Saturday, February 20, 2016

Wawancara Eksklusif – Adel Al-Jubeir: Arab Saudi Berencana Memberikan Rudal Anti Pesawat Pada Oposisi Suriah. Rusia ( Ketakutan ) Tekan Assad : Jangan Gegabah, Konflik Akan Memakan Waktu Lama Dan Mengerikan.


Wawancara Eksklusif – Adel al-Jubeir: Arab Saudi berencana memberikan rudal anti pesawat pada oposisi Suriah.

February 20, 2016
Dalam sebuah wawancara, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengungkapkan dukungan nya untuk perubahan rezim di Suriah dan keinginannya untuk memberikan rudal anti-pesawat kepada pejuang oposisi yang bisa menggeser keseimbangan kekuasaan dalam perang Suriah.
Menunggu untuk bisa wawancara dengan menteri membutuhkan waktu enam jam, tapi kemudian ia menyapa para wartawan di ruang konferensi besar di sebuah hotel mewah di Munich. Adel al-Jubeir, 54, ramping, pria yang ramah, memakai jubah tradisional dan terlihat sedikit lelah. Dia dan rekan-rekannya menghabiskan malam sebelumnya dalam negosiasi gencatan senjata di Suriah. Dan pagi ini, mereka telah sibuk membahas peristiwa-peristiwa global saat ini. Al-Jubeir adalah perwujudan dari generasi baru pemimpin Arab : Ia menempuh pendidikan di Jerman dan perguruan tinggi di Amerika Serikat dan kemudian menjabat sebagai duta besar Saudi untuk Washington. Berbeda dengan pendahulunya Pangeran Saud al-Faisal, yang menjabat sebagai diplomat tertinggi negara selama puluhan tahun membentang dari krisis minyak di tahun 1970 hingga awal 2015, al-Jubeir bukan anggota keluarga kerajaan. Pada saat pengangkatannya sebagai menteri luar negeri April lalu, Arab Saudi baru saja memulai perang di negara tetangga Yaman dan situasi di Suriah semakin memanas. Al-Jubeir sekarang bertanggung jawab untuk mewakili kebijakan luar negeri negaranya yang “kontroversial”. Dan dia menyediakan banyak waktu untuk melakukan wawancara dengan SPIEGEL. Ketika stafnya berusaha untuk mengakhiri wawancara setelah 45 menit karena ia akan memberikan pidato pada Konferensi Keamanan Munich, al-Jubeir menyarankan kami untuk melanjutkan diskusi di kendaraannya – baik dalam perjalanan ke pembicaraan dan kembali ke hotel sesudahnya .
SPIEGEL: Tuan al-Jubeir, apakah Anda pernah melihat Timur Tengah dalam kondisi yang lebih buruk daripada hari ini?

Al-Jubeir: Timur Tengah telah melalui periode kekacauan sebelumnya. Pada 1950-an dan 1960-an, ada revolusi. Ketika monarki runtuh di sejumlah negara, ada kelompok radikal dan Nasserisme. Hari ini sedikit lebih rumit.

SPIEGEL: Situasi yang paling rumit dan berbahaya, jelas, adalah di Suriah. Apa yang ingin Arab Saudi capai dalam konflik ini?
Al-Jubeir: Saya tidak berpikir siapa pun bisa memprediksi apa yang akan terjadi dalam jangka pendek. Dalam jangka panjang, akan tercapai Suriah tanpa Bashar Assad. Semakin lama waktu yang dibutuhkan, semakin buruk. Kami memperingatkan ketika krisis dimulai tahun 2011 jika tidak bisa dengan cepat ditangani, negara akan hancur. Sayangnya, peringatan kami benar.
SPIEGEL: Apa yang Anda ingin Anda lakukan sekarang dengan posisi rezim Assad berada di atas ?
Al-Jubeir: Kami selalu mengatakan ada dua cara untuk menyelesaikan konflik Suriah, dan keduanya akan berakhir dengan hasil yang sama: a. Suriah tanpa Bashar Assad. Ada proses politik yang kita coba capai melalui apa yang disebut Group Wina. Yang melibatkan pembentukan sebuah dewan pemerintahan, yang mengambil kekuasaan dari Bashar Assad, untuk menyusun konstitusi dan membuka jalan bagi pemilihan umum. Adalah penting bahwa Bashar segera dilengserkan di awal, bukannya pada akhir proses. Ini akan membuat transisi berjalan dengan lebih sedikit korban jiwa dan kehancuran.
SPIEGEL: Dan pilihan lain?
Al-Jubeir: Pilihan lainnya adalah bahwa perang akan berlanjut dan Bashar Assad akan dikalahkan. Jika, seperti yang kami putuskan di Munich, akan ada penghentian permusuhan dan bantuan kemanusiaan dapat mengalir ke Suriah – maka ini akan membuka pintu untuk awal proses transisi politik. Kami sedang berusaha dengan cara yang sangat halus, dan itu mungkin tidak bekerja, tapi kami harus mencobanya. Jika proses politik tidak bekerja, selalu ada pendekatan lain.
SPIEGEL: Assad mengatakan dia menganggap gencatan senjata jangka pendek di Suriah tidak mungkin terlaksana. Apakah ini berarti perjanjian Munich telah gagal?
Al-Jubeir: Bashar Assad telah mengatakan banyak hal. Kita akan melihat dalam waktu dekat apakah dia serius tentang sebuah proses politik.
SPIEGEL: Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev berbicara tentang bahaya “Perang Dunia III” pada Konferensi Keamanan Munich.
Al-Jubeir: Saya rasa ini adalah over-dramatisasi. Jangan lupa: Ini semua dimulai ketika Anda memiliki anak-anak berusia delapan dan sembilan tahun menulis grafiti di dinding. Orang tua mereka diberitahu: “Anda tidak akan pernah melihat mereka lagi. Jika Anda ingin memiliki anak, pergi ke istri Anda dan buatlah yang baru..” Orang-orang Assad (Warga Suriah) mulai memberontak. Dan dia (Assad) menghancurkan mereka dengan brutal. Tetapi militer tidak bisa melindunginya. Jadi dia meminta Iran untuk datang dan membantu. Iran mengirimkan Garda Revolusi ke Suriah, mereka membawa milisi Syiah, Hizbullat dari Libanon, milisi dari Irak, Pakistan, Afghanistan, semua Syiah, dan mereka tidak bisa membantu. Kemudian ia membawa di Rusia, dan Rusia tidak akan menyelamatkannya. Pada saat yang sama, kita memiliki perang melawan Daesh (Negara Islam, atau IS) di Suriah. Sebuah koalisi Internasional, dan Arab Saudi menjadi salah satu anggota pertama dari koalisi itu.
SPIEGEL: Anda baru saja menyebut semua aktor. Apakah semacam itu belum disebut perang dunia ?
Al-Jubeir: Saya akan menjelaskan ini dalam beberapa detik, jika Anda mengizinkan saya. Kampanye udara dimulai, tetapi menjadi sangat jelas bahwa harus ada yang menjadi komponen dasar. Arab Saudi telah mengatakan bahwa jika koalisi Internasional melawan Daesh siap untuk terlibat dalam operasi darat, kami akan siap untuk berpartisipasi dengan pasukan khusus. Rusia juga mengatakan tujuan mereka adalah untuk mengalahkan Daesh. Jika penyebaran pasukan darat membantu dalam memerangi Daesh, mengapa harus disebut Perang Dunia III? Apakah Rusia khawatir bahwa mengalahkan Daesh akan membuka pintu untuk mengalahkan Bashar Assad? Itu akan menjadi cerita yang berbeda. Tapi saya tidak berpikir Perang Dunia III akan terjadi di Suriah.
SPIEGEL: Akankah pasukan darat Arab Saudi hanya bertempur melawan Daesh atau Anda juga akan bergabung dalam perang melawan Assad?
Al-Jubeir: Kami menyatakan siap untuk bergabung dengan koalisi internasional melawan Daesh dengan pasukan khusus. Semua ini, bagaimanapun, masih dalam tahap diskusi dan dalam tahap perencanaan awal.
SPIEGEL: Apakah Arab Saudi mendukung untuk memasok rudal anti-pesawat untuk pasukan oposisi ?
Al-Jubeir: Ya. Kami percaya bahwa memberikan rudal surface-to-air di Suriah akan mengubah keseimbangan kekuasaan di darat. Ini akan memungkinkan oposisi moderat untuk dapat menetralisir helikopter dan pesawat yang menjatuhkan bahan kimia dan telah menjadikan mereka sasaran pemboman, seperti rudal surface-to-air di Afghanistan mampu mengubah keseimbangan kekuasaan di sana. Ini harus dipelajari dengan sangat hati-hati, karena Anda tidak ingin senjata tersebut jatuh ke tangan yang salah.
SPIEGEL: Ke tangan ISIS.
Al-Jubeir: Ini adalah keputusan yang harus dibuat koalisi internasional. Ini bukan keputusan Arab Saudi.
SPIEGEL: Intervensi Rusia telah memiliki dampak besar pada situasi di Suriah. Bagaimana Anda menggambarkan hubungan Arab Saudi dengan Rusia pada saat ini?
Al-Jubeir: Selain perselisihan kami atas Suriah, saya akan mengatakan hubungan kami dengan Rusia sangat baik dan kami sedang mencari jalan untuk memperluas dan memperdalam hubungan. Dua puluh juta warga Rusia adalah Muslim. Seperti Rusia, kami memiliki kepentingan dalam memerangi radikalisme dan ekstremisme. Kami berdua memiliki kepentingan di pasar energi yang stabil. Bahkan perselisihan atas Suriah lebih dari satu taktis dari satu strategis. Kami berdua ingin Suriah bersatu yang stabil di mana semua warga Suriah menikmati hak yang sama.
SPIEGEL: Kedengarannya baik dan bagus, tetapi Anda juga memberikan dukungan ke pihak “lawan” dalam perang. Bahkan lebih dari hubungan Anda dengan Rusia, dunia khawatir tentang perpecahan mendalam antara Arab Saudi dan Iran.
Al-Jubeir: Iran telah menjadi tetangga selama ribuan tahun, dan akan terus menjadi tetangga selama ribuan tahun. Kami tidak punya masalah untuk mengembangkan hubungan terbaik yang kita bisa dengan Iran. Tapi setelah revolusi 1979, Iran memulai kebijakan sektarianisme. Iran memulai kebijakan memperluas revolusi, campur tangan dengan urusan tetangganya, kebijakan membunuh diplomat dan menyerang kedutaan. Iran bertanggung jawab untuk sejumlah serangan teroris di Inggris, mereka bertanggung jawab atas penyelundupan bahan peledak dan obat-obatan ke Arab Saudi. Dan Iran bertanggung jawab karena telah menyiapkan milisi sektarian di Irak, Pakistan, Afghanistan dan Yaman, yang bertujuan untuk mengacaukan negara-negara tersebut.
SPIEGEL: Jika semua hal ini terjadi, maka bagaimana mungkin Anda bisa membangun “hubungan terbaik yang Anda bisa” dengan Iran?
Al-Jubeir: Ya, kami ingin memiliki hubungan baik dengan Iran, tetapi jika mereka ingin hubungan baik dengan kami, maka saya katakan kepada mereka: Jangan terus menyerang kami seperti yang Anda lakukan selama 35 tahun terakhir. Selama kebijakan agresif Iran diteruskan, hal tersebut akan berdampak buruk bagi kawasan tersebut. Iran harus memutuskan apakah ingin revolusi atau (menjadi) bangsa yang beradab.
SPIEGEL: Apakah Iran satu-satunya yang harus disalahkan? Apa yang bisa Arab Saudi tawarkan untuk meningkatkan hubungan yang vital ini?
Al-Jubeir: Tunjukkan satu diplomat Iran yang kami bunuh ! Saya bisa menunjukkan banyak diplomat Saudi yang dibunuh oleh Iran. Tunjukkan satu kedutaan besar Iran yang diserang oleh Arab Saudi. Tunjukkan satu kelompok teroris yang kita tanam di Iran. Tunjukkan satu kegiatan  Arab Saudi yang menciptakan masalah di antara minoritas Iran.
SPIEGEL: Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, menuduh Arab Saudi memprovokasi Iran (dan menyebut Iran) secara aktif mensponsori kelompok-kelompok ekstremis garis keras.
Al-Jubeir: Provokasi macam apa yang dia bicarakan?
SPIEGEL: Apakah Saudi Arabia tidak membiayai kelompok-kelompok ekstremis? Zarif berbicara tentang serangan al-Qaida,  al-Nusra Suriah dan kelompok lain – yang melakukan serangan terhadap masjid Syiah di Irak sampai Yaman.
Al-Jubeir: Ya, tapi itu bukan perbuatan kami. Kami tidak mentolerir terorisme. Kami melawan teroris dan orang-orang yang mendukung mereka dan orang-orang yang membenarkan tindakan mereka. Catatan kami sudah sangat jelas, bertentangan dengan catatan mereka. Mereka adalah tempat berlabuh pemimpin al-Qaida. Mereka memfasilitasi operasi al-Qaida. Mereka mengeluh tentang Daesh, tapi Iran adalah satu-satunya negara yang ada di meja perundingan yang belum pernah diserang oleh al-Qaida atau Daesh.
SPIEGEL: Dapatkah Barat berperan dalam mediasi antara Arab Saudi dan Iran, mengikuti contoh dari Komisi Keamanan dan Kerjasama di Eropa, organisasi yang membantu mengakhiri Perang Dingin?
Al-Jubeir: Iran tahu apa yang harus mereka lakukan untuk menjadi anggota yang bertanggung jawab dari masyarakat internasional dan untuk menjadi tetangga yang baik, dan itu benar-benar tergantung kepada mereka untuk mengubah perilaku mereka.
SPIEGEL: Jadi Arab Saudi sendiri atau Barat tidak ada yang bisa mendorong proses ini?
Al-Jubeir: Tidak ada yang bisa. Iran hanya harus menjauh dari kami.
SPIEGEL: Bagaimana Anda menjelaskan kedekatan ideologis antara iman Wahhabi di Arab Saudi dan ideologi ISIS ? Bagaimana Anda menjelaskan bahwa perilaku Daesh, dengan sedikit perbedaan, dengan hal hukuman kejam yang tidak sama dengan yang dijalankan peradilan Saudi ?
Al-Jubeir: Ini pernyataan yang terlalu menyederhanakan dan tidak masuk akal. Daesh menyerang kami. Pemimpin mereka, Abu Bakr al-Baghdadi, ingin menghancurkan negara Saudi. Orang-orang ini adalah penjahat. Mereka psikopat. anggota Daesh memakai sepatu. Apakah ini berarti semua orang yang memakai sepatu adalah Daesh?
SPIEGEL: Apakah Anda menentang kesamaan antara interpretasi Islam yang sangat konservatif sebagai ideologi agama Arab Saudi dan IS ?
Al-Jubeir: ISIS adalah sebuah organisasi yang (mengatasnamakan) Islam seperti KKK di Amerika disebut organisasi Kristen. Mereka membakar orang-orang keturunan Afrika di kayu salib, dan mereka mengatakan mereka melakukannya dengan nama Yesus Kristus. Sayangnya, di setiap agama ada orang yang memutarbalikkan iman. Kita tidak harus membawa tindakan psikopat dan membuat mereka sebagai perwakilan dari seluruh agama.
SPIEGEL: Bukankah Arab Saudi harus melakukan lebih banyak hal untuk menjauhkan diri dari ISIS dan ideologinya?
Al-Jubeir: Sepertinya orang tidak membaca atau mendengarkan. Ulama dan media kami telah sangat vokal. Kami adalah negara pertama di dunia yang mengadakan kampanye nasional kesadaran publik melawan ekstrimisme dan terorisme. Lantas mengapa kami tidak ingin melawan ideologi yang bertujuan untuk membunuh kami ?
SPIEGEL: Pada saat yang sama, hakim Anda menyatakan kalimat yang mengejutkan dunia. Blogger Raif Badawi telah dijatuhi hukuman penjara dan 1.000 kali cambukan. Pada tanggal 2 Januari, 47 orang dipenggal kepalanya, di antaranya “Sheikh” Nimr al-Nimr. Keponakannya, Ali,  juga telah dijatuhi hukuman mati dan tubuhnya dipertontonkan setelah eksekusi.
Al-Jubeir: Kami memiliki sistem hukum, dan kami memiliki hukum pidana. Kami memiliki hukuman mati di Arab Saudi, dan orang-orang harus menghormati ini. Anda tidak memiliki hukuman mati, dan kami menghormati itu.
SPIEGEL: Haruskah kita menghormati (hukum yang) mencambuk orang?
Al-Jubeir: Sama seperti kami menghormati sistem hukum Anda, Anda harus menghormati sistem hukum kami. Anda tidak dapat memaksakan nilai-nilai Anda pada kami, jika tidak dunia akan menjadi hukum rimba. Setiap masyarakat memutuskan hukum mereka sendiri, dan itu adalah hak untuk membuat keputusan berkaitan dengan hukum-hukum ini. Anda tidak bisa mengkuliahi orang lain tentang apa yang Anda anggap benar atau salah berdasarkan sistem nilai Anda kecuali Anda bersedia untuk menerima orang lain memaksakan sistem nilai mereka pada Anda.
SPIEGEL: Apakah tidak bertentangan dengan hak asasi manusia untuk menampilkan tubuh dari orang yang dieksekusi?
Al-Jubeir: Ini adalah panggilan penghakiman. Kami memiliki sistem hukum, dan ini bukan sesuatu yang terjadi sepanjang waktu. Kami memiliki hukuman mati. Amerika memiliki hukuman mati. Iran memiliki hukuman mati. Iran menggantung orang dan meninggalkan tubuh mereka tergantung di derek. Iran menghukum mati lebih dari seribu orang tahun lalu. Saya tidak melihat Anda melaporkan hal itu.
SPIEGEL: Kami telah melaporkan pada itu.
Al-Jubeir: Ya, Nimr al-Nimr …
SPIEGEL: … yang dieksekusi pada 2 Januari dan merupakan paman dari Ali al-Nimr …
Al-Jubeir: Nimr adalah teroris, dia merekrut, ia menjalankan, ia membiayai dan sebagai konsekuensi dari tindakannya sejumlah polisi Arab Saudi tewas. Bukankah kami seharusnya menempatkan dia sebagai tersangka? Dia diadili. Pengadilannya ditinjau pada tingkat banding. Ia pergi ke Mahkamah Agung, dan hukumannya adalah mati, seperti 46 orang lain yang dihukum mati.
SPIEGEL: Kebijakan luar negeri Anda telah menjadi lebih agresif juga. Menurut PBB, sekitar 6.000 orang telah tewas di Yaman sejak awal serangan Arab Saudi Maret 2015. Apa yang ingin Anda capai dengan perang ini?
Al-Jubeir: Perang di Yaman bukanlah perang yang kita inginkan. Kami tidak punya pilihan lain – ada milisi radikal bersekutu dengan Iran dan Hizbullat yang mengambil alih negara. Mereka dilengkapi senjata berat, rudal balistik dan bahkan angkatan udara. Haruskah kami berdiri diam sementara ini terjadi di depan rumah kami, di salah satu negara di mana teroris memiliki pengaruh besar? Jadi kami merespon, sebagai bagian dari koalisi, atas permintaan pemerintah yang sah di Yaman, dan kami melangkah untuk mendukung mereka. Kami telah menghapus sebagian besar ancaman dimana senjata tersebut ditujukan ke Arab Saudi. Sekarang 75 persen dari Yaman telah dibebaskan dan berada di bawah kendali pasukan pemerintah.
SPIEGEL: Untuk berapa lama ini seharusnya berlangsung ? Setengah dari korban dalam perang ini adalah warga sipil.

Al-Jubeir: Kami akan melanjutkan operasi sampai tujuan tercapai. Kami berharap bahwa Houthi dan Saleh akan setuju untuk penyelesaian politik, dan kami siap, bersama dengan sekutu Teluk kami, untuk menempatkan rencana rekonstruksi yang sangat besar bagi Yaman. Kami tidak memiliki kepentingan untuk melihat Yaman tidak stabil atau melihat Yaman yang hancur.

SPIEGEL: Dengan beberapa intervensi di Yaman, Suriah dan negara-negara lain di kawasan itu, tampak bahwa Arab Saudi bercita-cita untuk menjadi kekuatan hegemonial di Timur Tengah.
Al-Jubeir: Kami tidak mencari peran ini untuk Arab Saudi. Apa yang kami inginkan adalah stabilitas dan keamanan sehingga kami bisa fokus pada pengembangan (negara) kami sendiri. Tapi kami memiliki masalah ini di wilayah kami, dan tak seorang pun mampu mengatasinya. Seluruh dunia mengatakan bahwa negara-negara Teluk harus meningkatkan dan menyelesaikan masalah mereka, jadi kami melangkah. Sekarang orang mengatakan, “Oh Tuhan, Arab Saudi telah berubah.” Ini kontradiksi. Apakah Anda ingin kami untuk memimpin, atau apakah Anda ingin kami memainkan peran pendukung? Karena kami tidak dapat melakukan keduanya. Jika Anda ingin kami untuk memimpin, jangan mengkritik kami. Dan jika Anda ingin kami untuk memainkan peran pendukung, beritahu kami siapa yang akan memimpin.
SPIEGEL: Apakah Saudi Arabia merasa terancam oleh kesepakatan nuklir Iran, dengan pemulihan hubungan yang mungkin antara negara tetangganya dan negara Barat ?
Al-Jubeir: Kami mendukung setiap kesepakatan yang menentang senjata nuklir Iran , yang memiliki mekanisme pemeriksaan terus menerus dan yang memiliki ketentuan jika Iran melanggar perjanjian. Perhatian kami adalah bahwa Iran akan menggunakan pendapatan yang diterimanya sebagai akibat dari pencabutan sanksi nuklir untuk mendanai kegiatan jahat di wilayah ini.
SPIEGEL: kebijakan luar negeri Amerika Serikat di Timur Tengah telah menjadi lebih terkendali di bawah Presiden Obama. Apakah itu kesalahan?

Al-Jubeir: Saya tidak percaya pada teori bahwa Amerika Serikat telah mengurangi pengaruhnya di Timur Tengah. Justru sebaliknya, di Teluk, kita melihat peningkatan kehadiran militer Amerika, serta peningkatan investasi Amerika. Argumen ini lebih akurat ketika seseorang mengatakan Amerika sedang memfokuskan perhatian lebih ke Timur Jauh. Tapi saya tidak percaya hal tersebut akan mengorbankan Timur Tengah.

SPIEGEL: Yang Mulia, kami ucapkan terima kasih untuk wawancara ini.
Spiegel Online International-German magazine

Rusia Kepada Assad: Kami Berikan Banyak Bantuan, Maka 
Jangan Gegabah

Moskow – Pemerintah Rusia memperingatkan rezim Assad atas konsekuensi bantuan politik dan militer dari Moskow.  Bashar Assad diminta tidak gegabah yang nantinya merugikan diri sendiri.
“Rusia telah berinvestasi sangat serius dalam krisis ini, kita telah membantu dalam segi politik, diplomatik dan juga militer,” ujar Vitaly Churkin, utusan Rusia untuk PBB, pada Jam’at (19/02).
Hal ini dia ungkap lantaran adanya pertemuan Munich yang mendukung proses gencatan senjata, pencabutan pengepungan dan dimulainya kembali pembicaraan damai.
“Jika mereka menggunakan beberapa cara yang menyimpang dari jalan ini (walau ini hanya ungkapan pribadi saya), maka situasi haya akan semakin rumit. Termasuk diri mereka sendiri,” katanya.
Namun, dia juga membeberkan bahwa bila saja rezim Assad tidak membutuhkan gencatan senjata dengan berharap kemenangan memihaknya, maka konflik akan memakan waktu lama dan mengerikan.
“Jika mereka melanjutkan serangan atas dasar bahwa gencatan senjata tidak diperlukan dan mereka harus berperang untuk mengambil kemenangan, maka konflik akan berjalan lama dan menakutkan,” ungkapnya.
Menurutnya, pihak Rusia harus bisa membimbing rezim Assad yang berdampak pada perpolitikan.
“Hal ini tidak layak untuk menepatkan terlalu banyak signifikansi. Kami harus bimbing tentang apa yang ia katakan, dengan segala hormat dalam laporan seseorang pada tingkat tinggi, tetapi dengan apa yang akhirnya dia lakukan,” bebernya.
“Damaskus, karena saya berharap dan mengerti, ini adalah kesempatan unik untuk Suriah setelah lima tahun kehancuran tak henti-hentinya,” tambahnya. ( si barbar rusia tampak ketakutan )
Sejak bulan Oktober tahun lalu, pemerintah Rusia telah mendukung rezim Assad dengan mengirimkan bantuan militer yang dikabarkan hanya menargetkan militan ISIS.
Sumber: tribune.com