Oleh : Abu ‘Utsmaan
Ismaa’iil bin ‘Abdirrahmaan Ash-Shaabuuniyrahimahullaah (373 – 449 H)
Ada baiknya jika saya tuliskan sedikit
pemaparan biografi Al-Imam Abu ‘Utsman Ash-Shaabuuniy rahimahullah.
“Beliau adalah Abu ‘Utsmaan Ismaa’iil bin
‘Abdirrahmaan bin Ahmad bin Ismaa’iil bin ‘Aamir bin ‘Aabid Ash-Shaabuuniy
An-Naisaabuuriy, Al-Haafidh, Al-Mufassir, Al-Muhadiits, Al-Faqiih, Al-Mulaqqib,
Syaikhul-Islaam. Lafadh ‘Ash-Shaabuuniy’ dinisbatkan kepada pekerjaan beliau
sebagai pembuat/pedagang sabun, sebagaimana disebutkan
oleh As-Sam’aaniy rahimahullah dalam kitab Al-Ansaab.
Dilahirkan pada pertengahan bulan Jumadil-Akhir
373 H.
Diantara guru
beliau rahimahullah yang terkenal adalah :
1. Al-Haakim An-Naisaburiy, Abu
‘Abdillah – penulis kitab Al-Mustadrak ‘alash-Shahihain.
2. Abi Thaahir Muhammad bin Al-Fadhl
bin Muhammad bin Ishaaq bin Khuzaimah.
3. Abu Muhammad Al-Hasan bin Ahmad
bin Muhammad bin Mikhlad Asy-Syaibaniy An-Naisaburiy.
4. Abul-Hasan Ahmad bin Muhammad bin
‘Umar Az-Zaahid.
5. Dan yang lainnya.
Adapun murid-murid
beliau rahimahullah yang terkenal antara lain :
1. Abul-Qaasim ‘Aliy bin Muhammad
bin ‘Aliy bin Ahmad bin Abil-‘Alaa’ As-Sulamiy Al-Mushiishiy Al-Faqiih Asy-Syaafi’iy;
seorang faqih lagi tsiqah.
2. Abu Shaalih Al-Muadzdzin Ahmad
bin ‘Abdil-Malik bin ‘Aliy bin Ahmad An-Naisaburiy Al-Haafidh.
3. Abu Muhammad ‘Abdil-‘Aziiz bin
Ahmad bin Muhammad At-Taimiy Ad-Dimasyqiy Al-Kattaaniy; seorang
imam, muhaddits, lagi mutqin.
4. Dan yang lainnya.
Pujian ulama terhadap
beliau rahimahullah :
1. Al-Imam Abu Bakr
Al-Baihaqiy rahimahullah :
إنه إمام المسلمين حقاً وشيخ الإسلام صدقاً ،
وأهل عصره كلهم مذعنون لعلو شأنه في الدين والسيادة وحسن الاعتقاد وكثرة العلم
ولزوم طريقة السلف
“Beliau adalah imam kaum muslimin yang
sebenar-benarnya, seorang Syaikhul-Islam sejati. Semua orang di masanya mengakui
ketinggian beliau dalam agama, kemuliaannya, kebaikan ‘aqidahnya, keluasan
ilmunya, dan kesungguhannya dalam hal kewajiban meniti jalan salaf”.
2. Al-Imam Ibnu
Naashiruddin rahimahullah :
كان إماماً حافظاً عمدة مقدماً في الوعظ والأدب
وغيرهما من العلوم وحفظة للحديث وتفسير القرآن
“Beliau adalah seorang imam, haafidh,
seorang pemimpin yang didahulukan dalam nasihat, adab, dan yang lainnya pada
bidang ilmu, hafalan hadits, serta tafsir Al-Qur’an”.
3. Al-Haafidh
Adz-Dzahabiy rahimahullah :
الواعظ، المفسر، المصنف، أحد الأعلام، كان شيخ
خرسان في زمانه.
“Ahli pemberi nasihat, mufassir, dan
penulis. Beliau juga salah seorang tokoh terkemuka, sekaligus penghulu ulama
Khurasan”.
Beliau wafat pada bulan Muharram tahun
449 H.
[selesai]
Adapun penjelasan mengenai ciri-ciri
Ahlul-Bid’ah sebagaimana tercantum dalam kitab beliau yang berjudul
: ‘Aqiidatus-Salaf Ashhaabil-Hadiits adalah sebagai berikut :
١٦٢
- وعلامات البدع على أهلها بادية ظاهرة ، وأظهر آياتهم وعلاماتهم : شدة
معاداتهم محملة أخبار النبي - صلى الله عليه وسلم- ، واحتقارهم
لهم [واستخفافهم بهم] ، وتسميتهم إياهم حشوية ، وجهلة ، وظاهرية ،
ومشبهه . اعتقادا منهم في أخبار رسول الله - صلى الله عليه وسلم- أنها بمعزل عن
العلم ، وأن العلم ما يلقيه الشيطان إليهم من نتائج عقولهم الفاسدة ، ووساوس
صدورهم المظلمة ، وهو أجس قلوبهم الخالية من الخير ،[وكلماتهم] وحججهم بل
شبههم الداحضة الباطلة. (أُوْلَئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ
فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَى أَبْصَارَهُمْ). (وَمَن يُهِنِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِن
مُّكْرِمٍ إِنَّ اللَّهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاء).
162 – Dan ciri-ciri yang dimiliki oleh Ahli
Bid’ah itu amatlah jelas dan terang. Yang paling menonjol di antaranya adalah :
Besarnya antipati mereka terhadap para pembawa riwayat
hadits-hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, melecehkan mereka,
[merendahkan mereka], bahkan menggelari mereka
sebagai hasyawiyyah (tukang hapal catatan kaki), orang-orang
jahil, dhahiriyyah (tekstual), dan musyabbihah. Semua itu
didasari keyakinan mereka bahwa hadits-hadits Rasulullah shallalaahu
‘alaihi wa sallamitu terpisah dari ilmu. Dan ilmu (menurut mereka) adalah
apa-apa yang dijejalkan setan kepada mereka, hasil dari olah akal mereka yang
rusak, waswas dari hati mereka yang gelap, imajinasi mereka yang hampa dari
kebenaran, serta [berbagai kalimat] dan hujjah mereka yang lemah dan bathil.
Allah telah berfirman : “Mereka itulah
orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan
dibutakan-Nya penglihatan mereka” (QS. Muhammad : 23). “Dan
barang siapa yang dihinakan Allah maka tidak seorang pun yang memuliakannya.
Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki” (QS. Al-Hajj : 18).
١٦٣
- سمعت الحاكم أبا عبد الله الحافظ يقول : سمعت أبا على الحسين بن علي الحافظ
يقول ، سمعت جعفر بن أحمد بن سنان الواسطي يقول ، سمعت أحمد بن سنان القطان يقول :
(ليس في الدنيا مبتدع إلا وهو يبغض أهل الحديث ، فإذا ابتدع الرجل نزعت حلاوة
الحديث من قلبه) .
163 – Aku mendengar Al-Haakim Abu ‘Abdillah
Al-Haafidh berkata : Aku mendengar Abu ‘Aliy Al-Husain bin ‘Aliy Al-Haafidh
berkata : Aku mendengar Ja’far bin Ahmad bin Sinaan Al-Waasithiy berkata : Aku
mendengar Ahmad bin Sinaan Al-Qaththaan berkata : “Tidak
ada seorang mubtadi’ di dunia ini kecuali ia membenci Ahlul-Hadits.
Karena bila ada seorang yang berbuat bid’ah, maka akan dicabut manisnya ilmu
hadits dalam hatinya”.
١٦٤
- وسمعت الحاكم يقول سمعت أبا الحسين محمد بن أحمد الحنظلي ببغداد يقول ،
سمعت [أبا إسماعيل]محمد بن إسماعيل الترمذي يقول : كنت أنا وأحمد بن الحسن
الترمذي عند إمام الدين أبي عبد الله أحمد بن حنبل ؛ فقال له أحمد بن الحسن : يا
أبا عبد الله ذكروا لابن أبي قتيلة بمكة أصحاب الحديث فقال : أصحاب الحديث قوم سوء
فقام أحمد بن حنبل وهو ينفض ثوبه ويقول : زنديق ! زنديق ! [زنديق] : حتى دخل البيت
.
164 – Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) mendengar
Al-Haakim berkata : Aku mendengar Abu Al-Husain Muhammad bin Ahmad Al-Handhaliy
berkata di Baghdaad : Aku mendengar [Abu Isma’il] Muhammad bin Isma’il
At-Tirmidziy berkata : “Aku dan Ahmad bin Al-Hasan At-Tirmidziy pernah berada
di sisi Imaamuddiin Abu ‘Abdillah Ahmad bin Hanbal. Maka Ahmad bin Al-Hasan
berkata kepadanya : ‘Wahai Abu ‘Abdillah, orang-orang pernah menyebut Ahli
Hadits di hadapan Ibnu Abi Qutailah. Maka ia (Ibnu Abi Qutailah) berkata : ‘Para Ahli Hadits (Ashhaabul-Hadiits) adalah satu kaun yang
jelek’. Maka Ahmad bin Hanbal berdiri sambil mengibaskan pakaiannya
seraya berkata : ‘Zindiq, zindiq, [zindiq] !’,
hingga ia masuk rumah”.
١٦٥
- وسمعت الحاكم أبا عبد الله يقول ، سمعت أبا نصر أحمد بن سهل الفقيه ببخارى
يقول ، سمعت أبا نصر بن سلام الفقيه يقول:(ليس شيء أثقل على أهل الإلحاد ، ولا
أبغض إليهم من سماع الحديث وروايته بإسناده ).
165 – Aku mendengar (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy)
Al-Haakim Abu ‘Abdillah berkata : Aku mendengar Abu Nashr Ahmad bin Sahl,
seorang faqih negeri Bukhara, berkata :Aku mendengar Abu Nashr bin Salaam
Al-Faqiih berkata : “Tidak ada satu hal yang lebih
berat dan dibenci oleh Ahlul-Ilhaad (pengingkar/atheis/Ahli Bid’ah)
daripada mendengarkan hadits dan meriwayatkan dengan sanadnya”.
١٦٦
- وسمعت الحاكم يقول : سمعت الشيخ أبا بكر أحمد بن إسحاق بن أيوب الفقيه –
وهو يناظر رجلاً – فقال الشيخ أبو بكر : حدثنا فلان ، فقال له الرجل : دعنا من
حدثنا إلى متى حدثنا ؟ فقال الشيخ له : قم يا كافر ، فلا يحل لك أن
تدخل داري بعد هذا أبداً. ثم التفت إلينا وقال : ما
قلت [قط] لأحد قط ما تدخل داري إلا هذا.
166 – Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) mendengar
Al-Haakim berkata : Aku mendengar Asy-Syaikh Abu Bakr Ahmad bin Ishaaq bin
Ayyuub Al-Faqiih – saat itu ia tengah berdebat dengan seorang laki-laki - .
Maka berkatalah Asy-Syaikh Abu Bakr : “Haddatsanaa Fulaan (Telah
menceritakan kepada kami Fulan)”. Laki-laki tersebut berkata kepadanya : “Tinggalkan kami dari perkataan haddatsanaa. Sampai kapan
kita menyebut haddatsanaa ?”. Syaikh Abu Bakr berkata : “Berdirilah wahai kafir ! Tidak halal bagimu untuk
memasuki rumahku setelah ini untuk selamanya”. Kemudian ia (Asy-Syaikh
Abu Bakr) menoleh kepada kami dan berkata : “Aku
tidak pernah berkata pada seorang pun untuk tidak masuk ke rumahku kecuali pada
orang ini”.
١٦٧
- سمعت [الأستاذ] أبا منصور محمد بن عبد الله ابن حمشاد العالم
الزاهد [رحمه الله] يقول ، سمعت أبا القاسم جعفر بن أحمد المقرى الرازي
يقول : قرئ على عبد الرحمن بن أبي حاتم الرازي وأنا أسمع : سمعت أبي يقول – عنى به
الإمام في بلده أبا حاتم محمد بن إدريس الحنظلي الرازي – يقول : ( علامة أهل البدع
الوقيعة في أهل الأثر وعلامة الزنادقة : تسميتهم أهل الأثر حشوية ، يريدون بذلك
إبطال الآثار . وعلامة القدرية : تسميتهم أهل السنة مجبرة . وعلامة
الجهمية : تسميتهم أهل السنة مشبهة . وعلامة الرافضة : تسميتهم أهل الأثر
نابتة وناصبة .
167 – Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) mendengar
[Al-Ustadz] Abu Manshuur Muhammad bin ‘Abdillah bin Himsyaad Al-’Aalim
Az-Zaahid [rahimahullah] berkata : Aku mendengar Abul-Qaasim Ja’far bin Ahmad
Al-Muqriy Ar-Raaziy berkata : Pernah dibacakan kepada ‘Abdurrahman bin Abi
Haatim Ar-Raaziy, dan waktu itu aku mendengarkannya : Aku mendengar ayahku
berkata – yang dimaksudkan adalah penghulu ulama di negerinya, yaitu Abu
Haatim Muhammad bin Idriis Al-Handhaliy Ar-Raaziy berkata - : “Tanda-tanda Ahli Bid’ah adalah mencela Ahlul-Atsar.
Tanda-tanda Zanaadiqah adalah penamaan mereka
terhadap Ahlul-Atsar dengan Hasyawiyyah. Mereka memaksudkan hal
itu untuk membatalkan/menolak atsar. Tanda-tanda Qadariyyah adalah penamaan
mereka terhadap Ahlus-Sunnah dengan Mujabbirah(=Jabriyyah, golongan yang
hanya bergantung kepada taqdir). Tanda-tanda Jahmiyyah adalah penamaan mereka
kepada Ahlus-Sunnah dengan Musyabbihah. Dan tanda-tanda Raafidlah adalah
penamaan mereka kepada Ahlul-Atsar dengan Naabitah serta Naashibah”.
١٦٨
- قلت : وكل ذلك عصبية ، ولا يلحق أهل السنة إلا اسم واحد ؛ وهو أهل الحديث
168 – Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) berkata :
“Semuanya itu dikarenakan nashabiyyah (fanatisme
golongan). Tidak ada sebutan yang pantas bagi Ahlus-Sunnah melainkan
satu saja, yaitu : Ahlul-Hadiits”.
١٦٩
- قلت : أنا رأيت أهل البدع في هذه الأسماء التي لقبوا بها أهل
السنة - [ولا يلحقهم شيء منها فضلا من الله ومنة] - ؛ سلكوا معهم مسلك
المشركين [لعنهم الله] مع رسول الله - صلى الله عليه وسلم - فإنهم
أقتسموا القول فيه : فسماه بعضهم ساحراً وبعضهم كاهنا وبعضهم شاعراً وبعضهم
مجنوناً وبعضهم مفتوناً وبعضهم مفتريا مختلقاً كذاباً ، وكان النبي - صلى
الله عليه وسلم - من تلك المعائب بعيداً بريئاً ، ولم يكن إلا رسولاً
مصطفى نبياً ، قال الله عز وجل : (انظُرْ كَيْفَ ضَرَبُوا لَكَ الأَمْثَالَ
فَضَلُّوا فَلاَ يَسْتَطِيعُونَ سَبِيلاً ).
169 – Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) berkata :
“Aku memandang para Ahli Bid’ah dalam penamaan ini yang kemudian mereka
gelarkan dengannya kepada Ahlus-Sunnah – [namun dengan karunia dan keutamaan
Allah, tidak sedikitpun yang pantas disandarkan kepada mereka] adalah mengikuti
jalan kaum musyrikin [semoga Allah melaknat mereka] terhadap
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Mereka membagi-bagi perkataan
di dalamnya. Sebagian mereka menamakan beliau dengan tukang sihir, sebagian
lagi dengan dukun, sebagian lagi dengan tukang syair, sebagian lagi dengan
orang gila, sebagian lagi dengan orang yang terfitnah, sebagian lagi dengan
pembual, orang yang mengada-ada, lagi pendusta. Padahal Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallamberlepas diri dan jauh dari segala aib tersebut. Beliau
hanyalah seorang Rasul dan Nabi yang terpilih. Allah ‘azza wa
jalla telah berfirman : ‘Perhatikanlah,
bagaimana mereka membuat perbandingan-perbandingan tentang kamu, lalu sesatlah
mereka, mereka tidak sanggup (mendapatkan) jalan (untuk menentang kerasulanmu)’ (QS.
Al-Furqaan : 9)”.
١٧٠
- وكذلك المبتدعة خذلهم الله اقتسموا القول في حملة أخباره ، ونقله أثاره ، ورواة
أحاديثه المقتدين بسنته [المعروفين بأصحاب الحديث]، فسماهم بعضهم حشوية ، وبعضهم
مشبهة ، وبعضهم نابتة ، وبعضهم ناصبة وبعضهم جبرية. وأصحاب الحديث عصامة من هذه
المعائب بريئة ، زكية نقية ، وليسوا إلا أهل السنة المضية ، والسيرة المرضية ،
والسبل السوية ، والحجج البالغة القوية ، قد وفقهم الله جل جلاله لإتباع كتابه ،
ووحيه وخطابه [واتباع أقرب أوليائه] ، والاقتداء برسوله - صلى الله عليه وسلم - في
أخباره ، التي أمر فيها أمته بالمعروف من القول والعمل ، وزجرهم فيها عن المنكر
منها ، وأعانهم على التمسك بسيرته ، والاهتداء بملازمة سنته ، [وجعلهم من أتباع
أقرب أوليائه - وأكرمهم وأعزهم عليه] وشرح صدورهم لمحبته ، ومحبة أئمة شريعته ،
وعلماء أمته .
ومن أحب قوماً فهو منهم يوم القيامة يحكم [قول]
رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : ( المرء مع من أحب ) ...
170 – Demikian pula
dengan Mubtadi’ (Ahli Bid’ah) – semoga Allah tidak menolong mereka –
membagi-bagi perkataan kepada para pembawa khabar (hadits), penukil atsar,
perawi hadits yang mengikuti sunnah-sunnah beliau shallallaahu ‘alaihi wa
sallam[yang dikenal dengan nama Ashhaabul-Hadiits]. Sebagian Ahli Bid’ah menamakan mereka
dengan Hasyawiyyah, sebagian lagi dengan Musyabbihah, sebagian lagi
denganNaabitah, sebagian lagi dengan Naashibah, dan sebagian lagi
dengan Jabriyyah. PadahalAshhaabul-Hadiits terbebas, berlepas
diri, dan bersih dari segala macam aib/cela ini. Tidak
ada sebutan bagi mereka kecuali pengikut sunnah yang terang, perjalanan yang
diridlai, jalan kehidupan yang lurus, dan hujjah yang terang lagi kuat. Sungguh
Allahjalla jalaaluhu telah menguatkan mereka untuk mengikuti (ittiba’)
Kitab-Nya, wahyu-Nya, dan firman-Nya; [mengikuti jejak para wali-Nya],
meneladani Rasul-Nyashallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam setiap khabar
beliau sebagaimana diketahui bahwa hal itu beliau perintahkan kepada umatnya
dalam perkataan maupun perbuatan, serta mencegah mereka untuk berbuat
kemunkaran. Allah juga menolong mereka untuk dapat berpegang teguh pada
perjalanan hidup beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam, meneladani dan
konsekuen pada sunnah-sunnah beliau. [Dan Allah pun menjadikan siapa
saja yang mengikuti syari’at-Nya sebagai wali-wali-Nya yang paling dekat - yang
paling mulia dan terhormat]. Allah juga melapangkan dada mereka untuk mencintai
beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam, para imam/pemimpin syari’at-Nya,
dan para ulama umat. Barangsiapa yang mencintai suatu kaum, maka ia termasuk
bagian dari mereka di hari kiamat kelak, dengan dasar [sabda]
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :‘Seseorang itu bersama
orang yang ia cintai’ “.
[Selesai].
Bahan bacaan :
1. ‘Aqiidatus-Salaf
Ashhaabil-Hadiits oleh Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy, hal. 116-120, tahqiq :
Badr bin ‘Abdillah Al-Badr; Maktabah Al-Ghurabaa’ Al-Atsariyyah, Cet. 2/1415 H,
Madinah].
2. Syarh ‘Aqiidatis-Salaf wa
Ashhaabil-Hadiits li-Abi ‘Utsman Ash-Shaabuniy oleh Dr. Khaalid bin ‘Aliy
Al-Musyaiqih - www.Almoshaiqeh.com.
3. Aqidah Salaf Ashabul-Hadits,
terjemah oleh : Abu Umar Basyir Al-Maidani, hal. 184-194; Pustaka At-Tibyan,
Solo].
[Ditulis oleh Abu Al-Jauzaa’ Al-Jawiy –
pekan pertama bulan Rajab 1430 H].
Tuduhan Keji Ahlul Bid'ah !!
- Ustadz Dr Firanda Andirja, MA
https://youtu.be/NjdAKpa3gTk
Pandangan Ibnu Taimiyah; “Ahlus Sunnah wal
Jama’ah kebalikannya Ahlul Bid’ah wal Firqah”
https://www.hudayasafari.com/pandangan-ibnu-taimiyah-ahlus-sunnah-wal-jamaah-kebalikannya-ahlul-bidah-wal-firqah/
https://www.hudayasafari.com/pandangan-ibnu-taimiyah-ahlus-sunnah-wal-jamaah-kebalikannya-ahlul-bidah-wal-firqah/