Taqiyyah adalah
pondasi terpenting dalam idiologi syiah. Hal itu disebabkan oleh beberapa hal:
- Syiah menjadikan taqiyyah sebagai sarana untuk membunglon diri agar dapat masuk jauh ke dalam kelompok sosial atau masyarakat tertentu tanpa dapat dideteksi bahaya keberadaan mereka. Karena akidah dan ideologi mereka benar-benar berlawanan dengan akidah kaum muslimin. Begitu juga dengan tujuan sekte Syiah yang sangat kotor yaitu ingin menjatuhkan negara-negara Muslim dan mencegah serta menghalangi perkembangan Islam. Oleh karena itu mereka harus melakukannnya dengan diam-diam agar tidak terbongkar, khususnya ketika kondisi mereka masih lemah dan pendukungnya masih sedikit. Namun, jika mereka sudah kuat dan berkuasa mereka akan memperlihatkan jati dirinya, jika tidak mereka akan terus berlindung dibalik taqiyyah dan akan terus berdusta.
- Berhubung di dalam buku-buku
Syiah juga terdapat perawi-perawi hadis yang merawikan banyak hadis-hadis
yang merugikan ideologi Syiah dan dapat meruntuhkan doktrin-doktrin Syiah;
maka para tokoh syiah berusaha menggunakan topeng taqiyyah untuk menyerang
perawi-perawi hadis yang merugikan sekte Syiah tersebut sebagai solusi
dari berbagai kontradiksi yang menimpa ideologi Syiah. dengan demikian
jika kedapatan para tokoh-tokoh Syiah atau imam-imam Syiah mencela
perawi-perawi hadis yang meriwayatkan hadis-hadis yang merugikan doktrin
Syiah, maka mereka menjustifikasi tindakan pencelaan tersebut dengan
alasan taqiyyah atau celaan yang berpura-pura dan tidak serius. Tentu saja
tindakan-tindakan model ini berbenturan dengan logika normal, karena orang
menjadi bingung untuk membedakan mana yang benar dan mana pula yang salah,
sebab para imam-imam saja mengeluarkan perkataan-perkataan yang
kontradiktif dan sulit untuk diketahui maksud dan tujuan mereka yang
sebenarnya.
Fenomena
Penting Terkait Taqiyyah Di Dalam Literatur-Literatur Syiah
1.Berdusta atas nama
Allah Dan Rasulullah
2.Melakukan kedustaan-kedustaan atas nama Ahlu Bait
3.Melakukan kedustaan-kedustaan atas nama sahabat-sahabat Nabi
4.Melakukan pembohongan-pembohongan sejarah
Jika berdusta saja
adalah dosa besar, bagaimana pula dengan berdusta atas nama Allah dan
Rasul-Nya. Bahayanya berdusta atas nama Allah dan Rasul-Nya adalah ketika
materi-materi kebohongan yang sama sekali bukan bagian dari agama lalu dilabel
menjadi bagian dari agama, karena sudah dinisbahkan kepada Allah dan Rasul-Nya.
Kalau sudah dinisbahkan kepada Allah dan Rasul-Nya maka sudah barang tentu
menjadi bagian dari agama yang harus diterapkan layaknya menerapkan hukum-hukum
agama, wajib diimani, wajib diikuti, wajib disakralkan. Dan orang-orang yang
berdusta atas nama Allah dan Rasulu-Nya sesungguhnya telah mengotori agama
benar ini dengan agama bathil. Oleh karena itulah ancamannya sangat
besar. Rasulullah bersabda:
“إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ
لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ
مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ»
“Berdusta
atas namaku tidak seperti berdusta atas nama manusia lain. Barang siapa yang
berbohong kepadaku dengan sengaja maka hendaklah mempersiapkan tempat duduknya
di neraka.”
Poin-poin kebohongan
Syiah atas nama Allah, berupa:
- Kebohongan Syiah yang meyakini
bahwa Al-Quran sesungguhnya berbeda dengan Al-Quran yang dikenal ummat
Islam selama ini. Al-Quran yang sebenarnya menurut mereka adalah Al-Quran
yang jumlah 17.000 ayat.
- Selain Al-Quran, Allah juga
menurunkan kitab-kitab suci lainnya yang diturunkan kepada para imam-imam
syiah berupa mushaf-mushaf, satu diantaranya bernama mushaf Fatimah.
- Menyelewengkan teks Al-Quran
dengan cara mentakwilnya atau menafsirkannya dan menuduh bahwa teks
aslinya sudah diselewengkan.
Sementara keduataan
Syiah atas nama Rasulullah berupa:
1. Klaim Syiah yang
mengatakan bahwa sekte syiah sudah ada sejak masa Rasulullah danpun sudah
diakui oleh Rasululah sendiri, seperti kesesatan sejarah yang dikatakan oleh
Muhammad Husein Al Kasyiful Ghatha (w.1373 H.), “Yang pertama kali
menanam bibit Syiah di dalam Islam ialah pemilik syariah ini sendiri”,
yaitu Rasulullah. Artinya bibit Syiah sudah ditanam bersamaan dengan
bibit Islam, menurut mereka.
Al-Qumi juga
mengatakan, “Firqah pertama adalah firqah syiah, yaitu firqahnya Ali bin Abi
Thalib yang pada masa nabi disebut dengan Syiah Ali, begitu juga setelah nabi
wafat. Syiah Ali sangat loyal dengan konsep keimaman Ali. Pada masa itu ada
Miqdad bin Al-Usud Al Kindi, Salman Al Farisy, Abu Dzar Al Ghifary, dan Ammar
bin Yasir. Mereka adalah generasi Syiah awal dari ummat ini.”
Tentunya klaim diatas
benar-benar kedustaan belaka, dengan beberapa alasan:
Pertama, sudah menjadi
pengetahuan umum dalam sejarah bahwa yang pertama kali mendirikan Syiah dan
meletakkan pondasi pertama Syiah adalah seorang Yahudi yang bernama Abdullah
bin Saba’ meskipun pada waktu itu Ibnu Saba’ belum menamainya dengan sebutan
Syiah, namun Ibnu Saba’ sudah membangun pondasi dasar kesyiahan yang sebelumnya
tidak dikenal di kalangan kaum muslimin.
Kedua, Ali bin Abi
Thalib dahulu tidaklah ramah dengan Syiah, melainkan Ali dikabarkan membakar
dan membumihanguskan para pengikut Syiah.
Ketiga, pengakuan ulama
Syiah sendiri, seperti Al-Qumi, yang mengatakan, “Bahwa Abdullah bin Saba’ pada
awalnya beragama Yahudi lalu masuk Islam, dan selanjutnya mendaulat Ali. Ibnu
Saba’ pada masa Yahudinya meyakini bahwa Yusya’ bin Nun adalah penerima wasiat
untuk menggantikan Musa, dan setelah Ibnu Saba’ masuk Islam model akidah
Yahudinya masih melekat kuat dan diterapkannya kepada Ali yang dipromosikannya
sebagai penerima wasiat setelah nabi Muhammad wafat. Ibnu Saba’ adalah orang
yang pertama kali mempromosikan kewajiban untuk mendaulat Ali bin Abi Thalib
sebagai imam pengganti nabi dan ikut bersama memusuhi dan mengkafirkan
orang-orang yang tidak menerima konsep ke-imam-an Ali.”
Pengakuan Al-Qumi ini
adalah bukti nyata bahwa kesyiahan dimulai oleh Ibnu Saba’ dan sama sekali
tidak pernah ada wujudnya di masa Rasulullah. Anehnya lagi, Al-Qumi sendiri
pernah mengatakan -dalam bukunya “Al-Maqalaat wa Al-Firaq”- bahwa kesyiahan
sudah ada sejak zaman nabi dan yang pertama kali menanam bibit Syiah adalah
Rasulullah sendiri. sedangkan pada kesempatan lain Al-Qummi juga mengatakan
bahwa pendiri Syiah adalah Ibnu Saba’ si penganut Yahudi.
Bagaimana pun, manusia
biasa pasti tidak mampu berdusta dengan sempurna tanpa jejak, sehingga mau
tidak mau kebohongan-kebohongan tokoh-tokoh syiah itu menimbulkan kontradiksi
fatal sebagai akibat dari terlalu memaksakan untuk mencari pembenaran idiologi
syiah.
Kedustaan mereka
terkait keimaman Ali adalah kedustaan terbesar yang pernah dilakukan oleh syiah
atas nama nabi yang akhirnya dijadikan sebagai pondasi akidah syiah.
Teksnya hadis palsunya sebagai berikut:
(قال رسول الله صلى
الله عليه وسلم مشيرا إلى علي: (إن هذا أخي ووصيي وخليفتي من بعدي فاسمعوا له وأطيعوا).
“Ali ini adalah
saudaraku yang kelak akan menjadi penerima wasiatku dan penggantiku, maka
dengarkanlah dia dan taatilah dia.”
Itulah teks palsu
wasiatnya, yang kemudian berlnadaskan teks palsu itu mereka menuduh bahwa semua
sahabat-sahabat nabi yang lain ikut serta menyembunyikan wasiat tersebut dari
Ali. Lebih parahnya lagi, sangking maniaknya mereka dalam mengkreasi
kebohongan, mereka juga mengarang-ngarang ayat Al-Quran yang berbicara tentang
wasiat nabi untuk Ali yang mana ayat itu -menurut mereka- dihapus oleh kaum
muslimin dari Al Quran, ayatnya berbunyi:
“يا أيها الذين آمنوا
بالنورين أنزلناهما يتلوان عليكم آياتي. إن الذين يوفون ورسوله في آيات لهم جنات
نعيم. والذين كفروا من بعد ما آمنوا بنقضهم ميثاقهم وما عاهدهم الرسول عليه يقذفون
في الجحيم. ظلموا أنفسهم وعصوا الوصي الرسول يسقون من حميم. إن الله الذي نور
السموات والأرض بما شاء واصطفى من الملائكة وجعل من المؤمنين أولئك في خلقه يفعل
الله ما يشاء… إن علياً من المتقين وإنا لنوفيه حقه يوم الدين.. فإنه وذريته
الصابرون، وإن عدوهم إمام المجرمين… يا أيها الرسول قد جعلنا لك في أعناق الذين
آمنوا عهداً فخذه وكن من الشاكرين بأن علياً قانتاً بالليل. يحذر الآخرة ويرجو
ثواب ربه قل هل يستوي الذين ظلموا وهم بعذابي يعلمون. سيجعل الأغلال في أعناقهم
وهم على أعمالهم يندمون “.
Inti dari ayat palsu
diatas adalah terkait wasiat nabi kepada Ali yang diingkari oleh kelompok
tertentu, pujian-pujian Allah kepada Ali dan berbagai kelebihan Ali, dan
ganjaran neraka bagi orang-orang yang mengingkari wasiat Nabi untuk Ali.
Semua tentu sudah
maklum bahwa ayat itu palsu, sesat, dan tidak benar, serta tidak
mungkin omongan seperti itu sebagai kalam Ilahi Pencipta Semesta Alam.
Efek dari keyakinan
sesat adanya editing dan revisi pada ayat-ayat Al-Quran tadi adalah:
- Al Quran dianggap mereka tidak
sempurna dan banyak kekurangan, karena ada ayat super penting yang sudah
dibuang, yaitu ayat wasiat, dimana keimamanan seseorang jadi tidak sah
kecuali dengan mengimani adanya wasiat dan ayat-ayat wasiat.
- Mereka meyakini bahwa semua
sahabat kompak menyembunyikan ayat wasiat tersebut dalam rangka untuk
mengingkari wasiat Nabi. Ini sama artinya mendustakan nabi Muhammad, sebab
nabi pernah bersabda bahwa “ummat ini tidak akan pernah kompak dalam
kesesatan”, sementara mereka sudah menuduh generasi pertama dan generasi
terbaik dari ummat ini sebagai generasi yang kompak dalam kesesatan.
- Efek berikutnya adalah syiah
tidak mengakui legitimasi kepemimpinan siapapun, khilafah manapun,
pemerintah manapun, yang berada diluar kempemimpinan imam-imam mereka yang
12 orang itu. Tokoh syiah, Almajlisy mengatakan bahwa semua
khalifah-khalifah itu adalah perampok kekuasaan dari Ali,
diktator-diktator, dan sudah murtad dari agamanya, terkutuklah mereka dan
para pengikutnya dalam kezaliman mereka terhadap ahlul bait, baik itu
generasi-generasi awal maupun generasi-generasi akhir.
” إنهم لم يكونوا إلا
غاصبين جائرين مرتدين عن الدين، لعنة الله عليهم وعلى من اتبعهم في ظلم أهل البيت
من الأولين والآخرين ”
Itu berarti semua
ummat Islam ini dianggap sudah kafir, karena ummat ini mengikuti dan meneladani
para sahabat-sahabat nabi dalam masalah ini.
Syiah mengubah masalah
Imamah (kepemimpinan) yang harusnya jabatan politik menjadi Jabatan
Idiologis dan bersperspektif akidah
Jabatan sebagai pemimpin (imam)
yang awalnya hanyalah sekedar jabatan yang bertugas untuk melayani ummat
ini; mereka ubah menjadi sosok yang wajib dipatuhi secara mutlak dan kafir bagi
siapa saja yang tidak mau mentaatinya, bahkan lebih dari itu, imam adalah
sosok penerima wahyu yang persis seperti nabi dan rasul. Semua itu tidak
dapat diterima karena tidak ada landasan sahihnya.