19 Juni 1896 - Newlinski menyampaikan kepada Herzl bahwa Sultan Abdülhamit tidak dapat bertemu dengannya dan bahwa dia tidak akan menerima permintaan Ottoman untuk memberikan tanah ke Palestina melalui imigrasi Yahudi dengan imbalan mengambil hutang luar negeri dari Kekaisaran Ottoman.
 
Herzl membagikan pesan yang disampaikan Abdulhamit oleh Newlinski dalam memoarnya: “ Jika Tuan Herzl bersikap ramah kepada Anda seperti halnya Anda dengan saya, nasihati dia untuk tidak mengambil tindakan lebih lanjut terkait masalah ini. Saya tidak bisa menjual bahkan satu inci pun tanah, karena tanah ini milik bangsa saya, bukan milik saya. Bangsa saya memenangkan kerajaan ini dengan berperang dan menyiraminya dengan darah. Itu hanya dapat dipisahkan dari kita dengan darah… Orang-orang Yahudi harus menyelamatkan miliaran mereka. Ketika kekaisaran terpecah, mereka bisa mendapatkan Palestina secara gratis. Namun, sementara jenazah kami masih hidup untuk dibagikan, saya tidak akan menerima untuk dipotong.
 
Herzl mengungkapkan perasaannya terhadap wacana ini dalam memoarnya sebagai berikut: “Kata-kata yang tulus dan luhur dari Sultan menyentuh dan mengguncang saya. Ada keindahan tragis dalam fatalismenya yang meramalkan kematian dan pemotongan, meskipun dia telah menghancurkan semua harapanku, namun tetap bertekad untuk bertarung secara pasif sampai nafas terakhirnya ... "
 
Nah, apa yang terjadi setelah itu?
 
23 Juni 1896 - Herzl, sebagai jurnalis , membuka masalah pertanahan untuk orang Yahudi di Palestina selama wawancara dengan Wazir Agung Halil Rifat Pasha .
 
27 atau 28 Juni 1896 (16 Muharrem 1314) - Saray memutuskan untuk memberi Herzl Order of Mecidiye Tingkat Ketiga !
 
29 Juni 1896 - Newlinski mempersembahkan Mecidiye Medal kepada Herzl.
 
Lagipula, Herzl yang tidak diizinkan hadir, tidak bisa dikatakan pergi tergesa-gesa.
 
September 1898 - Herzl - Pelobi Ottoman / mata-mata Inggris Turkologi Yahudi Arminius Vambery yang berasal dari Hongaria .
 
16 Oktober 1898 - Herzl, Kaisar Jerman II. Kaiser Wilhelm berangkat ke Palestina melalui Istanbul untuk bertemu.
 
18 Oktober 1898 - Herzl bertemu langsung dengan Kaisar Jerman di rumah besar yang diperuntukkan bagi Kaisar Jerman di Istanbul, dan menjelaskan perlunya pemukiman kembali orang-orang Yahudi di Palestina. Kaisar berkata kepada Herzl, "Katakan padaku dengan satu kata apa yang harus aku minta dari Sultan . " Tanggapan Herzl adalah, "Perusahaan tanah, perusahaan tanah di bawah naungan Jerman . "
 
29 Oktober 1898 - Herzl menyambut Kaisar Jerman dalam perjalanan ke Yerusalem dengan marching band di sekolah pertanian Mikveh Israel dalam perjalanannya .
 
1 April 1899 - Newlinski, yang memberikan kontak antara Herzl dan Abdülhamit, meninggal di Istanbul.
 
16 Juni 1900 - Herzl mengunjungi Vambery di kota Mülbach di South Tyrol untuk mengisi ruang kosong dengan pelobi Abdulhamit di Eropa, Vambery.
 
18 September 1900 - Herzl mengunjungi Vambery di Pest, Hongaria. Vambery berjanji kepadanya bahwa Abdulhamit akan menerimanya pada Mei 1901.
 
13 Mei 1901 - Herzl datang ke Istanbul.
 
17 Mei 1901 - Herzl muncul di hadapan Abdülhamit.
 
Sultan berkata kepadanya, “Saya selalu menjadi teman orang Yahudi, dan saya akan selalu seperti itu. Saya benar-benar hanya mengandalkan Muslim dan Yahudi. " Saya tidak bisa mengatakan saya memiliki keamanan yang sama tentang mata pelajaran saya yang lain . " Abdulhamit mengatakan bahwa dia membiarkan semua perbatasan kekaisaran terbuka untuk orang Yahudi sehingga orang Yahudi yang dianiaya dapat mengambil suaka. Hal ini menunjukkan bahwa pernyataan sikap Sultan yang terkenal pada tahun 1896 tidak merusak persahabatan mereka.
 
18 atau 19 Mei 1901 (29 Muharrem 1319) - Saray memutuskan untuk memberikan Perintah Mecidiye Gelar Pertama kepada Herzl ! (Pertunangan kedua diberi jarak 5 tahun)
 
21 Mei 1901 - Herzl meninggalkan Istanbul dan membuat catatan berikut tentang Abdülhamit dalam buku hariannya: “Kesan yang ditinggalkan Sultan pada saya adalah bahwa dia adalah orang yang lemah, longgar tetapi sepenuhnya baik. Saya tidak percaya pada ketakutan atau keburukannya. Saya melihatnya lebih seperti seorang tahanan yang sangat menyedihkan dalam lingkaran perampok dan bajingan, merosot. Dalam lingkungan inilah dia melakukan semua jenis aib dan tampaknya melakukannya atas namanya. … Klik Yıldız Palace adalah sekelompok penjahat yang lengkap. Setelah setiap kejahatan yang mereka lakukan, mereka tersebar di sana-sini, dan tidak ada yang bertanggung jawab seolah-olah semuanya dilakukan atas nama penguasa. "
 
November 1901 - Herzl membuat mesin tik huruf Turki Kuno pertama yang diproduksi sebagai hadiah untuk Abdülhamit. 
 
26 Desember 1901 - Kongres Zionis ke-5 dimulai di Basel, Swiss. Pada halaman 320 dari buku Ergun Göze, tercatat bahwa sebuah telegram kesetiaan telah dikirim dari Kongres kepada Sultan Abdülhamit pada bulan Januari 1902, bahwa Sultan berterima kasih kepada Herzl atas telegram yang dia kirimkan sebagai presiden, dan ini memperkuat posisi Herzl di hadapan Kongres.
 
5 Februari 1902 - Sebuah telegram dikirim ke Herzl untuk segera datang ke Istanbul.
 
15 Februari 1902 - Herzl datang ke Istanbul untuk keempat kalinya.
 
19 Februari 1902 - Istana menyatakan bahwa orang Yahudi dapat dimukimkan kembali di mana saja, termasuk Anatolia, Suriah, dan Mesopotamia, kecuali Palestina.
 
Akibatnya, Herzl meninggalkan Istanbul, tidak dapat menerima proposalnya untuk mendirikan perusahaan Ottoman-Yahudi yang akan mengawasi pemukiman kembali orang-orang Yahudi di Palestina dan mengoperasikan tambang serta mengambil alih hutang mereka atas nama Kekaisaran Ottoman.
 
3 Mei 1902 - Herzl mengusulkan kepada Abdulhamit untuk mendirikan Universitas Ibrani di Yerusalem. Dengan demikian, siswa Utsmaniyah tidak perlu pergi ke luar negeri untuk pendidikan mereka. (Universitas ini akan didirikan pada tahun 1918. Pendirian universitas teknik di kota Haifa akan berlangsung pada tahun 1912 di bawah pemerintahan Ottoman)
 
5 Juli 1902 - Herzl dari Kedutaan Besar Turki di London disuruh segera pergi ke Istanbul.
 
25 Juli 1902 - Herzl kembali ke Istanbul untuk kelima kalinya dan terakhir kalinya.
 
28 Juli 1902 - Herzl meminta izin atau hak istimewa untuk menetap di Mesopotamia dan sebagian Palestina (awalnya diusulkan oleh Sultan) dengan imbalan perjanjian £ 30 juta tentang restrukturisasi hutang Ottoman.
 
2 Agustus 1902 - Politisi berpengalaman Abdulhamit menggunakan Herzl sebagai kartu truf dalam negosiasinya dengan Prancis.
 
Akibatnya, upaya Herzl tidak membuahkan hasil ketika Menteri Keuangan Prancis Maurice Rouvier mencapai kesepakatan dengan Abdulhamid dengan persyaratan yang menguntungkan.
Ibrahim Bey, pelayan kuil, berkata kepada Herzl, yang bersiap untuk meninggalkan Istanbul, "Anda sangat bersimpati dan menghormati Anda. Ini adalah hal mulia yang ingin Anda lakukan untuk rakyat Anda. "Zionisme pada dasarnya mulia . "
 
Epilog
 
Abdülhamit untuk Zionis, “ Proposal mereka adalah untuk menanggung hutang umum negara sepenuhnya . Hal yang bagus. Karena jika kita datang ke Düyun-u Umumiye suatu hari dan gagal membayar hutang kita , maka ada bahaya mengendalikan keuangan negara . satu
 
Pada tahun kedua pencopotannya (1911), Abdulhamit melihat ke mana arah jalannya, berkata kepada dokternya Atıf Hüseyin, "Saya yakin pada waktunya (orang Yahudi) akan berhasil membangun negara mereka sendiri di Palestina" . 2nd
 
Saya berharap media kami menunjukkan kejujuran mengkomunikasikan fakta di atas kepada pembaca dan khalayak tanpa menyimpangkannya.
 
---
1 ÖKE, Mim Kemal, The Spy at the Palace, Istanbul, Hikmet Publications 1991, hlm. 215
 2 ÖKE, Mim Kemal, "Kekaisaran Ottoman, Zionisme, dan Masalah Palestina (1880-1908)", Jurnal Internasional Studi Timur Tengah, 14 (1982), hal. Dikutip di 338. di https://www.tarihtarih.com/?Syf=26&Syz=283571
SUMBER: GÖZE, Ergun, Memories of Theodor Herzl, Pendiri Zionisme dan Sultan Abdülhamit, Istanbul, Boğaziçi Publications 1995.