Wednesday, July 1, 2015

Bukan Ciri Wahabi Tapi Ciri Aswaja (Nu) Pengikut Imam Syafi’i Dan Kh Hasyim Asy’ari!!

Telah kita sebutkan dalam makalah sebelumnya bahwa “memerangi syiah rafidhah adalah cirri ahlussunnah pengikut Rasulullah -Shalallahu alaihi wa salam- dan ahlulbait”, bukan ciri wahhabi, bukan ciri orang sesat tapi ciri orang yang baik.
Sekarang kita sampaikan bahwa “memusuhi syiah rafidhah adalah cirri aswaja pengikut imam Syafi’I dan KH Hasyim Asy’ari”
Imam Muhammad bin Idris al-Syafii (204 H) berkata1: saya mengedepankan Abu Bakar, kemudian Umar, Kemudian Usman, kemudian Ali radhiyallahu anhum. Mereka itulah para khalifah yang lurus, dan mereka adalah sebaik-baik manusia setelah rasulullah –Shalallahu alaihi wa salam-. Khilafah Abu Bakar diputuskan oleh Allah dari atas langit-Nya dan Dia menyatukan para sahabat Nabi-nya atas khilafahnya dengan dalil yang diijma’ daari kitab suci-Nya2
Oleh karena itu Imam Syafi’I sangat membenci Rafidhah sebab kesesatan mereka. Imam Harmalah berkata: saya mendengar Imam Syafi’I berkata:
«لَمْ أَرَ أَحَدًا مِنْ أَصْحَابِ الْأَهْوَاءِ أَشْهَدَ بِالزُّورِ مِنَ الرَّافِضَةِ»
saya tidak pernah melihat seorang dari ahli bid’ah yang lebih berani bersaksi dusta dari pada Rafidhah”3
Imam Syafi’I juga pernah ditanya: apakah boleh saya shalat di belakan imam Rafidhi? Beliau menjawab: Jangan lah engkau shalat di belakang imam rafidhi.”4
Dengan demikian, siapa saja yang mengatakan bahwa ciri wahabi adalah memusuhi syiah maka orang itu adalah orang syiah yang memanfaatkan kepolosan sebagian aswaja untuk tidak memusuhi syiah. Sesungguhnya yang benar adalah “memusuhi syiah adalah aswaja yang baik, yang konsisten dengan madzhab imam Syafi’i.
Bahkan lebih dari itu, aswaja yang memusuhi syiah adalah pengikut NU yang baik, pengkut KH Hasyim Asy’ari yang baik. Kebalikannya, jika membela syiah maka telah keluar dari manhaj imam Syafi’I dan madzhab KH Hasyim Asy’ari.
Perhatikan akidah KH Hasyim Asy’ari yang dituangkan dalam kitabnya Risalah Ahlussunnah waljama’ah5:
§        ))…وَمِنْهُمْ رَافِضِيُّوْنَ يَسُبُّوْنَ سَيِّدَنَا أَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا وَيَكْرَهُوْنَ الصَّحَابَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ، وَيُبَالِغُوْنَ هَوَى سَيِّدِنَا عَلِيٍّ وَأَهْلِ بَيْتِهِ رِضْوَانُ اللهِ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ، قاَلَ السَّيِّدُ مُحَمَّدٌ فِي شَرْحِ الْقَامُوْسِ:وَبَعْضُهُمْ يَرْتَقِي إِلَى الْكُفْرِ وَالزَّنْدَقَةِ أَعَاذَنَا اللهُ وَالْمُسْلِمِيْنَ مِنْهَا. قاَلَ الْقَاضِي عِيَاضُ فِي الشِّفَا: عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُغَفَّلٍ قَالَ قاَلَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم
§        (اللهَ اللهَ فِي أَصْحَابِي لاَ تَتَّخِذُوْهُمْ غَرَضًا بَعْدِىْ فَمَنْ أَحَبَّهُمْ فَبِحُبِّيْ أَحَبَّهُمْ وَمَنْ أَبْغَضَهُمْ فَبِبُغْضِيْ أَبْغَضَهُمْ وَمَنْ آذَاهُمْ فَقَدْ آذَانِى وَمَنْ آذاَنِى فَقَدْ آذَى اللهَ وَمَنْ آذَى اللهَ يُوْشِكُ أَنْ يَأْخُذَهُ) وَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم (لاَ تَسُبُّوْا أَصْحَابِي فَمَنْ سَبَّهُمْ فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ اللهِ وَالْمَلاَئِكَةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِيْنَ لاَ يَقْبَلُ اللهُ مِنْهُ صَرْفًا وَلاَ عَدْلاً)
§        وَقاَلَ صلى الله عليه وسلم (لاَ تَسُبُّوا أَصْحَابِي فَإِنَّهُ يَجِئْ قَوْمٌ فِي آخِرِ الزَّماَنِ يَسُبُّوْنَ أَصْحَابِي فَلاَ تُصَلُّوْا عَليْهِمْ وَلاَ تُصَلُّوْا مَعَهُمْ وَلاَ تُنَاكِحُوْهُمْ وَلاَ تُجَالِسُوْهُمْ وَإِنْ مَرِضُوْا فَلاَ تَعُوْدُوْهُمْ) وَعَنْهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (مَنْ سَبَّ أَصْحَابِي فَاضْرِبُوْهُ)
§        وَقَدْ أَعْلَمَ النَّبِيّ صلى الله عليه وسلم أَنَّ سَبَّهُمْ وَآَذَاهُمْ يُؤْذِيْهِ وَأَذَى النَّبِيّ صلى الله عليه وسلم حَرَامٌ فَقَالَ (لاَ تُؤْذُوْنِي فِي أَصْحَابِي وَمَنْ آذَاهُمْ فَقَدْ آذَانِىْ) وَقَالَ (لاُ تُؤْذُوْنِي فِي عَائِشَةَ) وَقاَلَ فِي فَاطِمَةَ (بُضْعَةٌ مِنِّى يُؤْذِيْنِيْ مَا آذَاهَا). اهـ (الشيخ محمد هاشم أشعري، رسالة أهل السنة والجماعة، ص 9-10).
Disini, KH Hasyim Asy’ari menyebut bahwa Syiah Rafidhah adalah ahli bid’ah, bahkan sampai derajat zindiq. Mereka kalau melamar tdk boleh diterima, kalau sakit tidak dijenguk, kalau mati tdk dishalati dan tidak diantarkan ke kuburan, tdk boleh dijadikan teman dst.
Maka memusuhi syiah adalah ciri aswaja atau NU yang mengerti dan dan yang baik.
Bahkan membiarkan syiah melaknat para sahabat Nabi i dan membiarkan mereka berkembang adalah tanda orang yang terlaknat.
KH Hasyim Asy’ari berkata dalam mukaddimah Qanun asasi NU:
§        وَاصْدَعْ بِمَا تُؤْمَرُ لِتَنْقَمِعَ الْبِدَعُ مِنْ أَهْلِ الْمَدَرِ وَالْحَجَرِ قَالَ رَسُوُلُ الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (إِذَا ظَهَرَتِ الْفِتَنُ أو الْبِدَعُ، وَسُبَّ أَصْحَابِي،فَعَلَى الْعَالِمِ أَنْ يُظْهِرَ عِلْمَهُ، فَمَنْ لَمْ يَفْعَلْ فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ اللَّهِ، وَالْمَلاَئِكَةِ، وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ لاَ يَقْبَلُ اللَّهُ مِنْهُ صَرْفًا ، وَلاَ عَدْلاً.أخرجه الخطيب فى الجامع بين أداب الراوى والسّامع) (مقدمة القانون الأساسي لجمعية نهضة العلماء ص 25-26)
Maka hati-hati dengan syiah yang membonceng dengan dua issu 1) NU itu syiah cultural/syiah minus imamah, dan 2) memusuhi syiah adalah ciri wahhabi!!
Silakan anda membaca makalah di link berikut:
yang dimaksud orang syiah di sini yang syiah Indonesia seperti ABI, IJABI, YAPI.
Baca diantaranya:
nantikan serial berikutnya
1 Diambil dari buku “menuntun syiah ke jalan yang benar” karya ustadz agus hasan bashori.
2 Beliau menyebut QS. Al-Fath: 16
3 al-Khathib al-Baghdadi dalam al-Kifayah fi Ilm al-Riwayah, 1/126; Baihaqi dalam Sunan al-Kubra, 10/208; Dzahabi dalam Siyar A’lam an-Nubala` 10/31
4 Siyar A’lam, 10/31; Lihat pula kesaksian imam Subki tentang tdk bolehnya shalat di belakang imam Syi’I, Fatawa al-Subki, 2/576.
5 Diambil dari buku menuntun syiah ke jalan yang benar karya ustadz agus hasan bashori