Tuesday, March 8, 2016

Presiden Joko Widodo Minta Iran Menahan Diri Untuk Menjaga Stabilitas, Keamanan, Dan Perdamaian Di Timur Tengah. Artinya Buang Perilaku Teroris Terhadap Negara Muslim !

Jokowi Minta Iran Menahan Diri Demi Perdamaian Timur Tengah
Presiden Joko Widodo menasehati delegasi Iran supaya 
buang perilaku teroris !
Senin, 07/03/2016 17:08 WIB
Presiden Joko Widodo meminta Iran menahan diri demi menjaga perdamaian di Timur Tengah. Pernyataan Jokowi ini disampaikan di tengah konflik antara Iran dan Arab Saudi yang memicu ketegangan di kawasan Timur Tengah.

"Kami menyampaikan kepada Menteri Luar Negeri Iran untuk disampaikan kepada Presiden Hassan Rouhani mengenai pentingnya menahan diri untuk menjaga stabilitas, keamanan, dan perdamaian di Timur Tengah. Beliau sangat setuju dan itu akan disampaikan kepada Presiden Rouhani," kata Presiden Jokowi usai pertemuan bilateral dengan Menlu Iran Muhammad Javad Zarif di sela pertemuan KTT OKI di Jakarta, Senin (7/3).

Iran tengah bersitegang dengan Saudi terkait beberapa konflik di Timur Tengah. Saudi memprotes campur tangan Iran dalam konflik di Suriah dan Yaman, semakin mengobarkan perang saudara di negara-negara itu. 

Di Yaman, Iran dituding mendukung kelompok pemberontak al-Houthi, yang berupaya menggulingkan Presiden Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi. Demi menghadang Houthi, Saudi dan negara Arab membentuk koalisi lalu melancarkan serangan udara di Yaman. 

Di Suriah, Iran mendukung Presiden Bashar al-Assad, yang menurut Saudi dan sekutunya, harus lengser agar perdamaian tercipta di negara itu. Di Libanon, Saudi baru-baru ini menarik bantuan militer US$3 miliar karena menganggap Libanon tak cukup membela Saudi dalam perseteruan dengan Iran. Saudi juga menuding Libanon berada di bawah bayang-bayang kelompok Syiah Hizbullah yang didukung Iran.

Konflik terbaru terjadi setelah Saudi mengeksekusi mati ulama Syiah Al-Nimr yang diprotes keras Iran. Eksekusi itu memicu demonstrasi di Teheran yang berujung para perusakan Kedutaan Besar Saudi di Iran.

Konflik membuat Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran, disusul dengan langkah yang sama oleh negara-negara sekutu Saudi di Timur Tengah dan Afrika,

Dalam pertemuan dengan Zarif, Jokowi juga menyampaikan soal rencana penguatan kerja sama investasi antara Indonesia dengan Iran. Indonesia, kata Jokowi, akan investasi di Iran di bidang minyak dan gas, serta pupuk. 

"Iran akan investasi di Indonesia di bidang pembangkit tenaga listrik, baik yang hydromicro maupun yang angin karena mereka mempunyai teknologi untuk itu," kata Jokowi. (den/stu)
http://www.cnnindonesia.com/internasional/20160307170828-106-115905/jokowi-minta-iran-menahan-diri-demi-perdamaian-timur-tengah/