Saturday, October 31, 2015

Pujian Ibnu Taimiyah Kepada Ahlulbait, Bukan Seperti Tuduhan Orang Yang Taklid Buta..

solmed menuduh ibnu taimiyah mencela fatimah
Oktober 30, 2015
Ibnu Taimiyah Membela Ahlul Bait
Tersebar di sosmed celaan celaan terhadap Ibnu Taimiyah rahimahullah bahwa beliau mencela ahlul bait.
Tuduhan tersebut ditebar oleh orang yang taklid buta dan tidak berusaha membaca langsung kitab kitab beliau.

Berikut perkataan Ibnu Taimiyah tentang ahlul bait:
Beliau berkata dalam kitab minhajussunnah
منهاج السنة النبوية ( 5 / 499 ) :
( ولا ريب أنه لآل محمد صلى الله عليه وسلم حقا على الأمة لا يشكرهم فيه غيرهم ويستحقون من زيادة المحبة والموالاة مالا يستحقه سائر بطون قريش ) !!
Artinya: “tidak ragu lagi bahwa keluarga Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam mempunyai hak atas umat ini yang tidak mungkin disyukuri oleh umat lainnya.
Mereka (keluarga Nabi) berhak mendapatkan cinta dan loyalitas yang lebih, sesuatu yang tidak berhak kabilah kabilah quraisy lain untuk mendapatkannya.”
Beliau juga berkata:
وأما أهل السنة فيتولون جميع المؤمنين، ويتكلمون بعلم وعدل، ليسوا من أهل الجهل ولا من أهل الأهواء، ويتبرؤن من طريقة الروافض والنواصب جميعاً، ويتولون السابقين الأولين كلهم، ويعرفون قدر الصحابة وفضلهم ومناقبهم، ويرعون حقوق أهل البيت عليهم السلام التي شرعها الله لهم ……
 “Adapun Ahlussunnah, mereka mencintai semua orang yang beriman, mereka berucap dengan ilmu dan keadilan. Mereka bukan orang jahil, bukan pula pengikut hawa nafsu. Mereka berlepas diri dari metode (Syi’ah) rafidhah dan kaum nawashib semuanya. Mereka sangat mencintai seluruh As-Sabiiqunal Awwalun, sangat mengetahui kedudukan para shahabat dan keutamaan mereka. Dan mereka selalu memelihara hak-hak Ahlul Bait ‘alaihimus Salam yang telah Allah syari’atkan untuk mereka” (Ibnu Taimiyyah dalam Minhajus Sunnah 2/71).
Beliau berkata tentang kematian Husain:
Berkata Ibnu taimiyyah:
 ((والحسين رضي الله عنه قتل مظلوماً شهيداً ، وقتلته ظالمون معتدون((مقتل الحسين وحكم قاتله – ص 77
 “Dan Husein Radhiallahu ‘anhu terbunuh sebagai syahid secara zhalim, yang membunuhnya adalah orang-orang yang zhalim yang melampaui batas” (Maqtal Al-Husein wa Hukmu Qatilihi, hal:77)
 ((( وأما من قتل الحسين ) أو أعان على قتله ، أو رضي بذلك فعليه لعنة الله والملائكة والناس أجمعين ، لا يقبل الله منه صرفاً ولا عدلا ً)) مجموع الفتاوى 4 / 487 – 488
 “Adapun orang yang telah membunuh Husein atau memiliki andil dalam pembunuhannya, atau ridha dengan hal itu, maka dia akan mendapatkan LA’NAT ALLAH, MALAIKAT DAN SELURUH MANUSIA, Allah tidak akan menerima darinya sharfan tidak pula adlan”(Majmu’ Fatawa 4/487-488 )
Pujian beliau kepada Ali bin Abi Thalib:
Ibnu Taimiyyah berkata:
 ((فضل عليّ وولايته لله وعلو منزلته عند الله معلوم، ولله الحمد….))
“Keutamaan Ali dan kewaliyannya serta kedudukannya yang tinggi di sisi Allah adalah suatu yang sudah dimaklumi, alhamdulillah. Dari riwayat-riwayat yang shahih memberikan kepada kita sebuah keyakinan (tentang keutamaannya), yang tidak membutuhkan lagi (setelah adanya hadits shahih itu riwayat-riwayat) dusta dan tidak pula (riwayat) yang tidak diketahui kebenarannya” (Minhajus Sunnah: 8/165)
Ibnu Taimiyyah berkata:
 ((وأما كون عليّ وغيره مولى كل مؤمن ، فهو وصف ثابت لعليّ في حياة النبي صلى الله عليه وسلم وبعد مماته، وبعد ممات عليّ، فعلي اليوم مولى كل مؤمن))
Adapun keadaan Ali dan selainnya bahwa dia adalah kekasih setiap mukmin, itu adalah sifat yang benar untuk Ali semasa Nabi Shalallahu ‘alaihi wa Sallam hidup dan setelah beliau wafat dan juga setelah Ali meninggal. Maka Ali pada hari ini tetap wali/kekasih setiap mukmin” (Minhajus Sunnah:7/325)
 ((وأما علي رضي الله عنه فلا ريب أنه ممن يحب الله ويحبه الله))
 “Adapun Ali Radhiallahu ‘anhu, tidak diragukan lagi bahwa dia termasuk orang yang mencintai Allah dan dicintai Allah” (Minhajus Sunnah:7/218 )

((لا ريب أن موالاة علي واجبة على كل مؤمن، كما يجب على كل مؤمن موالاة أمثاله من المؤمنين))
“Tidak diragukan lagi bahwa mencintai Ali bagi setiap mukmin adalah wajib. Sebagaimana diwajibkan pula bagi setiap mukmin mencintai mukmin yang lainnya” (Minhajus Sunnah:7/27)
Ketika menggambarkan keberanian Ali radhiallahu ‘anhu,Ibnu Taimiyyah berkata:
))لا ريب أن علياً رضي الله عنه كان من شجعان الصحابة، وممن نصر الله الإسلام بجهاده، ومن كبار السابقين الأوَّلين من المهاجرين والأنصار، ومن سادات من آمن بالله واليوم الآخر وجاهد في سبيل الله، وممن قاتل بسيفه عدداً من الكفار((
“Tidak diragukan lagi bahwa Ali Radhiallahu ‘anhu termasuk shahabat yang paling berani. Dan termasuk yang Allah menolong islam dengan sebab jihadnya, beliau termasuk shahabat besar sabiqunal awwalun dari muhajirin dan anshar, termasuk pembesar orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir dan (pembesar) orang yang berjihad fii sabilillah. Dan beliau termasuk orang yang dengan pedangnya telah membunuh sejumlah orang kafir.” (Minhajus Sunnah:8/76)
Ibnu Taimiyyah berkata menggambarkan kezuhudan Ali:
 ((وأما زهد عليّ رضي الله عنه في المال فلا ريب فيه))
“Adapun kezuhudan Ali Radhiallahu ‘anhu dalam hal harta tidak perlu diragukan lagi” (Minhajus Sunnah:7/489)
Tentang tuduhan terhadap fathimah beliau berkata:
وَنَحْنُ نَعْلَمُ أَنَّ مَا يُحْكَى عَنْ فَاطِمَةَ وَغَيْرِهَا مِنَ الصَّحَابَةِ مِنَ الْقَوَادِحِ كَثِيرٌ مِنْهَا كَذِبٌ وَبَعْضُهَا كَانُوا فِيهِ مُتَأَوِّلِينَ
وَإِذَا كَانَ بَعْضُهَا ذَنْبًا فَلَيْسَ الْقَوْمُ مَعْصُومِينَ بَلْ هُمْ مَعَ كَوْنِهِمْ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ وَمِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ لَهُمْ ذُنُوبٌ يَغْفِرُهَا اللَّهُ لَهُمْ.
Dan kami mengetahui bahwasanya apa yang diriwayatkan mengenai fathimah dan selainnya dari para sahabat mengenai keburukan-keburukan, banyak diantaranya adalah riwayat dusta dan sebagian mereka menta’wil.
“Dan jika sebagian riwayat tersebut tentang dosa kesalahan mereka maka ketahuilah bahwasanya mereka memang tidak ma’shum. Ketika mereka adalah wali-wali Allah dan mereka adalah penduduk surga walaupun mereka memiliki kesalahan maka Allah mengampuninya untuk mereka” (Minhaj As-Sunnah 2/244)
Demikianlah sikap syaikhul islam ibnu taimiyah terhadap ahlul bait yang merupakan sikap ahlussunnah wal jamaah.
Moga tulisan ini meluruskan tuduhan tuduhan miring terhadap beliau.
Dan semoga Allah memberi hidayah orang yang membenci beliau.
Aamiin.
Sumber : 

Artikel terkait :

Tuduhan Keji SOLMED Pada Ibnu Taimiyah, Merendahkan Khadijah, Ini Adalah Fitnah Murahan !
Tuduhan Keji SOLMED Pada Ibnu Taimiyah, Padahal Itu Adalah Bantahan Beliau Kepada Syiah,.
Benarkah Ibnu Taimiyah menyamakan Fathimah dengan munafik?