Thursday, May 21, 2015

Sejarah Penyerangan Imam Masjidil Haram Dan Masjid Nabawi

Aksi penyerangan terhadap Imam Masjid Nabawi, Sheikh Ali Hudzaifi, pada hari Minggu (17/05) pekan lalu bukanlah aksi pertama yang dilakukan oleh sejumlah orang untuk menyerang Imam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.
Tercatat sepanjang 1 dekade terakhir terdapat 4 kali upaya penyerangan terhadap Imam Masjid Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, dengan 2 kali diantaranya menimpa Sheikh Ali Hudzaifi.
Berikut beberapa aksi penyerangan yang dihimpun oleh kantor berita Al Arabiya;
Tahun 2015
Minggu 17 Mei seorang pria tidak dikenal mencoba menyerang Sheikh Ali Hudzaifi yang saat itu menjadi imam Di Masjid Nabawi.
Aparat keamanan Saudi yang sedang berjaga di sekitar tempat sholat berhasil melumpuhkan aksi seorang pemuda yang tiba-tiba menerbos barisan menuju tempat Imam.
Tahun 2014
Kejadian kedua hampir menimpa Sheikh Abdul Rahman Al Sudais yang saat itu menjadi imam shalat di Masjidil Haram.
Akan tetapi petugas yang sigap berhasil menghentikan aksi pemuda nekad tersebut sebelum berhasil mencapai tempat imam.
Tahun 2010
Kejadian pertama yang menimpa Sheikh Ali Hudzaifi terjadi pada tahun 2010 lalu, dimana seseorang yang berada di shaf kedua mencoba menyerang Sheikh Ali Hudzaifi yang saat itu menjadi imam Masjid Nabawi.
Dalam pemeriksaan petugas keamanan mendapati 2 buah pisau yang dibawa oleh pelaku yang dibawanya di dalam pakaian.
Tahun 2008
Ditahun 2008 seorang pria berkulit hitam tiba-tiba berdiri menyerang Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais yang saat itu menjadi imam di Masjidil Haram.
Petugas yang berada di sekitar segera mengamankan pelaku dan membawanya kantor kepolisian setempat untuk menjalani pemeriksaan. (Alarabiya/Ram)