Oleh Ustadz Dzulqarnain M. Sunusi
Pada hari-hari ini,
kita melihat bahwa kaum Syi’ah sibuk menyebarkan lembaran-lembaran dari
beberapa tokoh yang berisi beberapa pernyataan bahwa agama Syi’ah tidak sesat.
Hal ini sudah menjadi kebiasaan kaum Syi’ah, pada negeri tempat mereka
menganggap diri-diri mereka sebagai kaum minoritas, untuk menyerukan pendekatan
atau persatuan antara Sunni dan Syi’ah serta yang semisalnya. Seluruh hal
tersebut adalah upaya untuk mengaburkan sikap ulama Islam terhadap agama
Syi’ah.
Berikut beberapa
ucapan ulama kaum muslimin tentang agama Syi’ah agar umat Islam mengetahui
bagaimana sikap ulama Islam yang sesungguhnya terhadap agama Syi’ah.
1. Imam ‘Alqamah bin
Qais An-Nakha’iyrahimahulllâh (W. 62 H)
Beliau berkata,
لقد غلت هذه الشيعة في
علي رضي الله عنه كما غلت النصارى في عيسى بن مريم
“Sungguh kaum Syi’ah
ini telah berlaku ekstrem terhadap ‘Ali radhiyallâhu ‘anhûsebagaimana kaum
Nashara berlaku ekstrem terhadap Isa bin Maryam.” [Diriwayatkan oleh Abdullah
bin Ahmad dalam As-Sunnah 2/548]
2. Imam ‘Amr bin
Syarâhîl Asy-Sya’by Al-Kûfy rahimahulllâh (W. 105 H)
Beliau bertutur,
ما رأيت قوماً أحمق من
الشيعة
“Saya tidak pernah
melihat suatu kaum yang lebih dungu daripada kaum Syi’ah.” [Diriwayatkan oleh
Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah 2/549,
Al-Khallâl dalamAs-Sunnah 1/497, dan Al-Lâlakâ`iy dalam Syarh
Ushûl I’tiqâd Ahlis Sunnah Wa Al-Jam’âh 7/1461]
Beliau juga bertutur,
نظرت في هذه الأهواء
وكلمت أهلها فلم أر قوماً أقل عقولاً من الخشبية
“Saya melihat kepada
pemikiran-pemikiran sesat ini, dan Saya telah berbicara dengan penganutnya.
Saya tidak melihat bahwa ada suatu kaum yang akalnya lebih pendek daripada kaum
(Syi’ah) Al-Khasyabiyah.” [Diriwayatkan oleh Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah 2/548]
3. Imam Thalhah bin
Musharrif rahimahulllâh (W. 112 H)
Beliau berkata,
الرافضة لا تنكح
نساؤهم، ولا تؤكل ذبائحهم، لأنهم أهل ردة
“(Kaum Syi’ah)
Rafidhah tidak boleh menikahi kaum perempuan mereka dan tidak boleh memakan
daging-daging sembelihannya karena mereka adalah kaum murtad.” [Diriwayatkan
oleh Ibnu Baththah dalam Al-Ibânah Ash-Shughrâ` hal. 161]
4. Imam Abu Hanîfah
Muhammad bin An-Nu’mân rahimahulllâh (W. 150 H)
Beliau berucap,
الجماعة أن تفضل أبا
بكر وعمر وعلياً وعثمان ولا تنتقص أحداً من أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم
“Al-Jamâ’ah adalah (berarti)
engkau mengutamakan Abu Bakar, Umar, Ali, dan Ustman, serta janganlah engkau
mencela seorang pun shahabat Rasulullahshallallâhu ‘alaihi wa
sallam.
[Al-Intiqâ` Fî Fadhâ`il Ats-Tsalâtsah Al-A`immah Al-Fuqahâ` hal. 163]
5. Imam Mis’ar bin
Kidâm rahimahulllâh (W. 155 H)
Imam Al-Lâlakâ`iy
meriwayatkan bahwa Mis’ar bin Kidâm dijumpai seorang lelaki dari kaum Rafidhah,
kemudian orang tersebut membicarakan sesuatu dengannya, tetapi kemudian Mis’ar
berkata,
تنح عني فإنك شيطان
“Menyingkirlah dariku.
Sesungguhnya engkau adalah syaithan.” [Syarh Ushûl I’tiqâd
Ahlis Sunnah Wal Jamâ’ah 8/1457]
6. Imam Sufyân bin
Abdillah Ats-Tsaury rahimahulllâh (W. 161 H)
Muhammad bin Yusuf
Al-Firyâby menyebut bahwa beliau mendengar Sufyân ditanya oleh seorang lelaki
tentang pencela Abu Bakr dan Umar, Sufyân pun menjawab,
كافر بالله العظيم
“(Pencela itu) adalah
kafir kepada Allah Yang Maha Agung.”
Orang tersebut
bertanya, “(Bolehkah) Kami menshalatinya?”
(Sufyân) menjawab,
لا، ولا كرامة
“Tidak. Tiada
kemuliaan baginya.”
Kemudian beliau
ditanya, “Lâ Ilâha Illallâh. Bagaimana kami berbuat terhadap jenazahnya?”
Beliau menjawab,
لا تمسوه بأيديكم،
ارفعوه بالخشب حتى تواروه في قبره
“Janganlah kalian
menyentuhnya dengan tangan-tangan kalian. Angkatlah (jenazah itu) dengan kayu
hingga kalian menutup kuburnya.” [Disebutkan oleh Adz-Dzahaby dalam Siyar
A’lâm An-Nubalâ` 7/253]
7. Imam Malik bin
Anas rahimahulllâh (W. 179 H)
Beliau bertutur,
الذي يشتم أصحاب النبي
صلى الله عليه وسلم ، ليس لهم سهم، أوقال نصيب في الإسلام
“Orang yang mencela
shahabat Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam tidaklah
memiliki saham atau bagian apapun dalam keislaman.” [Diriwayatkan oleh Ibnu
Baththah hal. 162 dan Al-Khatsûl dalam As-Sunnah 1/493]
Asyhab bin Abdul Aziz
menyebutkan bahwa Imam Malik ditanya tentang Syi’ah Rafidhah maka Imam Malik
menjawab,
لا تكلمهم ولا ترو عنهم
فإنهم يكذبون
“Janganlah kalian
meriwayatkan hadits dari mereka. Sesungguhnya mereka itu sering berdusta.”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Baththah dalam Al-Ibânah Al-Kubrâ`sebagaimana
dalam Minhâj As-Sunnah karya Ibnu Taimiyah 1/61]
8. Imam Abu Yusuf
Ya’qub bin Ibrahim rahimahulllâh (W.182 H)
Beliau berkata,
لا أصلي خلف جهمي، ولا
رافضي، ولا قدري
“Saya tidak
mengerjakan shalat di belakang seorang Jahmy (penganut
Jahmiyah),Râfidhy (penganut paham Syi’ah Rafidhah), dan Qadary (penganut paham
Qadariyah).” [Diriwayatkan oleh Al-Lâlakâ`iy dalam Syarh
Ushûl I’tiqâd Ahlis Sunnah Wa Al-Jamâ’ah 4/733]
9. Imam Abdurrahman
bin Mahdi rahimahulllâh (W. 198 H)
Beliau berucap,
هما ملتان: الجهمية،
والرافضة
“Ada dua agama (yang
bukan Islam, -pent.), yaitu Jahmiyah dan Rafidhah.” [Diriwayatkan oleh
Al-Bukhâry dalam Khalq Af’âl Al-‘Ibâd hal.125]
10. Imam Muhammad bin
Idris Asy-Syâfi’iy rahimahulllâh (W. 204 H)
Beliau berkata,
لم أر أحداً من أصحاب
الأهواء، أكذب في الدعوى، ولا أشهد بالزور من الرافضة
“Saya tidak pernah
melihat seorang pun penganut hawa nafsu yang lebih dusta dalam pengakuan dan
lebih banyak bersaksi palsu melebihi Kaum Rafidhah.” [Diriwayatkan oleh Ibnu
Baththah dalam Al-Ibânah Al-Kubrâ` 2/545 dan
Al-Lâlakâ`iy dalam Syarh Ushûl I’tiqâd Ahlis Sunnah Wa Al-Jamâ’ah 8/1457]
11. Imam Yazîd bin
Harun rahimahulllâh (W. 206 H)
Beliau berkata,
يكتب عن كل صاحب بدعة
إذا لم يكن داعية إلا الرافضة فإنهم يكذبون
“Boleh mencatat (hadits)
dari setiap penganut bid’ah yang menyeru kepada bid’ahnya, kecuali (Syi’ah)
Rafidhah karena mereka sering berdusta.” [Diriwayatkan oleh Ibnu Baththah
dalam Al-Ibânah Al-Kubrâ` sebagaimana dalam Minhâj As-Sunnah 1/60 karya Ibnu
Taimiyah]
12. Imam Muhammad bin
Yusuf Al-Firyaby rahimahulllâh (W. 212 H)
Beliau berkata,
ما أرى الرافضة
والجهمية إلا زنادقة
“Saya tidak memandang
kaum Rafidhah dan kaum Jahmiyah, kecuali sebagai orang-orang zindiq.”
[Diriwayatkan oleh Al-Lâlakâ`iy dalam Syarh Ushûl I’tiqâd
Ahlis Sunnah Wa Al-Jamâ’ah 8/1457]
13. Imam Al-Humaidy,
Abdullah bin Az-Zubair rahimahulllâh (W. 219 H)
Setelah menyebutkan
kewajiban mendoakan rahmat bagi para shahabat, beliau berkata,
فلم نؤمر إلا
بالاستغفار لهم، فمن يسبهم، أو ينتقصهم أو أحداً منهم، فليس على السنة، وليس له في
الفئ حق
“Kita tidaklah
diperintah, kecuali memohonkan ampunan bagi (para shahabat). Siapa saja yang
mencerca mereka atau merendahkan mereka atau salah seorang di antara mereka,
dia tidaklah berada di atas sunnah dan tidak ada hak apapun baginya dalam fâ`i.” [Ushûl
As-Sunnah hal.43]
14. Imam Al-Qâsim bin
As-Sallam rahimahulllâh (W. 224 H)
Beliau berkata,
عاشرت الناس، وكلمت أهل
الكلام، وكذا، فما رأيت أوسخ وسخاً، ولا أقذر قذراً، ولا أضعف حجة، ولا أحمق من
الرافضة …
“Saya telah hidup
dengan seluruh manusia. Saya telah berbicara dengan ahli kalam dan … demikian.
Saya tidak melihat ada yang lebih kotor, lebih menjijikkan, argumennya lebih
lemah, dan lebih dungu daripada kaum Rafidhah ….” [Diriwayatkan oleh Al-Khallâl
dalam As-Sunnah 1/499]
15. Imam Ahmad bin
Yunus rahimahulllâh (W. 227 H)
Beliau berkata,
إنا لا نأكل ذبيحة رجل
رافضي، فإنه عندي مرتد
“Sesungguhnya kami
tidaklah memakan sembelihan seorang Syi’ah Rafidhah karena dia, menurut Saya,
adalah murtad.” [Diriwayatkan oleh Al-Lâlakâ`iy dalamSyarh
Ushûl I’tiqâd Ahlis Sunnah Wa Al-Jamâ’ah 8/459]
16. Imam Ahmad bin
Hanbal rahimahulllâh (W. 241 H)
Banyak riwayat dari
beliau tentang celaan terhadap kaum Rafidhah. Di antaranya adalah:
Beliau ditanya tentang
seorang lelaki yang mencela seorang shahabat Nabishallallâhu
‘alaihi wa sallam maka beliau menjawab,
ما أراه على الإسلام
“Saya tidak memandang
bahwa dia di atas (agama) Islam.” [Diriwayatkan oleh Al-Khallâl dalam As-Sunnah 1/493]
Beliau juga ditanya
tentang pencela Abu Bakr, Umar, dan Aisyah maka beliau menjawab, “Saya tidak
memandang bahwa dia di atas (agama) Islam.” [Diriwayatkan oleh Al-Khallâl
dalam As-Sunnah 1/493]
Beliau ditanya pula
tentang orang yang bertetangga dengan (Syi’ah) Rafidhah yang memberi salam
kepada orang itu. Beliau menjawab.
لا، وإذا سلم عليه لا
يرد عليه
“Tidak (dijawab). Bila
(orang Syi’ah) itu memberi salam kepada (orang) itu, janganlah dia menjawab
(salam) tersebut.” [Diriwayatkan oleh Al-Khallâl dalam As-Sunnah 1/494]
17. Imam Al-Bukhâry,
Muhammad bin Ismail rahimahulllâh (W. 256 H)
Beliau berkata,
ما أبالي صليت خلف
الجهمي والرافضي، أم صليت خلف اليهود والنصارى، ولا يسلم عليهم، ولا يعادون، ولا
يناكحون، ولا يشهدون، ولا تؤكل ذبائحهم
“Saya tidak peduli.
Baik Saya melaksanakan shalat di belakang Jahmy dan Rafidhy maupun Saya
mengerjakan shalat di belakang orang-orang Yahudi dan Nashara,
(ketidakbolehannya sama saja). (Seseorang) tidak boleh menjenguk mereka,
menikahi mereka, dan bersaksi untuk mereka.” [Khalq Af’âl Al-‘Ibâd hal. 125]
18. Imam Abu Zur’ah
Ar-Râzy, Ubaidullah bin Abdil Karim rahimahulllâh (W. 264 H)
Beliau berkata, “Apabila
engkau melihat seorang lelaki yang merendahkan seorang shahabat
Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam, ketahuilah bahwa dia adalah zindiq. Hal itu
karena, di sisi Kami, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa
sallam adalah
benar dan Al-Qur`an adalah benar. Sesungguhnya, penyampai Al-Qur`an ini dan
hadits-hadits adalah para shahabat Rasulullah shallallâhu
‘alaihi wa sallam. Orang Syi’ah yang mencela shahabat) hanya ingin mempercacat
saksi-saksi Kita untuk menghasilkan Al-Kitab dan Sunnah, Celaan terhadap (kaum
pencela itu) adalah lebih pantas dan mereka adalah para zindiq.” [Diriwayatkan
oleh Al-Khâtib dalam Al-Kifâyah hal. 49]
19. Imam Abu Hâtim
Ar-Râzy, Muhammad bin Idris rahimahulllâh (W. 277 H)
Ibnu Abi Hâtim
bertanya kepada ayahnya, Abu Hâtim, dan kepada Abu Zur’ah tentang madzhab dan
aqidah Ahlus Sunnah maka Abu Hâtim dan Abu Zur’ah menyebut pendapat yang
disepakati oleh para ulama itu di berbagai negeri. Di antara perkataan mereka
berdua adalah bahwa kaum Jahmiyah adalah kafir, sedang kaum Rafidhah telah
menolak keislaman. [Diriwayatkan oleh Al-Lâlakâ`iy dalam Syarh
Ushûl I’tiqâd Ahlis Sunnah Wa Al-Jam’âh 1/178]
20. Imam Al-Hasan bin
Ali bin Khalaf Al-Barbahary rahimahulllâh (W. 329 H)
Beliau berkata,
واعلم أن الأهواء كلها
ردية، تدعوا إلى السيف، وأردؤها وأكفرها الرافضة، والمعتزلة، والجهمية، فإنهم
يريدون الناس على التعطيل والزندقة
“Ketahuilah bahwa
seluruh pemikiran sesat adalah menghancurkan, mengajak kepada kudeta. Yang
paling hancur dan paling kafir di antara mereka adalah kaum Rafidhah,
Mu’tazilah, Jahmiyah. Sesungguhnya mereka menghendaki manusia untuk
melakukan ta’thîl dan kezindiqan.” [Syarh As-Sunnah hal. 54]
21. Imam Umar bin
Syâhin rahimahulllâh (W. 385 H)
Beliau berkata,
“Sesungguhnya, sebaik-baik manusia setelah Rasulullahshallallâhu
‘alaihi wa sallam adalah Abu Bakr, Umar, Utsman, dan Ali ‘alaihimus
salâm, serta sesungguhnya
seluruh shahabat Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa
sallam adalah
orang-orang pilihan lagi baik. Sesungguhnya Saya beragama kepada Allah dengan
mencintai mereka semua, dan sesungguhnya Saya berlepas diri dari siapa saja
yang mencela, melaknat, dan menyesatkan mereka, menganggap mereka berkhianat,
serta mengafirkan mereka …, dan sesungguhnya Saya berlepas diri dari semua bid’ah
berupa Qadariyah, Murji’ah, Rafidhah, Nawâshib, dan Mu’tazilah.” [Al-Lathîf
Li Syarh Madzâhib Ahlis Sunnah hal. 251-252]
22. Imam Ibnu
Baththah rahimahulllâh (W. 387 H)
Beliau bertutur,
“Adapun (Syi’ah) Rafidhah, mereka adalah manusia yang paling banyak berselisih,
berbeda, dan saling mencela. Setiap di antara mereka memilih madzhab tersendiri
untuk dirinya, melaknat penyelisihnya, dan mengafirkan orang yang tidak
mengikutinya. Seluruh dari mereka menyatakan bahwa tidak (sah) melaksanakan
shalat, puasa, jihad, Jum’at, dua Id, nikah, talak, tidak pula jual-beli,
kecuali dengan imam, sedang barangsiapa yang tidak memiliki imam, tiada
agamanya baginya, dan barangsiapa yang tidak mengetahui imamnya, tiada agama
baginya …. Andaikata bukan karena pengutamaan penjagaan ilmu, yang perkaranya
telah Allah tinggikan dan kedudukannya telah Allah muliakan, dan penyucian ilmu
terhadap percampuran najis-najis penganut kesesatan serta keburukan
pendapat-pendapat dan madzhab mereka, yang kulit-kulit merinding menyebutkannya,
jiwa merintih mendengarkannya, dan orang-orang yang berakal membersihkan ucapan
dan pendengaran mereka dari ucapan-ucapan bid’ah tersebut, tentulah Saya akan
menyebutkan (kesesatan Rafidhah) yang akan menjadi pelajaran bagi orang-orang
yang ingin mengambil pelajaran.” [Al-Ibânah Al-Kubrâ` hal. 556]
23. Imam
Al-Qahthâny rahimahulllâh (W. 387 H)
Beliau menuturkan
kesesatan Rafidhah dalam Nûniyah-nya,
إن الروافضَ شرُّمن
وطيءَ الحَصَى … من كلِّ إنسٍ ناطقٍ أو جانِ
مدحوا النّبيَ وخونوا
أصحابه … ورموُهمُ بالظلمِ والعدوانِ
حبّوا قرابتهَ وسبَّوا
صحبه … جدلان عند الله منتقضانِ
Sesungguhnya
orang-orang Rafidhah adalah sejelek-jelek makhluk yang pernah menapak bebatuan
Dari seluruh manusia
yang berbicara dan seluruh jin
Mereka memuji Nabi,
tetapi menganggap para shahabatnya berkhianat
Dan mereka menuduh
para shahabat dengan kezhaliman dan permusuhan
Mereka (mengaku)
mencintai kerabat Nabi, tetapi mencela para shahabat beliau
Dua perdebatan yang
bertentangan di sisi Allah
[Nûniyah
Al-Qahthâny hal.
21]
24. Imam Abul Qâsim
Ismail bin Muhammad Al-Ashbahâny rahimahulllâh (W. 535 H)
Beliau berucap,
“Orang-orang Khawarij dan Rafidhah, madzhabnya telah mencapai pengafiran
shahabat dan orang-orang Qadariyah yang mengafirkan kaum muslimin yang
menyelisihi mereka. Kami tidak berpendapat bahwa boleh melaksanakan shalat di
belakang mereka, dan kami tidak berpendapat akan kebolehan hukum para qadhi dan
pengadilan mereka. Juga bahwa, siapa saja di antara mereka yang membolehkan
kudeta dan menghalalkan darah, tidak diterima persaksian dari mereka.” [Al-Hujjah
Fî Bayân Al-Mahajjah 2/551]
25. Imam Abu Bakr bin
Al-‘Araby rahimahulllâh (W. 543 H)
Beliau bertutur,
“Tidaklah keridhaan orang-orang Yahudi dan Nashara kepada pengikut Musa dan Isa
sama seperti keridhaan orang-orang Rafidhah kepada para shahabat Muhammad shallallâhu
‘alaihi wa sallam. Yakni, (kaum Rafidhah) menghukumi (para shahahabat
Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam) bahwa para (shahabat) bersepakat di atas
kekafiran dan kebatilan.” [Al-‘Awâshim Min Al-Qawâshim hal. 192]
26. Imam Syaikhul
Islam Ibnu Taimiyah rahimahulllâh (W. 728 H)
Beliau menyatakan, “…
dan cukuplah Allah sebagai Yang Maha Mengetahui bahwa, dalam seluruh kelompok
yang bernisbah kepada Islam, tiada yang (membawa) bid’ah dan kesesatan yang
lebih jelek daripada (kaum Rafidhah) tersebut, serta tiada yang lebih jahil,
lebih pendusta, lebih zhalim, dan lebih dekat kepada kekafiran, kefasikan, dan
kemaksiatan, juga tiada yang lebih jauh dari hakikat keimanan daripada (kaum
Rafidhah) itu.” [Minhâj As-Sunnah 1/160]
Beliau berkata pula,
“(Kaum Rafidhah) membantu orang-orang Yahudi, orang-orang Nashara, dan kaum
musyrikin terhadap ahlul bait Nabi shallallâhu ‘alaihi wa
sallamdan
umat beliau yang beriman sebagaimana mereka telah membantu kaum musyrikin dari kalangan
At-Turk dan Tartar akan perbuatan mereka di Baghdad dan selainnya terhadap
ahlul bait Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam dan Ma’din
Ar-Risâlah,
keturunan Al-‘Abbâs dan ahlul bait yang lain, berupa pembunuhan, penawanan, dan
perusakan negeri-negeri. Kejelekan dan bahaya (orang-orang Rafidhah) terhadap
umat Islam takkan mampu dihitung oleh orang yang fasih berbicara.” [Majmu’
Al-Fatâwâ 25/309]
*Disadur dan diringkas
dari Al-Intishâr Li Ash-Shahbi Wa Al-Âl Min Iftirâ`ât As-Samâwy
Adh-Dhâl hal.
90-110
Sikap Ulama Islam terhadap Agama Syi’ah
[pdf] Download
KOMENTAR ULAMA ISLAM TENTANG
SYI’AH (RAFIDHAH)
1. Amir Asy-Sya’bi (…-105
H):
Beliau berkata, “Aku tidak pernah melihat satu kaum yang lebih dungu
dari syi’ah.”
(Dibawakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah di dalam kitabnya
Minhaajus Sunnah, 1/22).
2. Thalhah bin Musharrif (…-112
H):
Beliau berkata, “Ar rafidhah (syi’ah), jangan nikah dengan
perempuan-perempuan mereka dan jangan makan sembelihan mereka karena
sesungguhnya mereka (yakni rafidhah) kaum yang murtad.”
(Dibawakan oleh Ibnu Baththah di kitabnya al-Ibaanah ash-Shugra hal,
161).
3. Imam Malik (…-179
H):
Beliau pernah ditanya tentang rafidhah. Jawab beliau, “Janganlah
engkau berkata-kata dengan mereka dan jangan engkau meriwayatkan dari mereka
karena sesungguhnya mereka pembohong.”
(Dibawakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah di kitab Minhaajus
Sunnah, 1/161).
4. Imam asy-Syafi’i (…-204 H):
Beliau berkata, “Aku tidak pernah melihat seorangpun dari ahli bid’ah
yang lebih pembohong di dalam pengakuannya dan dalam saksi palsunya selain dari
raafidhah.”
(Riwayat Imam Ibnu Baththah di kitabnya al-Ibaanatul Kubra 2/545 dan
Imam al Lalikaa-i di kitabnya Syarah Ushul I’tiqaad Ahlus Sunnah).
5. Muhammad bin Yusuf al-Firyaabiy (…-212 H):
Beliau berkata, “Aku tidak melihat rafidhah (syi’ah) dan jahmiyyah
melainkan mereka adalah orang-orang zindiq (munafiq).”
(Dinukil oleh Imam al-Lalikaa-i di kitabnya Syarah Ushul I’tiqaad Ahlus
Sunnah).
6. Imam al-Bukhari (…-256 H):
Beliau berkata di kitabnya Khalqu Af’aalil ‘Ibaad (hal. 25) tentang
Syi’ah Rafidhah: “Jangan memberi salam kepada mereka (rafidhah), dan jangan
menjenguk mereka dan jangan saling menikah dengan mereka, dan jangan menghadiri
(jenazah) mereka, dan jangan dimakan sembelihan mereka.”
7. Imam Abu Zur’ah ar-Raaziy (194-264 H):
Di antara kebiasaan syi’ah rafidhah adalah mencaci maki Sahabat Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Beliau berkata (tentang kebiasaan syi’ah ini),
“Apabila engkau melihat seorang yang mencaci maki salah seorang Sahabat
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, maka ketahuilah sesungguhnya orang
itu zindiq (munafiq).”
(Diriwayatkan oleh Imam al-Khatib al-Baghdadiy di kitabnya al-Kifaayah
fi ‘Ilmi Riwaayah).
8. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (…-728 H):
Beliau berkata di kitabnya Minhaajus Sunnah (1/160) yang beliau tulis
secara khusus untuk menghancurkan keyakinan dan perbuatan raafidhah, “Allah
mengetahui dan cukuplah Allah yang Maha Mengetahui, tidak ada dari seluruh
firqah yang menasabkan kepada Islam bersama bid’ah dan kesesatan (mereka) yang
lebih buruk dari mereka (rafidhah). Tidak ada yang lebih bodoh, lebih
pembohong, lebh zhalim, lebih dekat kepada kekufuran dan kefasikan dan
kemaksiatan dan lebih jauh dari hakikat-hakikat iman (selain) dari mereka
(rafidhah).” Dan lain-lain banyak sekali dari perkataan emas yang beliau tulis di
kitab Minhaajus Sunnah yang membongkar kebejatan dan kejahatan raafidhah.
Disusun oleh: Abu Aslam bin Syahmir
Catatan: Tulisan ini disusun dari kitab al Masaa-il jilid 3, karya
Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat (Hafizhahullahu Ta’ala). Silahkan lihat halaman
60-68.
Para Ulama
Berbicara Tentang Syi’ah Rafidhah
Imam Malik –rahimahullah- (w 179) berkata, “Orang yang mencela
sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memiliki tempat dalam Islam.”
(Sunnah, Al Khallal, 1/493)
Beliau juga pernah ditanya bagaimana menyikapi orang-orang
rafidhah, maka ia menjawab, “Jangan berbicara kepada mereka dan jangan bersikap
manis, karena mereka semua pendusta.” (Minhaj Sunnah, 1/61)
Al Qadhi Abu Yusuf –rahimahullah- (w 182) berkata, “Saya tidak
shalat dibelakang seorang Jahmi, Rafidhi (penganut syi’ah rafidhah) dan qadari
(penganut qadariyyah).” (Syarh Ushul I’tiqad Ahli Sunnah, 4/733)
Imam Syafi’i –rahimahullah- (w 204) berkata, “Aku tidak pernah
melihat seorang pun dari kalangan pengekor hawa nafsu yang paling berdusta
dalam pengakuan dan paling palsu dalam kesaksian melebihi orang-orang rafidah.”
(Ibnu Bathah dalam Al Ibanah Al Kubra, 2/545)
Muhammad bin Yususf Al Faryabi –rahimahullah- (w 212) berkata,
“Saya tidak memandang orang-orang rafidhah dan jahmiyah melainkan kezindikan
(kufur).” (Syarh Ushul I’tiqad Ahli Sunnah, 8/1457)
Imam Ahmad bin Hanbal –rahimahullah- (w 241) ketika ditanya oleh
anak beliau Abdullah bin Ahmad perihal orang yang mencela seorang sahabat Nabi
Shallahu ‘alaihi wa sallam, maka ia berkata, “Aku tidak memandangnya berada
diatas Islam.” (Sunnah, Al Khallal, 1/493)
Imam Bukhari –rahimahullah- (w 256) berkata, “Aku shalat
dibelakang seorang jahmi atau rafidhy sama dengan shalat dibelakang yahudi atau
nasrani. Tidak boleh mengucapkan salam kepada mereka, membantu mereka, menikah,
memberi kesaksian dan memakan sembelihan-sembelihan mereka.” (Khalq af’aal Al
Ibaad, hal. 125)
Abu Bakar Ibnul Arabi –rahimahullah- (w 543) berkata,
“Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak merasa ridha dengan para sahabat Nabi
Musa dan Nabi Isa. Orang-orang rafidhah pun tidak merasa ridha dengan para
sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika mereka menghukumi
bahwa para sahabat Nabi itu telah bersepakat dalam kekufuran dan kebatilan.”
(Al ‘Awashim wal Qawashim, hal. 192)
Ibnul Jauzi –rahimahullah- (w 597) berkata, “Sikap berlebihan
orang-orang rafidhah dalam mencintai Ali radhiyallahu ‘anhu telah membuat
mereka mengarang hadis-hadis palsu yang sangat banyak tentang keutamaan Ali,
yang kebanyakannya malah memperburuk Ali. Mereka juga memiliki madzhab-madzhab
dalam fikih yang dibuat-buat, khurafat-khurafat yang menyelisihi ijma dalam
banyak permasalahan … Keburukan-keburukan rafidhah tidak terhitung jumlahnya.”
(Talbis Iblis, hal. 136-137)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah –rahimahullah- (w 728) berkata,
“Allah mengetahui, dan cukuplah Allah yang Mahamengetahui, tidak adalah dalam
seluruh kelompok yang menisbatkan kepada Islam dengan kebid’ahan dan kesesatan
yang lebih parah dari mereka (orang-orang syi’ah rafidhah), tidak adalah yang
lebih bodoh, lebih pendusta, lebih zalim, lebih dekat kepada kekufuran,
kefasikan dan kemaksiatan, serta lebih jauh dari hakikat iman melebihi mereka (orang-orang
syi’ah rafidah).” (Minhaj Sunnah, 1/160)
Beliau juga berkata, “Mereka orang-orang rafidah itu, jika tidak
munafik, maka bodoh. Tidak ada orang jahmiyah dan tidak ada orang rafidhah
kecuali ia itu munafik atau bodoh dengan ajaran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wa sallam. Tidak ada satu pun dari mereka yang alim tentang ajaran yang dibawa
oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Minhaj Sunnah, 1/161)
Ibnul Qayyim –rahimahullah- (w 751) berkata, “Orang-orang
rafidah mengeluarkan kekufuran, celaan terhadap para tokoh sahabat, golongan
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, para pembela dan penolongnya dibalik
nama cinta terhadap ahli bait, fanatisme dan loyalitas terhadap mereka.”
(Ighastatul Lahfaan, 2/75)
Ibnu Katsir –rahimahullah- (w 774) berkata, “Akan tetapi mereka
itu (orang-orang syi’ah rafidhah) adalah kelompok yang sesat, golongan yang
rendah, mereka berpegang kepada dalil-dalil yang mutasyabih (samar) dan
meninggalkan perkara-perkara yang muhkamah (jelas) disisi para ulama Islam.” (Al
Bidayah wa An Nihayah, 5/251)
Komisi Tetap Untuk Fatwa dan Riset Kerajaan Saudi Arabia ditanya
tentang akidah Syi’ah, mereka menjawab, “Aliran Syi’ah imamiyyah itsna
asyriyyah adalah madzhab bid’ah dalam Islam, pokoknya dan juga cabangnya.”
Dalam fatwa yang lain, “Sesungguhnya Syi’ah Imamiyyah itsna
‘asyriyyah telah menukilkan dalam buku-buku mereka dari tokoh-tokoh mereka
bahwa Alquran yang dikumpulkan oleh Utsman bin ‘Affan –radhiyallahu anhu
melalui para penghapal Alquran di kalangan para sahabat itu terjadi perubahan
dengan tambahan dan pengurangan serta penggantian sebagian kata dan kalimatnya,
begitu pula dengan penghapusan sebagian ayat dan surat. Hal itu terdapat dalam
kitab “Fashlul Khithab fii Tahriif Kitab Rabbil Arbaab” yang ditulis oleh Husain
bin Muhammad Taqiyyun Nuri Ath Thabrasi tentang perubahan Alquran. Begitu juga
dalam buku-buku yang lain yang ditulis untuk membela rafidah dan mendukung
aliran mereka seperti “Minhaj Al Karamah” karya Ibnul Muthahhir.
Mereka juga berpaling dari kitab-kitab sunnah yang shahih
seperti shahih Bukhari dan Muslim. Mereka tidak menganggapnya sebagai rujukan
dalam berdalil atas hukum-hukum, baik dalam masalah akidah atau pun fikih.
Mereka juga tidak memakainya dalam menafsirkan dan menjelaskan Alquran …” (1/268
fatwa no. 9420)
[Diringkas dari artikel www.dd-sunnah.net berjudul “Maa
Qaalahu al Ulamaa` fii Diini asy Syii’ah al Mujrimiin”]
Disalin dari artikel Ustadz Abu Khaleed Resa
Gunarsa untuk blog Abu Abdurrohman