Saturday, May 16, 2015

Tokoh Muslim Pertama ( di Indonesia ), Gubernur NAD Serahkan Bantuan Kepada Muslim Rohingya: “Sesama Muslim Itu Bersaudara”

Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyerahkan bantuan sandang dan pangan untuk warga Muslim Rohingya yang terdampar di perairan Aceh Utara. Bantuan sebanyak tiga truk itu diserahkan kepada Kepala Dinas Sosial Aceh Al Hudri yang selanjutnya diantar langsung ke Aceh Utara.
“Sesama Muslim adalah bersaudara. Nestapa dan kepiluan mereka juga bagian dari kehidupan kita,” kata Zaini di sela-sela pelepasan bantuan di halaman Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh, Kamis (14/5/2015).
Zaini mengatakan bantuan spontanitas itu diharapkan dapat disalurkan secepatnya karena mereka sangat membutuhkan.
“Tolong bantuan ini segera diantar dan didistribusikan kepada saudara kita yang saat ini sedang membutuhkan,” katanya, sebagaimana dilansir Salam-online dariAntara.
Selain sembako, Gubernur juga membantu pakaian, sarung, perlengkapan tidur, peralatan mandi, dan sejumlah bantuan lainnya. Dalam pelepasan bantuan itu turut hadir di antaranya Kepala BPBA Said Rasul, Kepala Bappeda Aceh Prof Abu Bakar Karim, Kepala BPM Aceh Zulkifli Hs, dan Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh HM Ali Al Fata.
Berdasar data Dinas Sosial Aceh, saat ini Muslim Rohingya yang ditampung di Gelanggang Olah Raga (GOR) Lhoksukon, Aceh Utara, berjumlah 469 jiwa terdiri dari 98 wanita, 51 anak-anak, dan selebihnya adalah laki-laki. Beberapa dari mereka saat ini sedang menjalani perawatan medis karena kondisi tubuh yang lemah. Ratusan Muslim Rohingya itu terdampar di pantai Aceh Utara pada Ahad (10/5). Lebih dari 500 orang Rohingya itu dievakuasi oleh Tim SAR Indonesia di perairan Selat Malaka, Aceh Utara