Saturday, March 12, 2016

Ratusan Warga Iran Demo Tentang Intervensi di Suriah

Ratusan Warga Iran Demo Tentang Intervensi di Suriah

Isfahan – Ratusan warga Iran di kota Isfahan menggelar demonstrasi menentang campur tangan negaranya di Suriah. Mereka mendesak pemerintah menyudahi membantu rezim Bashar Assad dan fokus mengurusi urusan dalam negeri.
Dalam video yang diunggah di internet beberapa hari lalu dan ditampilkan kembali di portal Arabi21, Jumat (11/03), demonstrasi itu dilakukan di depan gedung pusat pemerintahan kota Isfahan. Mereka berulang kali menyerukan yel-yel menentang internvensi ke Suriah.
“Keluarlah dan tinggalkanlah Suriah dan urusi urusan kami,” teriak-teriak mereka dalam Bahasa Persi dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab oleh Arabi21.com.
Para demonstran mayoritas pegawai dan pensiunan perusahan baja Isfahan, perusahan miliki pemerintah. Mereka memprotes keterlambatan pembayaran gaji mereka selama tiga bulan dan meminta pemerintah segera mencairkannya.
Para demonstran juga meminta pemerintah memecahkan masalah ekonomi yang dihadapi mayoritas rakyat. Mereka meminta pemerintah memperhatikan urusan dalam negeri bukan negeri Bashar Assad di Suriah.
Sejumlah pengamat yang fokus mengamati urusan Iran melihat, sangat jelas intervensi Iran terhadap Suriah dan Lebanon. Hal itu menyebabkan mayoritas warganya hidup dalam garis kemiskinan.
Warga Iran juga mengatakan bahwa negeranya menyuplai dana ke Suriah dan Lebanon, terutama untuk Hizbullah dan Bashar Assad. Mereka meminta pemerintah meninjau ulang kebijakan yang telah membuat sengsara rakyat Iran dan membuat gaji pensiunan tertunda.
Sumber: Arabi21.com

Penulis: Hunef Ibrahim