Sunday, October 18, 2015

Warga Rusia Gelar Aksi Protes Tolak Intervensi Militer Di Suriah

Warga Rusia Gelar Aksi Protes Tolak Intervensi Militer di Suriah
13 jam 58 menit lalu 
Ratusan warga Rusia menggelar aksi unjuk rasa di ibukota Moskow, Sabtu (19/10). Mereka memprotes intervensi militer negaranya di Suriah.
Sekitar 200 orang turut serta dalam aksi protes di Suvorov Square tersebut. Mereka meneriakkan slogan-slogan yang anti Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin rezim Suriah Bashar Assad.
“Perang ini mempermalukan Rusia,” teriak para pengunjuk rasa. “Neraka menunggu mereka yang suka membom untuk perdamaian.”
Di bawah pengamanan ketat, peserta aksi juga mendesak agar pemerintah Rusia justru mendeklarasikan perang terhadap korupsi. “Jika kamu ingin memulai perang, deklarasikan terhadap korupsi,” seru mereka.
Rusia merupakan salah satu sekutu utama rezim Suriah, selain Iran dan kelompok Syiah Hizbullah Lebanon. Pasukan Negeri Beruang Merah mulai melancarkan serangan udara di Suriah pada 30 September lalu. Atas permintaan rezim Bashar Assad serangan dilakukan dengan dalih memerangi teroris.
Intervensi Rusia di Suriah semakin memperparah krisis kemanusiaan akibat konflik yang telah berlangsung lebih dari empat tahun. Menurut PBB lebih dari 250.000 orang terbunuh dalam konflik Suriah. Sementara jutaan warga lainnya terpaksa mengungsi.
Sumber : Anadolu
Penulis : Imam S.