Oleh Abu Al-Jauzaa'
Muhammad bin Ismaa’iil Al-Bukhaariy
rahimahullah adalah mujtahid mutlak yang tidak berafiliasi dengan madzhab
Syaafi'iyyah atau madzhab fiqh lainnya.[1] Beliau menulis kitab Shahiih
Al-Bukhaariy berisi hadits-hadits yang disusun dalam bab-bab sesuai fiqhnya.
Atau dengan kata lain, fiqh beliau rahimahullah ditunjukkan dalam bab-bab
Shahiih Al-Bukhaariy.
Beberapa abad kemudian, Al-Haafidh Ibnu
Hajar Al-'Asqalaaniy rahimahullah (w. 856 H) yang bermadzhab Syaafi'iyyah
mensyarah Shahiih Al-Bukhaariy dan membukukannya dalam satu kitab besar
berjudul Fathul-Baariy. Kitab beliau ini terkenal dan masyhur di seantero
negeri Islam. Dan alhamdulillah, kitab beliau ini telah diterjemahkan dalam
bahasa Indonesia.
Selain Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy, banyak
ulama yang telah mendahului beliau dalam penulisan syarh (penjelasan) Shahiih
Al-Bukhaariy, antara lain:
1.Abul-Hasan 'Aliy bin Khalaf bin 'Abdil-Malik bin Baththaal Al-Bakriy
Al-Qurthubiy (w. 449 H) yang bermadzhab Maalikiyyah. Tidak ada judul khusus
selain Syarh Shahiih Al-Bukhaariy.
2.'Abdul-Waahid bin 'Umar bin 'Abdil-Waahid yang terkenal dengan nama
Ibnut-Tiin Ash-Shafaaqashiy (w. 611 H) yang bermadzhab Maalikiyyah dengan judul
Al-Mukhbirul-Fashiih fii Syarh Jamii'ish-Shahiih.
3.Quthbud-Diin, Abdul-Kariim bin 'Abdin-Nuur bin Muniir Al-Halabiy (w. 735
H) yang bermadzhab Hanafiyyah dengan judul Badrul-Muniir As-Saariy.
4.Muhammad bin Yuusuf Al-Kirmaaniy (w. 786 H) dengan judul
Kawaakibud-Daraariy fii Syarh Shahiih Al-Bukhaariy.[2]
5.Zainuddin Abul-Faraj bin Rajab (w. 795 H) yang bermadzhan Hanaabilah
dengan judul Fathul-Baariy.
Ibnu Hajar dalam Fathul-Baariy-nya banyak
menukil para ulama di atas, terutama nomor 1 - 4. Adapun ulama seangkatan
dengan Ibnu Hajar, Badruddin Al-'Ainiy Al-Hanafiy (w. 855 H) yang mensyarah
Shahiih Al-Bukhaariy dengan judul 'Umdatul-Qaariy.
Itulah keberkahan Al-Imaam Al-Bukhaariy
rahimahullah. Kitabnya disyarah para ulama berbagai madzhab. Al-Haafidh Ibnu
Hajar pun mengambil faedah dari para ulama madzhab sebelum beliau dalam
penulisan Fathul-Baariy. Akhirnya, kita yang hidup sekarang pun mendapatkan
banyak faedah yang tak ternilai dari mereka semua.
Contoh lain, Al-Haafidh ‘Abdul-Ghaniy
Al-Maqdisiy Al-Hanbaliy rahimahumullah (w. 600 H) yang menulis kitab
‘Umdatul-Ahkaam min Kalaam Khairil-Anaam. Kitab ini berisi hadits-hadits hukum
yang disepakati oleh Al-Bukhaariy dan Muslim. Seperti kasus Shahiih
Al-Bukhaariy sebelumnya, kitab ini pun disyarah oleh para ulama lintas madzhab.
Saya sebutkan diantaranya:
1.Taqiyyuddiin Ibnu Daqiiqil-‘Ied rahimahullah (w. 702 H) yang bermadzhab
Syaafi’iyyah[3] dengan judul ihkaamul-Ahkaam.
2.‘Umar bin ‘Aliy Al-Lakhamiy Al-Iskandariy Al-Faakihaaniy rahimahullah
(w. 734 H) yang bermadzhab Maalikiyyah dengan judul Riyaadlul-Afhaam fii Syarh
‘Umdatil-Ahkaam.
3.Muhammad bin Ahmad bin Marzuuq At-Tlmisaaniy rahimahullah (w. 781 H)
yang bermadzhab Maalikiyyah dengan judul Taisiirul-Maraam fii Syarh
‘Umdatil-Ahkaam.
4.Abu Hafsh ‘Umar bin ‘Aliy bin Ahmad Al-Mishriy - terkenal dengan nama
Ibnul-Mulaqqin - rahimahullah (w. 804 H) yang bermadzhab Syaafi’iyyah dengan
judul Al-I’laam bi-Fawaaidi ‘Umdatil-Ahkaam.
5.
Dan yang lainnya masih banyak
Ini juga merupakan keberkahan. Tidak
lantas dikatakan, jika ada ulama madzhab yang menulis satu kitab dan kemudian
ada ulama lain yang memberikan syarah adalah satu tragedi di dunia Islam dan
khazanah keilmuannya. Maksimal dikatakan, apabila ada ulama semadzhab yang
mensyarahnya, maka afdlal (lebih utama).
Itulah ulama. Beda dengan orang sekarang
yang kata-katanya kadang sumbang didengar. Bahkan, cuma berisik saja yang
didapat.
Semoga Allah ta’ala melimpahkan rahmat
kepada para ulama kita atas jerih payah mereka dalam menegakkan agama.
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
Semoga ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – somewhere, 22 Syawwal
1438, dari status FB].
[1].Ibnus-Subkiy
menyebutkan biografi Al-Bukhaariy dalam Thabaqaat Asy-Syaafi’iyyah Al-Kubraa
(2/4) yang seolah menegaskan bahwa beliau merupakan ulama Syaafi’iyyah.
Disebutkan beberapa guru Al-Bukhaariy antara lain Az-Za’faraaniy, Abu Tsaur,
dan Al-Karaabiisiy rahimahumullah.
Namun Abu Ya’laa Al-Farraa’ pun
memasukkan Al-Bukhaariy dalam Thabaqaat Al-Hanaabilah (1/271). Dalam hal ini,
masyhur diketahui bahwa Al-Imaam Ahmad bin Hanbal salah satu guru utama beliau
rahimahumallah. Ulama Maalikiyyah juga berkata bahwa Al-Bukhaariy seorang
Maalikiy (bermadzhab Maalikiyyah) karena ia meriwayatkan Al-Muwaththa’ dari
‘Abdullah bin Yuusuf At-Tuniisiy, Sa’iid bin ‘Anbar, dan Ibnu Bukair
rahimahumullah. Kalangan Ahnaaf tak ketinggalan. Mereka mengatakan Al-Bukhaariy
seorang Hanafiy karena gurunya yang bernama Ishaaq bin Rahuuyah/Rahawaih
seorang Hanafiy.
[silakan baca pembahasannya dalam buku
Al-Bukhaariy, Muhadditsan wa Faqiihan tulisan Dr. Al-Husainiy bin ‘Abdil-Majiid
bin Haasyim (hal. 167 – 174).
[2].Saya belum tahu madzhab fiqh beliau
rahimahullah. Barangkali ada rekan-rekan Pembaca yang mengetahuinya ?.
[3].Dikatakan bahwa beliau awalnya
bermadzhab Maalikiyyah, lalu beralih kepada madzhab Syaafi’iyyah. Beliau
menguasai ilmu dua madzhab ini.