Tuesday, September 20, 2016

Anak-Anak Saudi Menabung Untuk Membeli Makanan dan Minuman Untuk Dibagikan Ke Jama’ah Haji


September 19, 2016
Sejumlah anak-anak Arab Saudi telah mematahkan “monopoli” orang-orang tua dan relawan wanita. Mereka telah bergabung dengan warga dewasa Saudi lainnya untuk mendapatkan pahala dari Allah dengan melayani tamu agung Allah.
Dua bocah Saudi bersaudara,berusia hampir 10 tahun, memilih sebuah jalan besar di distrik Aziziyah kota Makkah untuk membagikan teh dan air kepada para jama’ah yang mana di daerah tersebut terdapat sejumlah besar jama’ah yang sengaja memilih tinggal di distrik tersebut karena dekat dengan Mina.
Dua bersaudara tersebut bernama Mazen dan Bassim Al-Zahrani, mereka datang dari Al-Baha di selatan Saudi dengan orang tua mereka untuk berhaji.
Mereka mengatakan bahwa mereka sengaja memanfaatkan waktu luang untuk melayani jama’ah haji dengan air dan secangkir teh dengan tujuan mendapatkan pahala dari Allah atas pekerjaan amal yang mereka lakukan.
Mereka juga mengatakan bahwa ibu mereka selalu memotivasi mereka untuk melakukan amal sholeh dan menjadi relawan dalam melayani orang lain terutama selama hari-hari yang diberkahi ini.
Dua bersaudara ini mengatakan mereka telah menabung untuk membeli minuman botol, teh dan makanan untuk dibagikan kepada jama’ah haji.
Mazen dan Bassim tidak sendirian dalam pekerjaan ini, anak-anak Saudi lainnya bersaing dengan mereka untuk memberikan layanan kepada para tamu agung Allah.
Hal ini telah menjadi fenomena untuk melihat anak-anak Saudi yang menawarkan makanan panas, buah, air dan minuman ringan untuk para tamu Allah. Anak-anak tidak biasa membeli air dan makanan dari uang saku yang mereka simpan. Pada kali ini, keluarga mereka akan memberikan mereka uang tunai (tambahan) atau mereka mendapatkannya dari banyak organisasi amal di Makkah dan mengikutsertakan mereka dalam pekerjaan mulia ini dengan tujuan melatih mereka menjadi pekerja sukarela.
Abu Ghaida, jama’ah asal Yordania, mengatakan ia melihat sejumlah anak-anak Saudi memberikan makanan dan jus untuk para jama’ah di Mina.”Saya sangat senang melihat anak-anak Saudi melakukan pekerjaan ini. Mereka adalah calon generasi masa depan yang akan melanjutkan pekerjaan baik dari para pendahulu mereka “ujarnya.
Ibrahim, seorang jama’ah dari Palestina, mengatakan dia tidak terkejut melihat anak-anak Saudi bersaing untuk melayani para jama’ah di tempat suci ini. “Ini bukan fenomena yang mengejutkan untuk melihat orang-orang Saudi dan anak-anak mereka melayani para tamu Allah. Mereka (warga Saudi) adalah orang-orang yang murah hati yang selalu menghormati tamu-tamu Allah, “katanya.
Saudi Gazette