Al-Imaam Ibnu Sa’d rahimahullah berkata :
أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ دُكَيْنٍ، قَالَ:
حَدَّثَنَا أَبُو إِسْرَائِيلَ، عَنِ الْحَكَمِ، عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ، قَالَ:
" إِنَّا لَنُصَلِّي خَلْفَهُمْ فِي غَيْرِ تَقِيَّةٍ، وَأَشْهَدُ عَلَى
عَلِيِّ بْنِ حُسَيْنٍ أَنَّهُ كَانَ يُصَلِّي خَلْفَهُمْ فِي غَيْرِ تَقِيَّةٍ
"
Telah mengkhabarkan kepada
kami Al-Fadhl bin Dukain, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu
Israaiil, dari Al-Hakam, dari Abu Ja’far, ia berkata : “Sesungguhnya kami
benar-benar shalat di belakang mereka (penguasa) tanpa taqiyyah. Dan aku bersaksi atas diri ‘Aliy bin Al-Husain bahwasannya ia
juga shalat di belakang mereka tanpa taqiyyah” [Ath-Thabaqaat, 5/110].
Al-Fadhl bin Dukain, tsiqah lagi tsabat. Abu Israaiil (Ismaa’iil bin Khaliifah Al-‘Absiy);shaduuq,
namun jelek hapalannya. Al-Hakam bin ‘Utaibah Al-Kindiy; tsiqah lagi tsabat, namun kadang melakukan tadlis.
Riwayat ini dikuatkan
oleh :
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، ثَنَا بَسَّامٌ، قَالَ:
سَأَلْتُ أَبَا جَعْفَرٍ عَنِ الصَّلَاةِ مَعَ الْأُمَرَاءِ؟ فَقَالَ: صَلِّ
مَعَهُمْ، فَإِنَّا نُصَلِّي مَعَهُمْ. قَدْ كَانَ الْحَسَنُ، وَالْحُسَيْنُ
يَبْتَدِرَانِ الصَّلَاةَ خَلْفَ مَرْوَانَ " قَالَ: فَقُلْتُ: النَّاسُ
يَزْعُمُونَ أَنَّ ذَلِكَ تُقْيَةٌ ؟ قَالَ: وَكَيْفَ ؛ إِنْ كَانَ الْحَسَنُ بْنُ
عَلِيٍّ، يَسُبُّ مَرْوَانَ فِي وَجْهِهِ، وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ حَتَّى
يُوَلَّى "
Telah menceritakan kami
Wakii’ : Telah menceritakan kepada kami Bassaam, ia berkata : Aku pernah
bertanya kepada Abu Ja’far tentang shalat bersama para penguasa (umaraa’),
lalu ia menjawab : “Shalatlah bersama mereka, karena sesungguhnya kami pun
shalat bersama mereka. Al-Hasan dan Al-Husain saling mendahului shalat di
belakang Marwaan”. Aku berkata : “Orang-orang mengatakan bahwa hal itu
dilakukan karena taqiyyah”. Ia menjawab : “Bagaimana
bisa, padahal Al-Hasan bin ‘Aliy mencela/menghardik Marwaan di depannya
langsung saat berada di atas mimbar, hingga ia berpaling” [Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Syaibah 2/378-379 no. 7650; shahih].
Tentang shalatnya Al-Hasan
dan Al-Husain di belakang Marwaan, maka mereka berdua tidak mengulangnya ketika
sampai di rumah, sebagaimana riwayat :
حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، عَنْ
جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ " أَنَّ الْحَسَنَ، وَالْحُسَيْنَ
كَانَا يُصَلِّيَانِ خَلْفَ مَرْوَانَ، قَالَ: فَقَالَ: مَا كَانَا يُصَلِّيَانِ
إِذَا رَجَعَا إِلَى مَنَازِلِهِمَا؟ فَقَالَ: لا وَاللَّهِ، مَا كَانَا
يَزِيدَانِ عَلَى صَلاةِ الأَئِمَّةِ "
Telah menceritakan kepada
kami Haatim bin Ismaa’iil, dari Ja’far bin Muhammad, dari ayahnya : Bahwasannya
Al-Hasan dan Al-Husain shalat di belakang Marwaan. Ada yang berkata : “Tidakkah
keduanya mengulangi shalatnya saat kembali ke tempat kediamannya ?”. Muhammad
bin ‘Aliy berkata : “Tidak demi Allah, keduanya tidak menambah shalat yang
telah mereka lakukan bersama para pemimpin/penguasa” [Diriwayatkan oleh
Asy-Syaafi’iy dalam Al-Musnad no. 298; shahih].
Atsar ini diriwayatkan juga
oleh Ibnu Abi Syaibah[1] 2/378 no.
7642, Asy-Syaafi’iy dalam Al-Umm[2] 1/175,
‘Abdurrazzaaq[3] no. 3801,
Al-Bukhaariy[4] dalam Al-Ausathno. 417, Ad-Duulabiy dalam Al-Kunaa[5] 1/417,
serta Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa[6]3/122 dan dalam Al-Ma’rifah[7] 2/399-400
no. 1541.
Inilah madzhab Ahlul-Bait.
Tetap shalat di belakang penguasa tanpa taqiyyah, tanpa mengulang. Artinya, shalat mereka adalah sah karena imam
mereka adalah imam muslim.
Tentu saja kenyataan ini
berbeda dengan kelakukan mengada-ada dari Syi’ah Raafidlah. Mereka (Syi’ah
Raafidlah) mengkafirkan Bani Umayyah dan kaum muslimin pada umumnya yang tidak
sehaluan dengan agama rusak mereka.[8] [Jika memang
Bani Umayyah itu kafir, bukankah menjadi kelaziman shalat yang dilakukan
Al-Hasan dan Al-Husain itu tidak sah ?[9]]. Keyakinan
rusak itu terwariskan hingga detik ini dimana mereka (Syi’ah Raafidlah)
mengharamkan shalat di belakang Ahlus-Sunnah, kecuali karena alasan taqiyyah. Ada riwayat menarik yang perlu kita cermati :
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، ثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ
إِبْرَاهِيمَ بْنِ أَبِي حَفْصَةَ، قَالَ: " قُلْتُ لِعَلِيِّ بْنِ حُسَيْنٍ:
إِنَّ أَبَا حَمْزَةَ الثُّمَالِيَّ، وَكَانَ فِيهِ غُلُوٌّ، يَقُولُ: لَا
نُصَلِّي خَلْفَ الْأَئِمَّةِ، وَلَا نُنَاكِحُ إِلَّا مَنْ يَرَى مثل مَا
رَأَيْنَا؟ فَقَالَ عَلِيُّ بْنُ حُسَيْنٍ بَلْ نُصَلِّي خَلْفَهُمْ،
وَنُنَاكِحُهُمْ بِالسُّنَّةِ "
Telah menceritakan kepada
kami Wakii’ : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan, dari Ibraahiim bin Abi
Hafshah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada ‘Aliy bin Al-Husain :
“Sesungguhnya Abu Hamzah Ats-Tsamaliy – ia adalah orang yang berlebih-lebihan
terhadapnya (‘Aliy bin Al-Husain) – berkata : ‘Kami tidak shalat bersama para
penguasa, dan kami tidak mengadakan pernikahan kecuali dengan orang yang
sependapat dengan kami”. Maka ‘Aliy bin Al-Husain berkata : “Bahkan kami shalat
di belakang mereka, dan kami mengadakan pernikahan dengan mereka dengan sunnah”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 2/379 no. 7651; shahih].
Ibraahiim bin Abi Hafshah
adalah seorang yang tsiqah [Mishbaahul-Ariib, 1/27 no. 276].
Al-Hasan dan Al-Husain
adalah dua orang pemimpin pemuda ahli surga yang tidak takut celaan orang yang
mencela. Berkata dan berbuat sesuai dengan apa yang ada di dalam hati mereka
berupa kebenaran. Tidak berperilaku seperti orang-orang munafik yang bertopeng
kedustaan dimana perkataan dan perbuatan mereka tidak sesuai dengan apa yang
ada dalam hati mereka. Mereka (Ahlul-Bait) tetap berani menampakkan kebenaran,
bersikap tegas, dan siap mengkritik/mengkoreksi jika melihat kekeliruan,
siapapun orangnya. Apakah ia penguasa ataupun sekedar rakyat jelata.
Sifat Al-Hasan dan
Al-Husain itulah yang diwarisi oleh anak cucu mereka dari kalangan Ahlul-Bait
yang shaalih; namun tidak diwarisi oleh
kaum yang mengaku-aku mencintai mereka, Syi’ah Raafidlah.
Para Pembaca dapat
membandingkannya berbagai intrik taqiyyah ala Syi’ah.
Bahkan, banyak kasus yang tidak dapat kita mengerti mengapa taqiyyah mesti
dilakukan. Misalnya :
وعن سماعة قال: قلت لأبي عبدالله عليه السلام في
المغرب: انا ربما صلينا ونحن نخاف ان تكون الشمس خلف الجبل أو قد سترها الجبل
فقال: ليس عليك صعود الجبل
Dari Samaa’ah, ia berkata :
Aku pernah bertanya kepada Abu ‘Abdillah ‘alaihis-salaamtentang Maghrib : “Sesungguhnya kami seringkali khawatir apabila
matahari masih di belakang gunung atau tertutup gunung (yaitu belum masuk waktu
Maghrib- Abul-Jauzaa’)”. Maka ia menjawab : “Tidak wajib bagimu
untuk memanjat/menaiki gunung (untuk melihat matahari apakah telah tenggelam)”.
Al-Majlisiy dan Al-‘Aamiliy
berkata : “Lebih patut membawa khabar tersebut padataqiyyah” [Bihaarul-Anwaar oleh
Al-Majlisiy 83/85 dan Wasaailusy-Syii’ah oleh Al-Hurr Al-‘Aamiliy
4/198].
Apa perlunya taqiyyah dalam
keadaan itu ?
وعن أبي العرندس انه رأي الكاظم في رمضان حين قال
المؤذن: الله أكبر صب له غلامه فناوله وشرب.
Dari Abul-‘Arandas :
Bahwasannya ia pernah melihat Al-Kaadhim dalam bulan Ramadlaan saat muadzdzin mengumandangkan
: ‘Allaahu Akbar’,
budaknya menuangkan air minum dan memberikan kepadanya, dan ia pun meminumnya”.
Al-Majlisiy berkata :
“Dimungkinkan membawa khabar tersebut pada taqiyyah” [Bihaarul-Anwaar, 83/62].
Apa kepentingan taqiyyah dalam
keadaan tersebut ? Apa yang ditakuti ? Apakah hal itu dilakukan hanya untuk
‘menutupi kekeliruan’ imam yang minum setelah adzan berkumandang ?.
عن الرضا أنه نهى عن قراءة المعوذتين في صلاة
الفريضة، ولا بأس في النوافل، لأنها من الرقية ليستا من القرآن ادخلوها في القرآن،
قال المجلسي: النهي عن قراءة المعوذتين في الفريضة محمول على التقية
Dari Ar-Ridlaa :
“Bahwasannya ia melarang membaca surat Al-Mu’awwidzatain dalam
shalat fardlu, namun tidak mengapa dalam shalat sunnah. Karena surat tersebut
termasuk ruqyah yang bukan termasuk bagian dari Al-Qur’an, namun dimasukkan ke
dalam Al-Qur’an”.
Al-Majlisiy berkata :
“Larangan untuk membaca Al-Mu’awwidzatain dalam shalat fardlu dibawa
pada taqiyyah” [Bihaarul-Anwaar,
85/42].[10]
Apa urusannya taqiyyah dalam
melarang membaca surat Al-Mu’awwidzatain dalam shalat fardlu ?. Apa
yang ia takutkan dari ‘musuh mereka’ (yaitu Ahlus-Sunnah), padahal mereka
(Ahlus-Sunnah) membolehkan membacanya dalam shalat apapun ?. Ketakutan dan
kekhawatiran macam apa yang mengharuskan taqiyyah ?.
عن الصادق قال: قال الله عزوجل لموسى عليه السلام:
فأخلع نعليك، لأنها كانت من جلد حمار ميت،
Dari Ash-Shaadiq, ia
berkata : Allah ‘azza wa jalla berfirman kepada Musa ‘alaihis-salaam : “Lepaskan
kedua sandalmu, karena ia terbuat dari (kulit) bangkai keledai”.
Al-Majlisiy berkata : “Nampak
bahwa khabar dibawa pada taqiyyah”. Hal yang sama dikatakan
oleh Al-‘Aamiliy [Bihaarul-Anwaar oleh Al-Majlisiy 83/237 dan Wasaailusy-Syii’ah oleh
Al-Hurr Al-‘Aamiliy 4/344].
Jika Pembaca merasa bingung
dalam memikirkan alasan taqiyyah dalam riwayat sebelumnya, niscaya akan lebih bingung memikirkan
riwayat ini. Siapakah yang menjadi subjek yang melakukan taqiyyah ?. Allah
? Musa ? atau Ash-Shaadiq ?. Seandainya itu dinisbatkan kepada Ash-Shaadiq,
ancaman apa kira-kira yang membuatnya bertaqiyyah sehingga berani berdusta atas
nama Allah dan Musa ?.
عن علي عليهم السلام قال : ((حرم رسول الله صلى
الله عليه وآله يوم خيبر لحوم الحمر الأهلية ونكاح المتعة)).
Dari ‘Aliy ‘alaihis-salaam,
ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa aalihi telah
mengharamkan pada hari Khaibar daging keledai kampung/jinak dan nikah mut’ah” [Tahdziibul-Ahkaam oleh
Ath-Thuusiy, 7/251].
Ath-Thuusiy berkata :
“Pemahaman terhadap atas riwayat ini adalah kami membawanya sebagai satu
taqiyyah karena riwayat tersebut berkesesuaian dengan madzhabnya
orang-orang awam (baca : Ahlus-Sunnah)” [Al-Ibtishaar 3/142 dan Tahdziibul-Ahkaam7/251].
Jadi, dalam kasus ini,
klaim taqiyyah ini semata-mata hanya karena perkataan ‘Aliy itu kebetulan cocok
dengan perkataan Ahlus-Sunnah.
Para Pembaca dapat lihat
bagaimana praktek taqiyyah orang-orang Syi’ah. Masih banyak lagi riwayat yang dapat
disebutkan, namun saya rasa sedikit contoh di atas cukup memberikan keterangan
bagi mereka yang masih sehat akalnya.
Semoga keterangan singkat
ini ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – 1432].
NB : Kita tidak pernah
menafikkan keberadaan taqiyyah, karena ia disyari’atkan
dalam kondisi-kondisi tertentu.Taqiyyah menurut legalitas syari’at
bermakna menyembunyikan keimanan karena tidak mampu menampakkannya ditengah-tengah
orang kafir dalam rangka menjaga jiwa, kehormatan dan hartanya dari kejahatan
mereka.
[1] Atsar :
حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، عَنْ جَعْفَرٍ، عَنْ أَبِيهِ،
قَالَ: " كَانَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ، وَالْحُسَيْنُ، يُصَلِّيَانِ خَلْفَ
مَرْوَانَ، قَالَ: فَقِيلَ لَهُ أَمَا كَانَ أَبُوكَ يُصَلِّي إِذَا رَجَعَ إِلَى
الْبَيْتِ؟ قَالَ: فَيَقُولُ: لَا وَاللَّهِ، مَا كَانُوا يَزِيدُونَ عَلَى
صَلَاةِ الْأَئِمَّةِ "
[2] Atsar :
أَخْبَرَنَا الرَّبِيعُ، قَالَ: أَخْبَرَنَا الشَّافِعِيُّ، قَالَ:
أَخْبَرَنَا حَاتِمٌ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ
الْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمَا كَانَا "
يُصَلِّيَانِ خَلْفَ مَرْوَانَ، قَالَ: فَقَالَ: أَمَا كَانَا يُصَلِّيَانِ إِذَا
رَجَعَا إِلَى مَنَازِلِهِمَا؟ فَقَالَ: لَا وَاللَّهِ، مَا كَانَا يَزِيدَانِ
عَلَى صَلَاةِ الْأَئِمَّةِ "
[3] Atsar :
عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنْ هِشَامٍ، عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ: " أَنَّ
حَسَنًا، وَحُسَيْنًا، كَانَا يُسْرِعَانِ إِذَا سَمِعَا مُنَادِيَ مَ رْوَانَ،
وَهُمَا يَشْتُمَانِهِ يُصَلِّيَانِ مَعَهُ "
[4] Atsar :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ، قَالَ:
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحِيمِ بْنُ عَبْدِ رَبِّهِ، قَالَ: حَدَّثَنِي شُرَحْبِيلُ
أَبُو سَعْدٍ، قَالَ: رَأَيْتُ الْحَسَنَ، وَالْحُسَيْنَ يُصَلِّيَانِ خَلْفَ
مَرْوَانَ
[5] Atsar :
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مَعْبَدِ بْنِ نُوحٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا
أَبُو أحْمَد الزُّبَيْرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحِيمِ بْنُ عَبْدِ
الرَّحِيمِ بْنِ عَبْدِ رَبِّهِ، عَنْ شُرَحْبِيلَ أَبِي سَعْدٍ، قَالَ: رَأَيْتُ
الْحَسَنَ، وَالْحُسَيْنَ يسرعان إلى الصلاة خلف مروان "
[6] Atsar :
أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى،
ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ، أنبأ الرَّبِيعُ، أنبأ الشَّافِعِيُّ، أنبأ حَاتِمُ بْنُ
إِسْمَاعِيلَ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ الْحَسَنَ،
وَالْحُسَيْنَ رضي الله عنهما، كانا يصليان خلف مروان، قَالَ: فَقَالَ: مَا كَانَا
يُصَلِّيَانِ إِذَا رَجَعَا إِلَى مَنَازِلِهِمَا؟ فَقَالَ: " لا وَاللَّهِ،
مَا كَانَا يَزِيدَانِ عَلَى صَلاةِ الأَئِمَّةِ "
[7] Atsar :
وَأَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرٍ، وَأَبُو زَكَرِيَّا، وأبو سعيد، قَالُوا:
حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ، قَالَ: أَخْبَرَنَا الرَّبِيعُ، قال: أخبرنا
الشافعي قَالَ: أَخْبَرَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ
مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ الْحَسَنَ، وَالْحُسَيْنَ " كَانَا
يُصَلِّيَانِ خَلْفَ مَرْوَانَ، قَالَ: فَقَالَ: مَا كَانَا يُصَلِّيَانِ إِذَا
رَجَعَا إِلَى مَنَازِلِهِمَا؟ فَقَالَ: لا وَاللَّهِ مَا كَانَا يَزِيدَانِ عَلَى
صَلاةِ الأَئِمَّةِ "
[8] Misalnya riwayat dusta mereka :
عَمِيرَةَ عَنْ أَبِي بَكْرٍ الْحَضْرَمِيِّ قَالَ قُلْتُ لِأَبِي
عَبْدِ اللَّهِ ( عليه السلام ) أَهْلُ الشَّامِ شَرٌّ أَمْ أَهْلُ الرُّومِ
فَقَالَ إِنَّ الرُّومَ كَفَرُوا وَ لَمْ يُعَادُونَا وَ إِنَّ أَهْلَ الشَّامِ
كَفَرُوا وَ عَادَوْنَا
Muhammad bin Yahyaa, dari
Ahmad bin Muhammad bin ‘Iisaa, dari Al-Husain bin Sa’iid, dari Fadlaalah bin
Ayyuub, dari Saif bin ‘Amiirah, dari Abu Bakr Al-Hadlramiy, ia berkata : Aku
bertanya kepada Abu ‘Abdillah ‘alaihis-salaam : “Manakah yang
lebih jelek, orang-orang Syaam ataukah orang-orang Romawi ?”. Ia berkata :
“Sesungguhnya orang-orang Romawi itu kafir, namun tidak memusuhi kami. Adapun
orang-orang Syaam itu kafir lagi memusuhi kami” [Al-Kaafiy, 2/410 – kata Al-Majlisiy
dalam Mir’atul-‘Uquul 11/220 : Hasan].
Catatan : Marwan termasuk
orang-orang Syaam yang berdiri di belakang barisan Mu’aawiyyah bin Abi Sufyaan radliyallaahu
‘anhu.
عِدَّةٌ مِنْ أَصْحَابِنَا عَنْ أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ
خَالِدٍ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عِيسَى عَنْ سَمَاعَةَ عَنْ أَبِي بَصِيرٍ عَنْ
أَحَدِهِمَا عليهما السلام قَالَ إِنَّ أَهْلَ مَكَّةَ لَيَكْفُرُونَ
بِاللَّهِ جَهْرَةً وَ إِنَّ أَهْلَ الْمَدِينَةِ أَخْبَثُ مِنْ أَهْلِ مَكَّةَ
أَخْبَثُ مِنْهُمْ سَبْعِينَ ضِعْفاً .
Sejumlah shahabat kami,
dari Ahmad bin Muhammad bin Khaalid, dari ‘Utsmaan bin ‘Iisaa, dari Samaa’ah,
dari Abu Bashiir, dari salah seorang dari dua imam ‘alaihimas-salaam,
ia berkata : “Sesungguhnya penduduk Makkah kafir kepada
Allah secara terang-terangan. Dan penduduk Madinah lebih
busuk/jelek daripada penduduk Makkah 70 kali” [Al-Kaafiy, 2/410 –
kata Al-Majlisiy : Muwatstsaq].
Catatan : Riwayat ini
berbicara tentang kekafiran para shahabat serta ulama tabi’iin danatbaa’ut-taabi’iin dari
kalangan Ahlus-Sunnah yang tidak sehalauan dengan Syi’ah Raafidlah.
Dan ini adalah perkataan
orang Syi’ah yang sedang marah-marah tidak jelas :
Saya hanya meminta kejujuran
kalian dalam beragama! Pikirkan, sampai kapan kalian terus membela aimmatul kufri,para pemimpin kaum kafir/munafik seperti Abu Sufyan, Mu’awiyah,
Yazid, Hajjâj bin Yusuf, Marwan bin Hakam, Abdul Malik bin Marwan dkk. dengan
mengatas-namakan Ahlusunnah wal Jama’ah?! Dengan mengatas-namakan Salaf
Shaleh?!
Catatan kecil tentang
riwayat :
حَدَّثَنَا أَبِي، قَالَ: نا جَرِيرٌ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ
مُنْذِرٍ الثَّوْرِيِّ، عَنْ سَعْدِ بْنِ حُذَيْفَةَ، قَالَ: قَالَ عَمَّارٌ:
" وَاللَّهِ مَا أَسْلَمُوا وَلَكِنَّهُمُ اسْتَسْلَمُوا، وَأَسَرُّوا
الْكُفْرَ حَتَّى وَجَدُوا عَلَيْهِ أَعْوَانًا، فَأَظْهَرُوهُ "
Telah menceritakan kepada
kami ayahku, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Jariir, dari
Al-A’masy, dari Mundzir Ats-Tsauriy, dari Sa’d bin Hudzaifah, ia berkata :
Telah berkata ‘Ammaar : “Demi Allah, mereka tidaklah beragama Islam. Akan
tetapi mereka pura-pura masuk Islam dan menyembunyikan kekafiran. Hingga ketika
mereka mendapati para pembela, mereka pun menampakkannya” [Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Khaitsamah dalam As-Safaruts-Tsaaniy minat-Taariikh no.
3430].
Atsar ini tidak shahih.
Al-A’masy, meskipun seorang yang tsiqah, namun ia seorang mudallis pada
tingkatan ketiga menurut pendapat yang raajih, dan di sini ia meriwayatkan dengan ‘an’anah [lihat
pembahasannya di sini].
[9] Atau,…. menurut agama Syi’ah, shalat di
belakang orang kafir itu boleh ?. Jika memang demikian, jangan heran jika satu
waktu Pembaca menemukan orang-orang Syi’ah beribadah di belakang orang-orang
Yahudi dan Nashrani. Lihat saja gejalanya :
[10] Pembaca sekalian akan mendapati banyak
‘keajaiban’ dalam agama Syi’ah dimana ada beberapa surat yang dilarang dibaca
dalam shalat. Saya ajak Pembaca untuk mencermati fiqh Syi’ah dalam penjelasan
Ayatullah Muhammad Al-Ya’quubiy dalam situsnya :
Pertanyaan :
هل هناك سور قرآنية يكره قراءتها في الصلاة؟
“Apakah ada surat Al-Qur’an
yang dimakruhkan membacanya dalam shalat ?”.
Jawaban :
بسمه تعالى
يحرم قراءة سور العزائم
(العلق, فصلت, النجم, السجدة) والأحوط تجنب الضحى والانشراح والفيل والايلاف.
“Dengan menyebut nama-Nya ta’ala.
Diharamkan membaca
surat Al-‘Azaaim (Al-‘Alaq, Fushshilat, An-Najm, dan As-Sajdah). Dan yang lebih
hati-hati juga menjauhi membaca surat Adl-Dluhaa, Al-Insyiraah, Al-Fiil, dan
Al-Iilaaf (Al-Quraisy – Abul-Jauzaa’)”.
Sumber :