Nasab dan Kelahiran Ibnul Qayyim al-Jauziyah Rahimahullah
Beliau adalah Abu
Abdillah Syamsuddin Muhammad bin Abu Bakar bin Ayyub bin Sa’ad bin Hariiz bin
Maki Zainuddin az-Zura’I ad-Dimasyqi al-Hanbali. Yang lebih terkenal dengan
panggilan Ibnul Qayyim al-Jauziyah.
Perjalanan beliau dalam Menuntut Ilmu
Ibnul Qayyim
rahimahullah tumbuh berkembang di keluar yang dilingkupi dengan ilmu, keluarga
yang religius dan memiliki banyak keutamaan. Ayahanda, Abu Bakar bin Ayyub
az-Zura’i beliau adalah pengasuh di al-Madrasah al-Jauziyah. Disinilah al-Imam
Ibnul Qayyim rahimahullah belajar dalam asuhan dan bimbingan ayahanda beliau
dan dalam arahannya yang ilmiyah dan selamat.
Dalam usia yang relatif
beliau, sekitar usia tujuh tahun, Imam Ibnul Qayyim telah memulai penyimakan
hadits dan ilmu-ilmu lainnya di majlis-majlis para syaikh/guru beliau. Pada
jenjang usia ini beliau rahimahullah telah menyimak beberapa juz berkaitan
dengan Ta’bir ar-Ruyaa (Tafsir mimpi) dari syaikh beliau Syihabuddin al-‘Abir.
Dan juga beliau telah mematangkan ilmu Nahwu dan ilmu-ilmu bahasa Arab lainnya
pada syaikh beliau Abu al-Fath al-Ba’labakki, semisal Alfiyah Ibnu Malik dan
selainnya.
Beliau juga telah
melakukan perjalan ke Makkah dan Madinah selama musim haji. Dan beliau berdiam
di Makkah. Juga beliau mengadakan perjalanan menuju Mesir sebagaimana yang
beliau isyaratkan dalam kitab beliau Hidayah al-Hiyaraa dan pada kitab Ighatsah
al-Lahafaan.
Ibnu Rajab mengatakan,
“Beliau melakukan beberapa kali haji dan berdiam di Makkah. Penduduk Makkah
senantiasa menyebutkan perihal beliau berupa kesungguhan dalam ibadah dan
banyaknya thawaf yang beliau kerjakan. Hal mana merupakan suatu yang
menakjubkan yang tampak dari diri beliau.” Dan disaat di Makkah inilah beliau
menulis kitab beliau Miftaah Daar as-Sa’adah wa Mansyuur Wilayaah Ahlil-Ilmi
wal-Iradah.
Keluasan Ilmu Syaikhul
Islam Ibnul Qayyim Dan Pujian Ulama terhadap beliau
Imam Ibnul Qayyim
rahimahullah sangat menonjol dalam ragam ilmu-ilmu islam. Dalam setiap disiplin
ilmu beliau telah memberikan sumbangsih yang sangat besar.
Murid beliau, al-Hafizh
Ibnu Rajab al-Hanbali, mengatakan, “Beliau menyadur fiqh dalam mazhab Imam
Ahmad, dan beliau menjadi seorang yang menonjol dalam mazhab dan sebagai
seorang ahli fatwa. Beliau menyertai Syaikhul Islam Taqiyuddin dan menimba ilmu
darinya. Beliau telah menunjukkan kemahiran beliau dalama banyak ilmu-ilmu
Islam. Beliau seorang yang mengerti perihal ilmu Tafsir yang tidak ada
bandingannya. Dalam ilmu Ushul Fiqh, beliau telah mencapai puncaknya. Demikian
pula dalam ilmu hadits dan kandungannya serta fiqh hadits, segala detail
inferensi dalil, tidak ada yang menyamai beliau dlam hal itu. Sementara dalam
bidang ilmu Fiqh dan ushul Fiqh serta bahasa Arab, beliau memiliki jangkauan
pengetahuan yang luas. Beliau juga mempelajari ilmu Kalam dan Nahwu serta
ilmu-ilmu lainnya. Beliau seorang yang alim dalam ilmu suluk serta mengerti
secara mendalam perkataan dan isyarat-isyarat ahli tasawuf serta hal-hal
spesifik mereka. Beliau dalam dalam semua bidang keilmuan ini memiliki
jangkauan yang luas.”
Murid beliau yang lain,
yakni al-Hafizh al-Mufassir Ibnu Katsir mengatakan, “Beliau menyimak hadits dan
menyibukkan diri dalam ilmu hadits. Dan beliau menunjukkan kematangan dalam
banyak ragam ilmu Islam terlebih dalam ilmu Tafsir, hadits dan Ushul Fiqh serta
Qawa`id Fiqh. Ketika Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah kembali ke negeri Mesir,
beliau lalu mulazamah kepadanya hngga Syaikhul islam wafat. Beliau menimba ilmu
yang sangat banyak darinya disertai dengan kesibukan beliau dalam hal ilmu
sebelumnya. Akhirnya beliau adalah yang paling diunggulkan dalam banyak
ilmu-ilmu Islam, …”
Adz-Dzahabi berkata,
“Beliau telah memberikan perhatian pada ilmu hadits, matan maupun tentang hal
ihwal perawinya. Dan beliau juga berkecimpung dalam ilmu fiqh, dan membaguskan
penempatannya, …”
Ibnu Nashiruddin ad-Dimasyqi berkata, “Beliau menguasai banyak ilmu-ilmu Islam telebih dalam ilmu tafsir, ushul baik berupa inferensi zhahir maupun yang tersirat (mafhum).”
Ibnu Nashiruddin ad-Dimasyqi berkata, “Beliau menguasai banyak ilmu-ilmu Islam telebih dalam ilmu tafsir, ushul baik berupa inferensi zhahir maupun yang tersirat (mafhum).”
Al-‘Allamah ash-Shafadi
mengatakan, “Beliau sangat menyibukkan diri dengan ilmu dan dalam dialog. Juga
bersungguh-sungguh dan terfokuskan dalam menuntut ilmu. Beliau telah menulis
banyak karya ilmiyah dan menjadi salah seorang dari imam-imam terkemuka dalam
ilmu tafsir, hadits, ushul fiqh maupun ushul ilmu kalam, cabang-cabang ilmu
bahasa Arab. Syaikhul islam Ibnu Taimiyah tidaklah meninggalkan seorang murid
yang semisal dengannya.”
Pujian juga datang dari
banyak ulama besar lainnya, semisal dari imam al-‘Allamah Ibnu Taghribardi,
al-‘Allamah al-Miqriizi, al-Hafizh Ibn Hajar al-‘Asqalaani, al-Imam
asy-Suyuthi, al-‘allamah asy-Syaukani dan selainnya.
Guru-guru beliau
Berikut ini adalah
nama-nama masyaikh/guru-guru beliau yang terkenal,
Ayahanda beliau yaitu
Abu Bakar bin Ayyub bin Sa’ad az-Zura’I ad-Dimasyqi. Dimana Ibnul Qayyim
menyadur ilmu Faraidh dari beliau.
Abu Bakar bin Zainuddin
Ahmad bin Abdu ad-Daa`im bin Ni’mah an-Naabilisi ash-Shalihi. Beliau dijuluki
al-Muhtaal. (wafat 718 H)
Syaikhul Islam
Taqiyuddin Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim bin Abdissalam bin Abil-Qasim
bin Taimiyah al-Harrani ad-Dimasyqi al-Hanbali. (wafat 728 H). Beliau adalah
guru Ibnul Qayyim yang paling populer, dimana Ibnul Qayyim rahimahullah
mulazamah dalam banyak bidang-bidang keilmuan darinya.
Abu al-‘Abbas Ahmad bin
Abdurrahman bin Abdul Mun’im bin Ni’mah Syihabuddin an-Nabilisi al-Hanbali.
9wafat 697 H).
Syamsuddin abu Nashr
Muhammad bin ‘Imaduddin Abu al-Fadhl Muhammad bin Syamsuddin Abu Nashr Muhammad
bin Hibatullah al-Farisi ad-Dimasyqi al-Mizzi. (wafat 723 H)
Majduddin Abu Bakar bin
Muhammad bin Qasim al-Murasi at-Tuunisi. 9wafat 718 H)
Abu al-Fida` Ismail bin
Muhammad bin Ismail bin al-Farra` al-Harrani ad-Dimasyqi, syaikhul Hanabilah di
Damaskus. (wafat 729 H)
Shadruddin Abu al-Fida`
Ismail bin Yusuf bin Maktum bin Ahmad al-Qaisi as-Suwaidi ad-Dimasyqi (wafat
716 H)
Zainuddin Ayyub bin
Ni’mah bin Muhammad bin Ni’mah an-Naabilisi ad-Dimasyqi al-Kahhaal. (wafat 730
H).
Taqiyuddin Abu al-Fadhl
Sulaiman bin Hamzah bin Ahmad bin Umar bin qudamah al-Maqdisi ash-Shalihi
al-Hanbali. (wafat 715 H).
Syarafuddin Abdullah
bin Abdul Halim bin Taimiyah al-Harrani ad-Dimasyqi, saudara Syaikhul Islam
Ibnu Taimiyah. (wafat 727 H).
‘Alauddin Ali bin
al-Muzhaffar bin Ibrahim Abul hasan al-Kindi al-Iskandari ad-Dimasyqi. (wafat
716 H)
Syarafuddin Isa bin
Abdurrahman bin Ma’aali bin Ahmad al-Mutha’im Abu Muhammad al-Maqdisi
ash-Shalihi al-hanbali. (wafat 717 H)
Fathimah binti
asy-Syaikh Ibrahim bin Mahmud bin Jauhar al-Ba’labakki. (wafat 711 H).
Baha`uddin Abul
al-Qasim al-Qasim bin asy-Syaikh Badruddin Abu Ghalib al-Muzhaffar bin
Najmuddin bin Abu ats-Tsanaa` Mahmud bin Asakir ad-Dimasyqi. (wafat 723 H).
Qadhi Qudhaat Badruddin
Muhammad bin Ibrahim bin Sa’adullah bin Jama`ah al-Kinaani al-Hamawi
asy-Syafi’i. (wafat 733 H).
Syamsuddin Abu Abdillah
Muhammad bin Abu al-Fath bin Abu al-Fadhl al-Ba’labakki al-Hanbali. (wafat 709
H)
Shafiyuddin Muhammad
bin Abdurrahim bin Muhammad al-Armawi asy-Syafi’I al-Mutakallim al-Ushuli, Abu
Abdillah al-Hindi. (wafat 715)
Al-Hafizh Yusuf bin
Zakiyuddin Abdurrahman bin Yusuf bin Ali al-Halabi al-Mizzi ad-Dimasyqi. (wafat
742 h).
Murid-murid beliau
Ketenaran al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah
serta kedudukan ilmiyah beliau yang tinggi menjadikan banyak klangan ulama
terkenal yang mengagungkan dan berguru kepada beliau. Demikian banyak ulama dan
selain mereka yang mengambil ilmu dan berdesakan di majlis Ibnul Qayyim
rahimahullah. Dari mereka yang menimba ilmu dari Ibnul Qayyim, bermunculan para
pakar dibidang ilmu tertentu. Diantara murid-murid beliau,
Anak beliau Burhanuddin bin al-Imam Ibnul Qayyim.
Anak beliau Jamaluddin bin al-Imam Ibnul Qayyim.
Al-Hafizh al-Mufassir Abu al-Fida` Ismail bin Umar bin Katsir al-Qaisi
ad-Dimasyqi.
Al-Hafizh Zainuddin Abdurrahman bin Ahmad bin Rajab al-Hasani al-Baghdadi
al-Habali.
Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abdul hadi bin Yusuf bin
Qudamah al-Maqdisi ash-Shalihi.
Syamsuddin Abu Abdullah Muhammad bin Abdul Qadir bin Muhyiddin Utsman
al-Ja’fari an-Naabilisi al-Hanbali.
Dan lain sebagainya.
Kepribadian Syaikhul Islam Ibnul Qayyim
Syaikhul Islam Ibnul Qayyim rahimahullah, selain dikenal dengan keluasan
ilmu dan pengetahuan beliau akan ilmu-ilmu Islam, beliau juga seorang yang
tidak melupakan hubungan beliau dengan penciptanya. Adalah beliau seorang yang
dikenal dengan sifat-sifat mulia, baik dalam ibadah maupun akhlak dan prilaku
beliau. Beliau adalah seorang yang senantiasa menjaga peribadatan dan
kekhusyu’an dalam ibadah. Selalu berinabah dan menundukkan hati kepada-Nya.
Seluruh waktu beliau habis tercurah untuk wirid, dzikir dan ibadah. Beliau juga
seorang yang dikenal dengan banyaknya tahajjud, sifat wara`, zuhud, muraqabah
kepada Allah dan segala bentuk amal-amal ibadah lainnya. Kitab-kitab beliau
semisal Miftaah Daar as-Sa’adah, Madaarij as-Salikin, al-Fawaa`id, Ighatsah al-ahafaah,
thariiq al-Hijratain dan selainnya adalah bukti akan keutamaan beliau dalam hal
ini.
Al-Hafizh Ibnu Rajab al-hanbali berkata, “Adalah beliau seorang yang selalu
menjaga ibadah dan tahajjud. Beliau seringkali memanjangkan shalat hingga batas
yang lama, mendesah dan berdesis dalam dzikir, hati beliau diliputi rasa cinta
kepada-Nya, senantiasa ber-inabah dan memohon ampunan dari-Nya, berserah diri
hanya kepada Allah, … tidaklah saya pernah melihat yang semisal beliau dalam
hal itu, dan juga saya belum pernah melihat seseorang yang lebih luas wawasan
keilmuan dan pengetahuan akan kandungan makna-makna al-qur`an dan as-Sunnah
serta hakikat kimanan dari pada beliau. Beliau tidaklah ma’shum, akan tetapi
saya belum melihat semisal beliau dalam makna tersebut.”
Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata, menyifati panjangnya shalat beliau, “Saya
tidak mengetahui seorang alim di muka bumi ini pada zaman kami yang lebih
banyak ibadahnya dibandingkan dengan beliau. Beliau sangatlah memanjangkan
shalat, melamakan ruku’ dan sujud, …”
Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata menyifati diri beliau, “Beliau rahimahullah,
biasanya setelah mengerjakan shalat shubuh duduk ditempat beliau berdzikir
kepada Allah hingga hari telah meninggi.”
Dan adalah beliau –Ibnul Qayyim- berkata, “Dengan kesabaran dan kemiskinan akan teraih kepemimpinan dalam hal agama.”
Dan beliau juga berkata, “Haruslah bagi seorang yang meniti jalan hidayah memiliki kemauan kuat yang akan mendorongnya dan mengangkatnya serta ilmu yang akan menjadikannya mengerti/yakin dan memberinya hidayah/petunjuk.”
Dan adalah beliau –Ibnul Qayyim- berkata, “Dengan kesabaran dan kemiskinan akan teraih kepemimpinan dalam hal agama.”
Dan beliau juga berkata, “Haruslah bagi seorang yang meniti jalan hidayah memiliki kemauan kuat yang akan mendorongnya dan mengangkatnya serta ilmu yang akan menjadikannya mengerti/yakin dan memberinya hidayah/petunjuk.”
Sementara akhlak dan kepribadian beliau dalam mu’amalah, sebagaimana yang
disampaikan oleh al-Hafizh Ibnu Katsir, “Beliau seorang yang sangat indah
bacaan al-qur`an-nya serta akhlak yang terpuji. Sangat penyayang, tidak
sekalipun bliau hasad kepada seseorang dan tidka juga menyakitinya. Beliau
tidak pernah mencerca dan berlaku dengki kepada siapapun juga. Saya sendiri
adalah orang yang paling dekat dan paling mencintai beliau.”
Beliau juga mengatakan, “Dan sebagian besa ryang tampak pada diri beliau adalah keaikan dan akhlak yang shalih.”
Beliau juga mengatakan, “Dan sebagian besa ryang tampak pada diri beliau adalah keaikan dan akhlak yang shalih.”
Karya Ilmiah beliau
Karya ilmiyah syaikhul islam Ibnul Qayyim sangatlah banyak dan dalam
berbagai jenis disiplin keilmuan. Asy-Syaikh al-‘Allamah Bakr bin Abu Zaid
mengumpulkan karya ilmiyah beliau dan mencapai 96 judul, diantaranya yang
populer,
Kitab Zaad al-Ma’ad al-hadyu ilaa Sabiil ar-Rasyaad.
A’laam al-Muwaqqi’in
‘an Rabbil ‘alamiin.
Ahkaam Ahli
adz-Dzimmah.
Madaarij as-Saalikin.
Tuhfah al-Maudud bi-Ahkaam al-mauluud.
Ath-Thuruq al-Hukmiyah fii as-Siyasah asy-Syar’iyah.
Ighatsah al-Lahafaan.
Ash-Shawaa`iq al-Mursalah ‘ala al-Jahmiyah wal-Mu’aththilah.
Al-Furusiyah.
Ash-shalah wa Hukmu Taarikihaa.
Ijtima’ al-Juyusy al-Islamiyah ‘ala Ghazwi al-Mu’aththliah wal-Jahmiyah.
Syifa`u al-‘alil fii Masaa`il al-Qadha` wal-Qadar wal-Hikmah wat-Ta’liil.
Al-Kafiyah asy-Syafiyah fii al-Intishar lil-Firqah an-Najiyah.
‘Iddah ash-Shabirina wa Dzakhirah asy-Syakirin.
Ad-Daa`u wad-Dawaa’u
Bada’I al-Fawaa`id.
Al-Fawaa`id
Miftaah Daar as-Sa’adah
Al-Manaar al-Muniif fii ash-Shahih wadh-Dha’if.
Tahdzib Sunan Abi Dawud wa iidhah Muskilaatihi wa ‘Ilalihi.
Hidayah al-Hiyaara fii Ajwibah al-Yahuud wan-Nashaara.
Dan masih banyak lagi
lainnya.
Wafat beliau
Beliau wafat pada malam
kamis pada tanggal tiga belas Rajab pada sat adzan isya tahun 751 H. Dimana
beliau telah memasuki usia enam puluh tanuh. Dan beliau dishalatkan pada
keesokan harinya di masjid jami’ al-Umawi setelah shalat dhuhur. Dan beliau
dimakamkan di pemakaman al-Bab ash-shaghir disambing makam ibnuda beliau.
Pemakaman beliau turut dipersaksikan oleh para qadhi, kaum terkemuka,
tokoh-tokoh agama dan pemerintahan serta orang-orang yang shalih dan khalayak
ramai. Semoga Allah merahmati beliau dan melapangkan kediaman beliau dialam
berikutnya.
Ditulis oleh :
Al-Ustadz Rishky Abu Zakariya melaluiAhlussunnah-jakarta.com
Publish ulang dan
penataan bahasa www.KisahMuslim.com