Syi’ah mengatakan :
Tidak boleh menggelari orang selain ‘Ali radhiyallaahu ‘anhu dengan sebutan
Amirul-Mu’minin (bahkan mereka meriwayatkan tentang kafirnya orang yang
menggelari Amirul-Mu’minin selain ‘Ali radhiyallaahu ‘anhu).
Bobroknya ‘Aqidah dan ajaran mereka telah menjadikan mereka buta dan ghuluw
terhadap salah seorang diantara khalifah2 kaum muslimin, dan menjadikan sebutan
Amirul-Mu’minin itu hanya khusus bagi ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallaahu ‘anhu.
Kemudian dengan konyolnya mereka mencela, dan bahkan menyatakan riwayat tentang
kafirnya orang yang menyebut orang selain ‘Ali bin Abu Thalib radhiyallaahu
‘anhu dengan sebutan Amirul-Muminin.
Ibnu Syahr mengatakan dalam kitab Manaqib-nya :
ولم يجوز أصحابنا أن يُطلق هذا اللفظ لغيره من الأئمة عليهم السلام
“Sahabat2 kami tidak membolehkan untuk memutlakan gelar ini kepada orang selain
‘Ali, meskipun ia adalah dari kalangan imam2 ‘alaihissalaam.”
Al-Amili mengatakan :
ولقب أمير المؤمنين "عليه السلام" خاص بعلي، لا يحق لأحد حتى للأئمة من ولده أن يتسمى به
“Gelar Amirul-Mu’minin ‘alaihissalaam adalah
khusus untuk ‘Ali, tidak dibenarkan bagi seorangpun untuk disebut dengan gelar
itu meskipun itu adalah imam2 dari kalangan putra2 beliau.”
(Ash-Shahih min sirah al-imam ‘Ali 1/156)
Adapun diantara beberapa riwayat ghuluw yang
disebutkan oleh ulama2 mereka tentang hal ini adalah dalam Al-Kafi :
لم يسم به أحد قبله، ولا يسمَّى به بعده إلا كافر
“Tidaklah seorangpun sebelum ‘Ali maupun
sesudahnya yang disebut dengan Amirul-Muminin melainkan orang yang kafir.”
(Al-Kafi 1/411. Al-Majlisi menilainya dha’if.
Tapi meski dikatakan dha’if, maka riwayat ini tetap dijadikan dalil oleh ulama2
Syi’ah.)
Atau dalam Al-Manaqib :
إنه لا يرضى بهذه التسمية أحد إلا ابتلاه الله ببلاء أبي جهل
“Sesungguhnya, tidaklah seorang yang ridha
dengan sebutan Amirul-Mu’minin kecuali Allah akan menimpakan musibah dengan
musibah yang diberikan kepada Abu Jahal.”
Bahkan salah seorang ulama busuk Syi’ah yang
bernama Hassan Syahatah pernah mengatakan : ( sudah mampus )
“Amirul-Mu’minin, gelar ini adalah gelar khusus
bagi imam (‘Ali)….
Tidak ada seorangpun yang berhak untuk
dinamakan dengan gelar itu….
Maka, siapapun selain imam (‘Ali) yang disebut
dengan gelar tersebut….., siapapung orangnya yang disebut dengan gelar itu
selain imam (‘Ali), maka dia adalah seorang banci.”
https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=RdZLBy5zH20
(lihat dari menit ke-1 detik ke-5, dan
seterusnya)
Adapun Ahlus-Sunnah :
Penyebutan Amirul-Mu’minin untuk orang selain
‘Ali radhiyallaahu ‘anhu adalah benar dan ma’ruf berdasarkan apa yang dikenal
dikalangan sahabat2 Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pada khususnya, dan
kaum muslimin saat itu pada umumnya, yakni mereka memanggil khalifah2 kaum
muslimin dengan gelar Amirul-Mu’minin
Merupakan suatu hal yang masyhur diantara
ulama2 besar Ahlus-Sunnah adalah bahwa mereka seringkali menyebut nama ‘Umar
bin Al-Khathab radhiyallaahu ‘anhu dengan menyandingkan gelar Amirul-Mu’minin
sebelum nama beliau. Begitupula saat mereka menyebut nama ‘Utsman bin ‘Affan
radhiyallaahu ‘anhu ataupun ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallaahu ‘anhu.
Ini menunjukan bahwa hal ini merupakan sesuatu
yang benar dan ma’ruf di sisi Ahlus-Sunnah.
Semisal apa yang dikatakan oleh Al-Hafizh ibnu
Katsir rahimahullah dalam Tafsirnya :
أما الخمر فكما قال أمير المؤمنين عمر بن الخطاب : إنه كل ما خامر العقل
“Adapun Khamr maka itu adalah sebagaimana
dikatakan oleh Amirul-Mu’minin ‘Umar bin Al-Khathab : “Sesungguhnya Khamr itu
adalah apa yang menutupi akal.”
(Tafsir ibnu Katsir 1/580)
Atau perkataan Al-Hafizh Adz-Dzahabi
rahimahullah :
عثمان بن عفان بن أبي العاص بن أمية بن عبد شمس ، أمير المؤمنين ، أبو عمرو ، وأبو عبد الله ، القرشي الأموي
“Utsman bin ‘Affan bin Abil-‘Ash bin Umayyah
bin ‘Abdi Syamsi, Amirul-Muminin, Abu Amru…”
(As-Siyar 28/148)
Atau perkataan Syaikhul-Islam ibnu Taimiyah
rahimahullah :
الخوارج المارقين الذين قاتلهم أمير المؤمنين علي بن أبي طالب - رضي الله عنه - بالنهروان
“Al-Khawarij yang diperangi oleh
Amirul-Mu’minin ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallaahu ‘anhu di Naharawan…”
(Minhajus-Sunnah 4/532)
Dan yang lainnya.
Apa yang disepakati di kalangan ulama2
Ahlus-Sunnah dalam hal ini adalah berdasarkan apa yang dikenal dikalangan
sahabat2 Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pada khususnya, dan kaum muslimin
saat itu pada umumnya, yakni mereka memanggil khalifah2 kaum muslimin dengan
gelar Amirul-Mu’minin. Hal ini sebagaimana telah shahih dalam beberapa riwayat
di bawah ini.
Diantaranya :
1. ‘Ali bin Abu Thalib radhiyallaahu ‘anhu
menyebut ‘Umar bin Al-Khathab radhiyallaahu ‘anhu dengan sebutan
Amirul-Mu’minin
Imam Ahmad rahimahullah meriwayatkan dalam
Musnad-nya bahwa ‘Ali radhiyallaahu ‘anhu pernah berkata kepada ‘Umar
radhiyallaahu ‘anhu :
يا أمير المؤمنين أما سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول رفع القلم عن ثلاثة
“Wahai Amirul-Mu’minin, tidakkah engkau pernah
mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Pena itu
diangkat dari 3 golongan..”
(Musnad Ahmad 1/158 no.1360. Syaikh Syu’aib
mengatakan bahwa hadits ini : “Shahih li ghairihi.”)
2. Hudzaifah bin Al-Yaman radhiyallaahu ‘anhu
menyebut ‘Umar bin Al-Khathab radhiyallaahu ‘anhu dengan sebutan
Amirul-Mu’minin
Imam Al-Bukhari rahimahullah meriwayatkan dari
Syaqiq bin Salamah bahwa Hudzaifah radhiyallaahu ‘anhu pernah berkata kepada
‘Umar radhiyallaahu ‘anhu :
لَيْسَ عَلَيْكَ مِنْهَا بَأْسٌ يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ إِنَّ بَيْنَكَ وَبَيْنَهَا بَابًا مُغْلَقًا
“Engkau tidak akan terkena fitnah itu wahai
Amirul-mu’minin, sebab diantara engkau dan fitnah itu terdapat pintu yang
tertutup.”
(Shahih al-Bukhari 9/54 no.7096)
3. Hudzaifah bin Al-Yaman radhiyallaahu ‘anhu
menyebut ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallaahu ‘anhu dengan sebutan Amirul-Mu’minin
Imam Al-Bukhari rahimahullah meriwayatkan bahwa
Hudzaifah radhiyallaahu ‘anhu pernah mengadukan masalah perselisihan kuam
muslimin tentang bacaan Al-Quran kepada ‘Utsman radhiyallaahu ‘anhu dan berkata
:
يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ أَدْرِكْ هَذِهِ الْأُمَّةَ قَبْلَ أَنْ يَخْتَلِفُوا فِي الْكِتَابِ
“Wahai Amirul-Mu’minin, luruskanlah umat ini
sebelum mereka berselisih tentang Al-Quran.”
(Shahih al-Bukhari 6/183 no.4987)
4. ‘Ammar bin Yasir radhiyallaahu ‘anhu
menyebut Umar bin Al-Khathab radhiyallaahu ‘anhu dengan sebutan Amirul-Mu’minin
Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan dalam
Ash-Shahih bahwa ‘Ammar radhiyallaahu ‘anhu pernah berkata kepada ‘Umar
radhiyallaahu ‘anhu :
أما تذكر يا أمير المؤمنين إذ أنا وأنت في سرية
“Wahai Amirul-Mu’minin, tidakkah engkau
mengingat saat aku dan engkau sedang berada dalam suatu sariyyah….”
(Shahih Muslim 1/280 no.368)
5. Abu Juhaifah radhiyallaahu 'anhu pernah
bertanya kepada 'Ali radhiyallaahu 'anhu di masa ke-khalifahan beliau :
يا أمير المؤمنين هل عندكم
سوداء في بيضاء ليس في كتاب الله ؟
"Wahai Amirul-Mu'minin, apakah engkau memiliki catatan sesuatu yang
tidak ada di dalam kitab Allah?"
(Sunan At-Tirmidzi 4/24 no.1412)
Dan yang lainnya.
Konklusi :
Allah berfirman di dalam Al-Quran :
“Orang-orang yang terdahulu lagi yang
pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang
yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun
ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir
sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya.”
(Q.S At-Taubah ayat 100)
‘Ali radhiyallaahu ‘anhu, Hudzaifah
radhiyallaahu ‘anhu dan ‘Ammar bin Yasir radhiyallaahu ‘anhu termasuk orang2
yang pertama-tama masuk Islam dari golongan Muhajirin, dan mereka ridha serta
sama sekali tidak keberatan untuk memanggil ‘Umar radhiyallaahu ‘anhu dan
‘Utsman radhiyallaahu ‘anhu sebagai Amirul-Mu’minin. Maka, Ahlus-Sunnah
mengikuti mereka dengan baik sebagaimana hal ini diisyaratkan oleh Allah di
dalam kitab-Nya.
Begitupula kaum muslimin yang lurus saat itu,
mereka semua sama sekali tidak keberatan, bahkan ridha untuk memanggil ‘Umar
radhiyallaahu ‘anhu, ‘Utsman radhiyallaahu ‘anhu, dan ‘Ali radhiyallaahu ‘anhu
dengan sebutan Amirul-Mu’minin, tanpa ada seorangpun yang menentangnya.
So, kebenaran dalam hal ini ada pada
Ahlus-Sunnah, sedangkan kekonyolan dan kebathilan ada pada Syi’ah.
Allaahul-musta’an.