Sunday, November 22, 2015

Keutamaan Perjuangan Di Syam

MD Jihad si Syam

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan: “Pergilah ke Syam karena ia adalah bumi pilihan Allah, Dia memilih hamba-hamba terbaik-Nya untuk ke sana. Jika kalian tidak mau maka pergilah ke Yaman kalian dan minumlah dari telaga-telaga kalian. Karena sesungguhnya Allah telah menjamin untukku Syam dan penduduknya.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim; dishahihkan Syaikh Al-Albani).
“Apabila penduduk Syam telah rusak maka tidak ada kebaikan pada kalian. Akan senantiasa ada sekelompok umatku yang selalu beruntung tanpa terganggu dari orang-orang yang menipu mereka hingga hari kiamat.” (HR. Tirmizi no. 2351)
“Sesungguhnya kekuatan muslimin pada waktu itu di Ghuthah, di samping kota yang bernama Damaskus yang paling terbaik di negeri Syam.” (HR. Abu Daud no. 4300)
Bahkan secara khusus Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mendoa’kan negeri Syam dengan do’a yang luar biasa. Beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam  mengatakan: “Ya Allah, berkahilah untuk kami pada negeri Syam kami dan pada negeri Yaman kami.” (HR. Al-Bukhari).
Imam Izz bin Abdussalam berkata, “Sesungguhnya kekuatan di kerajaan Islam, sebagian besar pasukannya yang berani di negeri Syam.” (Targhib Ahlil- Islam Fi Sukna Biladisy-Syam hal. 5)


Apa Hukum Jihad di Syam Hari Ini ?

Pertanyaan
Apakah jihad di Syam hari ini adalah fardhu ‘ain bagi seluruh kaum Muslimin di dunia, ataukah ia adalah fardhu ‘ain bagi umat Islam di bumi Syam saja dan fardhu kifayah bagi kaum Muslimin di selainnya ?
Jawab
Berjihad di bumi Syam hari ini adalah Fardhu Ain (Wajib) bagi setiap individu Muslim yang mampu, karena jihad di Suriah adalah menolak kejahatan kaum Nushairiyyah yang dibantu oleh Rusia, Rofidhoh dan Amerika.
Dan karena orang-orang Syam hari ini belum mampu melawan musuh yang menjajah tanah mereka sendirian. Maka wajib hukumnya berjihad bagi kaum Muslimin sebagaimana kesepakatan ulama’ yakni membantu saudara-saudara mereka di bumi Syam. Fardhu Ain ini mencakup kaum Muslimin seluruhnya dari ujung timur hingga barat demi melawan orang-orang kafir yang terlaknat.
Wallahu a’lam
(Syeikh Abdurrazzaq al Mahdi hafidzahullah, Anggota Robithoh Ahli Ilmi di Syam)
Rep: Muhammad Ishaq
Editor: Muhammad Ishaq