Wednesday, November 18, 2015

"IM & Militer Berpacu Jatuhnya As-Sisi"


by @hasmi_bakhtiar
Alumni Al-Azhar, S2 Lille Perancis

1. Udah lama ga ngetuit tentang Mesir. Buat gw tetap istewa dengan Al-Azhar dan Nile-nya.

2. Gw masih yakin waktu tumbangnya As-Sisi semakin dekat, siapa yang menumbangkan dan kapan biar waktu yang menjawab, yang jelas ga lama lagi.

3. Jatuhnya pesawat Rusia awal November silam menarik untuk disimak, tentu bukan cerita bagaimana jatuhnya, itu sama sekali ga menarik :D
4. Gw mau sedikit ngasih catatan tentang jatuhnya pesawat metrojet Airbus A321 di Sinai Mesir, siapa yg bermain dibelakangnya dan tujuannya apa.

5. Media sibuk memberitakan kalo pesawat nahas yang terbang dari Sharm el Shaikh tsb ditembak militan ISIS, gw akuin emang Sinai daerah rawan.

6. Tapi yakin deh ISIS ga secanggih itu, kekuatan mereka di sinai biasa biasa aja, pemerintah Mesir aja yang lebay biar dapet dana :D

7. Tim investigasi dari Perancis dan Inggris bilang kalo pesawat tsb kemungkinan meledak, ada bom didalamnya yang diletakan sebelum terbang.

8. Kalo itu bener, betapa malunya As-Sisi dihadapan sekutunya, Putin. Asal tau aja didalamnya ada 35 orang petinggi militer Rusia.

9. Bom bisa masuk pesawat, dan anak buah As-Sisi gatau? Tandanya As-Sisi lemah atau?

10. Negara sekutu makin malas dengan bualan As-Sisi, kalo Mesir dibawah komandonya aman terkendali.

11. Dalam hal ini As-Sisi murni dikadalin. Banyak pihak yang menilai masa aktif As-Sisi sudah abis, penggantinya siap muncul.

12. Gw pernah ngetuit kalo As-Sisi sedang dihadapkan ancaman kudeta, musuh bebuyutannya, Jenderal Sidqi Subhi (Menhan Mesir) yang sebenarnya bermain dalam insiden jatuhnya pesawat Rusis tsb.

13. Memang As-Sisi presiden, cuma di lapangan anak buah Subhi semua yang pegang kendali, ditambah skrg Subhi dapat dukungan dari UEA.

14. Subhi pengen As-Sisi buruan dikudeta, cuma negara teluk masih ngedukung, apalagi ada tanda tanda koalisi Mesir-Rusia terkait Suriah.

15. Subhi dan petinggi militer lainnya kuatir kedekatan Mesir-Rusia memperlambat jatuhnya As-Sisi, jadi harus dijegal :D

16. Dengan meledakan pesawat Rusia Subhi menang telak. Liat reaksi Putin ketika tau pesawatnya diledakin?

17. Kami akan kejar pelakunya sampe dapat, dan hubungan Mesir-Rusia di ujung tanduk, kata Putin.

18. Nasib singgasana As-Sisi benar benar sedang bahaya, Subhi cuma nunggu waktu yang pas buat kudeta, pengganti As-Sisi sudah disiapin.

19. Di pihak lain IM membaca ini semacam motivasi buat bergerak lebih cepat, kalau sampe pengganti As-Sisi dari militer lagi....gelap!!

20. Tapi siapapun yang bakal mengganti As-Sisi, apakah militer atau sesuai tuntutan rakyat Mesir Mursi kembali, As-Sisi sebentar lagi tumbang.

21. Berhasilnya anak buah Subhi memasukkan bom ke dalam pesawat tanpa diketahui loyalis As-Sisi, bukti As-Sisi semakin hari semakin lemah.

22. IM sedang berpacu rebutan kendali negara dengan militer, siapa pemenangnya biar waktu yang menjawab. Bonne nuit à tous :)
__
dari twit @hasmi_bakhtiar (17/11/2015)