Banyak penulis dan akademisi mengajukan pertanyaan tentang silsilah sebenarnya dari Ḥasan al-Banna. Masalah ini diangkat setelah periode terorisme yang dimasuki Ikhwān dari tahun 1944 dan seterusnya, mengejutkan masyarakat Mesir, dan menyebabkan orang-orang terkemuka seperti ʿAbbās al-ʿAqqād untuk mengajukan pertanyaan secara terbuka tentang asal-usul al-Bannā seperti sebelumnya. Berbagai pertimbangan yang diajukan untuk mempertanyakan silsilah alBannā disajikan di bawah ini. Namun, pembaca harus mencatat bahwa ini adalah area abu-abu dan membutuhkan penyelidikan yang jauh lebih menyeluruh dan terperinci. Lebih lanjut, harus disebutkan bahwa ayah al-Bannā, Aḥmad ʿAbd al-Raḥmān al-Ṣāʿātī, yang meskipun Ṣūfisme kukuh, memiliki beberapa karya yang sangat bermanfaat seperti pengaturan Musnad Imam Aḥmad bin Ḥanbal, berjudul, “Ghāyat al -Amānī Fī Tartīb Musnad Aḥmad bin Ḥanbal al-Shaybānī. " Jenis upaya ini membuat sulit untuk menerima pertimbangan dan argumen yang disajikan untuk meragukan silsilah al-Bannā. Bagaimanapun, Ahl al-Sunnah menilai orang berdasarkan keyakinan, metodologi dan aktivitas mereka. Mengetahui silsilah seseorang tidak perlu mengevaluasi individu itu dalam terang Kitab, Sunnah dan cara salaf. Garis bukti yang disajikan adalah sebagai berikut:
Tuesday, November 24, 2020
Kontroversi Tentang Silsilah Dan Asal Usul Ḥasan Al-Bannā
Pertama, buku “Aḥādith al-Thuluthāʾ” dari Ḥasan al-Bannā yang merupakan
kumpulan ceramah dan ceramahnya yang diberikan setiap hari Selasa. Buku
ini diterbitkan pada tahun 1985 (Maktabah al-Qurʾān, Kairo) dan disusun oleh Aḥmad
ʿĪsa ʿĀshūr. Dalam khotbah tahun 1940 Ḥasan alBannā berkata, “Mungkin
seseorang mungkin berkata: Mengapa sebagian besar cerita yang diperhatikan
dalam Al-Qur'an adalah yang berhubungan dengan Bani Isrāʾīl? Dan mengapa
sebagian besar cerita dalam Al-Qur'an diangkat dengan ini? "
Al-Bannā melanjutkan, “Ini memiliki banyak alasan. Alasan pertama:
Bangsawan ras ini dan spiritualitas kuat yang melimpah yang berputar di
dalamnya. Ini karena ras ini telah turun dari asal-usul yang mulia, dan
telah mewarisi jenis kekuatan yang luar biasa, bahkan jika kadang-kadang
menyakiti dirinya sendiri dan melukai orang dengan mengarahkan kekuatan ini ke
arah yang tidak pantas ... Ras ini telah turun dari Yaʿqub, putra Isḥāq,
putra Ibrāhīm. Dengan demikian, spiritualitas telah diwarisi dari yang
hebat melalui yang hebat lainnya. Nabi (H)
berkata 'Yang mulia, putra yang mulia, putra yang mulia. Yūsuf, putra Isḥāq,
putra Yaʿqūb, putra Ibrāhīm. 'Empat nenek moyang leluhur, masing-masing dari
mereka adalah Utusan. ”
Kemudian al-Bannā menyebutkan alasan kedua, “Ras ini memiliki tekad (kekuatan)
yang tidak dimiliki ras lain seperti yang mereka miliki. Dan seperti
kekuatan ini adalah sumber penilaian (pujian) mereka, itu juga sumber dari
mereka yang tertipu dan melupakan makna kemanusiaan secara umum yang terkait
dalam pepatah-Nya, Yang Mulia, 'Wahai umat manusia, sungguh Kami telah
menciptakanmu dari laki-laki dan perempuan dan menjadikan kalian bangsa
dan suku agar kalian saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia darimu
di sisi Allah adalah yang paling benar di antara kamu. '(49:13). "
Kemudian al-Bannā memberikan alasan ketiga, “Itu karena mereka memiliki kitab
surgawi paling awal yang setidaknya diketahui oleh orang-orang, dan itu adalah
tawrāh, dan mereka adalah orang yang paling dekat dengan bangsa Arab pada saat
itu. . ”
Kemudian al-Bannā melanjutkan dengan menjelaskan, “Pesan dari pemimpin kami,
Mūsā (S)
ada di Mesir, dan kami ingin menjaga hubungan pesannya dengan ummah ini.
Orang-orang Israel ditemukan di Mesir, bahkan jika tanah air asli mereka adalah
Palestina, dan yang pertama menegaskan mereka [di dua tempat ini] adalah Yūsuf
(S),
'Ambil ini, bajuku, dan lemparkan ke wajahku. Ayah, dia akan
melihat. Dan bawakan aku keluargamu, semuanya 'sampai Yang Maha Tinggi
berkata,' Dia [Yusuf] berkata: Masuk Mesir, Insya Allah, selamat [dan aman]
'(12: 93-99). ” Kemudian al-Bannā berkata, “Pemimpin kami, Yūsūf (S)
memberi mereka wilayah timur tanah Mesir, dan mereka tidak pernah berhenti
menjadi tanah gurun, dan dia memberikan [tanah ini] kepada mereka karena mereka
datang [sebagai orang Badui] dari tanah gurun dan juga karena dia tidak
ingin menggabungkan mereka dengan orang Mesir yang pada waktu itu menganut
agama penyembahan berhala sementara Yaʿqūb dan para nabi dari keturunannya berada
di atas Tauhid murni. Dia tidak ingin ada sesuatu yang memicu perdebatan
agama antara mereka dan orang Mesir. "
Inti dari penjelasan di atas adalah bahwa al-Bannā sedang memberi tahu
pendengarnya di Mesir tentang kemuliaan ras ini, bahwa ia memiliki
spiritualitas yang melimpah di dalamnya, bahwa ia diturunkan dari garis
keturunan yang mulia, bahwa ia memiliki kekuatan, tekad yang luar biasa.
, satu yang tidak dimiliki bangsa, bahwa tempat tinggal asli mereka adalah
Palestina dan bahwa mereka diberikan wilayah gurun timur Mesir oleh Yūsūf (S)
dan bahwa pesan Mūsa adalah sesuatu yang harus dihubungkan dengan orang
Mesir. Pidato ini berisi pujian yang akan membuat seseorang menganggapnya
ditulis oleh orang Yahudi sebagai propaganda untuk membenarkan pendudukan
Palestina dan mengambil bagian timur Mesir.
Kedua, klaimnya bahwa perselisihan dengan orang Yahudi bukan atas dasar agama,
tetapi hanya karena tanah, suatu pernyataan yang dapat diartikan sebagai
validasi agama orang Yahudi.
Ketiga, mayoritas orang Yahudi di Mesir tinggal di distrik Baḥīrah di mana Ḥasan
al-Bannā lahir. Di wilayah ini adalah makam Abū Ḥuṣayrah [Yākov
Abuhatziera] tempat orang-orang Yahudi melakukan ziarah tahunan.
Abū Ḥuṣayrah adalah seorang Rabbi Yahudi Maroko yang meninggal pada tahun 1880
M saat melewati Mesir. Setelah berangkat ke Palestina dan melewati
Aljazair, Tunisia dan Libya, dia meninggal di Damanhour, ibu kota Baḥīrah di
wilayah Delta Nil di Mesir dan makamnya menjadi tempat ziarah. Anehnya,
sebagian umat Islam menganggap Abu Huṣayrah sebagai seorang Muslim yang suci
dan biasa berkumpul di makam untuk mencari berkah. Ada sesuatu yang bisa
menjelaskan hal ini. Mayoritas orang Yahudi Bahīrah berasal dari Maroko
dan mereka biasa memanifestasikan Islam sebagai sarana untuk melindungi diri
mereka sendiri (sambil mempertahankan keyakinan Yahudi mereka di dalam).
Jadi ketika mereka muncul secara lahiriah sebagai Muslim, mengadopsi praktik Ṣūfi
yang menyerupai praktik Yahudi dalam menghormati wali Rabbi mereka dan akan memusatkan
perhatian pada studi Al-Qur'an dan ilmu-ilmu Islam, dianggap bahwa Abū Huūayrah
adalah seorang suci Muslim.
Orang Yahudi Maroko yang pindah ke Bahīrah sendiri adalah keturunan dari orang
Yahudi Sephardic dari Andalūsia. Mereka melarikan diri dari Andalusia
ketika orang Kristen Eropa mengambil alih tanah itu, membunuh Muslim dan Yahudi
dalam prosesnya. Orang-orang Yahudi melarikan diri ke negara-negara
Muslim tetangga karena mereka tahu mereka akan mendapatkan hasil yang jauh
lebih baik di bawah pemerintahan Muslim.
Dari Maroko, banyak orang Yahudi pindah ke Bahīrah di Mesir. Makam Abū Ḥuṣayrah
berada di Damanhour, ibu kota daerah, seperti juga makam banyak orang suci
lainnya. Para penulis, peneliti dan akademisi yang membuat klaim bahwa
silsilah Ḥasan al-Bannā berasal dari Yahudi Sephardic dari Maroko, menyatakan
bahwa kakek dan ayahnya mengambil tookūfisme dan Taṣawwuf sebagai kedok untuk
hidup aman di Mesir dan mendorong Ḥasan al-Bannā untuk menghafal
Al-Qur'an pada usia dini. Baik ayah maupun kakeknya adalah tukang
reparasi jam dan pada saat itu tidak diketahui bahwa ada orang yang menjadi
tukang reparasi jam tangan di daerah itu kecuali orang-orang Yahudi di
Bahīrah. Tidak ada seorang pun orang Mesir yang dikenal di daerah itu di
mana al-Bannā digerebek yang profesinya adalah memperbaiki jam tangan.
Itu adalah profesi Yahudi yang eksklusif di area spesifik itu.
Keempat, Nama belakang al-Bannā bukanlah nama keluarga, karena nama keluarga
adalah al-Sāʿātī (yang berarti tukang reparasi jam), maka gelar tersebut
diadopsi dan tidak ada alasan yang diberikan untuk memilih gelar ini.
Ayahnya dikenal sebagai Aḥmad ʿAbd al-Raḥmān al-Ṣāʿātī dan saudara laki-laki Ḥasan
dikenal sebagai ʿAbd al-Raḥmān al-Ṣāʿātī, yang juga seorang Shīʿite yang
setia. Namun, tidak ada seorang pun di seluruh Mesir yang mengetahui
identitas kakeknya. Semua yang diketahui adalah bahwa dia datang dari
Maroko ke Bahīrah.
Kelima, ʿAbbās al-ʿAqqād dikatakan telah meminta Ḥasan al-Bannā untuk
menunjukkan silsilah keluarganya kepada kakek keempat atau kelima tetapi
al-Bannā gagal melakukannya. Al-Aqqād sangat blak-blakan melawan Zionis,
dia menerbitkan sejumlah buku tentang mereka, “Al-Ṣuḥyūniyyah alʿĀlamiyyah”
(Zionisme Dunia) dan “Al-Ṣuḥyūniyyah wa Qaḍiyyah Falistīn” (Zionisme dan Isu
Palestina), dan yang terakhir Buku tersebut ia tuduh Ikhwanul Muslimin
sebagai agen Zionis, dan menyebut al-Bannā sebagai seorang Yahudi yang bekerja
untuk kepentingan regional kaum Yahudi. Seseorang harus memperhatikan
bahaya dari mengandalkan jenis kritik ini tentang garis keturunan seseorang dan
untuk siapa dia bekerja, karena ini bisa menjadi masalah yang tidak jelas dan
tersembunyi dimana bukti definitif sulit didapat. Jadi, sebagai penganut
Sunnah, kriteria kami sederhana dan pasti: Kami menilai keyakinan, pernyataan,
tindakan, dan metodologi seseorang dengan skala Al-Qur'an, Sunnah, dan cara
salaf. Ini adalah furqān (kriteria) definitif dan kita sampai pada
penilaian definitif di mana tidak ada kebingungan atau ambiguitas. Adapun
mereka yang sadar akan Kitab dan Sunnah, mereka mengandalkan isu-isu yang tidak
jelas, dan isu-isu yang tidak selalu terkait dengan ʿaqīdah atau manhaj untuk
membuat kritik mereka dan untuk menyangkal mereka yang memiliki oposisi
ideologis.
# 6, kontroversi dalam hal ini juga menjadi berita utama surat kabar.
Dalam artikel surat kabar yang digambarkan di bawah ini, judulnya berbunyi, “Ḥasan
al-Bannā adalah seorang Yahudi Maroko yang Ditanam oleh Freemasonry untuk
Mendirikan Jamāʿah al-Ikhwān.” Empat sub judul mengikuti, ""
Ayah dari pemandu tertinggi (al-mursyid al-ʿāmm) adalah seorang tukang jam,
profesi Yahudi dan tinggal dekat [makam] Abū Ḥuṣayrah "dan"
Al-ʿAqqād: AlBannā yang adalah asal tidak diketahui adalah menyalakan
kesusahan dan mengikuti dengan baik metodologi Yahudi dan Magian [Persia] ”dan“
Ikhwanul Muslimin mengangkat slogan yang sama seperti Mason, Kebebasan,
Keadilan tetapi Meninggalkan Kesetaraan ”dan“ Pendiri Ikhwanul Muslimin
menyimpang Al-Qur'an dalam Surah Anfāl, al-Nisāʾ, al-Isrāʾ dan al-Ahzāb.
"
Ini adalah beberapa pertimbangan yang dibuat oleh para peneliti dan penulis
yang menjadi dasar kontroversi tentang silsilah Ḥasan al-Bannā. Kami
tidak memvalidasi klaim ini atau menolaknya secara langsung. Namun,
penting untuk dicatat bahwa penilaian kami atas Ḥasan al-Bannā dan al-Ikhwān
tidak berdasarkan informasi ini. Melainkan, ini murni berdasarkan
Al-Qur'an, Sunnah dan cara salaf. Karena itulah kami mengetahui bahwa gerakan
ini tidak menyerukan Tauhid Para Rasul. Para pemimpin mereka memiliki
inovasi yang membawa malapetaka bersama mereka, yaitu dari Rāfi Jahah,
Jahmiyyah, Muʿtazilah, the Ṣūfiyyah. Mereka menyerukan persatuan agama,
mereka mengikuti cara non-Muslim dalam metodologi demonstrasi, revolusi,
pembunuhan, kudeta dan sebagainya. Semua itu diketahui melalui Kitab,
Sunnah dan cara salaf dan itu sudah cukup untuk menghakimi mereka dan kesesatan
mereka. Semua itu mapan dan menjadi fondasi posisi kami terhadap jamāʿāt
dan para pemimpinnya. Dengan demikian, kesesatan Ḥasan al-Bannā sudah
cukup jelas dan apapun latar belakangnya, tidak ada bedanya secara praktis.