Wednesday, June 29, 2016

Kepada Ustadz KH Muh Idrus Ramli ( Dan Haters Lainnya ) Dari Pada Syahwat Kebenciannya Terhadap Wahhabi Menggangu Ketaqwaan Anda, Lebih Baik Kumpulkan Semua Tulisan Anda Silahkan Bandingkan Dan Simpulkan Dengan Ratusan Artikel Dilamurkha Terkait Masalah Pokok ( Ushul ) Yang Sering Dinisbatkan Negatif Terhadap Wahhabi.

sebelumnya silahkan buka :
Daftar Referensi Studi Komparatif Antara Tuduhan Dan Fakta : Salafi (Ahlus Sunnah, “Wahhabi ?), Aswaja, Ibnu Taimiyah, Sifat/Keberadaan/ Melihat Allah Diakhirat, Tanduk Setan, Najd, Muawiyah Bin Abi Sofyan, Takfiri Syi’ah, Nawashib,Saudi, Malaysia Dan Lain-Lain.

Ada dua artikel terakhir terkait “ wahhabi” yang masih mengguncang fikiran Ustadz KH drs Idrus Ramli :
(1). Lebih Sesat Mana Syiah Dengan Wahabi?
(2). KH. Muhammad Idrus Ramli: Syiah Lebih Sesat       Tapi Wahabi LebihBerbahaya
Silahkan baca ratusan artikel lamurkha dibawah terkait pembahasan diatas dengan tuntas, ilmiyyah dan shahih ( sharih ). Mudah-mudahan para haters lebih faham ( Insya Allah ).

( I ). Lebih Sesat Mana Syiah Dengan Wahabi?

Ini Kata KH. Idrus Ramli ( 27/06/2016)
NUGarisLurus.com – Syiah dan Wahabi merupakan dua aliran sesat yang semakin marak bergentayangan dinegeri ini. Lalu dari keduanya manakah yang lebih sesat? Berikut penuturan KH. Muhammad Idrus Ramli yang kami kutip dari akun facebooknya, Jum’at (24/6).
Dalam acara di Sidogiri kemarin, ada diskusi, tentang Syiah dan Wahabi.
Pertanyaan yang diajukan, lebih sesat manakah antara Syiah yang memaki­ maki para sahabat radhiyallaahu ‘anhum, dengan Wahabi yang anti Maulid Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
Jawabannya, jelas Syiah lebih sesat daripada Wahabi. Karena keutamaan para sahabat telah diuraikan di dalam al­ Qur’an dan Hadits. Di sisi lain, melecehkan para sahabat secara tidak langsung, juga melecehkan baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yang dianggap tidak berhasil dalam mendidik para sahabatnya, dan pelecehan terhadap keistimewaan baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai makhluk dan manusia paling agung, yang sangat tidak mungkin tidak diberikan sahabat yang paling mulia oleh Allah. Bukankah umat Islam adalah umat yang paling baik sebagaimana ditegaskan dalam al­Qur’an? Walhasil, keutamaan para sahabat adalah nash dalam al­ Qur’an dan hadits. Di sisi lain, orang yang mengingkari kebolehan Maulid tidak dapat divonis sesat, karena persoalan maulid adalah masalah furu’iyah (hukum fikih) ijtihadiyah zhanniyah, yang memang terjadi ikhtilaf di kalangan ulama.Mayoritas ulama membolehkan dan menganjurkan acara Maulid. Sementara ada sekelompok kecil dan kemudian diikuti oleh kaum Wahabi yang anti acara maulid. Tentu saja, hal ini bukan berarti berpandangan bahwa Wahabi tidak sesat. Wahabi memang aliran sesat, tetapi bukan karena menolak acara maulid. Wallahu a’lam.
(Wahabi apanya yang sesat ? coba bahas secara tuntas dan ilmiyyah masalah utamanya/ushul : keberadaan/dimana Allah, Melihat dan mendengar suara Allah di Hari Kiamat/Akhirat, Turunnya Allah ke Langit Dunia, Fitnah Tasjim terhadap Ibnu Taimiyah, Makna dan siapakah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, Pembagian Tauhid Menurut Ahlus-Sunnah wal-Jama'ah dan lain-lain.red.lamurkha).

( 2 ) KH. Muhammad Idrus Ramli: Syiah Lebih Sesat Tapi WahabiLebihBerbahaya

NUGarisLurus.Com 04/12/2015
– Dua tanduk syetan aliran menyimpang syiah dan wahabi membuat kisruh di berbagai belahan dunia Islam. Dua aliran sesat dan menyimpang ini bukan membuat rusuh di negara kuffar tapi justru membuat kacau negara Islam.
Lalu manakah yang lebih berbahaya dari keduanya? Dan mana yang lebih sesat dari wahabi dan syiah? Berikut jawaban dewan pakar Aswaja NU Center KH. Muhammad Idrus Ramli yang ditulis melalui akun pribadinya.
Menurut Gus Idrus, Begitu beliau akrab disapa, Syiah lebih sesat dari Wahabi tapi di sisi lain Wahabi jauh lebih berbahaya dibanding dengan syiah.
KH. Muhammad Idrus Ramli
WAHABI ATAU SYIAH LEBIH SESAT?
الشيعة أضل والوهابية أضر
Syiah lebih sesat, tetapi Wahabi lebih berbahaya.
Kedua aliran ini memang aliran yang berseteru abadi hingga membuat kacau dan porak ­poranda dunia Islam dan berbagai negara Islam terutama Timur Tengah. Mulai dari Libya, Mesir, Irak, Syuriah dan Yaman. Namun sayangnya Israel yang teroris dan penjahat dunia sama sekali tidak tersentuh. Wallahu Alam (“kebenaran manhaj/ittiba” berbahaya ?red.lamurkha)

Silahkan review terhadap beberapa
artikel dibawah ini
====================
Apa Itu Wahabi? Ada Apa Dengan “Wahhabi”?
Aqidah Dua Mujaddid dalam Islam : Imam Syafi'i dan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab
Ada yang Mengadu Domba NU dan “Wahabi” Agar Umat Tak Bersatu
Apakah Para Ulama Atjeh Yang Mengumandangkan Perang Sabil Melawan Penjajah Belanda Adalah PARA ULAMA WAHABI??
Aqidah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Ahlussunnah Wal Jama’ah [Bukti Otentik Dari Surat Beliau Kepada Penduduk Al-Qashim]
Bukan Ciri Wahabi Tapi Ciri Aswaja (Nu) Pengikut Imam Syafi’i Dan Kh Hasyim Asy’ari!!
Cukupkah Sebutan MUSLIM Saja, Atau AHLUSUNNAH Saja, Tanpa Embel-embel lain nya? Untuk Saat Ini, TIDAK CUKUP,. Kenapa? " Islam Nusantara,Naudzubillahi mindzalik?!"
http://lamurkha.blogspot.com/2015/07/cukupkah-sebutan-muslim-saja-atau.html
Dialog Ukhuwah Ustadz Salafi Wahabi Dengan Idrus Ramli (Tokoh NU) , Silahkan Tonton,.
Definisi Aswaja Di Nusantara Yang Disepakati 3 Tokoh NU Garis Lurus
Dakwah Wahabiyah, Mudah Mengkafirkan? Menganggap Paling Benar Sendiri? Betulkah?
Dialog Ringan Bersama Kyai Idrus Ramli (Mana Dalilnya Komposisi Bacaan Tahlilan). Dialog Sesama Muslim.
Gelar WAHABI, Itu Propaganda Orang Yang Memusuhi Dakwah Tauhid,. Agar Kaum Muslimin Tidak Mendengar Ajakannya…
Habib Ahmad Zein Al Kaff : Kalau wahabi kitab rujukannya sama, rukun Iman, rukun Islamnya juga sama, sedangkan Syiah berbeda, kita hanya berbeda dalam masalah furu’iyah (cabang) dengan Wahabi/salafi
Habib Ahmad Bin Zain Al Kaff : Harus Berani Menasehati Orang-Orang Wahabi Di Depan Mereka, Secara Ilmiyyah Dan Berdalil, Bukan Dengan Mengancam/Kekerasan.
Habib Thohir Al Kaff, Merasa Mayoritas Dan Kuat, Punya Masa Sangat Besar, Mengancam Dan Melarang Ustadz “Salafi/ahlussunnah” Ceramah Di Tegal ( Hukum Rimba ) ! Setelah Ustadz Firanda ( Pengajar Di Masjid Nabawi, Madinah ) Sekarang Ustadz DR Khalid Basalamah MA. Berpegang Pada Suara Mayoritas Adalah Kaidah Kaum Jahiliyah
Ini jawaban dari Tulisan yang disebarkan oleh NuGarislurus.Com
Inilah Wahabi Sesungguhnya…
Islam Di Timur Tengah Ittiba Kepada Nabi, Makan-Minum Siang Hari Terbuka Ditempat Umum Selama Ramadhan Akan Kena Hukuman, Di Negara Islam Nusantara Umat Islam Jadi Bulan-Bulanan ( Di Obok-Obok ) Media Kufar Dan Orang Munafik. Jadi Kemana Kita Merujuk ?
Jangan Mudah Menuduh Orang Sebagai Wahabi
Jawaban Syubhat Syiah : Shalawat hanya untuk Nabi dan keluarganya saja, tidak berlaku untuk para sahabat Nabi. Allah memerintahkan untuk bershalawat kepada Nabi dan keluarganya, bukan shalawat yang terputus model Wahhabi.
Kepada Prof ( Tasawuf ) DR KH Said Aqil Siraj Dan Ustadz KH Muhammad Idrus Ramli, Dari Pada Dagangan “Wahabinya” Ngga Laku Dan Ngos-Ngosan, Lebih Baik Penuhi Tantangan Dialog Berakhlakul karimah Dengan Ustadz–Ustadz Salafi Dibawah Ini. Dengan Syarat Kalau Keok, Langsung Menyatakan Taubat.
Kenapa Benci Wahhabi ?? Antara Tuduhan dan Fakta
Kontribusi “Wahabi” di Jagat Nusantara
kaum wahhabi adalah syi’ah sejati
Kadis Syariat Islam Aceh: Siapa Salafi Wahabi? Tunjukkan!
Kambing Hitam Yang Digemari Syiah ( Peternak )
Keberhasilan Syiah Memfitnah Salafi & Memecah belah Umat Islam
Kasus Bangil, Syiah Mengadu Domba Dengan Menuduh Anti Syiah Adalah Wahabi ! ( Lagu Lama )
K.H. Hasyim Asy’ari Tentang Syiah
"Keteladanan Antara Wali Songo Vs Wali Dollar" [untuk ulama "su/penghujat wali jenggot !" ]
http://lamurkha.blogspot.com/2015/05/keteladanan-antara-wali-songo-vs-wali.html
KH Hasyim Muzadi Baru Sadar ( Selama Ini Hobinya Menghujat Wahabi ) Syi’ah Merupakan Ancaman Terhadap NKRI, Gemar Menghujat Sahabat Dan Istri Nabi !
Lucu...” Ulama Su'per Aswaja Pendengki Wahabi” Saling Tuding Kerjasama Dengan Majusyi’ah Iran. Said Aqil Siraj Salahkan Hasyim Muzadi, Hasyim Muzadi Salahkan Gus Dur..?! Beda Dengan Kejujuran Ulama ASWJ Malaysia/Brunei.
Mau Tahu Sanad Ulama Salafy (Wahabi) ?
Mengapa Syiah Menggunakan Istilah Takfiri-Wahabi?
Mau Tahu Pendiri WAHABI?? Waspadailah Bahaya Pemikirannya, Dan Jangan Kita Tertipu Ajakannya
Menjawab Syubhat Kyai Idrus Ramli Dalam Melegalkan Bid’ah Hasanah
Mengapa Syiah Menggunakan Istilah Takfiri-Wahabi? Kelompok Takfiri sebenarnya Syiah, Kelompok Radikal Jika Merujuk Definisi BNPT
Masih Ada Yang Bilang Syiah Tidak Sesat, Ngaji Dimana? Hindari Penyebutan Islam Sunni Dan Islam Syiah. Jangan Duduk-Duduk Dengan Syiah,Syiah Indonesia Menganggap Abu Bakar, Umar, Dan Utsman Bukan Pemimpin Yang Sah !
Membersihkan Pakaian Salaf Dari Noda Tuduhan Wahabisme
“NU dan Wahabi“ Bersatu Jaga Persatuan Ahlus Sunnah
NU, Wahabi , Muhammadiyah, Irsyad, Persis, SI, Washliyyah Adalah Bersaudara
NU - Syi'ah
Perspektif Lain dari Wahabi
Pendapat ulama rujukan NU sama dg wahabi
Pujian Dalam Hujatan Bagi Wahhabi !!
Prof. Dr. Ali Musthofa Ya’kub: Jangan Mau Jadi Jangkrik!
[Untuk Orang NU yang Mau Diadu Domba Dengan Wahhabi]
Penyelewengan Buku ‘Salafiyah Wahabiyah’, ‘Fitnah Terhadap Syaikh Al Islam Ibnu Taimiyah’
Perhatikan ! Para Penghina Allah Azza wa Jallah ( Al Wahhab/Wahabi) dan Penghujat Saudi, Dihinakan dan Diberantakan !
Prof Dr KH Ali Mustofa Ya’qub : Target Syiah di Tahun 2030, NU Bakal Hancur
Pertanyaan Untuk Said Agil Siradj : Bagaimana Pemimpin “ Wahabi/Salafi” Yang Ittiba’, Jujur, Tidak Makan Riba/Risywah, Tidak Pernah Ghibah, Gemar Shalat Jama’ah Di Masjid Dibandingkan ......Non Muslim ...Atau...?
Resensi Buku Terbaru Prof.DR.Ali Mustafa Ya’qub اتفاق في الأصول الوهابية ونهضة العلماء
Rabithah Ulama Syam ( Syaikh Usamah Ar-Rifa’I, berpaham Asy’ari ) dan Ikatan Ulama Suriah : Adu Domba Umat Islam, di Suriah Syiah Hembuskan Isu Wahabi, Proyek Syiah Persia Kuasai Bumi Syam Pasti Gagal. Ulama Su’ Indonesia apa lebih Berilmu dari mereka ?
Siapa Pencetus Pertama Istilah Wahhabi?
“Syiah Gunakan Isu Anti-Wahhabi untuk Memecah Belah Umat Islam ”
Stempel Wahabi adalah cara Syiah memadamkan cahaya Al Quran dan Sunnah
Syi’ah Ada Dibalik Isu Anti-Wahabi Untuk Pecah Belah Umat Islam
Su'per Cendekiawan Muslim Sunni Abu-Abu Didikan Orientalis Terpedaya Syiah, Pendengki Salafi “ Wahabi ”
Sebutan Salafi-Wahabi, Propaganda Syiah Benturkan Kaum Muslimin
Siapakah Ulama As-Su’ Di Indonesia, Yang Gemar Memfitnah Dan Mencela Umat Islam Diluar Golongannya, Sering Bikin Resah Umat Islam, Berasyik Masyuk Dengan Non Muslim Dan Merasa Super Mayoritas ? Seperti Ini Moderat ?
Syiah dan Nahdlatul Ulama (NU)
“Titik Temu NU - Wahhabi “ , Bahasan “ Isu-isu Pokok” Secara Ilmiyyah Tanpa Hujatan, Untuk Mendamaikan Sesama Ahlus Sunnah [ Bagian I ]
Titik Temu Wahabi-NU
Tokoh Sufi Habib Luthfi Bin Yahya: Anti Maulid Lebih Berbahaya Daripada Anti Sahabat. Sedangkan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, Para Sahabat, Para Thabi’in, Thabi’ut Thabi’in, Imam Yang Empat, Para Ulama Seperti Imam Bukhari, Muslim, Tidak Ada Yang Pernah Satu Kalipun Mengadakan Maulid Nabi....
Untuk Para Provokator/Hasader/Herder Syi’ah dan Ulama2 “SU’/Namimah” yang ingin membenturkan NU dengan Salafi “Wahhabi”, perhatikan tulisan dibawah ini !!
Untuk "Ulama ?" Penghina " Wali Jenggot" Baca Artikel ini : Perbedaan antara wali-wali Allah dan wali-wali syaithon
Wikipedia Saja Jujur dalam Menyampaikan Sejarah Wahhabi
"Wahabi", Black Propaganda dan Aroma “Syiah Rafidhah”
Wahabi Dan Keluarga Nabi
Waspada, Politik Adu Domba Sesama Ahlussunnah Meningkat, Sedangkan Syiah Bersiap-Siap!
Wahhabi : Antara Stigmatisasi Dan Adu Domba Umat Islam
Yang Bilang Rafidhah Adalah Muslimin, Saudara Kita, Tidak Mengharuskan Pengkafiran Terhadap Mereka Adalah Orang Jaahil Murakkab!! Rafidhah Dan Syi’ah Lebih Berbahaya Dari Yahudi Dan Nashara
====================
'Aqidah Ahlus-Sunnah : Kaum Mukminin Kelak Akan Melihat Allah di Hari Kiamat/Akhirat (Ru'yatullah)
Allah Berfirman dengan Suara yang Dapat Didengar
Allah Berfirman dengan Suara dan Huruf
Apakah Seorang Muslim Harus Mengikuti Madzhab Tertentu ?
As-Sunnah dan Akal
Abul-Hasan Al-Asy’ariy Bertaubat ke ‘Aqidah Asy’ariyyah atau Salafiyyah ?
Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy, Asyaa’irah (Asy’ariyyah), dan Bahasan Pemalsuan Kitab Al-Ibaanah ‘an Ushuulid-Diyaanah
'Aqidah Ahlus-Sunnah wal-Jama'ah dalam Sifat Allah ta'ala
Ajaran Madzhab Syafi’i Yang Ditinggalkan Sebagian Pengikutnya : Mengingkari Aqidah Syi’ah
"Berbicara Tentang Allah Tanpa Ilmu" Lebih Besar Dosanya Dari Dosa Syirik...
( Bagian 1 ) Mengimani Sifat-sifat Allah : Bingung Tentang ( Keberadaan ) Rabbnya ?
( Bagian 2 ) Mengimani Sifat-sifat Allah : Isu tentang tajsim dan mujasimah
( Bagian 3 ) Mengimani Sifat-sifat Allah : Isu Tentang Tasybih dan Musyabihah
( Bagian 4 ) Mengimani Sifat-sifat Allah : 'Aqidah Ulama Besar Ahlus Sunnah, 'Aqidah Jahmiyah dan 'Aqidah "oknum" Aswaja
( Bagian 5 ) Mengimani Sifat-sifat Allah : " Keberadaan Allah" Menurut Ustadz KH Muhammad Idrus Ramli ( Intelektual Aswaja )
( Bagian 6 ) Mengimani Sifat-sifat Allah : " Mengimani bahwa kalamullah itu berhuruf dan bersuara " "
Bermadzhab Syafi’i, Berakidah Asy’ari
Ciri-ciri Aqidah dan Karakteristik Pengikut Ahlussunnah Wal Jama’ah
Diantara Adab dalam Menerima Kebenaran dan Membantah Kebatilan
Dimanakah Allah ? – Ini Jawaban Al-Imaam Maalik bin Anas rahimahullah
Fatwa MPU Aceh No. 9 Tahun 2014 Terkait Manhaj Salaf Tampak Janggal Dan Terkesan Tidak Ilmiyyah, Bertentangan Dengan Dalil Alquran Dan Sunnah. Berseberangan Dengan Fatwa Yang Pernah Dikeluarkan Oleh MUI Jakarta Utara Tentang Salafi. Tidak Jujur Menyalin/Memahami Manhaj Salaf Dari Tokoh-Tokoh Salafi Aceh, Dilakukan Tanpa Proses Peradilan Di Mahkamah Syar’iyah Dan Terkesan Ada Vested Interested.
Hanya Satu Jalan Menuju Allah Azza Wa Jalla
Hakikat Yang Terlupakan Dari Imam Asy-Syafi'i Dan Kesamaan Aqidah Imam Empat
Hindari Berdebat dengan Orang Jahil
Imam Syafi’i : Sang Pembela Sunnah dan Hadits Nabi dan Biografi Singkat Imam Ahmad bin Hanbal
[ IT ] Ushuulus-Sunnah lil-Imaam Ahmad bin Hanbal (12) – Beriman kepada Taqdir
[ IT ] Jagalah Allah !
Imam An-Nawawi, Sang Penulis Kitab Hadits Arbain
Jalan Keluar dari Perselisihan yang Terjadi Diantara Ahlus-Sunnah (Nasehat Asy-Syaikh Muqbil)
KH. Hasyim Asyari dan Fenomena ‘NU Garis Lurus’ [1]
KH. Hasyim Asyari dan Fenomena ‘NU Garis Lurus’ [2]
Kumpulan Artikel Seputar Keberadaan Allah Di Atas Langit
Larangan Berdebat dalam Masalah Agama
Melihat Allah di Akhirat Anugerah Teristimewa (Bagian 2)
Melihat Allah di Akhirat Anugerah Teristimewa (Bagian 3)
Mereka Membenci Kitab “Al-Ibanah” Karya Abul Hasan al-Asy’ari?! (Bagian 1 dari 2 Tulisan)
Mereka Membenci Kitab “al-Ibanah” Karya Abul Hasan al-Asy’ari?! (Bagian 2 dari 2 Tulisan)
Mengapa Harus Manhaj Salaf
Mendahulukan Akidah Sebelum Ukhuwah
Makna Ahlus Sunnah Wal Jama’ah
Meninggalkan Perdebatan dalam Masalah Agama ( Ushuulus-Sunnah lil-Imaam Ahmad bin Hanbal )
Nasihat untuk Ahlus Sunnah Aceh dan Seluruh Negeri (Disertai Jawaban Ilmiah Atas Fatwa Sesat dari MPU Aceh)
Pembagian Tauhid Menurut Ahlus-Sunnah wal-Jama'ah
[ OOT ] Mengapa Kamu Mengatakan Apa yang Tidak Kamu Lakukan ?
[ OOT ] Kaidah dan Landasan Para Juru Dakwah
Siapakah Ahl As-Sunnah
Siapakah Ahlussunnah Wal Jama’ah?
Silsilah Ulama Ahlus Sunnah
Sebagian Pokok-Pokok 'Aqidah Ahlus-Sunnah wal-Jama'ah - Komparasi Antara Klaim dan Realitas
Sebagian ‘Aqidah Para Imam Ahli Hadits
Salaf dan Perdebatan
Tahukah Anda Di Mana Allah?
Turunya Allah ke Langit Dunia ( Bagian 1 )
Turunya Allah ke Langit Dunia ( Bagian 2/ Comments )
Turunya Allah ke Langit Dunia ( Bagian 3/ Comments )
Pro dan Kontra: Hadith Jariah ( 1 ) - Istiwa'nya Allah atas Arsy....
Pro dan Kontra: Hadith Jariah ( 2 ) - Bantahan Bagi Yang Mendha’ifkan Hadits Jaariyyah ( Muawiyyah bin Hakam Tentang Dimana Allah) !
Prof. Dr. Kamaluddin Nurdin Marjuni : Siapakah Ahlu Sunnah Wal Jama'ah?
Tauhid Dibagi menjadi 3 (tiga) Bagian, Mana dalilnya? Bid'ahkah ? Sesatkah ? ( Bagian 1 )
Tauhid Dibagi menjadi 3 (tiga) Bagian, Mana dalilnya? Bid'ahkah ? Sesatkah ? ( Bagian 2 )
Tauhid Itu Mengesakan Alloh yang Satu, Kok Dibagi Tiga? [Dalil-dalil & Alasan Pembagian Tauhid, Asal-Usul Pembagian Tauhid, Akibat Tidak Mau Membagi Tauhid Menjadi 3]
Ulama al-Syafi‘iyyah Menegaskan Allah di Atas ‘Arsy
Ushuulus-Sunnah lil-Imaam Ahmad bin Hanbal (1) dan (2)
Ushuulus-Sunnah lil-Imaam Ahmad bin Hanbal (9) – Hubungan antara As-Sunnah dan Al-Qur’an
Ushuulus-Sunnah lil-Imaam Ahmad bin Hanbal (10) – Para Pengingkar As-Sunnah
54 Hal Yang Bukan Termasuk Manhaj Salaf
15 Alasan Kokohnya Aqidah Salaf Shalih
====================
Ibnu Taimiyah : Fitnah Tasjim
Fitnah Ibnu Bathutah
HARUSKAH MEMBENCI IBNU TAIMIYYAH?? (Padahal Ibnu Hajar Al-Asqolaani dan para ulama syafi’iyah terkmuka lainnya telah memuji Ibnu Taimiyyah dengan pujian setinggi langit)
Haruskah Membenci Ibnu Taimiyyah?? (Padahal Ibnu Hajar Al-Asqolaani dan para ulama syafi'iyah terkmuka lainnya telah memuji Ibnu Taimiyyah dengan pujian setinggi langit [ Edited Version ]
Ibnu Taimiyah Dikafirkan, Ibnu Hajar meradang
Kedustaan Ibnu Bathuthoh Terhadap Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah
Menjawab 17 Fitnah Terhadap Syaikh al-Islam Ibn Taimiyyah
Menangkis Fitnah K.H Sirajuddin Abbas al-Jahmiyyah Ke Atas Syaikhul Islam Ibn Taimiyyah Rahimahullah
Menjawab Fitnah Keempat: Allah Memiliki Arah [ Menjawab 17 Fitnah Terhadap Syaikh al-Islam Ibn Taimiyyah ]
Menjawab Fitnah Kelima: Allah Berjisim1 [ Menjawab 17 Fitnah Terhadap Syaikh al-Islam Ibn Taimiyyah ]
Menjawab Fitnah Kesepuluh: Nabi Duduk Di Atas Arasy
[Menjawab 17 Fitnah Terhadap Syaikh al-Islam Ibn Taimiyyah ]
Membongkar Kebohongan Terhadap Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah [Studi Kritis Buku ‘…Itiqad Ahlu Sunnah Wal-Jamaah” Oleh KH Sirajuddin Abbas]
Pembelaan Al-Hafizh Ibnu Hajar terhadap Ibnu Taimiyyah dari Tuduhan Keji Abu Salafy
Pujian Para Ulama Terhadap Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
Penyelewengan Buku ‘Salafiyah Wahabiyah’, ‘Fitnah Terhadap Syaikh Al Islam Ibnu Taimiyah’
Taubatkah Ibnu Taimiyah kedalam Aqidah Asy’ariyah?
Tuduhan dan Kedustaan Terhadap Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
Tanya Jawab Bersama Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah: Dimana Allah ?
====================
Bantahan ( 1 ) Untuk Habib Rizieq "Benarkah Ibnu Taimiyyah Mencela Fatimah Dan Ahlul Bait?"
Kebencian Habib Rizieq Syihab terhadap " Wahhabi " Sampai Ubun-ubun ! Why ? [ bagian I ]
Kebencian Habib Rizieq Syihab terhadap " Wahhabi ( Salafi ? )" Sampai Ubun-ubun ! Manhaj Talaqqi Kaum Asy’ariyyah Dengan Manhaj Talaqqi Kaum Ahlus Sunnah (Salafi), Merupakan “Sudara Kandung/Kaum Muslimin”, Tidak Seperti Syi’ah Rofidhoh Yang SESAT Bahkan KAFIR. [ Bagian 2 ]
[ Rewrite ] Kebencian Habib Rizieq Syihab terhadap (Salafi) Wahhabi Sampai Ubun-ubun ! Benarkah Ibnu Taimiyyah Mencela Fatimah Dan Ahlul Bait?" [ Bagian 3 ]
[ Rewrite ] Kebencian Habib Rizieq Syihab terhadap (Salafi) Wahhabi Sampai Ubun-ubun ! Siapa yang menyatakan beda antara Ahlus Sunnah dan Syiah termasuk masalah furu' dan Tidak Semua Syi’ah Sesat, maka Dia Diragukan Sebagai ..Ahlus Sunnah [ Bagian 4 ]
[ Rewrite ] Kebencian Habib Rizieq Syihab terhadap (Salafi) Wahhabi Sampai Ubun-ubun ! Trilogi Tauhid, yang diajarkan oleh Ibnu Taimiyah dan disebarkan luaskan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, masuk dalam kurikulum pendidikan Islam diseluruh Indonesia, Inna lillahi wa Inna ilaihi Raji'un? [ Bagian 5 ]
Tanggapan ( 2 ) terhadap tulisan Habib Muhammad Rizieq Shihab : syiah-vs-wahabi
Wahabi adalah Golongan Musyabbihah dan Mujassimah ?
====================
Pujian Ulama Dunia terhadap Syaikh Al-Albaniy
Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albany dan 9 Tuduhan Dusta Yang Dialamatkan Padanya (Bag. II)
Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albany dan 9 Tuduhan Dusta Yang Dialamatkan Padanya (Bag. I)
====================
Benarkah Khawarij Muncul Dari Najd Arab Saudi?? Di Manakah Najd? Fitnah Masyriq – Kemunculan Tanduk Setan. [ Bagian Pertama ]
Benarkah Khawarij Muncul Dari Najd Arab Saudi?? Di Manakah Najd? Fitnah Masyriq – Kemunculan Tanduk Setan. [ Bagian Kedua ]
Benarkah Khawarij Muncul Dari Najd Arab Saudi?? Di Manakah Najd? Fitnah Masyriq – Kemunculan Tanduk Setan. [ Bagian Ketiga ]
Benarkah Khawarij Muncul Dari Najd Arab Saudi?? Di Manakah Najd? Fitnah Masyriq – Kemunculan Tanduk Setan. [ Bagian Keempat ]
Benarkah Khawarij Muncul Dari Najd Arab Saudi?? Di Manakah Najd? Fitnah Masyriq – Kemunculan Tanduk Setan. [ Bagian Kelima ]
( Bantahan ) Mengungkap Tipu Muslihat Abu Salafy CS ( bag 1 ) : Ternyata Tuhan Tidak Di Langit !
( Bantahan ) Sekali lagi : Tipu muslihat Abu Salafy CS (bag 2)
Dakwah Tauhid Pondasi Kemuliaan Politik Negara Islam, Kontribusi Wahabi Terhadap Kekuatan Arab Saudi
Fakta Mengejutkan ! Pengkhiatan Syiah di balik runtuhnya kekhilafahan Islam ( Utsmaniyah )
Mengenal Hempher Dan Fitnahnya Terhadap Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahab
‘Muhammad Bin Abdul Wahab Mencoba Mengembalikan Karakter Muslim’
Membongkar Kebohongan & Penyesatan Buku ”Sejarah Berdarah Sekte Salafi Wahabi”
Membongkar Koleksi Dusta Idahram (8) : Siapa Sebenarnya Yang Takfiri, Wahhabi atau Idahram ???!!!
Mengapa Mereka Menyerang Dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab?
Nabi SAW Menyebut Munculnya “Tanduk Setan Dari Timur”, Apa Maksudnya?
Negeri NEJED, Sumber FITNAH, Dimanakah Letak Negeri Dua Tanduk
Perjanjian Faisal Bin Husein (Putra Syarif Mekkah Husein Bin Ali, Penganut Sufisme, Keluarga Hasyimiyah) -Weizmann, Pintu Masuk Yahudi Eropa Miliki Tanah Di Palestina. 'Arab Revolt', Pemberontakan Keluarga Sufi Melawan Turki Utsmani
Studi Kritis Atas Buku “Sejarah Berdarah Sekte Salafi Wahabi” [ 2 ]
Tentang Ahmad Zaini Dahlan Dan Sikap Ulama Ahlu Sunnah Terhadapnya
http://lamurkha.blogspot.co.id/2016/07/tentang-ahmad-zaini-dahlan-dan-sikap.html
Ustadz Firanda:ISIS Memang Berbahaya, Tapi Syiah Jauh Lebih Berbahaya
Wahabi ( Muhammad Bin Abdul Wahab ) Memberi Nama Anaknya Dengan Nama-Nama Keluarga Nabi, Yaitu Ali, Fathimah, Hasan Dan Husein.
====================
Silahkan buka bebarapa video terkait “wahhabi” di halaman muka video ( you tube ) dibawah ini :
====================
41 komentar Bagian ( I )
Lebih Sesat Mana Syiah Dengan Wahabi?

Leem  
Saran sya sbgai wrga nu ... Gak usah ngurusin badan wahabi dulu.... Urus tu badan kalian.... Gak usah gya sok2an dakwah sana sini.....sholawt sana..sini... Sma keluarga ja blum pda akur.... Tai..tai.... Tabayuuuuuuuun... Apa Pada malu ya klu tabayun... Mrasa udah jdi kiai besar.....pd malu silaturahim...!!!!!
Ju2r... Aku muak dgn NU.... Tp hati trlanjur cinta sma NU....
GL...BUBAR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Dodi Prananda · 
Semoga ustad idrus diberi hidayah..tdk sembarang mensesatkan sodara sesama muslim, hnyk krn melarang maulid.
Abu Husein 
sy siap dialog tertulis dengan KH.Drs. Idrus Ramli secara tertulis. silahkan pilih topik yang ada di http://lamurkha.blogspot.co.id/.../kepada-ustadz-kh-muh...
dengan syarat kalau kalah langsung taubat. 
( admin tolong jangan dihapus)
Pak idrus anda yang sesat atau wahabi yang sesat soalnya wahabi masih Islam
Taufik Dody R · STMIK Akakom Yogyakarta
Hati hati dengan Media arrahmahnews.com karena sangat condong ke syiah kelihatan bgt dengan mengtasnakan NU ( web syiah ! red.lamukha )
8 Juli 2016 4:21
Muhammad Ishaq Yunus · Direktur di "Tukang Macul Nang Sawah"
Dulu aq mengira ajaran Salafi sesat...Alhamdulillah sekrang sudah mnjdi bagia dari mereka.
5 Juli 2016 14:38
Muhammad Uswar · Bekerja di Wiraswasta 02 Juni 2016
BENRKAH…,fitnah yg mereka hembuskan bahwa wahabi itu ITU SESAT?
1. Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan memelihara jenggot, maka mereka pun berjenggot..
2. Ketika Rasulullah melarang isbal (menurunkan kain sarung/celana di bawah mata kaki), maka mereka pun menaikkan kain pakaiannya di atas mata kaki, mereka takut isbal..
3. Ketika Al-Qur'an dan Hadits shahih memerintahkan para wanita menutup aurat, maka parawanita Wahhabiyyah pun memakai pakaian yang lebar, tidak transparan, tidak berwarna-warni yang mencolok, bahkan memakai cadar..
4. Ketika Rasulullah memerintahkan para lelaki agar sholat jama'ah di masjid, maka para lelaki Wahhabi pun sholat 5 waktu di masjid, kecuali ada udzur syar'i..
5. Ketika Rasulullah memerintahkan agar kaum muslimin selalu menuntut ilmu agama, maka kaum Wahhabi punselalu rutin bermajelis ilmu..
6. Ketika Rasulullah melarang musik dan nyanyian, maka para Wahhabi pun menjauhi musik dan nyanyian..
7. Ketika Rasulullah melarang gambar makhluq bernyawa, maka para Wahhabi pun tidak menggambar makhluq bernyawa (manusia dan hewan).
8. Ketika Kitabullah dan As-Sunnah melarang mendekati perzinaan, maka para Wahhabi pun tidak mau pacaran, dan sebisa mungkin menghindari ikhtilath..
9. Ketika Kitabullah dan As-Sunnah melarang perbuatan yang mubadzir dan mengancam jiwa, maka para Wahhabi pun tidak ada yang merokok..
10. Ketika Kitabullah dan As-Sunnah memerintahkan agar mentaati Ulil Amri (pemerintah) dalam kebaikan, maka para Wahhabi pun tidak mau memberontak kepada penguasa muslim yang sah, tidak pula demo di jalan-jalan..
11. Ketika Kitabullah dan As-Sunnah melarang tawassul dengan orang-orang mati, maka para Wahhabi pun tidak berdoa kepada mayit-mayit, ataupun sekedar bertawassul dengan mereka..
12. Ketika Allah berfirman dalam Al-Qur'an bahwa Dia istiwa' di atas 'Arsy, maka para Wahhabi pun meyakini bahwa Allah istiwa' di atas 'Arsy, bukan meyakini Allah ada dimana-mana, ataupun meyakini Allah bersatu di dalam hati manusia.
13. Ketika Rasulullah tidak mencontohkan selamatan orang mati dengan 7, 40, 100, dan 1000hari, bahkan ritual itu sejatinya berasal dari aqidah dan budaya Hindhu, maka para Wahhabi pun tidak melakukannya..
14. Ketika Kitabullah dan As-Sunnah mengecam aksi-aksi anarkhis dan terorisme, maka para Wahhabi pun sangat menjaga darah, harta, dan kehormatan kaum muslimin ; serta tidak membunuh orang-orang kafir yang syariat tidak membolehkan untuk membunuhnya..
15. Ketika Al-Qur'an dan Hadits shahih melarang segala macam perdukunan, sihir, klenik mistis, khurafat, dan takhayyul, maka para Wahhabi pun tak pernah berurusan dengan perkara syirik tersebut..
16. Ketika Islam mengajarkan agar berbakti kepada orangtua, menyambung tali silaturrahim, menjenguk orang yang sakit, menolong fakir miskin, menyantuni anak yatim, maka para Wahhabi pun berusaha merealisasikan nya..
17. Ketika Islam melarang mabuk, judi, mencuri, zina, membunuh, maka para Wahhabi adalah kaum yang paling bersemangat meninggalkan itu semua..
18. Ketika Islam mengajarkan agar sering bersholawat atas Nabi, maka para Wahhabi pun mencintai sholawat dan mengamalkannya.. Tentunya sholawat yang syar'i, yang diajarkan oleh Nabi. Bukan sholawat bikinan syaikh tarekat yang isinya kerap mengandung unsur pengkultusan dan ghuluw yang tidak dibenarkan..
19. Ketika Islam memerintahkan untuk ittiba' Rasul (mengikuti Rasul), maka para Wahhabi pun selalu berusaha meneladani Rasulullah dalam banyak hal, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi..
20. Ketika Islam mengajarkan agar mencari rezeki yang halal dan menjauhi riba, maka para Wahhabi pun adalah kaum yang paling gigih berusaha menjauhi riba dengan segala bentuknya..DLL... DLL... DLL...
Masih banyak sisi lain yang menunjukkan betapa kaum Wahhabi itu dalam melakukan apa saja selalu karena bersandar kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah yg Shahih..
Maka.... Dari realita dan fakta ini, maka saya sepakat bahwa Wahhabi BUKAN DARI 'ISLAM' (dalam tanda petik).Iya, Wahhabi bukan dari 'ISLAM' ; yakni Islam yang beraroma kejawen, Islam abangan, Islam yang sudah berlumuran doktrin plus dogma para leluhur/nenek moyang yang kental dengan adat serta tradisi paganisme dan politheisme.,Islam yg sudah terkontaminasi racun racun pemikiran celeng syiah..
Wahhabi memang sama sekali bukan dari 'Islam' ini..Melainkan... Wahhabi berasal dari ISLAM (tanpa tanda petik). Islam yang haq, yang diajarkan oleh Rasulullah dan para Shahabat..
Barakallahu fiikum...
Choirul Falah · Universitas Islam Sultan Agung Semarang (UNISSULA)
Setuju,hanya Islam bukan wahabi...
2 Juli 2016 2:17
Muhammad Uswar · Bekerja di Wiraswasta
Choirul Falah Sejatinya memang tidak ada wahabi, Islam ya Islam. Orang yg selalu koar-koar wahabi, bukti akan ketakutannya kepada dakwah tauhid, ketakutannya kepada kemurnian Islam.
3 Juli 2016 3:03
Slamet Pijet · Kepemilikan di Bantul Yogyakarta
Kok, komentarnya Ilham, dihapus semua...?! Ada apa ini...?! 02 Juni 2016
Abu Husein · ( kemungkinan dihapus admin nugl.com)
pak ilham, semua argumen bapak sudah dibahas disini :
(pak admin, tolong jangan dihapus, berikan keadilan walau tidak disukai. syukran
30 Juni 2016 22:12
Rinda Bunda Aisyah · Kota Bekasi
Penjelasan disini https://www.youtube.com/watch?v=DSknWFW2g8Y insya Allah mencerahkan hati dan fikiran, semoga umat Islam tidak berpecah belah dan kita semakin rajin menuntut ilmu agama supaya tidak mudah dipecah belah
Edwin Donny Riass · Bekerja di PT. GONE DEWE
Ilham, bs ditunjukkan klo albani mendoifkan hadist dr bukhori? Biar kita disini tau smua, Coba tulis disini bgmn albani doifkan hadist bukhori. Ga usah fanatik dg apapun shingga bikin hati jd kotor, slalu berprasangka buruk dg laen golongan. Seberapa hebat sih ilmumu kok menghakimi mrk2 yg wahabi, jgn2 kmu sendiri katak dlm tempurung...mrs tau sgalanya pdhl jeroane NU aja kmu ga paham kok...
Ilham
Sebetulnya mendengarkan ceramahnya lebih menyejukkan, dibanding dengan mendengarkan ceramah yazid jawas, firanda, dkk
Namun ada ketidak adilan dalam pembahasannya,
1. MBAW menganggap segala sesuatu bid'ah yang tidak ada dalam Al-Qur'an dan Hadits, penceramahnya mengiyakan
Tapi lupa,mengkaji pendapat ulama2 pada mazhab lain
Misalnya dalam pelaksanaan Maulid
Ya secara keseluruhan acara memang tidak ada dalam Al-Qur'an dan Hadits, tapi ada pembahasan tersendiri para ulama mengenai Maulid, dan dalil2 nya
2. Menganggap orang2 yang tidak sependapat dengan MBAW adalah orang2 yang belajar kepada musuh2 MBAW, padahal jika penceramah tadi mengkaji kitab2 karya Sulaiman bin Abdul Wahab (Saudara kandung MBAW) disitu jelas membeberkan kesalahan2 ajaran MBAW
3. Tidak menjelaskan kalam Imam Syafii "apabila Shohih hadits tersebut, maka itulah mazhabku"
Coba lihat kelakuan pengikut MBAW, ulama besar Ahli Hadits yang dibanggakan mazhab Wahabi, AlBani
AlBani dengan lancang mendhoifkan Hadits2 yang dianggap Shohih oleh Imam Bukhari dan ulama2 pakar hadits lain
Hadits Shohih saja berani DIPUTAR BALIKKAN menjadi dhoif, apalagi yang lain?
Ummu Muhammad
WESSS...!!! WAHABI MUJASSIMAH (Aqidah Yahudi) DAN SYIAH AHLUTTAQIYAH::: Adalah Musuh Islam Dan Kaum Muslimin..!! Kalian (AlMahdi) Akan perangi Jazirah Arab/Saudi dkk./Wahabi Mujassimah Dan Alloh Swt.beri kalian kemenangan. LALU Kalian perangi Persia/Iran dkk./Syiah, Dan Alloh Swt.beri kalian kemerangan.dst..... (HR.Muslim).. Jelas Bagi yg Berakal..!! Barokallohu Fiikum..
Slamet Pijet · Kepemilikan di Bantul Yogyakarta
Biarkan saja...gak usah digagas. Orang yang sesat ( tetapi merasa benar ), itu gak mau kalau diingatkan....bahkan dengan ayat2 qur an dan hadist2 sahih....!!! Orang yang sesat tuh melihat orang lain yang berada di jalan yang benar....dianggapnya SESAT atau SALAH....jadi harap dimaklumi... Serahkan saja pada Allah...mau diapain saja...terserah kepada Allah. Salam.
30 Juni 2016 3:21
Ilham
Kalau merasa berpegang pada Dalil, coba sanggah komentar saya sebelumnya dengan dalil pak,
Kalau cuma klaim, anak kecil belum bisa baca Al-Qur'an juga bisa mengklaim dirinya sudah hafal Al-Qur'an dan KutubusSittah
Jon Erwin
Ciri berpikir sesat itu model si Ilham, mengutip sesuatu sesuai syahwatnya semata. Umat hendaknya harus mencari persamaan, bukan memperselisihkan perbedaan. Manusia model Ilham di bawah ini membahayakan ukhuwah antar sesama. Perlu di ruqyah nih anak.
29 Juni 2016 22:25
Ilham
Sanggah dengan ilmu, bukan dengan syahwat
الخير أنور · Bekerja di UNIVERSITAS MEDAN AREA
Sepertinya,,,,Bintangnya Di Sini Si Ilham Ya..
Mau Nanyak Nihh...
Apakah yg dimaksud dgn Wahabi Ini...
Siapakah Yg di Sebut dgn Wahabi Yg Sesat
Siapakah Ulama Pendirinya Atau Panutan Mereka Ini...
Apakah Aqidah WAHABI Ini Berdasarkan Alquran Dan Sunnah...
Tolong Di Jawab Saudara Ilham Dgn Bukti Dan Fakta Yg JELAS.
Bukan Dengan Jawaban DONGENG Belaka Seperti Kalangan SYIAH..
Syukron...
29 Juni 2016 21:50
Ilham
Ini tanya atau ngetes mas?
Kalau mas tanya, ingin tau yang sebenarnya, gampang
1. Sudah banyak di google
2. Kalau mas mengganggap data google tidak valid, silakan datang ke kantor2 NU atau ponpes2 berhaluan Ahlussunnah wal Jamaah untuk menanyakan lebih rinci
3. Malu atau takut ketemu dengan ulama2 Ahlussunnah wal Jamaah?
Baiklah, saya kasih 3 referensi kitab untuk sedikit menambah pengetahuan mas
1. Kitab Al-Sawa'iq Al-Ilahiyyah fi 'Al-Radd 'ala Al-Wahabiyyah kitab karya Sulaiman bin Abdul Wahab
2. Kitab An-Naqdl 'ala Bisyr Al-Mirrisi kitab karya Ad-Darimi (bulan imam Darimi periwayat Hadits "Sunan Darimi")
Kitab ini adalah referensi utama kaum wahabi mujassimah dalam menafsirkan wujud Allah
3. Al-Futuhat Al-Islamiyyah ba'da Madho Al-Futuhat An-Nabawiyyah kitab karya Sayyid Ahmad Zaini Dahlan MUFTI MEKKAH
Saya sudah memberikan 3 alternatif, kalau masih saja mengelak, itu namanya mas hanya ngetes, sedangkan mas fanatik buta kepada wahabi tanpa dasar ilmu
Samarinda Watch · SMK Sunan Drajat
Yg sesat itu org yg memang tersesat dan mengajak org lain untuk tersesat..mereka lah musuh Islam...yg skrg menyesatka kalian smua sehingga tidak tau lagi mana saudara yg harus dibela dan mana musuh yg harus dibenci..
29 Juni 2016 7:11
Rustam Aji · UMP Purworejo
Orang kalo ngajinya di Iran ya kaya Ilham ini. Orang Islam yang mengikuti Qur'an dan Sunnah Rosululloh dibilang sesat. Kalo nyembah kuburan katanya sunnah. Yang bener yang mana nihhhh....
28 Juni 2016 23:35
Ilham
Jadi orang wahabi hobi fitnah ya pak?
Saya belum pernah ke iran. Jangankan ke iran, ketemu orang syiah saja blm pernah
Nah ini nih salah satu kesesatan wahabis jika di syiah membolehkan taqiyah, jika dalam wahabi membolehkan fitnah
29 Juni 2016 7:15
Abdul Haris Al-Indunisi
Kalo ane Wahabi trus ente mau apa ... ?
28 Juni 2016 22:36
Jeffry Alrasyid
Apa gak capek mengcounter, membela diri, dan menyerang terus. Lawan kita belanda, bukan anak bangsa
28 Juni 2016 13:55
Setya Rahman · Universitas Tidar
mau tanya ni apa dasar yang menjadikan Wahabi Sesat? karena kalo hanya ikut2an mengatakan sesat tapi tidak tahu apa dasarnya kan malah menjadi fitnah. mohon penjelasanya. makasih
28 Juni 2016 11:45
Ilham
Menurut mas, ISIS sesat tidak?
Menganggap Allah = makhluk (paham wahabi mujassimah) sesat tidak?
28 Juni 2016 12:05
Ade Setya · Staff di Copywriter
La wong mas ilham aja fb nya gak jelas,
28 Juni 2016 12:59
Ilham
Ade Setya
Ga ngaruh kali mas
Yang penting yang jelas wahabi itu siapa
Kalau ndak tau wahabi, tapi mengklaim wahabi benar, ya Ngasal namanya
28 Juni 2016 13:04
Setya Rahman · Universitas Tidar
Ilham karena belum tau makanya saya nanya wahabi itu apa?
28 Juni 2016 16:58
Robby Aditya · Bekerja di Vertikal Digital Indonesia
Ilham keluarkan perkataan wahabi bahwa allah=makhluk mas / mujassimahh,, mas jangan menuai polemik demi trafik
29 Juni 2016 7:55
Ilham
Robby Aditya
Saya hanya menyampaikan kebenaran
Karena memang ada wahabi berpaham mujassimah = menganggap Allah sama dengan makhluk
29 Juni 2016 8:52
Jon Erwin
Ilham, otak lu nggak nyampe. Ditanya soal wahabi, larinya ke ISIS. Ente ngajinya sama ulama yg bener, jgn dgn ulama yg kitabnya nggak laku di dunia islam.
29 Juni 2016 22:15
Nealvant · Bekerja di Liverpool FC
Ilham ,. Kebenaran itu ,hanya milik Allah, Anda jgn merasa menjadi org yg paling benar, Ilham, istiqfar
29 Juni 2016 23:37
Ilham
Nealvant
Saya bukan merasa paling benar, tapi malah wahabi yg merasa paling benar, dengan mencap sesat golongan lain, meskipun itu sesama wahabi
Slamet Pijet · Kepemilikan di Bantul Yogyakarta
Yang sesat itu jelas...siapa saja yang menentang Allah dan Rasulnya...yang tidak mau mengilkut Al Qur an dan As Sunnah....atau munafiq...yg ngaku2 ahlus sunnah....tapi benci kepada sunnah dan orang yg mengikuti Al Qur an dan As Sunnah....dan selalu memberi cap orang yg mengikuti qur an dan sunnah sbg WAHABI.
28 Juni 2016 10:13
Ilham
Pak slamet muncul lagi nih
Jadi setiap orang wahabi pasti mengikuti Qur'an dan Sunnah?
Bagaimana dengan ISIS?
Mereka mengklaim dirinya wahabi/salafi
Bagaimana dengan mujassimah?
Mereka mengklaim dirinya wahabi/salafi
Lalu bapak masuk wahabi/salafi yang mana?
Mujassimah, jihadis radikal, sururi, yamani, haraki atau yg lainnya??
28 Juni 2016 12:03
Jon Erwin
Ilham, ngawur juga nih anak. Mana pernyataan ISIS yg menyatakan mrk wahabi? Kalo mrk wahabi jelas tidak akan menyerang Saudi. Ente sok pinter dengan mengutip perkataan ulama yg sesuai dengan syahwat ente. Ente pemecah belah umat, provokator majusi lu!
29 Juni 2016 22:17
Edwin Donny Riass · Bekerja di PT. GONE DEWE
Ilham ulil absor, said aqil, sumanto kurtubi dll mrk jg ngakunya org NU lho...ente pasti ga setuju kan dg pikiran2 mrk? Jgn mudah menuduh hny dg pengakuan org.
Ilham
Edwin Donny Riass
Out of context mas,
Saya anti liberal, dan saya secara pribadi menganggap mereka bukan NU, tapi apa itu artinya saya mencap mereka sesat & mereka mencap saya sesat?
Sedangkan ISIS mengklaim dirinya salafi
Ulama2 riyadh juga mengaku dirinya salafi, tapi mereka saling mencap sesat, kafir
Muhammad Yunan · Swasta di Juragan
Jika eahabi sesat. Naik haji, umrah, nggak ada gunanya?
Krn penyelenggaranya afiliasi ke wahabi
28 Juni 2016 9:38
Bahri Mohammad · Site Foreman di PT MUM ( a subsidiary of Titan Mining Indonesia )
Kerajaan arab saudi wahabi, kamu kira negara mana yg hukumnya mengikuti hukum allah?
27 Juni 2016 20:37
Ilham
Antara mengikuti dengan mendekati itu beda2 tipis.
Secara syariat, di saudi menganut hukum Islam, namun jika ditilik dari fiqih Ahlussunnah wal Jamaah, Saudi itu hanya mendekati hukum Allah
Dan mohon maaf, di Saudi secara legalistas menganut paham wahabi, namun secara personal, warga saudi (diluar Riyadh) menganut paham Ahlussunnah wal Jamaah ber fiqih Maliki
27 Juni 2016 20:52
Ilham
Secara mayoritas menganut paham Maliki, makanya disana ditemukan halaqah2 Ahlussunnah wal Jamaah yang mengadakan Maulid
Silakan tinggal disana (diluar daerah Riyadh) setidaknya 2 tahun, dan berbaurlah dengan masyarakatnya, tanya apa mazhabnya, pasti mayoritas Maliki sedangkan yg berpaham wahabi/salafi sangat sedikit paling ditemukan disekitar univ. Madinah
27 Juni 2016 20:56
Jon Erwin
Ilham, sok tahu.
29 Juni 2016 22:17
Edwin Donny Riass · Bekerja di PT. GONE DEWE
Ilham sy lebih percaya penjelasan almarhum kyai yakub pentolan NU yg prnh 9 th tggl di saudi utk belajar tp ga prnh menganggap wahabi sesat, bahkan beliau memasukkan wahabi jg dlm gol ahlusunnah. Ente kayaknya lebih pintar dr beliau..
Ilham
Edwin Donny Riass
Wahabi yang mana mas?
Ga semua wahabi sesat, dan ga semua wahabi mirip Ahlussunnah wal Jamaah
Wahabi Riyadh memang agak mirip dengan Ahlussunnah wal Jamaah
Tapi wahabi mujassimah itu menganggap Allah = makhluk, itu kufur mas
Saya pribadi, ikut pendapat Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki ULAMA MEKKAH yang tidak memasukkan wahabi ke dalam Ahlussunnah wal Jamaah meskipun itu wahabi saudi (secara aqidah, bukan wahabi mujassimah, tapi secara fiqih beda dalam hal furu')
Dan ikut pendapat Kyai Hasyim Asy'ariyyah yang tidak memasukkan syiah ke dalam Ahlussunnah wal Jamaah, meskipun itu syiah Zaidiyyah secara aqidah sama dengan Ahlussunnah wal Jamaah, secara fiqih mirip Mazhab Hanafi, tapi lebih mengutamakan Sayyidina Ali dibanding 3 sahabat yg lain
Ilham
Wahabi itu mereka adalah golongan yang saling mensesat2kan
1. Isis mengklaim dirinya wahabi/salafi mensesat2kan ulama2 wahabi/salafi di Riyadh, begitu juga ulama wahabi di Riyadh mencap isis sesat, bahkan kafir.
2. Golongan salafi/wahabi yyamani, wahabi sururi, wahabi haraki juga mereka saking mensesat2kan
3. Golongan wahabi berpaham mujassimah mensesat2kan golongan wahabi diluar paham mujassimah, begitu juga sebaliknya
Jadi silakan ukur diri masing2, masuk golongan wahabi yang mana?
27 Juni 2016 19:51
Jon Erwin
sok tahu dan ngawur.
29 Juni 2016 22:18
Ebni Adam · Unisma Malang
saya dari kecil sampai sekarang tetap mengikuti NU, tapi siapapun orangnya yg bilang WAHABI itu sesat maka orang itu lebih sesat, WAHABI setahu saya tetap suka bersholawat dan tetap berzikir seperti apa yg di lakukan para sahabt nabi, cuma mereka melarang maulid krn tidak di ajarkan dan tidak di lakukan para sahabat nabi itu saja, sebarnanya yg sesat itu orang yg mengingkari apa yg di ajarkan NABI MUHAMMAD SAW.
27 Juni 2016 19:04
Hendra · Manager di Wiraswasta
Tepat sekali apa yg anda sampaikan...
28 Juni 2016 5:07
Rustam Aji · UMP Purworejo
Betul sekali..... Mas
28 Juni 2016 23:07 · Telah disunting
Jon Erwin
Yg sesat itu manusia kayak Ilham. Mengutip pendapat sesuai syahwatnya doang. Ciri manusia yg suka menyesatkan ya kayak Ilham juga, nggak punya wajah. laki atau perempuan sih? Masih mending kalo pake profil bunga tulip. Iya kan? Hahahaha, awas kesesat!
29 Juni 2016 22:20
Nur Hamzah · Kepemilikan di TOKO Online Syar"i YAA
Maulid itu bukan furuiyah. Tapi amalan ibadah mahdhoh baru yg di ada adakan. Kalau furuiyah memang dari sunahnya sudah ada jadi anti maulid anti indah, kalau mengadakan ibadah baru itu yg berbahaya.contoh shalawat nariyah dll,nanti bakal ada shalawat dengan judul lain lagi .mbok ya sudah cukup kan dengan shalawat dari nabi
27 Juni 2016 17:22
Ilham
Wah mas, ngaji dimana mas? Ilmunya kok ngaco sih mas?
1. Dalam Maulidan itu, intinya adalah bergembira atas kelahiran Rasulullah & membaca risalah riwayat Rasulullah
Mas bisa baca kitab2 tentang kelahiran Rasulullah, apinya majusi yang tak pernah padam, pada saat Rasulullah SAW lahir, langsung padam
Hanya orang yg membenci Sayyidina Muhammad SAW saja yang tidak senang dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW
2. Apakah Rasulullah SAW pernah melarang umatnya untuk membuat syair2 untuk memuji dirinya? Dan mengarang solawat selain dari yang beliau ajarkan?
Jawabnya TIDAK
Silakan baca kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW yang bernama Ibnu Rawahah
Kesimpulan, mas kurang ngaji, per dalam ngaji terlebih dahulu mas, sebelum berkomentar
27 Juni 2016 21:09
Abu Nafla Wa Khansa
Ilham bagaimana dengan, abu bakar, umar, ustman dan Ali...
28 Juni 2016 10:53
Ilham
Abu Nafla Wa Khansa
Kenapa dengan 4 para sahabat Rasul tersebut?
Mau membandingkan dengan Ibnu Rawahah?
Bagaimana bisa mas abu membandingkan, jika mas saja belum tau Ibnu Rawahah, salah satu sahabat yang sangat mencintai Rasulullah dan Rasulullah juga sangat mencintainya?
Dan bagaimana pula, membandingkan antara sahabat? Ini namanya memecah belah Islam, dengan membanding2kan antara sahabat yang satu dengan sahabat yang lain
selama para ulama mengkategorikan sebagai sahabat, maka kita contoh prilakunya, bukan malah membandingkan antara sahabat yg 4 dengan Ibnu Rawahah
28 Juni 2016 13:10
Rustam Aji · UMP Purworejo
Ilham yang ilmu agamanya kacau, dasar dalilnya gak jelas, sembarang ilmu dimasukkan dalam ajaran agama, termasuk ilmu dukun. Ketuanya aja gak jelas apalagi anak buahnya. Ilham harus jeli dan teliti dalam mencari ilmu agama.
28 Juni 2016 23:14
Ilham
Iya pak
Mungkin bapak terlalu "pintar" sehingga tidak pernah belajar tentang apa itu wahabi, pergerakan wahabi, dan kondisi wahabi zaman sekarang,
Serta tidak pernah ngaji kitab kuning, hanya ngaji terjemahan Al-Qur'an serta shohih google & Shohih AlBani
29 Juni 2016 7:18
Robby Aditya · Bekerja di Vertikal Digital Indonesia
Ilham ada mas larangan memuji rasulullah secara berlebihan
اَ تُطْرُوْنِي كَمَا أَطْرَتِ النَّصَارَى ابْنَ مَرْيَمَ، فَإِنَّمَا أَنَا عَبْدُهُ، فَقُوْلُوْا عَبْدُ اللهِ وَرَسُوْلُهُ.
 “Janganlah kalian berlebih-lebihan dalam memujiku, sebagai-mana orang-orang Nasrani telah berlebih-lebihan memuji ‘Isa putera Maryam. Aku hanyalah hamba-Nya, maka kata-kanlah, ‘‘Abdullaah wa Rasuuluhu (hamba Allah dan Rasul-Nya).’”HR. Al-Bukhari (no. 3445)
29 Juni 2016 8:38
Ilham
Robby Aditya
Batas berlebihan atau tidak bagimana mas?
Selama kita tidak menuhankan, ga ada masalah.
Makanya baca sejarah Ibnu Rawahah, bagaimana Sahabat tadi sangat mencintai Rasulullah, dan selalu membuatkan syair2 untuk Rasul, dan Rasulullah pun sangat senang.
Perlu belajar banyak mas, jangan cuma bermodal 1 terjemahan dalil, langsung ambil kesimpulan
29 Juni 2016 12:04
Jon Erwin
Ilham, jelas sekali ilmu agama kamu kacau balau, menyesatkan! Hahaha
29 Juni 2016 22:21
Sahri Stoner · Kepemilikan di Vaganza Marmer WA 087873189809
pd berantem kalian,,,kembalilah kejalan yg benar. islam yg satu
27 Juni 2016 17:16
Slamet Pijet · Kepemilikan di Bantul Yogyakarta
Biar lebih jelas....tolong sampaikan...Islam yg satu itu yg bagaimana....
28 Juni 2016 18:33
Mas Ray · Kepemilikan di Wirausaha
para wahabi dibawah langsung mencounter..hahaha. Wahabi berkata " sesat dimananya?"..wkwkwk
27 Juni 2016 15:39
Hasan Prayogi · Pemilik di UD. ANUGRAHKARYA
Wahabi sesat karena tdk mau ikut amalan amalan NU yaitu tahlilan, maulid, tabaruk dll
27 Juni 2016 14:13
Ilham
Lalu kenapa sesama wahabi saling mensesat2kan mas?
Antara Isis saja yg mengklaim dirinya wahabi/salafi, mencap sesat ulama wahabi di Riyadh, begitu juga sebaliknya
Antara wahabi yamani, sururi, haraki, dll pun saling mensesatkan
27 Juni 2016 19:47
Jon Erwin
Ilham, ISIS wahabi? Lalu ISISI menyerang wahabi? Hahaha, kacau sekali logika anda. Sehatkah?
29 Juni 2016 22:22
Ed Faisal · Fakultas Hukum Unsyiah
sesat krn tidak menyembah kubur
27 Juni 2016 14:09
Hendra · Manager di Wiraswasta
Nyembah kubur waduuuuhh...parah ni.di kuburan itu tempet nginget mati bukan tempat minta atau ngalap berkah seperti yg dilakukan oleh bnyk orng islam di indonesia...orng yg uda mati itu gk bisa ngasi apa2...perkara dia mau jadi wali atau apa saja...tetep semua bersumber dari Allah..bisa jadi kalo itu di lakukan jatuhnya syirik nanti
28 Juni 2016 5:17
Ilham
Menyembah kepada Allah mas
Cuma golongan Ahlussunnah wal Jamaah bertawassul melalui ruh nya para wali agar doanya sampai kepada Allah SWT
Rasulullah sendiri bertawassul melalui pamannya Ibn Abbas
Dan Utsman bin Khunaif pub bertawassul, dalam Musnad Imam Ahmad berbunyi
عَنْ عُثْمَانَ بْنِ حُنَيْفٍ أَنَّ رَجُلًا ضَرِيرَ الْبَصَرِ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ ادْعُ اللَّهَ أَنْ يُعَافِيَنِي قَالَ إِنْ شِئْتَ دَعَوْتُ لَكَ وَإِنْ شِئْتَ أَخَّرْتُ ذَاكَ فَهُوَ خَيْرٌ فَقَالَ ادْعُهُ فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَوَضَّأَ فَيُحْسِنَ وُضُوءَهُ فَيُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ وَيَدْعُوَ بِهَذَا الدُّعَاءِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ يَا مُحَمَّدُ إِنِّي تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّي فِي حَاجَتِي هَذِهِ فَتَقْضِي لِي اللَّهُمَّ شَفِّعْهُ فِيَّ
Allah itu dekat mas, tapi kita yang menjauh dari Allah dengan hobi melakukan dosa, seperti mas yang berburuk sangka dan menuduh orang yang bertawassul malah menyembah
Agung Setiawan · Bekerja di CV.RIDHO ILAHI Aluminium
sesat karena menyamakan Allah dengan makhluknya, karna mereka mengatakan Allah duduk diatas A'rsh
27 Juni 2016 12:56
Ibnu Khair · University of Lampung
Sesatnya karena menyelisihi pendapat mereka (NU). Itulah sesat versi mereka.
27 Juni 2016 10:55
Ilham
Bagaimana dengan isis yang mengklaim dirinya wahabi/salafi kemudian mencap sesat ulama riyadh yang bermazhab wahabi juga?
Dan ulama riyadh juga mencap sesat dan kafir isis
Dan bagaimana dengan wahabi dengan firqah sururi, yamani, haraki, dll yang saling mencap sesat golongan lain diluar golongan mereka?
Dana bagaimana dengan golongan wahabi berpaham mujassimah mencap sesat wahabi yang tidak berpaham mujassimah
Dan wahabi yang tidak berpaham mujassimah, mencap sesat orang2 wahabi yang berpaham mujassimah?
Jadi yang mencap sesat wahabi itu, bukan dari kalangan NU (Ahlussunnah wal Jamaah) tapi sesama wahabi yang saling mencap sesat
27 Juni 2016 21:15
Mohamad Nursodik · Bekerja di Bintang Indah Gypsum
Ilham , kalau sampean NU jangan ikut ikutan mensesatkan Wahabi, begitu kan yg dimaksud?
27 Juni 2016 21:40
Ilham
Mohamad Nursodik
Bukan
Tapi yang benar, jangankan diluar wahabi mencap sesat wahabi, tapi dalam tubuh wahabi sendiri saling mencap sesat
 (Namun dalam Ahlussunnah wal Jamaah tentunya tidak mencap semua wahabi sesat, hanya beberapa wahabi saja yang dianggap sesat, seperti yg berhaluan mujassimah)
27 Juni 2016 21:50
Jon Erwin
Ilham, udah ah. Syahwat mu buat memecah belah lbh kuat dari pada mencari persamaan. Cara mikir lu sesat. Hahaha
29 Juni 2016 22:23
Setiawan Doni
wahabi memang aliran sesat, tapi bukan karena menolak acara maulid, jadi sesatnya karena apa?
27 Juni 2016 10:39
Muhammad Sageri · MTsN 3 Kota Bekasi
Keyakinannya menyamakan Allah dengan makhlukya, sedangkan Allah maha suci dri segala sifat makhluknya, Allah tidak membutuhkan makhluk to makhluk membutuhkan Allah, Allah ada tanpa tempat dan arah...
27 Juni 2016 15:05
Edi Rudiyanto · SPP SPMA Negeri Malang
Muhammad Sageri
Kesimpulan darimana, apakah NU yg mengatakan itu. Wahabi paling anti dg syirik, kalau menyamakan Allah dg manusia, knp wahabi shalat, untuk siapa shalatnya.
Pernyataan tanpa dasar.
27 Juni 2016 15:35
Muhammad Sageri · MTsN 3 Kota Bekasi
di dalam kitab kitab sulamuttaufiq, dan ulama" ahlussunahwaljamaah, tdak tau utk siapa.. karna aqidah umat islam( ahlussunahwaljamaah ) Allah tidak serupa dengan makhluknya.. karna sebab" kekufuran yaitu salah satunya meyakini menyamakan Allah dgn makhluknya,. ليس كمسله شيع
27 Juni 2016 18:38
Subroto Broto · Sanata Dharma Jogjakarta
Jangan jangan yg sesat justru yang suka menganggap kelompok lain sesat. Hehehehe
27 Juni 2016 18:49
Ebni Adam · Unisma Malang
Muhammad Sageri @ aku baru dgr klo ALLAH di samakan dgn mahluknya,,aliran apa itu?
27 Juni 2016 19:07
Muhammad Sageri · MTsN 3 Kota Bekasi
itu aliran wahabi...
27 Juni 2016 20:23
Bahri Mohammad · Site Foreman di PT MUM ( a subsidiary of Titan Mining Indonesia )
Intropeksi diri masing2
27 Juni 2016 20:33
Ilham
Mas, apa yang mas tau tentang wahabi?
Hanya anti bid'ah, khurafat, dll?
1. Ada wahabi yang berpaham mujassimah = menyamakan Allah SWT dengan makhluk
2. Ada wahabi yang berpaham jihadis ekstrim, seperti isis
3. Ada wahabi sedikit berilmu, bukan mujassimah, tidak radikal, tapi anti Maulid, sholawatan, dll
4. Ada wahabi lebih berilmu, bukan mujassimah, tidak radikal, ikut Maulidan, sholawatan, tapi tidak menerima Tahlilan, tawassul, dll
5. Ada wahabi mirip Ahlussunnah wal Jamaah, bedanya hanya mereka lebih menggunakan Sahih Albani sedangkan Ahlussunnah wal Jamaah menggunakan Shahih Bukhari, Muslim, dan kitab Hadits yang lain
Hanya kaum Ahlussunnah wal Jamaah yang menyebut wahabi sesat?
Pikir lagi mas
1. Isis mengklaim dirinya wahabi/salafi, dan mencap sesat ulama2 wahabi/salafi di Riyadh
sedangkan ulama2 wahabi/salafi di Riyadh mencap ISIS sesat, kafir, khawarij
2. Wahabi firqah sururi, firqah yamani, firqah haraki saling mencap sesat satu sama lain dan mengklaim dirinya yang paling berhak menyandang gelar salafi
3. Wahabi dengan paham mujassimah mencap wahabi yang tidak berpaham mujassimah sesat
begitu juga wahabi yang tidak berpaham mujassimah, mencap sesat wahabi yang berpaham mujassimah
Tak perlu jauh2
Yazid Jawas berpaham wahabi, menganggap tidak ada keturunan Nabi Muhammad SAW, karena namanya keturunan adalah ke anak laki2, sedangkan sekarang Ahlul Bayt sampai ke Sayyidah Fatimah & Sayyidina Ali bin Abi Thalib
sedangkan Khalid Basamalah, menganggap Ahlul Bayt yang ada sekarang, adalah betul2 keturunan Rasulullah
27 Juni 2016 21:33
Hamidi Alwi · S.R.Logistics di Total i & p indonesie
Akhi Ilham@ (sayang foto dp nya gak ada nih) sepertinya antum luar biasa ilmunya kayaknya, boleh kasih tau dong kasih pengajian rutinnya dimana, ana pingin ngikut nih, atau klo ada buku2 karangan antum apa aja ya biar ana bisa belajar dr buku antum.
Oya Mohon jelaskan yg dimaksud dwngan ayat QS:13:2, 20:5 dan 57:4 dengan 'ilmu dan tafsir rujukannya mohon sebutkan. Mungkin ayat2 ini yg membuat antum menuduh Wahabi menyamakan اَللّهَ SWT dengan makhluk.
Untuk penyataan antum dua paragraf terakhir nanto ana mau tanya lagi. Syukron yaa akhi.
28 Juni 2016 0:01
Robby Aditya · Bekerja di Vertikal Digital Indonesia
Muhammad Sageri tampilkan bukti bahwa wahabi menyamakan allah dengan makhluk,, jika anda tidak sanggup, dapat dipastikan anda hanya berdusta,,
29 Juni 2016 8:08
Ilham
Robby Aditya
Baca dong kitab yang disampaikan,
Itu adalah buktinya
29 Juni 2016 12:06
Andika Arjun Bragy · Design Trainer di Arjuna Corp
innaa lillahi wa innaa ilaihi roojiuun
27 Juni 2016 10:07
20 komentar Bagian ( 2 )
KH. Muhammad Idrus Ramli: Syiah Lebih Sesat Tapi Wahabi LebihBerbahaya

Ruslan Gunawan
Yang heran... karena Kyai kurang infoh... jadi ga di jelaskan... lebih bahayanya kenapa lebih sehatnya kenapa? jadi mana yang harus di prioritaskan di hindari?
Farhan Kudo San · Marketing Communications di Jogja Japan Week
Lebih nyaman menjadi muslim yang ahli sunnah wal jamaah, tidak terkotak-kotak kan kelompok. Intinya berpedoman kepada Al Quran dan Hadis, bukan berpedoman ke visi misi kelompok2 agama.
Abu Rabbani · Planning & Design Engineer di Civil Engineering
Udah begitu jelas syiah membuat makar dimana-mana sejak dulu, membunuhi saudara2 muslim di irak dan suriah secara membabi buta bahkan lebih kejam dari hitler malah yang dituduh berbahaya itu wahabi. Mungkin idrus ramli menunggu keluarganya dibantai syiah baru bilang syiah lebih berbahaya.
Mc Gun · Universitas Syiah Kuala
orang NU gk tegas sama keislamannya,masih mesra sama orang-orang musyrik dan orang-orang kafir.masih labil,ya tapi gk pa2 lah masih di jalur Islam. ketimbang syiah noe,sesat banget itu.
Muhammad Fadil · Bekerja di Wiraswasta
Saat ini nu sudah disusupi syiah, ketuamya org syiah.
Muhammad Fadil · Bekerja di Wiraswasta
Tapi nu hampir tdk terlihat pembelaannya thdp islam dan muslimin. Bila ada umat islam di nusantara ini dan negara lain tertindas diam tdk memberi pembelaan.
Muhammad Fadil · Bekerja di Wiraswasta
Tapi nu hampir tdk terlihat pembelaannya thdp islam dan muslimin. Bila ada umat islam di nusantara ini dan negara lain diam tdk memberi pembelaan.
Abu Rabbani · Planning & Design Engineer di Civil Engineering
NU paling semangat kalau jaga gereja
اسامة التغالي
yg post gk beres
Ansyar · Tenggarong, Kalimantan Timur, Indonesia
ISLAM itu asalah mengucapkan dua kalimah syahadat,mendirikan sholat lima waktu sehari semalam,membayar zakat,berpuasa di bulan romadhon dan menunaikan haji jika mampu.siapa yang lulus dari definisi ini dia adalah islam.apakah syiah lulus dari definisi ini?
Sabar Januar · Kota Tangerang
ust. Idrus Ramli juga punya kesempatan buat "membongkar kesesatan wahabi" waktu debat hang fm vs ust. firanda dan ust. zaenal Abidin.. Nyatanya, dia malah sibuk bela diri dan bela amalan tradisinya tuh....ketika gak mampu, ya cara paling mudah ngerahin massa buat musuhin "wahabi".....gitu deh
Alguroba Fiqoryatih · Bekerja di Save GAZA From Yahudi Laknatullah
Fajar..bagi yang mau mencari tau..WAHABI yang paling banyak menumpahkan darah secara dzalim. ko jadi dibalikin.
Akang Prabu Indra Permana · Owner/ President di Pt kangkung sukses makmur
NU seringkali mengumpat tentang syiah dan mengklaim bahwa syiah sebagai sekte sesat, tp beberapa petinggi NU terlihat menghadiri perayaan gadhir qum di jkrta yg merupakan hari raya sekte syiah tersebut. Lha bagaimana ini? Anda bilang syiah sesat tp dilain wktu NU terlihat mesra dgn sekte syiah trsbt,,,hadeuh
Miza Hanger Jilbab
Kalau menurut saya saat ini. Wahabi tidak bahaya dan tidak sesat. Mereka merujuk kepada Al-Quran, hadits Shohih, dan para ulama.
Mc Gun · Universitas Syiah Kuala
yang tahu keimanan seseorang hanya Allah SWT.
manusia hanya bisa menilai,dari tingkah laku anda,dari perkataan anda,dari perbuatan anda,dari sifat dan ke pribadian anda,dari dimana anda bergaul,dari dimana anda mengikuti majelis ilmu. dari status-status yg anda post di sini.
Dody Suseno
selama msh kembali kepada rujukannya, alqur'an dan as sunnah itulah islam, tak perlu saling memojokkan. saling adu argumen mmg itu sdh sunatullah dan manusiawi.
utamanya adalah bgmn menghancurkan musuh - musuh Islam dan meluruskan aqidah islamiyah sesorang yg bengkok.
shiah hanya kotoran yg tak seharusnya ada di #BumiIniMilikAllah
Fajar Hidayat · Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)
coba dek cari info di situs RESMI polda metrojaya,apa itu wahabi,jangan cari di situs yg memang punya kepentingan/beritanya titipan kelompok tertentu, biar infonya objektif www.metro.polri.go.id/profil-masjid-polda-metro-jaya
Pejuang Kebenaran Saja
Tp salafi juga banyak bikin situs yg menyesatkan kelompok lain..padahal kelompok itu kalo dicari disitus resmi tdk seperti yg ditulis oleh salafi
Abu Rabbani · Planning & Design Engineer di Civil Engineering
Anda mau nyerang salafi kok malah nyebut wahabi?
Mc Gun · Universitas Syiah Kuala
NU garis lurus,menurut pandangan saya keislaman dan keimanan kalian semua masih 5%.jadi jgn ke pede an berkoar-koar di sosial media.
Bani Sabadilla · ITS : Institut Teknologi Sepuluh Nopember
JANCOOOOK
Cahaya Hijau · Asisten pengajar hadware di Teknisi Handphone Indonesia
bisa nilai ke imanan org lain rupanya hahahahaaa
Abu Abdil Karim · Rembang, Jawa Tengah, Indonesia
Bani crocodilla
Fajar Hidayat · Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)
gitu doang penjelasannya...klo syiah sih kita sudah saksikan bersama bahayanya menumpahkan darah kaum muslimin (bagi yg mau mencari tau), klo wahabi... dimana bisa kita saksikan bahayanya, saudi yg katanya negeri wahabi kita saksikan sampai detik ini selalu memberikan rasa aman bagi kaum muslimin
Abdi Kos
baca tragedi mina, baca makam rosul dibongkar, baca ahh sudahlah banyak kali wahabi, HTI, dan kroni2nya padeh bei .. (untuk MD masih mending berjasa ke indonesia, nah HT dan WAHAB, ah... padeh bei)
Bang Husni · MAN 1 Grogol
Lare Kos ha ha ha , ente kesiangan nih bro Lare Kos ....
Pejuang Kebenaran Saja
Coba buka disini tentang wahabi https://salafytobat.wordpress.com/...wallohu a,lam..
Didi Solo
Lare Kos ...lha NU jasanya apa ama bangsa atau umat Islam? Ente jangan tidur saat bangun tong..
Tragedi Mina udah jelas mana yg salah..pengakuan live saat di televisi juga ada..n lu bayangin aja..ngatur sekian juta orang dalam waktu yg singkat..emang NU mampu? Muktamar aja rusuh..kyai ampe dipukulin gitu lhoo..makanya bangunn.....bangunn..jangan tidur muluu
Fajar Hidayat · Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)
dulu pertama denger ttg wahabi sy penasaran,awalny sy mendengar ttg wahabi itu dr kelompok yg sepertinya kurang suka dengan yg mereka sebut wahabi,muncul pertanyaan dibenak sy apa sih wahabi itu,saya coba untuk objektif,sy cari informasi langsung dari mereka yg katanya wahabi,datang langsung ke masjid tempat mereka kajian,tanya" ke ustadznya,baik langsung maupun via online,baca" situs katanya situs wahabi,baca buku" dr ustadz mereka ternyata ga ada masalah dgn mereka,kajiannya bagus,Qur'an sunnah sbagaimana sahabat nabi amalkan,anti radikalisme,sumbernya sangat jelas dan terperinci,dan nama wahabi yg disematkan ke mereka sy cari" ternyata sumbernyapun tidak jelas,siapa yg pertama kali menamai wahabi,mreka jg tdk pernah memproklamirkan diri sbg wahabi dr dulu hingga kini,ini semakin meyakinkan sy klo julukan wahabi itu sebatas julukan saja,dan justru itu pujian bagi mereka krn itu salah satu nama" Alloh sub'hanahu wata 'ala, cobalah untuk objektif dengan niat untuk mencari kebenaran
Wahabi SaLafy & Syiah Sekte Sesat
Sama saja syiah Wahabj
Abu Rabbani · Planning & Design Engineer di Civil Engineering
Peminta minta dengan perantara kuburan itu pasti sesat.
Sabar Januar · Kota Tangerang
Pejuang Kebenaran bantahannya di firanda.com tuh....jangan telan mentah2 info dari blog gak jelas model gitu. cari pembandingnya biar kita dapat info jelas, adil dan tak mudah dihasut dan dibodoh2i
Sabar Januar · Kota Tangerang
Lare Kos makanya teretan...kalo liat permasalahan jangan dari satu sisi aja. coba baca bukunya a.m waskito judulnya adil terhadap wahabi dan mendamaikan ahlussunnah di indonesia. jangan modal googling terus di telan mentah2....
Hery Pujo Pangestu · SMK 7 SEMARANG
Wahabi itu yg ajaranya bagaimana ya,mohon pencerahanya min/siapa saja yg lbh paham
Parman Tohari · Konsultan di Wiraswasta
Kajian dan Bukti2 dalilnya gemana? jangan asal statement orang terkenal di Publish
Dalija Abdillah · Tak sekolah
pokoke sing paling lurus ki ming NU GARIS LURUS LIYANE BENGKOK KABEH
E Win · Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia
Jangan gitu mas... nu garis lurus itukan sebuah wadah untuk memberikan informasi terhadap semua orang. Padahal kita tau kabar itu pasti memuat dua hal yaitu benar atau dusta dan kita ini manusia bukan malaikat... pasti kita pernah bengkok meskipun moto kita lurus...
25 Desember 2015 20:13

Mengapa “wahabi”selalu diserang Aswaja..?

“Berani-beraninya ‘wahabi’ ini membid’ah-bid’ahkan amalan ‘aswaja’! Emang duluan mana antara ‘wahabi’ dengan ‘aswaja?” Demikianlah kira-kira ucapan sebagian orang yang mengklaim sebagai penganut ‘aswaja’ kala mendapati para da’i yang tengah meluruskan berbagai amalan bid’ah di tengah masyarakat.
Aswaja dan Wahabi. Itulah dua istilah yang belakangan ini begitu mengemuka dalam kancah dinamika dakwah tanah air. Kedua istilah tersebut kerap menimbulkan salah persepsi dari berbagai kalangan dalam memahami ajaran Islam yang sebenarnya.
Term Aswaja dipopulerkan oleh organisasi nahdlatul ulama (NU) untuk melegitimasi paham dan amalan-amalan yang menjadi ciri khas mereka. Alhasil banyak masyarakat Muslim tanah air memahami ‘aswaja’ sebagai suatu aliran keberagamaan yang memiliki ciri-ciri dalam akidah dan amaliah sebagaimana diyakini dan diamalkan warga nahdliyin seperti: berakidah asy’ariyah-maturidiyah, mengamalkan tashawuf, sinkretisasi ajaran Islam dengan kultur warisan Hindu-Budha, membuka kreasi dan modifikasi beragama seluas-luasnya atas dalih bid’ah hasanah, bertawasul lewat perantara arwah para wali, ngalap berkah ke kuburan, serta mengultuskan kyai sedemikian rupa.
Dengan demikian, jika kita mau jujur maka akan tersingkaplah hakikat ‘aswaja’ sesungguhnya yang ternyata akar dari aliran tersebut bukanlah Islam sebagaimana diajarkan Rasulullah kepada para sahabatnya, melainkan satu paham baru yang merupakan perpaduan dari berbagai sekte dan pemikiran.
Lantas Siapa yang Disebut ‘Wahabi’?
Agaknya tak berlebihan bila dikatakan bahwa kaum ‘wahabiyin’ merupakan kelompok yang paling sering mendapat serangan frontal dari aswaja lewat sejumlah stigma horor. Menurut kyai aswaja, ‘wahabi’ selalu diidentikkan dengan satu pemahaman Islam yang radikal, intoleran serta membenarkan tindak terorisme. Benarkah stigma tersebut?
Sebelumnya, penting buat diketahui bahwa yang disebut aliran wahabiyah sesungguhnya adalah sebuah sekte yang didirikan oleh Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum yang meninggal tahun 211 H. Sekte wahabiyah itu sendiri merupakan salah satu cabang dari firqoh Khawarij. Oleh karena itu, jika yang dimaksud wahabi adalah pengikut dari Abdul Wahab Rustum kita tentu menyepakati kesesatannya.
Akan tetapi yang dimaksud ‘wahabi’ oleh ‘aswaja’ bukanlah penganut sekte bikinan Abdul Wahab Rustum ini, melainkan siapa saja yang sejalan dengan dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab. Untuk itulah sejumlah propaganda yang bertujuan mendiskreditkan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab berikut dakwah tauhid yang ditegakkannya dilancarkan oleh para kyai ‘aswaja’.
Maka perlu diluruskan, tuduhan bahwa cikal bakal terorisme dalam dunia Islam dewasa ini berpangkal dari dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab merupakan tuduhan ngawur yang tidak berdasar. Sejarah justru mencatat, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab selalu menggandeng penguasa dalam menjalankan dakwah tauhidnya. Seperti ketika menghancurkan kubah di atas makam Zaid bin Khattab yang dikeramatkan, beliau meminta izin kepada amir ‘Uyainah sehingga sang amir turut mengirimkan pasukan untuk membantu dan mengamankannya. Begitu pula tatkala memulai dakwah pemurnian tauhid di Dir’iyyah beliau mendapat perlindungan dari amir Dir’iyyah Muhammad Ibnu Saud. Bahkan hingga hari ini, Arab Saudi yang dikatakan negara ‘wahabi’ dianggap sebagai darul kufur oleh jamaah takfir, sehingga sebuah teror bom yang didalangi Al-Qaida pernah mengguncang Riyadh pada tahun 2004.
Semua itu membuktikan kebohongan soal tuduhan bahwa terorisme moderen dalam dunia Islam berakar dari dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab. Kebangkitan jamaah takfir yang berujung pada munculnya aksi terorisme di negeri-negeri Muslim, sejatinya merupakan buntut dari tersebarnya pemikiran revolusioner ala Sayyid Qutb yang menyerukan perlawanan terhadap pemerintah yang belum menegakkan hukum Islam.
Mengapa Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab yang Selalu Diserang?
Bila sudah sedemikian terang, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab tidak memiliki kaitan dengan pemahaman takfiri, lantas mengapa kaum tradisionalis tetap begitu membenci beliau? Benarkah beliau telah menciptakan satu mazhab baru yang bertentangan dengan mazhab yang empat? Sekali-sekali tidak. Syaikh rahimahullah justru seorang mujadid yang berjuang keras untuk mengembalikan aqidah umat Islam kepada aqidah yang haq sebagaimana aqidahnya para Sahabat Nabi, tabi’in, dan tabiut tabi’in, termasuk imam mazhab empat yakni aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah berdasarkan pemahaman salafus salih.
Beliau berjihad memberantas kemusyirikan yang kala itu menyebar di Jazirah Arab dan dunia Islam secara umum. Mengenai kondisi keagamaan di Nejd dan sekitarnya kala itu yang merupakan tempat dimulainya dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab, Ahmad Al-Usairy menulis, “Kemusyirikan dalam bentuk kepercayaan kepada pohon, batu, dan kuburan telah menyebar. Mereka juga meminta tolong kepada jin, menyembelih untuk mereka, dan bentuk-bentuk penyimpangan lainnya. Syaikh mengumumkan perang terhadap semua itu. Maka, dia mendapatkan perlawanan keras.”
Lihatlah! Bagi siapapun yang berfikir, niscaya akan mendapati satu kesimpulan bahwa yang Syaikh lakukan hanyalah mencontoh dakwah tauhid Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam.
Maka sekiranya kaum tradisionalis menjuluki para da’i yang berdakwah memberantas kemusyirikan dan bid’ah dengan sebutan ‘wahabi’, mengapa gelar yang sama tidak mereka tujukan kepada Rasulullah dan para sahabatnya? Bukankah Rasulullah telah memerintahkan untuk menghancurkan berhala-berhala yang disembah di sekitar Ka’bah pasca Fathul Makkah? Bukankah Umar bin Khattab juga telah memerintahkan untuk menebang pohon yang di bawahnya pernah berlangsung Baiatur Ridwan karena khawatir akan menjadi sarana kemusyirikan di kemudian hari? Bukankah Ibnu Mas’ud juga dengan tegas mengingkari amalan bid’ah sekelompok manusia yang tengah melakukan zikir berjamaah? Bukankah Rasulullah dan para sahabatnya juga tidak mengadakan perayaan 40 hari, 100 hari, dan 1000 hari pasca kematian? Lantas mengapa para kyai tradisionalis tidak berani memasukkan Rasulullah  dan para sahabatnya ke dalam golongan ‘wahabi’ padahal apa yang Rasulullah dan para sahabatnya lakukan justru dicontoh oleh kaum ‘wahabi’?
Di sinilah tampak jelas bahwa sesungguhnya stigmatisasi ‘wahabi’ kepada para da’i yang mendakwahkan tauhid dan sunnah adalah justru untuk menghalangi kaum Muslimin dari memahami Islam yang benar, yakni Islam yang diajarkan Rasulullah kepada sahabatnya.
Tapi mengapa yang dipilih sebagai sasaran tembak adalah Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahab? Bukankah ulama-ulama Ahlus Sunnah lainnya juga bersikap tegas dalam memberantas segala bentuk kesyirikan dan bid’ah? Ya benar, akan tetapi Allah menakdirkan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab hidup dalam satu kurun di mana mayoritas kaum Muslimin telah terjebak dalam praktek-praktek kemusyirikan, sehingga dakwah beliau yang bertujuan mengembalikan umat Islam kepada tauhid yang murni bertentangan dengan arus mayoritas. Ditambah lagi, dakwah tauhid dari Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab ini telah sukses membuahkan tegaknya daulah Su’udiyah yang menguasai dua tanah suci dan selalu menjadi penyokong dakwah tauhid, sehingga fakta tersebut semakin menumbuhkan kedengkian mendalam di hati para pembela tradisi nenek moyang.
Oleh karena itu tidaklah lagi samar dalam pandangan setiap yang berfikir bahwasanya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab tidaklah menciptakan satu aliran baru. Beliau hanya mendakwahkan ajaran Islam sebagaimana dipahami generasi awal umat ini tatkala kebanyakan manusia telah meninggalkan dan berpaling kepada keyakinan maupun amalan-amalan bid’ah.
Dakwah beliau adalah dakwah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, sama dengan yang didakwahkan oleh Sahabat, Tabi’in, maupun Imam mazhab yang empat. Sebaliknya, mereka yang menyimpang dari metode beragamanya para Sahabat, yang mencampuradukkan ajaran Islam dengan keyakinan dan ritual di luar Islam, yang gemar melestarikan bid’ah, meminta tolong pada jin, serta hobi ngalap berkah ke kuburan, maka pengakuan mereka sebagai Ahlus Sunnah wal Jama’ah hanyalah kedustaan belaka. Sebab yang mereka lestarikan justru merupakan amalan-amalan “asli warisan jahiliyah”

Seruan Ramadhan MUI Jatim
Umat Islam Sebaiknya Hindari Berbantah-bantahan Soal Khilafiyah

Jum'at, 3 Juni 2016 - 08:41 WIB
Seperti masalah jumlah rakaat shalat tarawih, masalah qunut dalam witir, dan sebagainya, yang dapat meretakkan ukhuwah Islamiyah.
Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur (MUI Jatim), KH Abdusshomad Buchori, menyerukan umat Islam agar menyambut Ramadhan 1437 dengan sikap positif.
Di antaranya dengan menjauhkan diri dari berbagai perbuatan, ucapan, maupun sikap yang dapat merusak nilai atau pahala ibadah. Khususnya terkait dengan kemaksiatan mata, telinga, mulut, dan anggota badan lainnya.
Termasuk, kata Kiai Shomad dalam rilis yang diterima hidayatullah.com belum lama ini, mengenai kondisi hati yang harus dipelihara, agar tidak mengarah kepada kemaksiatan.
MUI Jatim pun menyerukan dan menganjurkan berbagai kalangan, terutama di lingkungan lembaga pendidikan, ormas Islam, serta takmir masjid, untuk berupaya menyelenggarakan kegiatan spesifik mengisi Ramadhan.
“Seperti pesantren Ramadhan, kursus keagamaan Islam, tausiyah sebelum atau sesudah shalat fardhu, shalat tarawih, dan sebagainya,” serunya.
Umat Islam pun diserukan menghindari sikap berbantah-bantahan dalam masalah-masalah yang bersifat khilafiyah furuiyah (cabang, bukan pokok). Seperti masalah jumlah rakaat shalat tarawih, masalah qunut dalam witir, dan sebagainya, yang dapat meretakkan ukhuwah Islamiyah.
Diberitakan media ini sebelumnya, MUI Jatim menyerukan umat Islam untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak amal ibadah. 
http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2016/06/03/95824/umat-islam-sebaiknya-hindari-berbantah-bantahan-soal-khilafiyah.html


Idrus Ramli Tidak Bisa Jawab Pertanyaan Netizen

14 September 2015
Tidak sengaja Wartawan kami ACB Post mengunjungi Fanspage Idrus Ramli di Facebook. Namun ada keanehan disana. Seorang netizen bertanya kepadanya pada 14 September jam 09:24. Berikut kami kutip secara langsung pertanyaannya:   “#‎Pertanyaan Kami Kepada Idrus Ramli: 1.Pernahkah ada orang dari Indonesia khususnya dari Aceh yang dilarang pergi haji oleh Arab Saudi karena mereka membenci Wahhabi? 2. Pernahkah ada orang dari Indonesia khususnya dari Aceh ketika ibadah di tanah suci dibunuh oleh Pemerintah Arab Saudi karena mereka memusuhi Wahhabi? 3. Pernahkah ada seorang TKW/TKI khususnya dari Aceh yang dibunuh oleh Pemerintah Arab Saudi tersebab mereka anti Wahhabi? 4. Jika tuduhanmu Wahhabi itu haus darah kenapa tak ada satu pun bukti para TKW/TKI, dan para Mahasiswa/wi yang belajar gratis dan wasilitas serba wah di Arab Saudi itu dianiaya, didzalimi atau dibunuh dengan sebab mereka beda idiologi? 5. Jika memang Wahhabi itu haus darah kenapa justru para TKW/TKI, dan para Mahasiswa/wi yang ada di Arab Saudi merasa sangat betah dan ingin kembali mengulang tinggal di sana? Bahkan Bp SAS sampai 14 tahun tinggal dan kuliah di Arab Saudi? 6. Jika memang Wahhabi itu haus darah kenapa justru ketika Aceh tertimpa musibah tsunami, negara Arab Saudi malah menggelontorkan banyak bantuan yang cukup banyak? 7. Dan ketahuilah segala tuduhanmu tentang Wahhabi yang tak terbukti, apalagi tak ada saksi-saksi yang valid, justru akan kembali kepada si penuduh, dan pasti akan Diminta pertanggungjawabannya oleh Al- Wahhab di akhirat nanti. Bahkan faktanya belum pernah ada orang tengah tahlilan atau yasinan yang dibubarkan secara paksa, apalagi ada yang sampai dibunuh, dan belum pernah ada ponpes yang dibubarkan oleh orang-orang yang dituduh Wahhabi, apalagi sampai mengkafirkan. Yang ada justru sebaliknya.”   Dari pertanyaan diatas sampai sekarang Idrus Ramli belum bisa menjawab. Karena memang itu adalah fitnah selama ini yang dibuat olehnya. Menurut penelurusan ACB Post media Kompasiana bertabrakan tulisan tudingannya terhadapnya. Sebut saja seorang penulis kompasioner yang menanggapi pernyataannya selain mazhab Syafii adalah aliran sesat, yang tulis oleh Abu Al Masjidiy. Sang kompasioner ini menulis 3 artikel membantah pernyataanya waktu parade Aswaja di Aceh. Ketiga artikelnya juga dikirim oleh seorang netizeen di beranda fanspage Muhammad Idrus Ramli atas akunya Fera.   Penulis lain kompasioner atas nama Khairil Miswar yang menanggapi kedatangannya ke Aceh sebagai boomerang bagi rakyat Aceh. Sehingga diberikan judul; Idrus Ramli, Jangan “Ganggu” Aceh Kami!. Tulisan ini menjadi trending di google. Sampai-sampai nahimungkar.com pun memuat tulisan ini mentah-mentah. Ini membuktikan ada rakyat Aceh yang menolak kedatangan Idrus Ramli NU pusat ke Aceh.
http://www.kompasiana.com/amriadi/idrus-ramli-tidak-bisa-jawab-pertanyaan-netizen_55f652b3957a61c005258af7


Related articles :


Pengakuan kiyai idrus tentang budaya hindu