Tuesday, December 1, 2015

Erdogan: Tanpa Rusia Dan Iran, Assad Akan Jatuh Dalam 24 Jam. Arab Saudi Adalah Pemain Kunci Dalam Menyatukan Oposisi Suriah.


Erdogan: Tanpa Rusia dan Iran, Assad Akan Jatuh Dalam 24 Jam

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan bahwa tanpa dukungan Rusia dan Iran, rezim Assad akan jatuh dalam waktu dua puluh empat jam dalam sebuah wawancara dengan saluran TV CNN(26/11).


“Mereka memberinya (Assad) dukungan senjata, dukungan keuangan, sehingga pemerintahan ini bisa berlanjut, dan mereka mencoba untuk menyingkirkan oposisi di sana,” tambah Presiden Erdogan.

“Bukankah Daesh (ISIS) yang bekerjasama dengan rezim sekarang? Pendukung terbesar Daesh sekarang adalah rezim [Assad], dan mereka yang melakukan upaya untuk menjaga rezim ini berdiri adalah orang-orang yang harus bertanggungjawab. ”

“Mengapa mereka merasa dirinya berhutang budi kepada Assad? Kami menghadapi Suriah yang hancur, dibakar, dan rakyatnya sendiri dibantai. Mereka masih mencoba untuk mendukung orang seperti Presiden Suriah yang mendukung organisasi teroris separatis. ”

Erdogan melanjutkan: “Saya berbicara dengan mereka tentang hal ini. Saya mengatakan kepada mereka ini tidak bisa dilanjutkan. Saya mengatakan kepada mereka untuk menarik dukungannya, hentikan campur tangan dan dia akan jatuh dalam 24 jam.”

“Saya juga telah membahas dengan Mr Putin  masalah ini panjang lebar di Olimpiade di Baku. Saya melihat Putin berbeda, dan kami menugaskan menteri luar negeri kami untuk bekerja sama. Tapi kemudian pernyataan dari Rusia selanjutnya benar-benar mengejutkan saya. Saya mengalami kesulitan memahami hal ini.”

Sekretaris komite politik Anas al-Abdah sebelumnya mengatakan bahwa rezim Iran tidak memenuhi syarat apapun untuk bisa mengusulkan inisiatif bagi solusi politik di Suriah mengingat fakta bahwa Suriah memandang Iran sebagai negara yang menduduki dan mendukung rezim pembunuh Assad dalam hal militer, finansial dan politik.

“Satu-satunya jalan inisiatif Iran bisa diterima rakyat Suriah adalah ketika rezim Iran mencabut milisi sektarian yang mendatangkan malapetaka dan kematian di Suriah,” kata Abdah.


Arab Saudi Adalah Pemain Kunci Dalam Menyatukan Oposisi Suriah

Arab Saudi Adalah Pemain Kunci Dalam Menyatukan Oposisi Suriah

JEDDAH: Arab Saudi memiliki peran penting dalam menyatukan oposisi Suriah selama konferensi internasional yang akan diselenggarakan di Yordania pada pertengahan Desember, seorang pejabat PBB mengatakan.
“Saya percaya bahwa konferensi ini sangat penting. Ini akan berdampak langsung pada upaya yang bertujuan untuk memulai proses politik di Suriah untuk mengakhiri kekejaman yang terjadi di sana, “Jan Eliasson, Wakil Sekjen PBB, mengatakan kepada saluran berita Al-Arabia.
Pertemuan Wina mendesak Yordania untuk menjadi tuan rumah konferensi untuk memutuskan daftar organisasi teroris di antara kelompok yang bertikai, katanya, menambahkan bahwa Arab Saudi diberi tugas untuk menciptakan persatuan di antara oposisi Suriah.

Eliasson mengatakan PBB sedang mempersiapkan pembicaraan tentang Suriah secepatnya. Ada harapan untuk proses politik di negara itu, selama ada dialog intensif antara Moskow dan Washington, katanya, menambahkan bahwa kehadiran Arab Saudi dan Iran di meja perundingan sangat penting.
“Kekejaman diluar batas telah terjadi dalam perang ini, mengakibatkan penderitaan yang mengerikan,” kata Eliasson.

“Ini telah menjadi beban berat di pundak negara-negara tetangga. Hal ini juga memungkinkan Daesh mendominasi dan mengguncang peta politik Eropa,” kata Eliasson.

“Dalam pandangan saya, perang ini mempengaruhi kita semua. Saya juga percaya bahwa kenyataan ini sudah mulai diterima, “tambahnya.

“Kami memiliki agenda yang sangat praktis. Saya berharap bahwa dengan bantuan Arab Saudi, kita dapat menentukan perwakilan dari oposisi untuk terlibat dalam pembicaraan damai,” kata Eliasson.
Arab News