Bagian (1)
Ramai pembicaraan akhir-akhir ini tentang sifat duduk
(juluus) Allah ta’ala. Apakah boleh Allah ta’ala disifati dengan ‘duduk’ ?.
Mereka kata – you know who - , orang yang menyifati Allah ta’ala dengan ‘duduk’
(juluus) adalah adalah sesat lagi menyesatkan, satu kerangkeng dengan
orang-orang Mujassimah. Bagi yang terbiasa hidup bergaul dengan komunitas
mereka, tentu tidak aneh dengan gaya-gaya nyentrik seperti ini. Perkataan
mereka hanyalah sekedar duplikasi perkataan Jahmiyyah yang usianya sudah
memfosil lebih dari seribu tahun, gak kreatif banget. Banyak orang tertipu
dengan penemuan fosil itu yang dikiranya batu mulia, padahal dulunya onggokan
kotoran onta.
So, mari kita bahas apa yang menjadi pokok pembicaraan di
sini…
Allah ta’ala berfirman:
عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا
مَحْمُودًا
"Mudah-mudahan Rabbmu mengangkatmu
ke tempat yang terpuji" [QS : Al-Israa’ : 79].
Terkait dengan ayat tersebut, ada satu
riwayat penafsiran di kalangan salaf:
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ، ثنا ابْنُ فُضَيْلٍ،
عَنْ لَيْثٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ: عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
قَالَ: يُقْعِدُهُ مَعَهُ عَلَى الْعَرْشِ "
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr :
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Fudlail, dari Laits, dari Mujaahid tentang
firman Allah ta’ala : ‘Mudah-mudahan Rabbmu mengangkatmu ke tempat yang
terpuji" (QS : Al-Israa’ : 79), ia (Mujaahid) berkata : “Allah mendudukkan
beliau (Nabi ﷺ) bersama-Nya di atas
‘Arsy” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah no. 695].
Diriwayatkan juga oleh Al-Khallaal dalam
As-Sunnah no. 255 (Ibnu Abi syaibah) & 256 Ibnu Mandah dalam Adz-Dzikr hal.
99-100 no. 70 dari jalan Abu Bakr bin Abi Syaibah.
Abu Bakr bin Abi Syaibah mempunyai
mutaba’aat dari ‘Utsmaan bin Abu Syaibah, Al-‘Alaa’ bin ‘Utsmaan, Abu Hammaam,
Abul-Hudzail, Muhammad bin ‘Abdillah bin Numair, Ishaaq bin Rahuyah/Rahawaih,
Muhammad bin ‘Umar Al-Mishshiishiy, Al-Haarits bin Syuraih, ‘Aliy bin
Al-Mundzir Ath-Thariiqiy, ‘Aliy bin Harb Al-Maushiiliy, ‘Abbaad bin Ya’quub
Al-Asadiy, dan ‘Abdullah bin Sa’iid Abu Sa’iid; sebagaimana diriwayatkan oleh
Al-Khallaal dalam As-Sunnah no. 251 & 256 & 279 & 280 & 283
& 288 & 310, Ath-Thabariy dalam Tafsiir-nya 17/529, Al-Aajuriiy dalam
Asy-Syarii’ah 2/368 no. 1160-1162, dan Ibnu Mandah dalam Adz-Dzikr hal. 99-100
no. 70.
Dalam sebagian riwayat disebutkan dengan
lafadh:
يُجْلِسُهُ مَعَهُ عَلَى الْعَرْشِ
“Mendudukkan beliau (Nabi ﷺ - yujlisuhu)
bersama-Nya di atas ‘Arsy”.
Ibnu Fudlail adalah Muhammad bin Fudlail
bin Ghazwaan Adl-Dlabbiy, seorang yang tsiqah [Tahrirut-Taqriib, 3/306-307 no.
6227].
Al-Laits bin Abi Sulaim, seorang yang
shaduuq, namun lemah dalam hapalannya, mudltharibul-hadiits [selengkapnya :
Tahdziibul-Kamaal, 24/279-288 no. 5017].
Mujaahid bin Jabr Al-Makkiy, seorang yang
tsiqah lagi imam di bidang tafsir [Taqriibut-Tahdziib, hal. 921 no. 6523].
Sebagian ulama melemahkan riwayat Mujaahid
ini karena faktor Al-Laits bin Abi Sulaim. Ini tidak benar. Riwayat Al-Laits
bin Abi Sulaim dari Mujaahid dalam tafsiir adalah shahih, karena periwayatannya
tersebut melalui perantaraan kitab/catatan Al-Qaasim bin Abi Bazzah. Ibnu
Hibbaan rahimahullah menjelaskan:
ما سمع التفسير عن مجاهد أحد غير القاسم بن أبى
بزة نظر الحكم بن عتيبة وليث بن أبى سليم وابن أبى نجيح وابن جريج وابن عيينة في
كتاب القاسم ونسخوه ثم دلسوه عن مجاهد
“Tidak ada seorang pun yang mendengar
tafsir dari Mujaahid kecuali Al-Qaasim bin Abi Bazzah. Lalu Al-Hakam bin
‘Utaibah, Laits bin Abi Sulaim, Ibnu Abi Najiih, Ibnu Juraij, dan Ibnu ‘Uyainah
melihat kitab kitab Al-Qaasim, dan kemudian mereka menyalinnya dan mentadlisnya
dari Mujaahid (yaitu dengan menggugurkan Al-Qaasim – Abul-Jauzaa’)”
[Masyaahiiru ‘Ulamaail-Amshaar, hal. 176 no. 1153].
Al-Qaasim bin Abi Bazzah adalah seorang
yang tsiqah.
Yang menguatkan itu adalah penerimaan
para ulama mutaqaddimiin atas riwayat Al-Laits bin Abi Sulaim dari Mujaahid
ini, dan bahkan mereka mengingkari dengan keras orang-orang yang menolaknya.
Akan saya sebutkan diantaranya, terutama yang ‘jenderal-jenderal’-nya.
1.
Ahmad bin Hanbal rahimahullah:
قَدْ تَلَقَّتْهَا الْعُلَمَاءُ بِالْقَبُولِ،
نُسَلِّمُ الأَخْبَارَ كَمَا جَاءَتْ
“Sungguh para ulama telah mendapatkan khabar tersebut
dengan penuh penerimaan. Kami tunduk/berserah diri terhadap khabar-khabar
tersebut sebagaimana datangnya” [Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam As-Sunnah
no. 284].
Catatan : Al-Imaam Ahmad bin Hanbal rahimahullah menerima
khabar Laits dari Mujaahid ini, meskipun beliau men-jarh Al-Laits bin Abi
Sulaim dengan : ‘mudltharibul-hadiits, tidak kuat, dla’iiful-hadiits jiddan,
banyak salahnya, dan lain-lain [Mausuu’ah Aqwaal Al-Imaam Ahmad bin Hanbal,
3/207-208 no. 2231]. Ini sebagai indikasi kuat bahwa riwayat Laits bin Abi
Sulaim khusus dari Mujaahid dalam Tafsiir adalah shahih.
2. Abu Daawud
As-Sijistaaniy rahimahullah (w. 275 H) berkata:
أَرَى أَنْ يُجَانَبَ كُلُّ مَنْ رَدَّ حَدِيثَ
لَيْثٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ: يُقْعِدُهُ عَلَى الْعَرْشِ "، وَيُحَذَّرُ عَنْهُ،
حَتَّى يُرَاجِعَ الْحَقَّ
“Aku berpandangan untuk menjauhi semua
orang yang menolak hadits Laits, dari Mujaahid : ‘Allah mendudukkan beliau ﷺ di atas ‘Arsy’;
mentahdzirnya hingga ia kembali kepada kebenaran” [Diriwayatkan oleh
Al-Khallaal dalam As-Sunnah no. 276].
3.
‘Abdullah bin Ahmad bin Hanbal rahimahumullah (w. 290 H) berkata:
سَمِعْتُ هَذَا الْحَدِيثَ مِنْ جَمَاعَةٍ، وَمَا
رَأَيْتُ أَحَدًا مِنَ الْمُحَدِّثِينَ يُنْكِرُهُ، وَكَانَ عِنْدَنَا فِي وَقْتٍ
مَا سَمِعْنَاهُ مِنَ الْمَشَايِخِ أَنَّ هَذَا الْحَدِيثَ إِنَّمَا تُنْكِرُهُ
الْجَهْمِيَّةُ
“Aku mendengar hadits ini dari sekelompok
ulama, dan aku tidak melihat seorang pun dari muhadditsiin mengingkarinya. Dan
pada saat ini, apa yang kami dengar dari para masyayikh bahwa hadits ini
hanyalah diingkari oleh Jahmiyyah” [Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam
As-Sunnah no. 280].
4.
Abu Bakr bin Hammaad Al-Muqri’ rahimahullah (w. 267 H):
مَنْ ذُكِرَتْ عِنْدَهُ هَذِهِ الأَحَادِيثُ
فَسَكَتَ فَهُوَ مُتَّهَمٌ عَلَى الإِسْلامِ، فَكَيْفَ مَنْ طَعَنَ فِيهَا؟
“Barangsiapa yang disebut di sisinya
hadits ini lalu ia diam (abstain), maka ia tertuduh di atas Islam. Lantas,
bagaimana halnya dengan orang yang malah mencelanya ?” [Diriwayatkan oleh
Al-Khallaal dalam As-Sunnah no. 257].
Ia merupakan salah seorang pembesar di
kalangan murid-murid Ahmad bin Hanbal [Taariikh Baghdaad, 3/76-77 no. 690].
5.
Abu Ja’far Ad-Daqiiqiy rahimahullah (w.266 H):
مَنْ رَدَّهَا فَهُوَ عِنْدَنَا جَهْمِيُّ،
وَحُكْمُ مَنْ رَدَّ هَذَا أَنْ يُتَّقَى
“Barangsiapa yang menolaknya (riwayat
Mujaahid), maka ia di sisi kami adalah Jahmiy (penganut paham Jahmiyyah), dan
hukum bagi orang yang menolak riwayat ini adalah dijauhi/dikucilkan”
[Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam As-Sunnah no. 257].
Abu Ja’far Ad-Daqiiqiy, namanya adalah
Muhammad bin ‘Abdil-Malik bin Marwaan bin Al-Hakam Al-Waasithiy, Abu Ja’far
Ad-Daqiiqiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-11, lahir tahun 185 H,
dan meninggal tahun 266 H di Baghdaad. Dipakai oleh Abu Daawud dan Ibnu Maajah
[Tahriirut-Taqriib, 3/284 no. 6101].
6.
‘Abbaas Ad-Duuriy rahimahullah (w. 271 H):
لا يَرُدُّ هَذَا إِلا مُتَّهَمٌ
“Tidak ada yang menolak riwayat ini
kecuali orang yang tertuduh (agamanya)” [Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam
As-Sunnah no. 257].
‘Abbaas Ad-Duuriy adalah seorang imam
masyhur, murid utama Yahyaa bin Ma’iin rahimahumullah.
7.
Ishaaq bin Rahawaih rahimahullah (w. 238 H):
الإِيمَانُ بِهَذَا الْحَدِيثِ وَالتَّسْلِيمُ
لَهُ
“(Wajib) beriman terhadap hadits/riwayat
ini dan tunduk kepadanya”
dalam riwayat lain:
مَنْ رَدَّ هَذَا الْحَدِيثَ فَهُوَ جَهْمِيُّ
“Barangsiapa yang menolak hadits ini,
maka ia adalah Jahmiy” [Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam As-Sunnah no. 257].
Ishaaq bin Rahawaih adalah seorang imam
besar kaum muslimin lagi tsiqah [referensi : https://goo.gl/uBDvKn].
8.
Ibraahiim Al-Ashbahaaniy rahimahullah (w. 266 H) berkata:
هَذَا الْحَدِيثُ حَدَّثَ بِهِ الْعُلَمَاءُ
مُنْذُ سِتِّينَ وَمِائَةِ سَنَةٍ، وَلا يَرُدُّهُ إِلا أَهْلُ الْبِدَعِ
“Hadits ini telah diriwayatkan oleh para
ulama sejak 160 tahun, dan tidak ada yang menolaknya kecuali ahli bid’ah”
[Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam As-Sunnah no. 257].
Ibraahiim bin Aruumah Abu Ishaaq
Al-Ashbahaaniy seorang haafidh agung di masanya yang aqidahnya lurus [Al-Kaamil
fidl-Dlu’afaa’ oleh Ibnu ‘Adiy 1/232-233 dengan catatan kaki muhaqqiq-nya].
9.
Hamdaan bin ‘Aliy rahimahullah (w. 272 H) berkata:
كَتَبْتُهُ مُنْذُ خَمْسِينَ سَنَةً، وَمَا
رَأَيْتُ أَحَدًا يَرُدُّهُ إِلا أَهْلُ الْبِدَعِ
“Aku telah menulis riwayat tersebut sejak
50 tahun lalu, dan tidaklah aku melihat seorang pun yang menolaknya kecuali
ahli-bid’ah” [Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam As-Sunnah no. 257].
Hamdaan (bin ‘Aliy) adalah laqab dari
Muhammad bin ‘Aliy bin ‘Abdillah bin Mihraan Al-Baghdaadiy Al-Warraaq; seorang
tsiqah, haafidh, dan merupakan pembesar di kalangan murid Ahmad bin Hanbal
rahimahumullah [Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 13-49-50 no. 36].
10.
Haaruun bin Ma’ruuf Al-Marruuziy rahimahullah (w. 231) berkata:
لَيْسَ يُنْكِرُ حَدِيثَ ابْنِ فُضَيْلٍ، عَنْ
لَيْثٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، إِلا الْجَهْمِيَّةُ
“Tidak ada yang mengingkari hadits Ibnu
Fudlail, dari Laits, dari Mujaahid kecuali Jahmiyyah” [Diriwayatkan oleh
Al-Khallaal dalam As-Sunnah no. 260].
Haaruun bin Ma’ruuf adalah seorang yang
tsiqah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1015 no. 7291].
11.
Abu Bakr bin Ishaaq Ash-Shaaghaaniy rahimahullah (w. 270 H) berkata:
لا أَعْلَمُ أَحَدًا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ
مِمَّنْ تَقَدَّمَ، وَلا فِي عَصْرِنَا هَذَا إِلا وَهُوَ مُنْكِرٌ لِمَا أَحْدَثَ
التِّرْمِذِيُّ مِنْ رَدِّ حَدِيثِ مُحَمَّدِ بْنِ فُضَيْلٍ، عَنْ لَيْثٍ، عَنْ
مُجَاهِدٍ فِي قَوْلِهِ: "عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
قَالَ: يُقْعِدُهُ عَلَى الْعَرْشِ "، فَهُوَ عِنْدَنَا جَهْمِيُّ، يُهْجَرُ
وَنَحْذِرُ عَنْهُ.
“Aku tidak mengetahui seorang pun dari
kalangan ulama terdahulu maupun yang hidup di jaman sekarang ini kecuali mereka
mengingkari apa yang dikatakan At-Tirmidziy[1] tentang penolakannya terhadap
hadits Muhammad bin Fudlail, dari Laits, dari Mujaahid tentang firman Allah
ta’ala : ‘Mudah-mudahan Rabbmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji" (QS :
Al-Israa’ : 79), dimana Mujaahid berkata : ‘Allah mendudukkan beliau (Nabi ﷺ) di atas ‘Arsy’. Ia
(yaitu orang yang menolak riwayat Mujaahid – Abul-Jauzaa’) di sisi kami adalah
Jahmiy yang perlu diboikot dan ditahdzir” [Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam
As-Sunnah no. 275].
Muhammad bin Ishaaq bin Ja’far, Abu Bakr
Ash-Shaaghaaniy; seorang yang imam yang tsiqah lagi tsabat [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 824 no. 5758].
12. Al-Jurairiy
rahimahullah (w. 144 H) berkata:
وَقَدْ أَتَى عَلَيَّ نَيِّفٌ وَثَمَانُونَ
سَنَةً مَا عَلِمْتُ أَنَّ أَحَدًا رَدَّ حَدِيثَ مُجَاهِدٍ إِلا جَهْمِيُّ،
وَقَدْ جَاءَتْ بِهِ الأَئِمَّةُ فِي الأَمْصَارِ، وَتَلَقَّتْهُ الْعُلَمَاءُ
بِالْقَبُولِ مُنْذُ نَيِّفٍ وَخَمْسِينَ وَمِائَةِ سَنَةٍ، وَبَعْدُ فَإِنِّي لا
أَعْرِفُ هَذَا التِّرْمِذِيَّ، وَلا أَعْلَمُ أَنِّي رَأَيْتُهُ عِنْدَ
مُحَدِّثٍ، فَعَلَيْكُمْ رَحِمَكُمُ اللَّهُ بِالتَّمَسُّكِ بِالسُّنَّةِ
وَالاتِّبَاعِ
“Sungguh telah lebih dari 80 tahun, aku
tidak mengetahui seorang pun yang menolak hadits Mujaahid kecuali Jahmiy. Para
imam di penjuru negeri dan ulamanya mendapati hadits itu dengan penuh
penerimaan semenjak lebih dari 150 tahun. Dan setelah itu, aku tidak mengenal
At-Tirmidziy ini, tidak pula mengetahui bahwa aku pernah melihatnya di sisi
muhaddits. Maka wajib bagi kalian – semoga Allah merahmati kalian – untuk
berpegang teguh kepada Sunnah dan ittibaa’” [Diriwayatkan oleh Al-Khallaal
dalam As-Sunnah no. 275].
Al-Jurariy adalah Sa’iid bin Iyaas
Al-Jurairiy, Abu Mas’uud Al-Bashriy; seorang imam yang tsiqah
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 374 no. 2286].
13.
Abu Bakr Yahyaa bin Abi Thaalib rahimahullah (w. 275 H) berkata:
لا أَعْرِفُ هَذَا الْجَهْمِيَّ الْعَجَمِيَّ، لا
نَعْرِفُهُ عِنْدَ مُحَدِّثٍ، وَلا عِنْدَ أَحَدٍ مِنْ إِخْوَانِنَا، وَلا
عَلِمْتُ أَحَدًا رَدَّ حَدِيثِ مُجَاهِد
“Aku tidak mengenal orang Jahmiy ‘Ajamiy
ini (maksudnya At-Tirmidziy - Abul-Jauzaa’). Kami juga tidak mengenalnya di
kalangan muhaddits, tidak pula di kalangan seorang pun dari saudara-saudara
kami (ulama Ahlus-Sunnah). Aku tidak mengetaui seorang pun yang menolak hadits
Mujaahid” [Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam As-Sunnah no. 275].
Abu Bakr Yahyaa bin Abi Thaalib, seorang
imam muhaddits yang ‘aalim.
14.
Dan lain-lain.
Perkataan di atas mengisyaratkan adanya
ijmaa’ atas penerimaan atsar Mujaahid dari waktu ke waktu. Menunjukkan tashhiih
mereka (Ahlus-Sunnah) atas riwayat itu, sekaligus menggambarkan apa dan
bagaimana pemahaman mereka dalam permasalahan ini. Para ulama Ahlus-Sunnah
mutaqaddimiin menetapkan sifat ‘duduk’ bagi Allah ta’ala, dan
mengklasifikasikan siapa saja yang menyelisihi mereka waktu itu sebagai ahli
bid’ah dari kalangan Jahmiyyah dan Zanaadiqah.
Sejarah ‘Wahabi’ belum terbuat ketika
riwayat Mujaahid ini muncul[2], sehingga tidak adil rasanya Wahabi selalu
menjadi ‘onta merah’[3].
Al-Aajurriy rahimahullah berkata:
فَقَدْ تَلَقَّاهَا الشُّيُوخُ مِنْ أَهْلِ
الْعِلْمِ وَالنَّقْلِ لِحَدِيثِ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ
تَلَقَّوْهَا بِأَحْسَنِ تَلَقٍّ، وَقَبِلُوهَا بِأَحْسَنِ قَبُولٍ، وَلَمْ
يُنْكِرُوهَا، وَأَنْكَرُوا عَلَى مَنْ رَدَّ حَدِيثَ مُجَاهِدٍ إِنْكَارًا
شَدِيدًا وَقَالُوا: مَنْ رَدَّ حَدِيثَ مُجَاهِدٍ فَهُوَ رَجُلُ سُوءٍ
قُلْتُ: فَمَذْهَبُنَا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ
قَبُولُ مَا رَسَمْنَاهُ فِي هَذِهِ الْمَسْأَلَةِ مِمَّا تَقَدَّمَ ذِكْرُنَا
لَهُ، وَقَبُولُ حَدِيثِ مُجَاهِدٍ، وَتَرْكُ الْمُعَارَضَةِ وَالْمُنَاظَرَةِ فِي
رَدِّهِ.
“Para senior dari kalangan ulama dan ahli
hadits Nabi ﷺ telah mendapatkannya
dengan sebaik-baiknya, serta menerimanya dengan sebaik-baik penerimaan tanpa
mengingkarinya. Mereka mengingkari orang-orang yang menolak hadits Mujaahid
dengan pengingkaran yang sangat keras. Mereka berkata : ‘Barangsiapa yang
menolak hadits Mujaahid, maka ia orang yang jelek. Aku (Al-Aajurriy) berkata :
Madzhab kami, walhamdulillah, adalah menerima apa yang telah kami gambarkan
dalam permasalahan ini sebagaimana yang telah kami sebutkan sebelumnya; serta
menerima hadits Mujaahid, meninggalkan penentangan dan perdebatan dalam
membantahnya” [Asy-Syarii’ah, 2/367].
Ibnu Taimiyyah rahimahumallah berkata:
إذَا تَبَيَّنَ هَذَا فَقَدْ حَدَثَ الْعُلَمَاءُ
الْمَرْضِيُّونَ وَأَوْلِيَاؤُهُ الْمَقْبُولُونَ : أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُجْلِسُهُ رَبُّهُ عَلَى الْعَرْشِ
مَعَهُ . رَوَى ذَلِكَ مُحَمَّدُ بْنُ فَضِيلٍ عَنْ لَيْثٍ عَنْ مُجَاهِدٍ ؛ فِي
تَفْسِيرِ : { عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا } وَذَكَرَ
ذَلِكَ مِنْ وُجُوهٍ أُخْرَى مَرْفُوعَةٍ وَغَيْرِ مَرْفُوعَةٍ قَالَ ابْنُ
جَرِيرٍ : وَهَذَا لَيْسَ مُنَاقِضًا لِمَا اسْتَفَاضَتْ بِهِ الْأَحَادِيثُ مِنْ
أَنَّ الْمَقَامَ الْمَحْمُودَ هُوَ الشَّفَاعَةُ بِاتِّفَاقِ الْأَئِمَّةِ مِنْ
جَمِيعِ مَنْ يَنْتَحِلُ الْإِسْلَامَ وَيَدَّعِيه لَا يَقُولُ إنَّ إجْلَاسَهُ
عَلَى الْعَرْشِ مُنْكَرًا. وَإِنَّمَا أَنْكَرَهُ بَعْضُ الْجَهْمِيَّة وَلَا
ذَكَرَهُ فِي تَفْسِيرِ الْآيَةِ مُنْكَرٌ
“Apabila hal ini telah jelas, maka para
ulama yang diridlai dan para wali yang diterima mengatakan : Bahwasannya
Muhammad Rasulullah ﷺ telah didudukkan Rabbnya
di atas ‘Ars bersama-Nya. Muhammad bin Fudlail telah meriwayatkannya dari
Laits, dari Mujaahid dalam tafsir firman Allah ta’ala : ‘Mudah-mudahan Rabbmu
mengangkatmu ke tempat yang terpuji" (QS : Al-Israa’ : 79), dan ia
menyebutkannya juga dari jalan lain yang marfuu’ maupun bukan marfuu’. Ibnu
Jariir berkata : ‘Penafsiran ini tidaklah bertentangan dengan hadits-hadits
yang telah tersebar bahwasannya al-maqaam al-mahmuud (tempat yang terpuji)
adalah syafa’at, berdasarkan kesepakatan para imam dan orang-orang yang mengaku
beragama Islam. Ia (Ibnu Jariir) tidak mengatakan bahwa riwayat Allah
mendudukkan beliau di atas ‘Arsy adalah munkar. Yang mengingkarinya adalah
sebagian orang Jahmiyyah. Tidak pula ia menyebutkan dalam tafsir ayat itu
munkar” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 4/374].
Al-Qaadliy Abu Ya’aa menukil beberapa
bait syi’ir dari Ad-Daaraquthniy dan Ibnul-‘Allaaf Adl-Dlariir rahimahumullah
yang isinya membenarkan riwayat Mujaahid [lihat : Ibthaalut-Ta’wiilaat,
2/492-493 no. 465-466].
Apakah kita akan menyelisihi atau bahkan
menentang apa yang menjadi pemahaman salaf ?. Insya Allah tidak. Kita
menetapkan sifat Allah tersebut tanpa tahrif, ta’thil, tamtsil, dan takyif.
Kalau kemudian ada orang yang melabeli stiker Wahabi Mujassimah, sesat, dan
menyesatkan kepada kita karena mengikuti pemahaman salaf, tak perlu sakit
kepala. Semoga saja mereka segera sadar dari mabuk fosil kotoran
onta…..
Wallaahu a’lam, semoga ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – ahad hening, 17:14 –
12032017 - berlanjut ke Sifat Duduk (Juluus) - 2].
[1]
Bukan Al-Imaam Muhammad bin ‘Iisaa At-Tirmidziy, penulis kitab As-Sunan.
[2]
Malahan, nenek moyang kelompok tukang jual stiker dan cap ‘Wahabi’ ini
belum lahir di dunia.
[3]
Saya tidak mengatakan ‘kambing hitam’.
Sifat
Duduk (Juluus) – 2
Tulisan ini merupakan kelanjutan dari
tulisan Bagian Pertama yang membahas tentang sifat ‘Duduk’ (Juluus), dan akan
saya ambilkan secara ringkas dari referensi kutub Ahlis-Sunnah.
Allah ta’ala berfirman:
ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ
“Kemudian Dia beristiwaa’ menuju langit” [QS.
Al-Fushshilat : 11].
An-Nasaa’iy rahimahullah membuat satu bab dalam kitab
As-Sunan Al-Kubraa (10/245) dengan ayat tersebut, kemudian membawakan hadits
berikut:
أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ، عَنِ
ابْنِ وَهْبٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي ابْنُ جُرَيْجٍ، أَنَّ أَبَا الزُّبَيْرِ
أَخْبَرَهُ، أَنَّ عَلِيًّا الأَسَدِيَّ أَخْبَرَهُ، أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ
عُمَرَ أَعْلَمَهُ، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ كَانَ
إِذَا اسْتَوَى عَلَى بَعِيرِهِ، خَارِجًا إِلَى سَفَرٍ كَبَّرَ ثَلاثًا، وَقَالَ:
" سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ { 13
} وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ { 14 } ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ
فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى،
اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ،
اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الأَهْلِ،
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ،
وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الأَهْلِ وَالْمَالِ "
Telah mengkhabarkan kepada kami Sulaimaan
bin Daawud, dari Ibnu Wahb, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku Ibnu
Juraij : Bahwasannya Abuz-Zubair mengkhabarkan kepadanya: Bahwasannya ‘Aliy
Al-Asadiy mengkhabarkan kepadanya : Bahwasannya ‘Abdullah bin ‘Umar
memberitahukan kepadanya : Bahwasannya Rasulullah ﷺ apabila berada
(duduk) di atas kudanya (istiwaa ‘alaa ba’iirihi) keluar untuk safar
(bepergian), maka beliau bertakbir tiga kali dan mengucapkan : “Maha Suci Tuhan
yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu
menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami’ (QS.
Az-Zukhruf : 13-14). Ya Allah, sesungguhnya kami mohon kepada-Mu dalam safar
kami ini kebaikan dan ketakwaan, serta amal yang Engkau ridlai. Ya Allah,
ringankanlah perjalanan ini kepada kami dan dekatkan jaraknya untuk kami. Ya
Allah, Engkau adalah teman dalam safar, pengganti dalam keluarga. Ya Allah,
sesungguhnya, aku berlindung kepada-Mu dari beratnya perjalanan, pandangan yang
menyedihkan, dan buruknya keadaan ketika kembali, baik mengenai keluarga dan
harta” [As-Sunan Al-Kubraa, 10/245-246 no. 11.402].
Hadits ini menunjukkan kepada kita bahwa
salah satu makna istiwaa’ secara bahasa adalah duduk.
حَدَّثَنِي أَبِي رَحِمَهُ اللَّهُ، قَالَ:
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ خَلِيفَةَ، عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: "
إِذَا جَلَسَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى عَلَى الْكُرْسِيِّ سُمِعَ لَهُ أَطِيطٌ كَأَطِيطِ
الرَّحْلِ الْجَدِيدِ "
Telah menceritakan kepadaku ayahku, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan, dari Sufyaan, dari Abu
Ishaaq, dari ‘Abdullah bin Khaliifah, dari ‘Umar radliyallaahu ‘anhu, ia
berkata : “Apabila Allah tabaaraka wa ta’ala duduk di atas kursi, maka
terdengarlah suara seperti suara seseorang yang baru duduk” [As-Sunnah hal. 301
no. 575].
حَدَّثَنِي أَبِي، نا وَكِيعٌ، بِحَدِيثِ
إِسْرَائِيلَ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ خَلِيفَةَ، عَنْ
عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: " إِذَا جَلَسَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ
عَلَى الْكُرْسِيِّ "
فَاقْشَعَرَّ رَجُلٌ سَمَّاهُ أَبي عِنْدَ
وَكِيعٍ فَغَضِبَ وَكِيعٌ وَقَالَ: أَدْرَكْنَا الأَعْمَشَ وَسُفْيَانَ
يُحَدِّثُونَ بِهَذِهِ الأَحَادِيثِ لا يُنْكِرُونَهَا
Telah menceritakan kepadaku ayahku :
Telah menceritakan kepada kami Wakii’ tentang hadits Israaiil, dari Abu Ishaaq,
dari ‘Abdullah bin Khaliifah, dari ‘Umar radliyallaahu ‘anhu, ia berkata :
‘Apabila Rabb ‘azza wa jalla duduk di atas kursi’.
Maka gemetaranlah seorang laki-laki -
yang namanya disebutkan ayahku - di sisi Wakii’, sehingga Wakii’ marah
(karenanya). Ia (Wakii’) berkata : “Kami menjumpai Al-A’masy dan Sufyaan
(Ats-Tsauriy) menceritakan hadits ini tanpa ada pengingkaran terhadapnya”
[Diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Ahmad bin Hanbal dalam As-Sunnah hal. 302 no.
578].
‘Abdullah bin Ahmad bin Hanbal
rahimahumullah sebelum membawakan riwayat ‘Abdullah bin Khaliifah di atas
berkata:
سئل عما روي في الكرسي وجلوس الرب عز وجل عليه
584 - رَأَيْتُ
أَبِيَ رَحِمَهُ اللَّهُ يُصَحِّحُ هَذِهِ الْأَحَادِيثَ أَحَادِيثَ الرُّؤْيَةِ
وَيَذْهَبُ إِلَيْهَا وَجَمَعَهَا فِي كِتَابٍ وَحَدَّثَنَا بِهَا
“Ditanyakan (kepada ayahku) tentang apa
yang diriwayatkan perihal kursi dan duduknya Rabb ‘azza wa jalla di atasnya.
584. Aku melihat ayahku (Ahmad bin
Hanbal) rahimahullah menshahihkan hadits-hadits ini, yaitu hadits-hadits
tentang ru’yah, mengambil pendapat kepadanya, mengumpulkannya dalam kitab, dan
meriwayatkannya” [As-Sunnah hal. 300].
Sebagian ulama men-ta’liil riwayat ini, dan
sebagian lain menshahihkannya[1]. Namun yang benar, riwayat ini adalah mauquuf
shahih (dari perkataan ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu) sebagaimana
dikatakan oleh Al-Imaam Ahmad rahimahullah di atas. Meskipun mauquuf, dihukumi
marfuu' karena tidak mungkin perkataan 'Umar ini datang dari ijtihadnya.
Adz-Dzahabiy rahimahullah berkata:
وهذا الحديث صحيح عند جماعة من المحدثين.....فإذا
كان هؤلاء الأئمة: أبو إسحاق السبيعي، والثوري، والأعمش، وإسرائيل، وعبد الرحمن بن
مهدي، وأبو أحمد الزبيري، ووكيع، وأحمد بن حنبل، وغيرهم ممن يطول ذكرهم وعددهم
الذين هم سُرُج الهدى ومصابيح الدجى قد تلقوا هذا الحديث بالقبول وحدثوا به، ولم
ينكروه، ولم يطعنوا في إسناده، فمن نحن حتى ننكره ونتحذلق عليهم؟، بل نؤمن به ونكل
علمه إلى الله عز وجل
“Hadits ini shahih menurut sekelompok
ahli hadits…… Apabila para imam seperti Abu Ishaaq As-Sabii’iy, Ats-Tsauriy,
Al-A’masy, Israaiil, ‘Abdurrahman bin Mahdiy, Abu Ahmad Az-Zubairiy, Wakii’,
Ahmad bin Hanbal, dan lainnya yang jumlahnya banyak, yang mereka itu adalah
penerangan yang memberikan petunjuk serta pelita bagi kegelapan; mereka
mendapatkankan hadits ini dengan penuh penerimaan, meriwayatkannya tanpa ada
pengingkaran, serta tidak pula mereka mencela sanadnya, maka siapakah diri kita
hingga kita (berani) mengingkarinya dan menyusahkan diri terhadapnya ?. Bahkan
kita harus mengimaninya dan menyerahkan ilmunya[2] kepada Allah ‘azza wa jalla”
[Al-‘Arsy, 2/121-122].
Allah ta’ala berfirman:
الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى
“Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang
ber-istiwaa’ di atas 'Arsy” [QS. Thaha : 4].
Tentang ayat tersebut, terdapat beberapa
riwayat tentang penafsiran istiwaa’ sebagai berikut:
قال الخلال: أخبرنا أبو بكر المروذي قال: سمعت
عبدالوهاب يقول: { الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى } قال: قعد
Telah berkata Al-Khallaal : Telah mengkhabarkan
kepada kami Abu Bakr Al-Marwadziy, ia berkata : Aku mendengar ‘Abdul-Wahhaab
tentang firman Allah : ‘Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang ber-istiwaa’ di atas
'Arsy’ (QS. Thaha : 4), ia berkata : “Duduk” [Dibawakan oleh Ad-Dasytiy
Al-Hanbaliy dalam Itsbaatil-Hadd lillaah hal. 180 no. 50 dan Ibnu Taimiyyah
dalam Bayaan Talbiis Al-Jahmiyyah 1/435].
Tentang ‘Abdul-Wahhaab (Al-Warraaq),
Al-Fath bin Abil-Fath pernah bertanya kepada Al-Imaam Ahmad bin Hanbal
rahimahumallah ketika sakit:
مَنْ نَسْأَلُ بَعْدَكَ؟
“Siapakah yang layak kami tanyai setelah
engkau wafat?”.
Al-Imaam Ahmad bin Hanbal rahimahullah
menjawab:
سَلْ عَبْدَ الْوَهَّابِ
“Bertanyalah kepada ‘Abdul-Wahhaab”
[Diriwayatkan oleh Al-Marwadziy dalam Az-Zuhd no. 3 – baca juga referensi : https://goo.gl/vHOZgh].
ثَنَا مُوسَى، ثَنَا رَوحُ بنُ عُبَادَةَ، عن
حَمَّاد بن سَلَمَة، عَن عَطَاء بن السائب، عن الشعبي عن عبد الله [رَضِيَ اللهُ
عَنْهُ] أَنَّهُ قَالَ : (الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى)، فَقَالَ :
جَالِس
Telah menceritakan kepada kami Muusaa :
Telah menceritakan kepada kami Rauh bin ‘Ubaadah, dari Hammaad bin Salamah,
dari ‘Athaa’ bin As-Saaib, dari Asy-Sya’biy, dari ‘Abdullah, tentang firman-Nya
: ‘‘Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang ber-istiwaa’ di atas 'Arsy’ (QS. Thaha : 4),
ia berkata : “Duduk” [Diriwayatkan oleh Al-Hakam bin Ma’bad dalam Ar-Ru’yah
sebagaimana dibawakan oleh Ad-Dasytiy Al-Hanbaliy dalam Itsbaatil-Hadd lillaah
hal. 173 no. 47].
Hammaad bin Salamah seorang yang tsiqah
lagi ahli ibadah. Hanya saja ia berubah hapalannya di akhir usianya. Tidak
diketahui kapan Rauh bin ‘Ubaadah mengambil riwayat darinya, sebelum ataukah
setelah masa ikhtilath-nya. Namun Muslim mengambil riwayat Rauh dari Hammaad
bin Salamah dalam kitab Shahiih-nya. Periwayatan ‘Aamir Asy-Sya’biy dari
‘Abdullah bin Mas’uud adalah mursal sebagaimana dijelaskan oleh Al-‘Alaaiy, dan
Asy-Sya’biy tidak meriwayatkan kecuali dari orang yang tsiqah sebagaimana
dikatakan Yahyaa bin Ma’iin[3].
حدثنا محمد بن حاتم، ثنا الفضل بن عباس، ثنا عبد
الرحمن بن ثابت، عن يزيد بن هارون، عن عباد بن منصور، قال: سألت الحسن وعكرمة، عن
قوله { الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى}، قالا: جالس
Telah menceritakan kepada kami Muhammad
bin Haatim[4] : Telah menceritakan kepada kami Al-Fadhl bin ‘Abbaas[5] : Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan bin Tsaabit[6], dari Yaziid bin
Haaruun[7], dari ‘Abbaad bin Manshuur[8], ia berkata : Aku bertanya kepada
Al-Hasan dan ‘Ikrimah tentang firman-Nya ta’ala : ‘Tuhan Yang Maha Pemurah,
Yang ber-istiwaa’ di atas 'Arsy’ (QS. Thaha : 4), mereka berdua berkata :
“Duduk” [Diriwayatkan oleh Al-Hakam bin Ma’bad dalam Ar-Ru’yah sebagaimana
dibawakan oleh Ad-Dasytiy Al-Hanbaliy dalam Itsbaatil-Hadd lillaah hal. 174 no.
48 dan Fathul-Hamiid fii Syarh Kitaabit-Tauhiid hal. 1675].
Riwayat ini lemah karena faktor ‘Abbaad
bin Manshuur An-Naajiy.
Abu Muusaa Al-Madiiniy rahimahullah
berkata:
سألتُ أبا القاسم إسماعيل بن محمد يومًا، وقلت
له: أليس قد رُوي عن ابن عباس في قوله تعالى: اسْتَوَى، قعد؟، قال: نعم.
Aku pernah bertanya kepada Abul-Qaasim
Ismaa’iil bin Muhammad pada suatu hari. Aku katakan kepadanya : “Bukankah telah
diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbaas tentang firman-Nya ta’ala : ‘istiwaa’ , yaitu
duduk ?”. Ia menjawab : “Ya benar” [Taariikhul-Islaam oleh Adz-Dzahabiy].
Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah
rahimahullah berkata:
واذا كان قعود الميت فى قبره ليس هو مثل قعود
البدن فما جاءت به الآثار عن النبى من لفظ القعود والجلوس فى حق الله تعالى كحديث
جعفر بن أبى طالب رضى الله عنه وحديث عمر بن الخطاب رضى الله عنه وغيرهما أولى أن
لا يماثل صفات أجسام العباد
“Apabila duduknya mayit di kuburnya bukan
seperti duduknya badan, maka yang terdapat dalam atsar-atsar dari Nabi ﷺ tentang lafadh
qu’uud dan juluus (duduk) dari hak Allah ta’ala – seperti hadits Ja’far bin Abi
Thaalib radliyallaahu ‘anhu, hadits ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu
‘anhu, dan yang lainnya – lebih layak untuk tidak dibawa (kepada pemahaman)
sifat badan manusia” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 5/527].
Asy-Syaikh ‘Abdurrahmaan bin Naashir
As-Sa’diy rahimahullah berkata:
فكذلك
نثبت أنّه استوى على عرشه استواء يليق بجلاله سواء فُسِّر ذلك بالإرتفاع أو بعلوّه
على عرشه ، أو بالإستقرار أو بالجلوس .فهذه التّفاسير واردة عن السلف
“Begitu pula kita menetapkan bahwa Allah
ber-istiwaa’ di atas ‘Arsy-Nya yang layak dengan keagungan-Nya. Sama saja
apakah itu ditafsirkan dengan irtifaa’ atau dengan ketinggiannya di atas
‘Arsy-Nya, atau dengan istiqraar, atau dengan juluus (duduk). Berbagai
penafsiran ini semuanya datang dari salaf…..” [Al-Ajwibatus-Sa’diyyah
‘anil-Masaailil-Kuwaitiyyah, hal. 147].
Kesimpulan : Duduk adalah salah satu
makna dari kata istiwaa’, dan ini merupakan sifat yang ada pada Allah ta’ala.
Wallaahu a’lam.
Abul-Jauzaa’ – sore yang gelap di
seberang lautan, 17032017
[1]
Beberapa ulama men-ta’liil riwayat ini, diantaranya Ad-Daaraquthniy, Ibnu
Khuzaimah, Al-Ismaa’iiliy, Ibnul-Jauziy, Ibnu Katsiir, Al-Albaaniy, dan yang
lainnya. Ta’liil tersebut dengan sebab:
a.
Idlthiraab
Sebagian diriwayatkan secara mauquuf,
marfuu’, dan mursal (tanpa penyebutan ‘Umar), yang semuanya berporos pada Abu
Ishaaq, dari ‘Abdullah bin Khaliifah. Sufyaan Ats-Tsauriy dan Syu’bah[1] secara
mauquuf, sedangkan Israaiil bin Abi Ishaaq meriwayatkan secara marfuu’, mursal,
dan mauquuf. Satu riwayat dihukumi idllthiraab apabila tidak dapat dilakukan
tarjiih, sedangkan tarjiih di sini sangat memungkinkan untuk dilakukan. Riwayat
mauquuf yang dibawakan Sufyaan dan Syu’bah jauh lebih kuat daripada riwayat
Israaiil yang padanya terdapat perselisihan. Oleh karena itu, yang mahfuudh
dalam riwayat Abu Ishaaq, dari ‘Abdullah bin Khaliifah, dari ‘Umar adalah
mauquuf.
b.
Majhuul-nya ‘Abdullah bin Khaliifah
Ini tidak valid dengan alasan:
i. Riwayat
‘Abdullah bin Khaliifah telah dishahihkan oleh Ahmad bin Hanbal sebagaimana
diriwayatkan oleh ‘Abdullah. Ditetapkan juga oleh Wakii’, Al-A’masy, dan
Sufyaan.
Penshahihan terhadap riwayat (dengan sanadnya) ekuivalen
dengan penshahihan (tautsiq) terhadap para perawinya.
ii. ‘Abdullah
bin Khaliifah adalah seorang yang dlaabith dalam periwayatan, diantaranya
ditunjukkan dengan dua riwayat berikut:
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ أَبِي
إِسْحَاقَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ خَلِيفَةَ، عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ،
أَنَّهُ انْقَطَعَ شِسْعُهُ فَاسْتَرْجَعَ، وَقَالَ: " كُلُّ مَا سَاءَكَ
مُصِيبَةٌ "
Telah menceritakan kepada kami Wakii’,
dari Sufyaan, dari Abu Ishaaq, dari ‘Abdullah bin Khaliifah, dari ‘Umar bin
Al-Khaththaab : Bahwasannya tali sandalnya pernah putus, lalu ia ber-istirjaa’
(mengucapkan innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun – Abul-Jauzaa’), dan
mengatakan : “Semua hal yang menyusahkanmu adalah musibah” [Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Syaibah no. 27063 dan darinya ‘Abdullah bin Ahmad dalam Az-Zuhd no.
1211].
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى، قَالَ:
أَخْبَرَنَا شَيْبَانُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ
الْمُسَيِّبِ، قَالَ: انْقَطَعَ قُبَالُ عُمَرَ، فَقَالَ: " إِنَّا لِلَّهِ
وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ "، فَقَالُوا: يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ،
أَفِي قُبَالِ نَعْلِكَ؟ قَالَ: " نَعَمْ، كُلُّ شَيْءٍ أَصَابَ الْمُؤْمِنَ
يَكْرَهُهُ فَهُوَ مُصِيبَةٌ "
Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaid bin
Muusaa, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Syaibaan, dari Manshuur,
dari Mujaahid, dari Sa’iid bin Al-Musayyib, ia berkata : “Tali sandal ‘Umar
pernah putus, lalu ia mengucapkan : “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.
Orang-orang berkata : “Wahai Amiirul-Mukminiin, apakah (ucapan istirjaa’ itu)
disebabkan karena tali sandalmu (yang putus) ?”. Ia (‘Umar) berkata : “Ya,
semua hal yang menimpa seorang mukmin yang ia tidak menyukainya, maka itu
adalah musibah” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no. 27064].
Riwayat ‘Abdullah bin Khaliifah
berkesesuaian dengan riwayat Ibnul-Musayyib – dan ia seorang imam yang tsiqah
lagi tsabt – sehingga ini menunjukkan sifat dlabth darinya.
iii.
Terputusnya riwayat ‘Abdullah bin Khaliifah dari ‘Umar.
Hal ini sebagaimana dikatakan Ibnu
Katsiir yang mengatakan periwayatan ‘Abdullah bin Khaliifah dari ‘Umar perlu
diteliti kembali. Ta’liil Ibnu Katsiir ini tidak benar, karena telah shahih
pertemuan ‘Abdullah bin Khaliifah dengan ‘Umar, dan kemudian meriwayatkan
darinya sebagaimana riwayat:
حَدَّثَنَا أَبُو الأَحْوَصِ، عَنْ أَبِي
إِسْحَاقَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ خَلِيفَةَ، قَالَ: كُنْتُ مَعَ عُمَرَ فِي
جِنَازَةٍ فَانْقَطَعَ شِسْعُهُ فَاسْتَرْجَعَ ثُمَّ قَالَ: " كُلُّ مَا سَاءَكَ
مُصِيبَةٌ "
Telah menceritakan kepada kami
Abul-Ahwash, dari Abu Ishaaq, dari ‘Abdullah bin Khaliifah, ia berkata : Aku
pernah bersama ‘Umar dalam pemakaman seorang jenazah. Tali sandalnya putus,
lalu ia ber-istirjaa’ dan kemudian berkata : “Semua hal yang menyusahkanmu
adalah musibah” [Diriwayatkan oleh Hanaad bin As-Sariy dalam Az-Zuhd no. 423].
Selain itu, ‘Abdullah bin Khaliifah
adalah seorang kibaarut-taabi’iin yang berstatus mukhdlaram (= orang yang
pernah hidup pada masa jahiliyyah dan kemudian masuk Islam, namun tidak pernah
bertemu dengan Nabi ﷺ). Tentu saja hal ini
sangat memungkinkan bagi dirinya untuk bertemu dengan ‘Umar radliyallaahu
‘anhu.
Tulisan ini sekaligus merupakan koreksi
atas komentar saya dalam Blog ini beberapa waktu lalu, wal-‘ilmu ‘indallah…..
[2]
Yaitu tentang kaifiyat-nya.
[3]
Hanya saja ia (Asy-Sya’biy) meriwayatkan dari Al-Haarits Al-A’war yang
dikritik banyak ulama, dan ini merupakan satu aib dalam periwayatannya.
[4]
Muhammad bin Haatim bin Yuunus Al-Jarjaraaiy Al-Mishiishiy, Abu Ja’far
Al-‘Aabid, seorang yang tsiqah. Wafat tahun 225 H [Taqriibut-Tahdziib, hal. 834
no. 5832].
[5]
Al-Fadhl bin ‘Abbaas Al-Baghdaadiy, seorang yang tsiqah [idem, hal. 783
no. 5441].
[6]
‘Abdurrahmaan bin Tsaabit bin Tsaubaan Al-‘Ansiy, Abu ‘Abdillah
Asy-Syaamiy Ad-Dimasyqiy Az-Zaahid; seorang yang shaduuq hasanul-hadiits. Lahir
tahun 75 H dan meninggal tahun 165 H [Taqriibut-Tahdziib, hal. 572 no. 3844,
Man Tukullima fiihi Wahuwa Muwatstsaqun au Shaalihul-Hadiits oleh Adz-Dzahabiy
hal. 324-325 no. 206, dan Tahriirut-Taqriib, 2/309-310 no. 3820].
Catatan :
Perkataan Abu Haatim rahimahullah :
و تغير عقله فى آخر حياته ، و هو مستقيم الحديث
“Berubah akalnya di akhir kehidupannya,
namun ia adalah seorang yang mustaqiimul-hadiits” [Tahdziibut-Tahdziib, 6/151].
Perkataan ini tidak mengandung
konsekuensi haditsnya ditolak dengan sebab ikhtilaath, kareba Abu Haatim
sendiri melanjutkan : ‘hawuwa mustaqiimul-hadiits’. Artinya, ikhtilaath-nya
tersebut tidak mempengaruhi hadits yang disampaikannya. Di tempat lain ia
sendiri mengatakan : “Tsiqah”.
[7]
Yaziid bin Haaruun bin Zaadzaan As-Sulamiy, Abu Khaalid Al-Waasithiy;
seorang yang tsiqah, mutqin, lagi ahli ibadah. Meninggal tahun 206 H
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 1084 no. 7842].
[8]
‘Abbaad bin Manshuur An-Naajiy, seorang yang dla’iif, berubah hapalan di
akhir usianya [Tahriirut-Taqriib, 2/180-181 no. 3142].