Friday, March 18, 2016

Pertempuran Akan Berakhir, Koalisi Saudi Tidak Ingin Yaman Seperti Libya

Ahmed Al-Assiri: Operasi Militer Besar Koalisi Pimpinan Saudi di Yaman Mendekati Akhir

Ahmed Al-Assiri: Operasi Militer Besar Koalisi Pimpinan Saudi 
di Yaman Mendekati Akhir

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Sebuah operasi militer besar koalisi yang dipimpin Arab Saudi di Yaman mendekati akhir, juru bicaranya mengatakan Rabu (16/3/2016), tetapi negara itu akan membutuhkan dukungan jangka panjang untuk menghindari menjadi "Libya lain".

Dalam sebuah wawancara dengan AFP di kantornya di sebuah pangkalan udara di Riyadh, Brigadir Jenderal Ahmed al-Assiri juga mengatakan pertempuran di sepanjang perbatasan Saudi-Yaman pada dasarnya telah berhenti setelah upaya mediasi pekan lalu.


Arab Saudi dan beberapa sekutunya dari negara Arab Sunni meluncurkan intervensi pada 26 Maret tahun lalu untuk mendukung Presiden Abdu Rabbu Mansour Hadi setelah pemberontak Syi'ah Houtsi kaki tangan Syi'ah Iran yang didukung sekutu mereka dari pasukan yang setia kepada mantan presiden terguling Ali Abdullah Saleh menguasai sebagian besar Yaman termasuk ibukota Sana'a.

Didukung oleh serangan udara dan beberapa pasukan darat koalisi, pasukan anti-pemberontak telah direbut kembali tanah, termasuk banyak dari selatan.

Tapi mereka telah gagal untuk mengusir pemberontak Syi'ah dari Sana'a atau untuk menghapus mereka dari Taiz, kota terbesar ketiga di negara itu di mana pertempuran intens terus berlanjut.

Namun, Assiri mengatakan pertempuran utama mendekati akhir.

"Dalam setiap kampanye militer Anda memiliki fase .... Hari ini kita berada di fase akhir pertempuran besar," katanya, menambahkan bahwa tahap berikutnya akan melibatkan menciptakan situasi keamanan yang stabil dan kemudian rekonstruksi.

Tapi dia bersikeras koalisi tidak akan meninggalkan Yaman, mengatakan mereka telah belajar dari Amerika Serikat yang menarik pasukan tempur dari Irak dan Afghanistan sebelum negara tersebut stabil.

Juga tidak ingin mengikuti contoh dari Libya, di mana pasukan Barat membantu menggulingkan Muammar Khadafi pada tahun 2011 dan kemudian meninggalkan negara itu untuk meluncur ke dalam kekacauan, kata Assiri.

"Kami tidak ingin bahwa Yaman menjadi Libya lain, jadi kita harus mendukung pemerintah, pergi dengan mereka selangkah demi selangkah sampai mereka membawa perdamaian dan keamanan dan stabilitas bagi rakyat," kata Assiri.

Ditanya apakah koalisi mungkin harus tinggal selama bertahun-tahun di Yaman, Assiri tidak akan memberikan kerangka waktu.

"Dengar, tidak ada solusi ajaib ... Yaman telah dibongkar selama 30 tahun. Anda tidak dapat memperbaiki ini dalam 30 hari."

Pemberontak Syi'ah Houtsi melancarkan serangan lintas perbatasan terhadap Arab Saudi sebagai pembalasan atas intervensi, dengan lebih dari 90 orang - baik militer maupun sipil - tewas di sisi Saudi dari perbatasan dengan tembakan serampangan dan dalam pertempuran.

Badan Pertahanan Sipil mengatakan Rabu bahwa penduduk di zona perbatasan telah terluka dalam penembakan dari Yaman, laporan yang pertama dalam beberapa hari.

Assiri mengatakan perbatasan pada dasarnya tenang sejak upaya mediasi para pemimpin suku pekan lalu yang mengizinkan bantuan untuk mulai bergerak ke Yaman di persimpangan Alb di Dhahran al-Janoub, timur laut kota Jazan.

pembicaraan pekan lalu bukan "kesepakatan dengan milisi" tapi koalisi mendukung upaya dalam kepentingan stabilitas Yaman, katanya.

Upaya ini mengizinkan bantuan yang akan dikirimkan ke desa-desa di seberang perbatasan dan membantu untuk memastikan bahwa konvoi kemanusiaan aman, termasuk dengan pembersihan ranjau darat yang diletakkan oleh pemberontak Syi'ah Houtsi di sekitar Alb.

Makanan dan pasokan medis telah sejak dikirim ke Saada, yang merupakan kubu Syi'ah Hoursi', katanya.

"Dari waktu ke waktu" roket masih ditembakkan ke selatan Arab Saudi, dan koalisi berhak untuk membalas, tapi jumlah serangan lintas-perbatasan telah menurun dan mediasi suku telah berjalan dengan baik, kata Assiri.

Assiri menolak mengatakan berapa banyak tentara Saudi telah tewas dalam perang atau berapa banyak biaya yang mereka keluarkan sejauh ini.

Uang "tidak memiliki arti" ketika datang untuk keamanan nasional, katanya.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan konflik telah menewaskan lebih dari 6.200 orang di Yaman selama setahun terakhir. (st/AFP)
http://www.voa-islam.id./read/world-news/2016/03/17/42877/ahmed-alassiri-operasi-militer-besar-koalisi-pimpinan-saudi-di-yaman-mendekati-akhir/#sthash.P0qQtlFF.sTePSdsr.dpbs


Pertempuran akan Berakhir, Koalisi Saudi Tidak Ingin Yaman 
Seperti Libya
Oleh Jurniscom
Kamis, 17 Maret 2016 08:05 WIB
YAMAN (Jurnalislam.com) - Pertempuran besar di Yaman mendekati akhir namun negara akan membutuhkan dukungan jangka panjang dari koalisi yang dipimpin Saudi untuk mengamankan lembaga-lembaganya, juru bicara koalisi mengatakan pada hari Rabu (16/03/2016), lansir Aljazeera.
Brigadir Jenderal Ahmed al-Assiri juga mengatakan bahwa pertempuran pada dasarnya telah berhenti di sepanjang perbatasan, di mana penghancuran ranjau telah dimulai untuk mensuport aliran bantuan.
Arab Saudi dan beberapa sekutu Arab lainnya memulai serangan udara pada 26 Maret tahun lalu terhadap pemberontak Syiah Houthi yang didukung Republik Syiah Iran dan sekutu mereka, yaitu pasukan elit yang setia kepada mantan presiden Ali Abdullah Saleh.
"Dalam setiap operasi militer Anda memiliki fase," kata Assiri.
"Hari ini kita berada di fase akhir pertempuran besar, yang harus diikuti oleh stabilisasi keamanan dan rekonstruksi akhir."
Koalisi tidak ingin mengikuti contoh dari Libya, di mana pasukan Amerika Serikat dan sekutunya membantu menggulingkan diktator Moamer Kadhafi pada 2011 dan kemudian meninggalkannya sehingga jatuh ke dalam kekacauan. AS Juga menarik pasukan tempur dari Irak dan Afghanistan sebelum negara stabil.
"Kami juga tidak ingin Yaman menjadi seperti Libya, jadi kita harus mendukung pemerintah Yaman, bekerja bersama mereka langkah demi langkah sampai mereka terciptanya perdamaian, keamanan dan stabilitas bagi rakyat," kata Assiri.
Dia mengatakan bahwa di daerah yang berhasil direbut kembali dari pemberontak, pejuang mendapatkan pelatihan dan peralatan untuk bergabung dengan tentara Yaman, "tapi itu butuh waktu".
Koalisi ikut campur tangan di Yaman atas nama Presiden Abedrabbo Mansour Hadi setelah Syiah Houthi, kelompok Zaidi Syiah dari utara Yaman, menguasai sebagian besar negara termasuk ibukota Sanaa.
Didukung oleh serangan udara dan dukungan koalisi lainnya, pasukan anti-pemberontak berhasil merebut kembali daerah-daerah di selatan Yaman dari Houthi tapi milisi Syiah Houthi masih menguasai ibukota.
Milisi Syiah Houthi melancarkan serangan lintas perbatasan terhadap Arab Saudi sebagai balasan atas intervensi, dengan lebih dari 90 orang - baik militer maupun sipil - tewas di sisi perbatasan Saudi akibat tembakan dan pertempuran.
Assiri mengatakan perbatasan pada dasarnya dalam keadaan tenang sejak adanya upaya mediasi para pemimpin suku pekan lalu yang mengizinkan bantuan mulai bergerak ke Yaman di persimpangan Alb di Dhahran al-Janoub, timur laut kota Jazan.
Deddy | Aljazeera | Jurnalislam