Suatu ketika penulis
membaca sebuah kitab fikih syafi’i bertajuk Nihayatuz Zain fi Irsyadil Mubtadi’in syarh
Qurratil ‘Ain bi Muhimmatid Din lil Malibari. Ketika membaca muqaddimah pensyarah, penulis dikejutkan dengan
sebuah pernyataan yang mengganjil di hati.
Pernyataan itu adalah sebagai berikut:
أَمَّا بَعْدُ، فَيَقُوْلُ العَبْدُ
الْفَقِيْرُ الْرَّاجِي مِنْ رَبِّهِ الْخَبِيْرُ غَفَرَ الْذُّنُوْبَ وَ
الْتَّقْصِيْرَ، مُحَمَّدُ نَوَوِيُّ ابْنُ عُمَرَ الْتَّنَارْيُّ بَلَداً،
اَلْأَشْعَرِيَّ إِعْتِقَاداً، اَلْشَّافِعِيَّ مَذْهَباً
“Adapun
selanjutnya, berkata hamba yang membutuhkan lagi mengharapkan dari Robb-nya
agar Dia mengampuni dosa-dosa serta kecerobohannya, Muhammad Nawawi bin ‘Umar
At Tanari negerinya, Al Asy’ari akidahnya, dan Asy Syafi’i
madzhab fikihnya…”(Nihayatuz Zain, hal. 5).