Keutamaan Shalawat, dan 8 lafadz shalawat
yg diajarkan Rasulullah..
Inilah Lafadz Shalawat Yang Diajarkan
Oleh Rasulullah, Jangan Bershalawat Dengan Shalawat mari bershalawatBuatan
Manusia Sehebat Apapun Tokoh Tersebut
عن أنس بن مالك قال:قال رسول الله : «مَن صلَّى
عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ
خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ»
رواه النسائي وأحمد وغيرهما وهو حديث صحيح.
Dari Anas bin malik radhiallahu ‘anhu,
beliau berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Barangsiapa yang mengucapkan shalawat
kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan
digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh
derajat/tingkatan (di surga kelak)”
[SHAHIH. Hadits Riwayat An-Nasa’i (no.
1297), Ahmad (3/102 dan 261), Ibnu Hibban (no. 904) dan al-Hakim (no. 2018),
dishahihkan oleh Ibnu Hibban rahimahullah, al-Hakim rahimahullah dan disepakati
oleh adz-Dzahabi, rahimahullah juga oleh Ibnu hajar rahimahullah dalam “Fathul
Baari” (11/167) dan al-Albani rahimahullah dalam “Shahihul adabil mufrad” (no.
643). ].
Hadits yang agung ini menunjukkan
keutamaan bershalawat kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan anjuran
memperbanyak shalawat tersebut
[Lihat “Sunan an-Nasa’i” (3/50) dan
“Shahiihut targiib wat tarhiib” (2/134)], karena ini merupakan sebab turunnya
rahmat, pengampunan dan pahala yang berlipatganda dari Allah Ta’ala [Lihat
kitab “Faidhul Qadiir” (6/169)].
Beberapa faidah penting yang terkandung
dalam hadits ini :
● Banyak bershalawat kepada Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan tanda cinta seorang muslim kepada
beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam [Lihat kitab “Mahabbatur Rasul Shallallahu
‘alaihi wa sallam, bainal ittibaa’ walibtidaa’” (hal. 77).], karena para ulama
mengatakan: “Barangsiapa yang mencintai sesuatu maka dia akan sering
menyebutnya” [Lihat kitab “Minhaajus sunnatin nabawiyyah” (5/393) dan
“Raudhatul muhibbiin” (hal. 264).].
● Yang dimaksud dengan shalawat di sini
adalah shalawat yang diajarkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits-hadits
beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang shahih (yang biasa dibaca oleh kaum
muslimin dalam shalat mereka ketika tasyahhud), bukan shalawat-shalawat bid’ah
yang diada-adakan oleh orang-orang yang datang belakangan, seperti shalawat
nariyah, badriyah, barzanji dan shalawat-shalawat bid’ah lainnya. Karena
shalawat adalah ibadah, maka syarat diterimanya harus ikhlas karena Allah
Ta’ala semata dan sesuai dengan tuntunan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam
[Lihat kitab “Fadha-ilush shalaati
wassalaam” (hal. 3-4), tulisan syaikh Muhammad bin Jamil Zainu.]. Juga karena
ketika para sahabat radhiyallahu ‘anhuma bertanya kepada beliau Shallallahu
‘alaihi wa sallam:
“(Ya Rasulullah), sungguh kami telah
mengetahui cara mengucapkan salam kepadamu, maka bagaimana cara kami
mengucapkan shalawat kepadamu?”
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
menjawab:
“Ucapkanlah: Ya Allah, bershalawatlah
kepada (Nabi) Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan keluarga beliau…dst
seperti shalawat dalam tasyahhud
[SHAHIH. Riwayat Bukhari (no. 5996) dan
Muslim (no. 406)].
● Makna shalawat kepada nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam adalah meminta kepada Allah Ta’ala agar Dia memuji dan
mengagungkan beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam di dunia dan akhirat, di
dunia dengan memuliakan peneyebutan (nama) beliau Shallallahu ‘alaihi wa
sallam, memenangkan agama dan mengokohkan syariat Islam yang beliau bawa. Dan
di akhirat dengan melipatgandakan pahala kebaikan beliau Shallallahu ‘alaihi wa
sallam, memudahkan syafa’at beliau kepada umatnya dan menampakkan keutamaan
beliau pada hari kiamat di hadapan seluruh makhluk
[Lihat kitab “Fathul Baari” (11/156)].
● Makna shalawat dari Allah Ta’ala kepada
hamba-Nya adalah limpahan rahmat, pengampunan, pujian, kemualian dan keberkahan
dari-Nya [Lihat kitab “Zaadul masiir” (6/398).]. Ada juga yang mengartikannya
dengan taufik dari Allah Ta’ala untuk mengeluarkan hamba-Nya dari kegelapan
(kesesatan) menuju cahaya (petunjuk-Nya), sebagaimana dalam firman-Nya:
{هُوَ
الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ
إِلَى النُّورِ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا}
“Dialah yang bershalawat kepadamu (wahai
manusia) dan malaikat-Nya (dengan memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia
mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia
Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (QS al-Ahzaab:43).
Lafazh bacaan sholawat yang paling
ringkas yang sesuai dalil2 yang shahih adalah :
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا
مُحَمَّدٍ
Allahumma shallii wa sallim ‘alaa
nabiyyinaa Muhammad.
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan
salam kepada Nabi kami Muhammad) .
[SHAHIH. HR. At-Thabrani melalui dua
isnad, keduanya baik. Lihat Majma’ Az-Zawaid 10/120 dan Shahih At- Targhib wat
Tarhib 1/273].
Kemudian terdapat riwayat-riwayat yang
Shahih dalam delapan riwayat, yaitu :
1. Dari jalan Ka’ab bin ‘Ujrah
اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على
إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد اللهم بارك على محمد وعلى آل محمد كما
باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد
“Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa
‘alaa aali Muhammad kamaa shallaita ‘alaa ibraahiim wa ‘alaa aali ibraahiim
innaka hamiidum majiid, Allaahumma baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad
kamaa baarokta ‘alaa ibraahiim wa ‘alaa aali ibraahiim innaka hamiidum majiid”.
“Ya Allah berilah shalawat kepada
Muhammad dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah bershalawat
kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi)
Maha Mulia. Ya Allah, Berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana
Engkau telah memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Maha
Terpuji (lagi) Maha Mulia”
[SHAHIH, HR. Bukhari 4/118, 6/27, dan
7/156, Muslim 2/16, Abu Dawud no. 976, 977, 978, At Tirmidzi 1/301-302, An
Nasa-i dalam “Sunan” 3/47-58 dan “Amalul Yaum wal Lailah” no 54, Ibnu Majah no.
904, Ahmad 4/243-244, Ibnu Hibban dalam “Shahih” nya no. 900, 1948, 1955, Al
Baihaqi dalam “Sunanul Kubra” 2/148 dan yang lainnya]
2. Dari jalan Abu Humaid As Saa’diy
اللهم صل على محمد وعلى أزواجه وذريته كما صليت
على إبراهيم ، وبارك على محمد وعلى أزواجه وذريته كما باركت على إبراهيم ، إنك
حميد مجيد
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin wa
‘alaa azwaajihi wa dzurriyyatihi kamaa shol laita ‘alaa ibraahiim, wa baarik ‘alaa
Muhammadin wa ‘alaa azwaajihi wa dzurriyyatihi kamaa baarokta ‘alaa ibraahiim
innaka hamiidum majiid.
“Ya Allah,berilah shalawat kepada
Muhammad dan kepada isteri-isteri beliau dan keturunannya,sebagaimana Engkau
telah bershalawat kepada Ibrahim. Ya Allah, Berkahilah Muhammad dan
isteri-isteri beliau dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberkahi
Ibrahim,Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia”
[SHAHIH, HR. Bukhari 4/118, 7/157, Muslim
2/17, Abu Dawud no. 979, An Nasa-i dalam “Sunan” nya 3/49, Ibnu Majah no. 905,
Ahmad dalam “Musnad” nya 5/424, Baihaqi dalam “Sunanul Kubra” 2/150-151, Imam
Malik dalam “Al Muwaththo’ 1/179 dan yang lainnya].
3. Dari jalan Abi Mas’ud Al Anshariy
اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على آل
إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على آل إبراهيم في العالمين إنك
حميد مجيد
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa
aali Muhammad kamaa shol laita ‘alaa aali ibraahiim ,wa baarik ‘alaa Muhammad
wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa aali ibraahiim fil ‘aalamiina
innaka hamiidum majiid.
“Ya Allah berilah shalawat kepada
Muhammad dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah bershalawat
kepada Ibrahim, dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana
Engkau telah memberkahi keluarga Ibrahim atas sekalian alam, Sesungguhnya
Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia”
[SHAHIH, HR Muslim 2/16, Abu Dawud no.
980, At Tirmidzi 5/37-38, An Nasa-i dalam “Sunan” nya 3/45, Ahmad 4/118,
5/273-274, Ibnu Hibban dalam “Shahih” nya no. 1949, 1956, Baihaqi dalam
“SUnanul Kubra” 2/146,dan Imam Malik dalam “AL Muwaththo’ (1/179-180 Tanwirul
Hawalik Syarah Muwaththo'”]
4.Dari jalan Abi Mas’ud, ‘Uqbah bin ‘Amr
Al Anshariy (jalan kedua)
للهم صل على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد كما
صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم وبارك على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد كما
باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin
nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shol laita ‘alaa ibraahiim wa
‘alaa aali ibraahiim, wa baarik ‘alaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aali
Muhammad kamaa baarokta ‘alaa ibraahiim wa ‘alaa aali ibraahiim innaka hamiidum
majiid.
“Ya Allah berilah shalawat kepada
Muhammad yang ummi dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah
memberi bershalawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim.Dan berkahilah Muhammad
Nabi yang ummi dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi
keluarga Ibrahim dan keluarga Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi)
Maha Mulia”
[SHAHIH, HR. Abu Dawud no. 981, An Nasa-i
dalam “Amalul Yaum wal Lailah” no. 94, Ahmad dalam “Musnad” nya 4/119, Ibnu
Hibban dalam “Shahih” nya no. 1950, Baihaqi dalam “Sunan” nya no 2/146-147,
Ibnu Khuzaimah dalam “Shahih” nya no711, Daruquthni dalam “Sunan” nya no
1/354-355, Al Hakim dalam “Al Mustadrak” 1/268, dan Ath Thabrany dalam “Mu’jam
Al Kabir” 17/251-252]
5. Dari jalan Abi Sa’id Al Khudriy
اللهم صل على محمد عبدك ورسولك كما صليت على آل
إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin
‘abdika wa rosuulika kamaa shol laita ‘alaa aali ibraahiim, wa baarik ‘alaa
Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa ibraahiim.
“Ya Allah berilah shalawat kepada
Muhammad hambaMu dan RasulMu, sebagaimana Engkau telah bershalawat kepada
Ibrahim. Dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau
telah memberkahi Ibrahim”
[SHAHIH, HR Bukhari 6/27, 7/157, An
Nasa-i 3/49, Ibnu Majah no. 903, Baihaqi 2/147, dan Ath Thahawiy dalam
“Musykilul Atsaar” 3/73]
6. Dari jalan seorang laki2 shabat Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam
اللهم صل على محمد وعلى أهل بيته وعلى أزواجه
وذريته كما صليت على آل إبراهيم إنك حميد مجيد وبارك على محمد وعلى أهل بيته وعلى
أزواجه وذريته كما باركت على آل إبراهيم إنك حميد مجيد
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa
ahli baitihi wa ‘alaa azwaajihi wa dzurriyyatihi kamaa shallaita ‘alaa aali
ibraahiim innaka hamiidum majiid , wa baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa ahli
baitihi wa ‘alaa azwaajihi wa dzurriyyatihi kamaa baarokta ‘alaa aali ibraahiim
innaka hamiidum majiid.
“Ya Allah berilah shalawat kepada
Muhammad dan kepada ahli baitnya dan istri-istrinya dan keturunannya,
sebagaimana Engkau telah bershalawat kepada Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha
Terpuji (lagi) Maha Mulia. Dan berkahilah Muhammad dan kepada ahli baitnya dan
istri-istrinya dan keturunannya, sebagimana Engkau telah memberkahi Ibrahim,
sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia”
[SHAHIH, HR. Ahmad 5/347, Ini adalah
lafazhnya, Ath Thowawiy dalam “Musykilul Atsaar” 3/74], dishahihkan oleh Al
Albani dalam “Sifaat sahalat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam”, hal 178-179].
7. Dari jalan Abu Hurairah
اللهم صل على محمد و على آل محمد وبارك على محمد
و على آل محمد كما صليت وباركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa
aali Muhammad wa baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa shallaita
wa baarokta ‘alaa ibraahiim wa ‘alaa aali ibraahiim innaka hamiidum majiid.
“Ya Allah berilah shalawat kepada
Muhammad dan keluarga Muhammad, dan berkahilah Muhammad dan keluarga
Muhammad,sebagaimana Engkau telah bershalawat dan memberkahi Ibrahim dan
keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia”
[SHAHIH, HR Ath Thowawiy dalam “Musykilul
Atsaar” 3/75, An Nasa-i dalam “Amalul Yaum wal Lailah” no 47 dari jalan Dawud
bin Qais dari Nu’aim bin Abdullah al Mujmir dari Abu Hurairah , Ibnul Qayyim
dalam “Jalaa’ul Afhaam Fish Shalati Was Salaami ‘alaa Khairil Anaam (hal 13)
berkata, “Isnad Hadist ini shahih atas syarat Syaikhaini (Bukhari dan Muslim),
dan dishahihkan oleh Al Albani dalam “Sifaat sahalat Nabi shallallahu ‘alaihi
wa sallam”, hal 181 ]
8. Dari jalan Thalhah bin ‘Ubaidullah
اللهم صل على محمد و على آل محمد كما صليت على
إبراهيم و على آل إبراهيم إنك حميد مجيد وبارك على محمد و على آل محمد كما باركت
على إبراهيم و آل إبراهيم إنك حميد مجيد
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa
aali Muhammad kamaa shol laita ‘alaa ibraahiim wa ‘alaa aali ibraahiim innaka
hamiidum majiid, wa baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta
‘alaa ibraahiim wa aali ibraahiim innaka hamiidum majiid.
“Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad
dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah bershalawat kepada Ibrahim dan
keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Dan
berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah telah
memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim,sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi)
Maha Mulia”.
[SHAHIH, HR. Ahmad 1/162, An Nasa-i dalam
“Sunan: nya 3/48 dan “Amalul Yaum wal Lailah” no 48, Abu Nu’aim dalam “Al
Hilyah” 4/373,semuanya dari jalan ‘Utsman bin Mauhab dari Musa bin Thalhah,
dari bapaknya (Thalhah bin ‘Ubaidullah), dishahihkan oleh Al Albani].
► Tentang Ucapan صلى ا
لله عليه وسلم
Di sunnahkan (sebagian ulama
mewajibkannya) mengucapkan shalawat dan salam kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi
wa sallam setiap kali menyebut atau disebut nama beliau, yaitu dengan ucapan :
صلى ا لله عليه وسلم
“Shallallahu ‘alaihi wa sallam”
Riwayat2 yang datang tentang ini banyak
sekali, diantaranya dari dua hadits shahih di bawah ini :
1. Dari jalan Husain bin ‘Ali bin Abi
Thalib, ia berkata,
“Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam telah bersabda, “Orang yang bakhil (kikir/pelit) itu ialah orang yang
apabila namaku disebut disisinya, kemudian ia tidak bershalawat kepadaku
(dengan ucapan-red)
صلى ا لله عليه وسلم (“shallallahu
‘alaihi wa sallam””).
[SHAHIH. Dikeluarkan oleh AT Tirmidzi
5/211, Ahmad 1/201 no 1736, An Nasa-i no 55,56 dan 57, Ibnu Hibban 2388, Al
Hakim 1/549, dan Ath Thabraniy 3/137 no 2885.
2. Dari Abu Hurairah, ia berkata,
“Telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wa sallam :” Hina dan rugi serta kecewalah seorang yang disebut namaku
disisinya, lalu ia tidak bershalawat kepadaku””.
[SHAHIH. Dikeluarkan oleh Imam At
Tirmidzi 5/210, dan Al Hakim 1/549. Dan At Tirmidzi telah menyatakan bahwa
hadits ini Hasan].
Hadits ke dua ini, banyak syawaahidnya
dari jama’ah para shahabat, sebagaimana disebutkan dalam kitab-kiatb : At
Targhib wat Tarhib” (2/506-510) Imam Al Mundzir, “Jalaa-ul Afhaam (hal 229-240)
Ibnu Qayyim, Al Bukhari dalam “Adabul Mufrad” (no 644, 645), Ibnu Khuzaimah (no
1888), Ibnu Hibban (no 2386 dan 2387 – Mawaarid).
[Disalin dari Kitab “Sifat Shalawat dan
Salam kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam”, oleh Ust. Abdul
Hakim bin Amir Abdat, Pustaka Imam Syafi’i, dan beberapa tambahan fawaid dari http://ibnuabbaskendari.wordpress.com/2010/07/23/keutamaan-membaca-shalawat-kepada-nabi-shallallahu-%E2%80%98alaihi-wa-sallam/
]
Silahkan buka 188
Comments
Bagaimana Cara Shalawat Yang Sesuai
Sunnah, Dan Bolehkah Shalawat Diiringi Dengan Rebana?
Pertanyaan.
Ana ingin menanyakan masalah amaliyah
yang membingungkan, yaitu masalah shalawat kepada Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam.
1. Apakah shalawat ini banyak macamnya?
2. Bagaimana cara mengamalkan shalawat
yang benar berdasarkan sunnah Rasulullah? Apakah dilakukan sendiri atau
berjama’ah, dengan suara keras atau sirr (pelan)?
3. Bolehkah sambil diiringi rebana (alat
musik)?
[Abdullah
S.Aga. Kota Kembang, Jawa Barat]
Jawaban.
Alhamdulillah, sebelum menjawab
pertanyaan saudara Abdullah S.Aga, kami ingin menyampaikan, bahwa amal ibadah
akan diterima oleh Allah jika memenuhi syarat-syarat diterimanya ibadah. Yaitu
ibadah itu dilakukan oleh orang yang beriman, dengan ikhlas dan sesuai Sunnah
(ajaran) Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam
Akan tetapi pada zaman ini, alangkah
banyaknya orang yang tidak memperdulikan syarat-syarat di atas. Maka pertanyaan
yang saudara ajukan ini merupakan suatu langkah kepedulian terhadap Sunnah
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala
selalu memberi taufiq kepada kita di atas jalan yang lurus.
Perlu kami sampaikan, bahwasannya
shalawat kepada Nabi merupakan salah satu bentuk ibadah yang agung. Tetapi
banyak sekali penyimpangan dan bid’ah yang dilakukan banyak orang seputar
shalawat Nabi. Berikut ini jawaban kami terhadap pertanyaan saudara.
1. Shalawat Nabi memang banyak macamnya.
Namun secara global dapat dibagi menjadi dua.
a. Shalawat Yang Disyari’atkan.
Yaitu shalawat yang diajarkan oleh
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para sahabatnya. Bentuk
shalawat ini ada beberapa macam. Syaikh Al Albani rahimahullah dalam kitab
Shifat Shalat Nabi menyebutkan ada tujuh bentuk shalawat dari hadits-hadits
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ustadz Abdul Hakim bin Amir bin Abdat
hafizhahullah di dalam kitab beliau, Sifat Shalawat & Salam, membawakan
delapan riwayat tentang sifat shalawat Nabi.
Di antara bentuk shalawat yang diajarkan
oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ialah :
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ
مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ
حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ (فِي رِوَايَةٍ: وَ بَارِكْ) عَلَى مُحَمَّدٍ
وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ
إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
(Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala
ali Muhammad, kamaa shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, innaKa Hamidum
Majid. Allahumma barik (dalam satu riwayat, wa barik, tanpa Allahumma) ‘ala
Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim,
innaKa Hamiidum Majid).
Ya, Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah)
shalawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana
Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim,
sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya, Allah. Berilah berkah
(tambahan kebaikan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana
Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim,
sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. [HR Bukhari, Muslim, dan
lainnya. Lihat Shifat Shalat Nabi, hlm. 165-166, karya Al Albani, Maktabah Al
Ma’arif].
Dan termasuk shalawat yang disyari’atkan,
yaitu shalawat yang biasa diucapkan dan ditulis oleh Salafush Shalih.
Syaikh Abdul Muhshin bin Hamd Al ‘Abbad
hafizhahullah berkata, ”Salafush Shalih, termasuk para ahli hadits, telah biasa
menyebut shalawat dan salam kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika
menyebut (nama) beliau, dengan dua bentuk yang ringkas, yaitu:
صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ (shalallahu ‘alaihi
wa sallam) dan
عَلَيْهِ الصّلاَةُ وَالسَّلاَمُ (‘alaihish shalaatu
was salaam).
Alhamdulillah, kedua bentuk ini memenuhi
kitab-kitab hadits. Bahkan mereka menulis wasiat-wasiat di dalam karya-karya
mereka untuk menjaga hal tersebut dengan bentuk yang sempurna. Yaitu
menggabungkan antara shalawat dan permohonan salam atas Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam.” [Fadh-lush Shalah ‘Alan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,
hlm. 15, karya Syaikh Abdul Muhshin bin Hamd Al ‘Abbad]
b. Shalawat Yang Tidak Disyari’atkan.
Yaitu shalawat yang datang dari
hadits-hadits dha’if (lemah), sangat dha’if, maudhu’ (palsu), atau tidak ada
asalnya. Demikian juga shalawat yang dibuat-buat (umumnya oleh Ahli Bid’ah),
kemudian mereka tetapkan dengan nama shalawat ini atau shalawat itu. Shalawat
seperti ini banyak sekali jumlahnya, bahkan sampai ratusan. Contohnya, berbagai
shalawat yang ada dalam kitab Dalailul Khairat Wa Syawariqul Anwar Fi Dzikrish
Shalah ‘Ala Nabiyil Mukhtar, karya Al Jazuli (wafat th. 854H). Di antara
shalawat bid’ah ini ialah shalawat Basyisyiyah, shalawat Nariyah, shalawat
Fatih, dan lain-lain. Termasuk musibah, bahwa sebagian shalawat bid’ah itu
mengandung kesyirikan. [1]
2. Cara mengamalkan shalawat yang benar
berdasarkan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sebagai
berikut:
a. Shalawat yang dibaca adalah shalawat
yang disyari’atkan, karena shalawat termasuk dzikir, dan dzikir termasuk
ibadah. Bukan shalawat bid’ah, karena seluruh bid’ah adalah kesesatan.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah
berkata,”Dzikir-dzikir dan do’a-do’a termasuk ibadah-ibadah yang paling utama.
Sedangkan ibadah dibangun di atas ittiba’ (mengikuti Sunnah Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam ). Tidak seorangpun berhak men-sunnah-kan dari
dzikir-dzikir dan do’a-do’a yang tidak disunnahkan (oleh Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam), lalu menjadikannya sebagai kebiasaan yang rutin, dan
orang-orang selalu melaksanakannya. Semacam itu termasuk membuat-buat perkara
baru dalam agama yang tidak diizinkan Allah. Berbeda dengan do’a, yang
kadang-kadang seseorang berdo’a dengannya dan tidak menjadikannya sebagai
sunnah (kebiasaan).” [Dinukil dari Fiqhul Ad’iyah Wal Adzkar, 2/49, karya
Syaikh Abdur Razaq bin Abdul Muhshin Al Badr].
b. Memperbanyak membaca shalawat di
setiap waktu dan tempat, terlebih-lebih pada hari jum’ah, atau pada saat
disebut nama Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan lain-lain tempat
yang disebutkan di dalam hadits-hadits yang shahih.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda:
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ عَشْرًا
Barangsiapa memohonkan shalawat atasku
sekali, Allah bershalawat atasnya sepuluh kali. [HR Muslim, no. 408, dari Abu
Hurairah].
c. Tidak menentukan jumlah, waktu,
tempat, atau cara, yang tidak ditentukan oleh syari’at.
Seperti menentukan waktu sebelum
beradzan, saat khathib Jum’at duduk antara dua khutbah, dan lain-lain.
d. Dilakukan sendiri-sendiri, tidak
secara berjama’ah.
Karena membaca shalawat termasuk dzikir
dan termasuk ibadah, sehingga harus mengikuti Sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi
wa sallam. Dan sepanjang pengetahuan kami, tidak ada dalil yang membenarkan
bershalawat dengan berjama’ah. Karena, jika dilakukan berjama’ah, tentu dibaca
dengan keras, dan ini bertentangan dengan adab dzikir yang diperintahkan Allah,
yaitu dengan pelan.
e. Dengan suara sirr (pelan), tidak
keras.
Karena membaca shalawat termasuk dzikir.
Sedangkan di antara adab berdzikir, yaitu dengan suara pelan, kecuali ada dalil
yang menunjukkan (harus) diucapkan dengan keras. Allah berfirman,
وَاذْكُر رَّبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا
وَخِفْيَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَاْلأَصَالِ
وَلاَتَكُن مِّنَ الْغَافِلِينَ
Dan dzikirlah (ingatlah, sebutlah nama)
Rabb-mu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak
mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk
orang-orang yang lalai. [Al A’raf : 205].
Ibnu Katsir rahimahullah berkata,”Oleh
karena itulah Allah berfirman:
وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ (dan dengan tidak
mengeraskan suara), demikianlah, dzikir itu disukai tidak dengan seruan yang
keras berlebihan.” [Tafsir Ibnu Katsir].
Al Qurthubi rahimahullah berkata,”Ini
menunjukkan, bahwa meninggikan suara dalam berdzikir (adalah) terlarang.”
[Tafsir Al Qurthubi, 7/355].
Muhammad Ahmad Lauh berkata,”Di antara
sifat-sifat dzikir dan shalawat yang disyari’atkan, yaitu tidak dengan keras,
tidak mengganggu orang lain, atau mengesankan bahwa (Dzat) yang dituju oleh
orang yang berdzikir dengan dzikirnya (berada di tempat) jauh, sehingga untuk
sampainya membutuhkan dengan mengeraskan suara.” [Taqdisul Asy-khas Fi Fikrish
Shufi, 1/276, karya Muhammad Ahmad Lauh].
Abu Musa Al Asy’ari berkata.
لَمَّا غَزَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْبَرَ أَوْ قَالَ لَمَّا تَوَجَّهَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَشْرَفَ النَّاسُ عَلَى وَادٍ فَرَفَعُوا
أَصْوَاتَهُمْ بِالتَّكْبِيرِ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لَا إِلَهَ
إِلَّا اللَّهُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
ارْبَعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ إِنَّكُمْ لَا تَدْعُونَ أَصَمَّ وَلَا غَائِبًا
إِنَّكُمْ تَدْعُونَ سَمِيعًا قَرِيبًا وَهُوَ مَعَكُمْ وَأَنَا خَلْفَ دَابَّةِ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَمِعَنِي وَأَنَا أَقُولُ
لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ فَقَالَ لِي يَا عَبْدَاللَّهِ بْنَ
قَيْسٍ قُلْتُ لَبَّيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ أَلَا أَدُلُّكَ عَلَى
كَلِمَةٍ مِنْ كَنْزٍ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ قُلْتُ بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ
فَدَاكَ أَبِي وَأُمِّي قَالَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ
Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam memerangi atau menuju Khaibar, orang-orang menaiki lembah, lalu mereka
meninggikan suara dengan takbir: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaaha illa
Allah. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Pelanlah, sesungguhnya
kamu tidaklah menyeru kepada yang tuli dan yang tidak ada. Sesungguhnya kamu
menyeru (Allah) Yang Maha Mendengar dan Maha Dekat, dan Dia bersama kamu
(dengan ilmuNya, pendengaranNya, penglihatanNya, dan pengawasanNya, Pen.).” Dan
saya (Abu Musa) di belakang hewan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Beliau mendengar aku mengatakan: Laa haula wa laa quwwata illa billah. Kemudian
beliau bersabda kepadaku,”Wahai, Abdullah bin Qais (Abu Musa).” Aku
berkata,”Aku sambut panggilanmu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda,”Maukah aku
tunjukkan kepadamu terhadap satu kalimat, yang merupakan simpanan di antara
simpanan-simpanan surga?” Aku menjawab,”Tentu, wahai Rasulullah. Bapakku dan
ibuku sebagai tebusanmu.” Beliau bersabda,”Laa haula wa laa quwwata illa
billah.” [HR Bukhari, no. 4205; Muslim, no. 2704].
3. Membaca shalawat tidak boleh sambil
diiringi rebana (alat musik), karena hal ini termasuk bid’ah. Perbuatan ini
mirip dengan kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang-orang Shufi. Mereka
membaca qasidah-qasidah atau sya’ir-sya’ir yang dinyanyikan dan diringi dengan
pukulan stik, rebana, atau semacamnya. Mereka menyebutnya dengan istilah sama’
atau taghbiir.
Berikut ini di antara perkataan ulama
Ahlus Sunnah yang mengingkari hal tersebut.
Imam Asy Syafi’i berkata,”Di Iraq, aku
meninggalkan sesuatu yang dinamakan taghbiir. [2] (Yaitu) perkara baru yang
diada-adakan oleh Zanadiqah (orang-orang zindiq ; menyimpang), mereka
menghalangi manusia dari Al Qur’an.” [3]
Imam Ahmad ditanya tentang taghbiir, beliau
menjawab,”Bid’ah.” [Riwayat Al Khallal. Dinukil dari kitab Tahrim Alat
Ath-Tharb, hlm. 163].
Imam Ath Thurthusi, tokoh ulama Malikiyah
dari kota Qurthubah (wafat 520 H); beliau ditanya tentang sekelompok orang
(yaitu orang-orang Shufi) di suatu tempat yang membaca Al Qur’an, lalu
seseorang di antara mereka menyanyikan sya’ir, kemudian mereka menari dan
bergoyang. Mereka memukul rebana dan memainkan seruling. Apakah menghadiri
mereka itu halal atau tidak? (Ditanya seperti itu) beliau menjawab,”Jalan orang-orang
Shufi adalah batil dan sesat. Islam itu hanyalah kitab Allah dan Sunnah
RasulNya. Adapun menari dan pura-pura menampakkan cinta (kepada Allah), maka
yang pertama kali mengada-adakan adalah kawan-kawan Samiri (pada zaman Nabi
Musa). Yaitu ketika Samiri membuatkan patung anak sapi yang bisa bersuara untuk
mereka, lalu mereka datang menari di sekitarnya dan berpura-pura menampakkan
cinta (kepada Allah). Tarian itu adalah agama orang-orang kafir dan para
penyembah anak sapi. Adapun majelis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
dan para sahabatnya penuh ketenangan, seolah-olah di atas kepala mereka
dihinggapi burung. Maka seharusnya penguasa dan wakil-wakilnya melarang mereka
menghadiri masjid-masjid dan lainnya (untuk menyanyi dan menari, Pen). Dan bagi
seorang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, tidaklah halal menghadiri
mereka. Tidak halal membantu mereka melakukan kebatilan. Demikian ini jalan
yang ditempuh (Imam) Malik, Asy Syafi’i, Abu Hanifah, Ahmad dan lainnya dari
kalangan imam-imam kaum muslimin.” [Dinukil dari kitab Tahrim Alat Ath-Tharb,
hlm. 168-169]
Imam Al Hafizh Ibnu Ash Shalaah, imam
terkenal penulis kitab Muqaddimah ‘Ulumil Hadits (wafat th. 643 H); beliau
ditanya tentang orang-orang yang menghalalkan nyanyian dengan rebana dan seruling,
dengan tarian dan tepuk-tangan. Dan mereka menganggapnya sebagai perkara halal
dan qurbah (perkara yang mendekatkan diri kepada Allah), bahkan (katanya
sebagai) ibadah yang paling utama. Maka beliau menjawab: Mereka telah berdusta
atas nama Allah Ta’ala. Dengan pendapat tersebut, mereka telah mengiringi
orang-orang kebatinan yang menyimpang. Mereka juga menyelisihi ijma’.
Barangsiapa yang menyelisihi ijma’, (ia) terkena ancaman firman Allah:
وَمَن يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِن بَعْدِ
مَاتَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ
مَاتَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَآءَتْ مَصِيرًا
Dan barangsiapa yang menentang Rasul
sesudah jelas kebenaran baginya. dan mengikuti jalan yang bukan jalan
orang-orang mu’min, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah
dikuasainya itu dan Kami masukkan ia kedalam Jahannam, dan Jahannam itu
seburuk-buruknya tempat kembali. [An Nisa:115] [4]
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah
berkata,”Dan telah diketahui secara pasti dari agama Islam, bahwa Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mensyari’atkan kepada orang-orang shalih
dan para ahli ibadah dari umat beliau, agar mereka berkumpul dan mendengarkan
bait-bait yang dilagukan dengan tepuk tapak-tangan, atau pukulan dengan kayu (stik),
atau rebana. Sebagaimana beliau tidak membolehkan bagi seorangpun untuk tidak
mengikuti beliau, atau tidak mengikuti apa yang ada pada Al Kitab dan Al Hikmah
(As Sunnah). Beliau tidak membolehkan, baik dalam perkara batin, perkara lahir,
untuk orang awam, atau untuk orang tertentu.” [5]
Demikianlah penjelasan kami, semoga
menghilangkan kebingungan saudara. Alhamdulillah Rabbil ‘alamin, washalatu
wassalaamu ‘ala Muhammad wa ‘ala ahlihi wa shahbihi ajma’in.
[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi
12/Tahun VII/1420H/1999M Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl.
Solo – Purwodadi Km. 8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 08121533647,
08157579296]
_______
Footnote
[1]. Lihat Mu’jamul Bida’, hlm. 345-346,
karya Syaikh Raid bin Shabri bin Abi ‘Ulfah; Fadh-lush Shalah ‘Alan Nabi n ,
hlm. 20-24, karya Syaikh Abdul Muhshin bin Hamd Al ‘Abbad; Minhaj Al Firqah An
Najiyah, hlm. 116-122, karya Syaikh Muhammad Jamil Zainu; Sifat Shalawat &
Salam Kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, hlm. 72-73, karya Ustadz Abdul
Hakim bin Amir bin Abdat
[2]. Sejenis sya’ir berisi anjuran untuk
zuhud di dunia yang dinyanyikan oleh orang-orang Shufi, dan sebagian hadirin
memukul-mukulkan kayu pada bantal atau kulit sesuai dengan irama lagunya
[3]. Riwayat Ibnul Jauzi, dalam Talbis
Iblis; Al Khallal dalam Amar Ma’ruf, hlm. 36; dan Abu Nu’aim dalam Al Hilyah,
9/146. Dinukil dari kitab Tahrim Alat Ath-Tharb, hlm. 163.
[4]. Fatawa Ibnu Ash Shalah, 300-301.
Dinukil dari kitab Tahrim Alat Ath-Tharb, hlm. 169
[5]. Majmu’ Fatawa, 11/565. Dinukil dari
kitab Tahrim Alat Ath-Tharb, hlm. 165
Habib Fulan Di Ajarkan Sholawat Oleh
Rasulullah | Ustadz Firanda Andirja