Monday, October 19, 2015

Sungguh Mulia Muhsinin Indonesia, Membuka Pabrik Roti Hidupi Rakyat dan Pejuang Suriah ( Ini Baru Muslim Yang Benar, Bukan Penghujat/Murjiah )

Catatan Ihsanul Faruqi
(Relawan Kemanusiaan Indonesia di Suriah)
"Pabrik Roti Pemersatu Hati"
Setahun lalu di bumi Syam, alhamdulillah Misi Medis Suriah (MMS) menjalankan proyek di wilayah Salma provinsi Lattakia, Suriah. Yaitu pengoperasian kembali pabrik roti yang dimiliki Haji Ali.
Keberadaan roti merupakan sesuatu yang sangat penting. Karena roti merupakan makanan pokok bagi mereka. Hingga ada ungkapan    orang Suriah "لا حبز لا اكل" " “Tidak ada roti berarti tidak ada makan".

Sekitar 2 bulan warga sekitar Jabal Akrod mengalami krisis roti. Bukan hanya warga sipil namun juga para mujahidin dan para murobithin di garis depan pertempuran. Krisis roti ini terjadi karena makhbaz/firn (pabrik roti) tidak beroperasi.

Beberapa pabrik porak-poranda dihantam roket tentara nushoiriyyah rezim Assad. Adapun yang lain terpaksa berhenti karena ketiadaan biaya untuk pembelian bahan baku dan operasional.

Kami memandang hal ini adalah perkara yang paling dibutuhkan. Makabismillah MMS memutuskan untuk menjalankan proyek pengoperasian kembali pabrik roti meski awalnya ada keraguan melihat besarnya biaya bulanan. Setiap bulan membutuhkan dana sekitar 12.000 USD (sekitar Rp 160 juta). Dengan karunia Allah kemudian bantuan para muhsinin tentunya dan 'kenekadan', alhamdulillah pabrikpun kembali beroperasi.

Tiap hari pabrik roti Haji Ali menghabiskan 700 kg thokhin/tepung hingga mencukupi 8 desa dan 60 kelompok mujahidin. Seiring berjalannya program ini, tergeraklah 2 kelompok mujahidin yakni Ahrorus Syam danJabhatun Nushroh untuk turut ikut membantu dengan menyerahkan beberapa ton tepung kepada pabrik roti yang kami jalankan. Untuk pendistribusian kami dibantu ikhwah mujahidin dari Ikhwanul Muslimin, Anshorusy Sham, dan FSA (Free Syria Army).

Untuk para muhsinin bebahagialah bagi anda semua, karena insyaAllah dengan program ini anda bisa mendapatkan pahala orang yang berperang di jalan Allah sebagaimana sabda Rasulullah sholallahu'alaihi wa sallam "من.جاهز غزيا فقد ﻏﺰﻯ" (barangsiapa yang mempersiapkan perbekalan pejuang maka dia telah seperti turut berjuang).

Hingga kini lebih satu tahun pabrik roti dari Indonasia untuk rakyat Suriah beroperasi. Memberikan makanan kepada ribuan mujahidin dan rakyat sipil. Alhamdulillah MMS bisa membuka satu pabrik lagi di provinsi Idlib. Dan ini semata-mata adalah dari Allah yang maha dermawan. Yang membukakan hati para muhsinin untuk mempercayakan donasinya kepada kami. Semoga Allah menjaga kami agar bisa terus amanah.

Semoga Allah melimpahkan rahmatNya dan mempertemukan kita semua di dalam syurgaNya.

Mari kita sertai perjuangan Ahlussunnah Suriah dengan doa dan harta kita.