Monday, July 20, 2015

Syi`ah dan salafy tobat mengkafirkan Ibnu Taimiyah


Posted on August 17, 2010 by salafytobat

Ibnu Hajar al-Haitami; Ulama Terkemuka Madzhab Syafi’i, Mengatakan: “IBNU TAIMIYAH SESAT” (Menohok Wahabi)
 
Kitab Karya Imam Ibnu Hajar al-Haitami berjudul Hasyiyah al-Idlah Ala Manasik al-Hajj Wa al-’Umrah (Kitab Penjelasan terhadap Karya Imam an-Nawawi)

Bab VI: Menjelaskan tentang ziarah ke makam tuan kita dan baginda kita Rasulullah (Shallallahu Alyhi Wa Sallam) dan segala permasalahan yang terkait dengannya

Terjemah:

“… Jangan tertipu dengan pengingkaran Ibn Taimiyah terhadap kesunahan ziarah ke makam Rasulullah, karena sesungguhnya dia adalah manusia yang telah disesatkan oleh Allah; sebagaimana kesesatannya itu telah dinyatakan olehImam al-’Izz ibn Jama’ah, juga sebagaimana telah panjang lebar dijelaskan tentang kesesatannya oleh Imam Taqiyyuddin as-Subki dalam karya tersendiri untuk itu (yaitu kitab Syifa’ as-Siqam Fi Ziyarah Khayr al-Anam). Penghinaan Ibn Taimiyah terhadap Rasulullah ini bukan sesuatu yang aneh; oleh karena terhadap Allah saja dia telah melakukan penghinaan, –Allah maha suci darisegala apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir dengan kesucian yang agung–. KepadaAllah; Ibn Taimiyah ini telah menetapkan arah, tangan, kaki, mata, dan lain sebagainya dari keburukan-keburuan yang sangat keji. Ibn Taimiyah ini telah dikafirkan oleh banyak ulama, –semoga Allah membalas segala perbuatan dia dengan keadilan-Nya dan semoga Allah menghinakan para pengikutnya; yaitu merekayang membela segala apa yang dipalsukan oleh Ibn Taimiyah atas syari’at yangsuci ini–”.

Komentarku ( Mahrus ali )

Sebetulnya  komentar seperti itu  telah di dahului oleh Syi`ah dalam salah satu situsnya

ttp://alkafi.net/vb/showthread.php?t=1210.

Jadi ahli bid`ah itu kapanpun mereka berada dan di negara manapun , hakikatnya tidak beda – anti kepada dakwah salafiyah yang mengikuti al quran dan hadis.  Jadi tidak usah terjerumus kepada ahli bid`ah lagi setelah masuk dalam lingkaran ahli hadis . Lihat perkataan Imam Suyuthi pengarang tafsir Jalalain dan Jamius shaghir- yang mereka tokohkan sendiri dan kitab – kitabnya sering di pakai di Pesantren NU  sbb :


Usamah  dari Mesir berkata  sbb :

خَامِسا.. أَقْوَال الْسُّيُوْطِي فِي ابْنِ تَيْمِيَّةِ: 

قَالَ فِي كِتَابِهِ الإِتْقَانِ.. فِي الْنَّوْعِ الْثَََّامِنِ وَالْسَّبْعِيْنَ: فِي مَعْرِفَةِ شُرُوْطِ الْمُفَسِّرِ وَآَدَابِهِ.. قَالَ بَعْدَ ذِكْرِهِ لِكَلَامِ لاِبْن تَيْمِيَّةِ: «انْتَهَى كَلَامُ ابْنِتَيْمِيَّةَ مُلَخَّصًا، وَهُوَ نَفِيْسٌ جِدًّا»..

V. .. Komentar Imam  Suyuti tentang  Ibnu Taimiyah:

Beliau berkata dalam bukunya  Al Itqan  .. dalam bagian ke tujuh puluh delapan: Untuk mengetahui sarat dan etiket penafsir  .. Beliau berkata  setelah mengutip kata-kata Ibnu Taimiyah : « Selesailah  komentar Ibnu Taimiyah secara ringkas, Dan  bagus sekali  » ..


وَفِي تَارِيْخِ الْخُلَفَاءِ.. فِي تَرْجَمَةِ الْمُسْتَكْفِي بِاللهِ قَالَ: «وَفِي هَذِهِ الْسَّنَةِ تَكَلَّمَ الْوَزِيْرُ فِي إِعَادَةِ أَهْلِ الذِّمَّةِ إِلَى لُبْسِ الْعَمَائِمِ الْبِيْضِ، وَأَنَّهُمْ قَدِ الْتَزَمُوْا لِلْدُّيُوْنِ بِسَبْعِمِائَة أَلْف دِيْنَارٍ كُلَّ سَنَةٍ زِيَادَةً عَلَى الْجَالِيَة، فَقَامَ الْشَّيْخُ تَقِيُّ الْدِّيْنِ ابْنُ تَيْمِيَّةِ فِي إِبْطَالِ ذَلِكَ قِيَامًا عَظِيْمًا وَبَطَلَ وَلِلَّه الْحَمْدُ»..

Dalam kitab Tarikhul khulafa` .. Dalam menerangkan riwayat hidup  Mustakfi billah, beliau berkata : «Tahun ini, sang menteri berbicara untuk mengembalikan  Ahli dzimmah  agar  memakai surban putih , dan bahwa mereka telah di tetapkan menanggung  utang tujuh ratus ribu dinar per tahun  sebagai tambahan atas imigran , sehingga Syekh Taqi al-Din Ibnu Taimiyah berdiri untuk menghapus hal itu  dengan gagah berani  ahirnya tidak jadi , walillahil hamd». .
وَقَالَ بَعْدَ ذَلِكَ: «وَمِمَّنْ مَاتَ فِي أَيَّامِ الْمُسْتَكْفِي مِنَ الْأَعْلَامِ:..».. حَتَّى بَلَغَ: «..وَالْشَّيْخُ تَقِيُّ الْدِّيْنِ بْنُ تَيْمِيَّةِ».. عِلْمًا بِأَنَّهُ لَمْ يَذْكُرْ كَلِمَةَ شَيْخٍ عِنْدَمَا ذَكَرَ عُلَمَاءَ آخَرِيْنَ كَالزَّمَلْكَانِي.. وَالْعَلاَءِ بْنِ الْعَطََّارِ تِلْمِيْذِ الْنَّوَوِي.. وَهَذَا يَدُلُّ عَلَى احْتِرَامِهِ لِذَلِك الْإِمَام.. رَحِم اللهِ الْجَمِيْعَ..

Dan kemudian berkata: «Di antara mereka yang meninggal pada hari-hari kekuasaan  Mustakfi dari kalangan tokoh :..».. Sampai ………………..: «.., Syekh Taqi al-Din Ibnu Taimiyah» .. Perhatikan bahwa beliau ( Imam Suyuthi )  tidak menyebutkan kata syaikh ketika ia menyebutkan ilmuwan lain seperti Zamalkani  .. Ala`  Ben Attar murid Imam Nawawi r .. Hal ini menunjukkan rasa hormat terhadap Imam .. Tuhan memberkati rahmat kepada semua ..

وَيَكْفِيْنَا لِنَعْلَمَ رَأْيَ الْسُّيُوْطِي فِي ابْن تَيْمِيَّةَ قَوْلُهُ فِي طَبَقَاتِ الْحُفَّاظِ: «ابْنُ تَيْمِيَّةَ، الْشَّيْخُ، الْإِمَامُ، الْعَلاَّمَةُ، الْحَافِظُ، الْنَّاقِدُ، الْفَقِيْهُ، الْمُجْتَهِدُ، الْمُفَسِّرُ الْبَارِعُ، شَيْخُ اْلإِسْلَامِ، عَلَمُ الزُّهَّادِ، نَادِرَةُ الْعَصْر،ِ تَقِيُّ الْدِّيْنِ أَبُو الْعَبَّاسِ أَحْمَدُ بْن الْمُفْتِي شِهَابِ الْدِّيْنِ عَبْدِ الْحَلِيْمِ ابْنِ الْإِمَامِ الْمُجْتَهِدِ شَيْخِ اْلإِسْلَامِ مَجْدِ الْدِّيْنِ عَبْدِ الْسَّلاَمِ بْنِ عَبْد الله بْنِ أَبِي الْقَاسِم الْحَرَّانِي،
Kita perlu mengetahui pendapat Suyuti tentang Ibnu Taimiyah. Beliau  mengatakan dalam  kitab Thobaqat huffadh : «Ibnu Taimiyah adalah  Syaikh, Imam, al Hafidh , kritikus, sarjana, mujtahid, ekspositor master / ahli tafsir unggulan , Syaikh al-Islam, tokoh ahli zuhud ,   langka, Taqi al-Din Abu al-Abbas Ahmad bin Mufti Shihab Abdel Halim bin    Imam mujtahid  Syaikh al-Islam Majdedin Abdul Salam bin Abdullah bin Abu Qasim Aharani,
أَحَدُ الْأَعْلاَمِ وُلِدَ فِي رَبِيِعِ اْلأَوَّلِ سَنَةَ إِحْدَى وَسِتِّيْن وَسِتِّمِائَة».. وَقَال بَعْد ذَلِك بِقَلِيْل: «وَعَنَي بِالْحَدِيْث، وَخَرَّجَ وَانْتَقَى، وَبَرَعَ فِي الْرِّجَالِ وَعِلَل الْحَدِيْث وَفِقْهِه، وَفِي عُلُوْم اْلإِسْلَامِ وَعِلَْمِ الْكَلَامِ وَغَيْرِ ذَلِكَ، وَكَانَ مِن بُحُوْرِ الْعِلْمِ، وَمِنَ الأَذْكِيَاءِ الْمَعْدُوْدِيْن، وَالزُّهَّادِ وَالْأَفْرَادِ، أَلَّفَ ثَلاَثمَِائَة مُجَلََّدَةٍ وَامْتَحَنَ وَأُوْذِي مِرَارَا».

Beliau salah satu tokoh yang lahir pada Rabiul awal  tahun  »enam ratus enam puluh satu.. Ia mengatakan tak lama kemudian: «dan beliau  perhatian dengan hadis , dan mampu mentakhrij  dan bisa memilah – milah hadis , dan unggul tentang  perawi – perawi hadis  dan penyakit hadis dan pemahamannya , dan dalam ilmu-ilmu Islam dan teologi dan sebagainya. Beliau  juga lautan ilmu , termasuk  orang-orang cerdas yang terbilang ,  termasuk zuhud , tunggal , Beliau mengarang  tiga ratus jilid . Beliau diuji dan di sakiti  berulang kali» ..

Komentarku ( Mahrus ali )
شُيُوْخُهُ الْشَّيْخُ زَيْنُ الْدِّيْنِ ابْنُ الْمَنْجَا
وَالْمُنْجِد بْن عَسَاكِر وَغَيْرِهِم.
Guru – gurunya

Syeikh Zain Al-Din Ibn Manja  dan Al munjid  bin Asakir  dan lain-lain.
Murid – muridnya sbb :



 شَمْسُ الْدِّيْنِ ابْنُ قَيِّم الْجَوْزِيَّة. 
 أَبُو عَبْدِالْلَّهِ مُحَمَّدٍ الْذََّهَبِي صَاحِبِ (مِيْزَان الاعْتِدَالِ)). 
 اسْمَاعِيْل بْن عُمَر بْن كَثِيْر. 
 مُحَمَّد بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَبْدِالْهَادِي الْمَقْدِسِي. 
 أَبُو الْعَبَّاسِ أَحْمَد بْن الْحَسَن الْمَشْهُوْر بِقَاضِي الْجَبَل. 
 زَيْنُ الْدِّيْن عُمَر بِابْنِ الْوَرْدِي. 
 أَبُو حَفْص عُمَر الْحَرَّانِي. 
 أَبُو عَبْدِالْلَّه مُحَمَّد بْن مُفْلِح. 
 وَغَيْرِهِم


• Shamsuddin Ibn Qayyim al  Jawziyyah

• Abu Abdullah Muhammad al-Dhahabi pengarang  buku  (Mizanul i`tidal ).
Ismail bin Umar  Ibn Kathir. ( Pengarang tafsir Ibn Katsir ) 
• Mohammad bin Ahmad bin Abdul-Hadi al-Maqdisi.
• Abu al-Abbas Ahmad bin Hasan yang terkenal Hakim di gunung.
• Zainuddin Ibnu Umar terkenal dengan nama Bin Wardi.
• Abu Hafsh Omar Al harani.
Abu Abdullah Muhammad bin Muflih


• dan lain-lain

Buku karya Ibnu Taimiyah  sbb :
فِي الْتَّفْسِيْر 
 رِسَالَة فِي مِنْهَاجِ الْتَّفْسِيْر وَكَيْفَ يَكُوْن. 
 تَفْسِيْر سُوْرَة الْاخْلاص. 
 جَوَاب أَهْلِ الْعِلْم وَالْايْمَانِ بِتَحْقِيْق مَا أَخْبَر بِه رَسُوْل الْرَّحْمَن مِن أَن {قُل هُو الْلَّه أَحَد} تَعْدِل ثُلُث الْقُرْان. 
 تَفْسِيْر الْمُعَوِّذَتَيْن.

Dalam Tafsir 
• Pesan dalam metode untuk tafsir  dan bagaimana sebaiknya.
•  Tafsir surat al Ihlas


Jawaban orang-orang ber ilmu pengetahuan dan iman untuk mengetahui hakikat  apa yang diberitahukan oleh Rasulullah bahwa  {Qul huwallahu  sepertiga dari Quran}.
Tafsir dua surat  al falaq dan annas 
فِي الْعَقَائِد 
 الْايْمَان. 
 الاسْتِقَامَة. 
 اقْتِضَاءُ الْصِّرَاطِ الْمُسْتَقِيْمِ. 
 الْفُرْقَانُ بَيْن أَوْلِيَاءِ الْرَّحْمَنِ وَأَوْلِيَاءِ الْشَّيْطَانِ. 
 رِسَالَةٌ فِى عِلْم ِالْبَاطِنِ و الْظَّاهِر


Dalam keyakinan
• iman.
• Integritas.
• Maksud jalan lurus dan apa yang di maukan
• Kriteria waliyullah  dan teman-teman setan.
• Pesan dalam ilmu pengetahuan batin  dan dhahir


 التَّوَسُّلُ وَالْوَسِيْلَة. 
 الْرِّسَالَةُ الْحَمَوِيّة. 
 الْرِّسَالَة الْتَدَمُّرِيَّة. 
 الْعَقِيْدَةُ الْوَاسِطِيَّة 
 رِسَالَةُ مَرَاتِبِ الْادَارَة

الِاحْتِجَاجُ بِالْقَدَر. 
 بَيَانُ الْهُدَى مِن الضَّلَالِ. 
 الْجَوَاب الْصَّحِيْح. 
 مُعْتَقَدَاتُ اهْل الْضَّلالِ. 


• Tawassul dan wasilah
• Misi al hamawiyah 
• Misi Tadamuriyyah. ( penghancuran akidah batil )
•  Risalah Waasitiyyah (  Ajaran yang tepat ) 
•  Risalah  manajemen.( Manajemen diri ) 
• Berhujjah dengan takdir.
• Pernyataan hidayah dan kesesatan .
• jawaban yang benar.
• Kepercayaan orang sesat .



• • مَعَارِج الْوُصُوْل. 
 الْسُّؤَال عَن الْعَرْش. 
 بَيَانُ الْفِرْقَة الْنَّاجِيَة. 
 دَرْء تَعَارُضِ الْعَقْلِ وَالْنَّقْل. 
 مِنْهَاج الْسُّنَّة الْنَّّبَوِيَّة. 
 ابْطَالُ قَوْلِ الْفَلَاسِفَة بِاثْبَاتِ الْجَوَاهِرِ الْعَقْلِيَّة.


 شَرْح حَدِيْث الْنُّزُوْل. 
 نَقْضُ الْمَنْطِق. 
 الْرَّدُّ عَلَى الْمَنْطِقِيِّين. 
رَفْعُ المَلَام عَن الْأَئِمَّةِ الْأَعْلامِ 
 الْوَاسِطَة بَيْن الْحَقِّ وَالْخَلْقِ. 
 فَتْوَي ابْن تَيْمِيَّةِ عَن كِتَابِ فُصُوْصِ الْحِكَم 


• Tangga  wusul
• Pertanyaan tentang Arasy .
• Keterangan  golongan yang selamat.
• Pencegahan konflik akal  dan dalil quran atau hadis.
• Platform Sunnah.
• Menyalahkan kata-kata para filsuf untuk membuktikan hakikat akliyah.
•Menjelaskan hadis Allah turun ke  bawah.
• Menghancurkan dalil logika.
• Menanggapi kaum logika .
•  Tidak menyalahkan para tokoh unggulan 
• Medium antara Allah dan Mahluk.
• fatwa Ibnu Taimiyah tentang buku fusus Hekam ( karya Ibn Arabi ) 

 فِي الْفِقْه 
 رِسَالَةُ الْقِيَاس. 
 الْقَوَاعِد. 
 رِسَالَةُ الْحِسْبَة. 
 الْأَمْر بِالْمَعْرُوْف. 
 الْعُقُوْد.

 الْمَظَالِم الْمُشْتَرَكَة. 
 حَقِيْقَة الصِّيَام. 


Dalam literatur fikih
• Risalah tentang Qiyas .
• Kaidah ( Pakem )
• Risalah Perhitungan.
• Amar Ma`ruf .
• Kontrak.
• Ombudsman yang berserikat 
• Hakikat puasa

قَصَائِدُه 
 يَاسَائِلِي عَن مَذْهَبِي وَعَقِيْدَتِي 
 الْقَصِيْدَة الْتَّائِيَّة.

Puisi
• Wahai orang yang bertanya  tentang  madzhab dan akidahku


• Puisi  yang di akhiri  dengan ta`

Imam Dzahabi menyatakan :

Dalam http://www.asysyariah.com terdapat artikel sbb:

Pujian Para Ulama Terhadap Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah

(ditulis oleh: Al-Ustadz Abu Muhammad Harits)

Keharuman nama beliau tidak hanya diakui oleh sahabat dan murid-murid beliau. Bahkan sebagian seteru beliau juga memberikan sanjungan tidak hanya berkaitan dengan keilmuan beliau tapi juga pribadinya.

Di antara mereka adalah Al-Qadhi Ibnu Makhluf yang juga lawan beliau, sebagaimana telah dinukil sebelumnya.

Ibnu Daqiqil ‘Ied t, seorang ulama yang ahli dalam dua mazhab; Maliki dan Syafi’i, menceritakan pengalamannya ketika berkumpul dengan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah t: “Saya lihat dirinya, dalil itu seolah-olah ada di depan matanya. Dia ambil mana yang dia mau dan dia tinggalkan mana yang dikehendakinya.”

Ibnu Az-Zamlakani t, juga mengatakan: “Terkumpul pada dirinya (Ibnu Taimiyah) syarat-syarat seorang mujtahid secara sempurna. Dia mempunyai andil besar dalam karya-karya bermutu, ungkapannya yang bernas dan sistematis.”

Secara khusus, beliau memberi pujian terhadap karya Syaikhul Islam yang berjudul Raf’ul Malam ‘an A’immatil A’lam. Kata beliau: “(Ini) adalah karya tulis Asy-Syaikh Al-Imam, Al-‘Alim Al-‘Allamah, tidak ada tandingannya, hafizh mujtahid, tokoh zahid ahli ibadah, teladan, imam para imam, panutan umat, keagungan ulama, pewaris para Nabi, barakah Islam, hujjatul Islam, pemberantas bid’ah, menghidupkan sunnah. Bagian dari anugerah besar yang Allah k berikan kepada kita, yang dengannya tegaklah hujjah terhadap musuh-musuh-Nya.”

Lalu beliau menulis beberapa bait memuji Syaikhul Islam:

مَاذَا يَقُولُ الْوَاصِفُوْنَ لَهُ * وَصِفَاتُهُ جَلَّتْ عَنِ الْحَصْرِ

هُوَ حُجَّةٌ للهِ قَاهِرَةٌ *  هُوَ بَيْنَنَا أُعْجُوْبَةُ الدَّهْرِ

هُوَ آيَةٌ ِللْخَلْقِ ظَاهِرَةٌ * أَنْوَارُهَا أَرْبَتْ عَلَى الْفَجْرِ

Apa yang kan diuraikan mereka yang mensifatkannya

 Sedangkan sifat-sifatnya melampaui batasan

Dia adalah hujjah Allah yang menaklukkan

 Dia adalah keajaiban masa di tengah-tengah kita

Dia adalah satu ayat Allah yang nyata bagi makhluk-Nya

 Cahayanya mengalahkan kemilau fajar

Ibnu Az-Zamlakani juga menyatakan: “Apabila dia ditanya tentang satu cabang ilmu, niscaya orang yang mendengar dan melihatnya pasti menyangka Ibnu Taimiyah tidak punya ilmu lain kecuali itu, dan memastikan bahwa tidak ada satupun yang memahami seperti dia. Ahli fikih dari berbagai mazhab, jika berdiskusi dengannya, niscaya mereka memetik faedah dari beliau hal-hal yang sebelumnya tidak pernah mereka ketahui. Tidak pula pernah terdengar bahwa beliau berdebat dengan seseorang lalu kalah. Jika dia membahas satu cabang ilmu –baik ilmu syariat atau lainnya–, niscaya beliau mengungguli orang-orang yang ahli di bidang tersebut. Beliau memiliki kelebihan dalam karya tulis, ungkapan yang berisi, runut, juga dalam pembagian dan pejelasan.”

As-Subki, setelah mendapat teguran dari syaikhnya, Al-Imam Adz-Dzahabi t, dia mengatakan: “Adapun ucapan sayyidi (tuanku) tentang syaikh (Ibnu Taimiyah), maka hamba menyaksikan besarnya kedudukan beliau, luasnya ilmu beliau dalam hal syariat maupun logika, juga kejeniusannya, ijtihadnya, yang semua itu beliau capai melampaui keadaan yang disifatkan orang. Hamba senantiasa mengatakan bahwa kedudukan beliau dalam diri hamba amatlah agung dan lebih mulia dari itu. Seiring dengan apa yang Allah l berikan kepada beliau, berupa sifat zuhud, wara’, diyanah (pengamalan terhadap agama), membela al-haq, berdiri di atas kebenaran tanpa tujuan lain, serta perjalanannya di atas cara hidup kaum salaf, serta capaiannya yang luar biasa, yang sangat jarang ditemukan seperti itu di zaman ini, bahkan di zaman kapanpun.”

Tajuddin As-Subki sendiri merasa bangga ketika Al-Mizzi menulis biografi ayahnya Taqiyuddin As-Subki dengan gelar Syaikhul Islam, dan tidak menuliskan gelar ini kecuali hanya kepada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan ayahnya As-Subki. Seandainya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, seorang mubtadi’, zindiq apalagi kafir, tentulah dia tidak rela ayahnya disejajarkan dengan Ibnu Taimiyah.

Al-‘Allamah Al-Imam Qadhi Qudhah Mesir dan Syam, Abu ‘Abdullah Muhammad bin Ash-Shafi ‘Utsman Ibnul Hariri Al-Anshari Al-Hanafi menegaskan: “Kalau Ibnu Taimiyah bukan Syaikhul Islam, siapa lagi?”

Al-Imam Al-Mizzi (penyusun Tahdzibul Kamal) menyatakan pujiannya: “Saya tidak pernah melihat tokoh seperti dia. Diapun tidak melihat ada yang seperti dirinya. Saya tidak pernah melihat tokoh yang paling tahu tentang Al-Kitab (Al-Qur’an) dan As-Sunnah serta paling teguh mengikuti keduanya daripada beliau.”

Seorang syaikh yang shalih, ahli ibadah, Abu Thahir Muhammad Al-Ba’li Al-Hanbali t membawakan beberapa bait syair, memuji Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Di antara pujian beliau:

يَا ابْنَ تَيْمِيَّةَ ياَ أَنْصَحَ الْعُلَمَا * يَا مَنْ لِأَسْرَارِ دِيْنِ اللهِ قَدْ فَهِمَا

يَا آيَةً ظَهَرَتْ فِي اْلكَوْنِ بَاهَرَةً   * لاَ ِزلْتَ فِي سِلْكِ دِيْنِ اللهِ مُنْتَظِمًا

وَكُنْتَ وَاسِطَةً فِي عَقْدِهِ أَبَدَا  * تُزِيْلُ مِنْهُ اْلأذَىَ وَاْلفُحْشَ وَالسَّقَمَا

جَمَعْتَ مِنْهُ الَّذِي قَد كَانَ فَرَّقَهُ   * قَوْمٌ رَأَوْهُ هُدًى مِنْهُ وَكَانَ عَمَى

Hai Ibnu Taimiyah, hai ulama yang banyak memberi nasihat

 Hai orang yang paham rahasia dien Allah

Hai ayat yang nampak cemerlang di alam semesta

 Engkau senantiasa di siplin di dalam dien Allah ini

Engkau menjadi perantara dalam menguatkannya selamanya

 Engkau lenyapkan kotoran darinya, juga kekejian dan kerusakan

Engkau kumpulkan dari dien ini apa yang dahulu diserakkan

 Oleh kelompok yang menyangkanya hidayah padahal dia buta

Ibnu Hajar Al-‘Asqalani t juga mengatakan (Fathul Bari 6/289): “...tambahan ini tidak ada sedikitpun dalam buku-buku hadits. Hal ini telah diperingatkan oleh Al-‘Allamah Taqiyuddin Ibnu Taimiyah.”

Di dalam kitab lainnya (At-Talkhishul Habir 3/179), Ibnu Hajar memuji beliau sebagai Al-Hafizh.

Jalaluddin As-Suyuthi (pengarang Al-Itqan dan Tafsir Jalalain) mengatakan: “Demi Allah, belum pernah kedua mata saya melihat orang yang paling luas ilmunya dan paling kuat kecerdasannya daripada seseorang yang bernama Ibnu Taimiyah, disertai sikap zuhudnya dalam berpakaian, makanan, wanita dan senantiasa tegak bersama al-haq (kebenaran) dan berjihad dengan segenap kemampuannya.”

Kata beliau juga: “Ibnu Taimiyah adalah seorang syaikh, imam, Al-‘Allamah, hafizh, kritikus, ahli fiqih, mujtahid, pakar tafsir yang ulung, Syaikhul Islam. Simbol kezuhudan, salah seorang tokoh yang langka di zamannya. Beliau adalah lautan ilmu, jenius dan ahli zuhud yang sulit dicari tandingannya.”

Terakhir, perhatikanlah ucapan As-Subki (ayah Tajuddin As-Subki) tentang Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah t, ketika menegur orang yang mencerca Ibnu Taimiyah: “Demi Allah, hai Fulan. Tidaklah ada yang membenci Ibnu Taimiyah melainkan orang yang jahil atau pengikut hawa nafsu. Adapun orang jahil, dia tidak tahu apa yang dikatakannya. Sedangkan pengikut hawa nafsu, dia dihalangi oleh hawa nafsunya dari al-haq setelah dia mengetahuinya.”

Jadi, hanya ada dua kemungkinan pada diri orang-orang yang memusuhi Ibnu Taimiyah t; orang jahil yang tidak mengerti apa yang dia katakan, atau orang yang memperturutkan hawa nafsunya, sehingga ilmu dan kebenaran yang diketahuinya, tentang pribadi Syaikhul Islam atau pemikirannya, terkubur oleh dendam kesumat, kedengkian, dan kesesatan bid’ah yang diyakininya. Wallahul musta’an.

Wafat dalam Penjara

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah telah menghabiskan hidupnya dengan penuh kesabaran, rasa syukur dan perjuangan, baik dalam keadaan susah maupun senang. Tidak sekalipun beliau ber-mujamalah (menjilat) dalam amar ma’ruf nahi munkar, bahkan tidak pernah beliau mundur dari perkataan yang haq, selamanya. Sikap terus terang dan keberanian beliau dalam menyuarakan yang haq, berkali-kali menyeret beliau ke penjara. Mungkin itu pula salah satu sebab beliau tidak menikah.

Pada tahun 726 H, adalah akhir dari hukuman penjara yang beliau terima. Ini disebabkan pemalsuan yang dilakukan oleh musuh-musuhnya terhadap fatwa beliau tentang ziarah kubur. Sehingga seolah-olah Syaikhul Islam mengharamkan ziarah kubur terlebih lagi makam Rasul n. Ditambah lagi, sikap beliau kepada Sultan Nashir Al-Qalawun yang beliau perlakukan sebagai murid. Beliau tidak segan-segan menegur dan membimbingnya, sehingga sering Baginda merasa berat. Apalagi setelah Syaikhul Islam menulis As-Siyasah Asy-Syar’iyah.

Akhirnya, musuh-musuh beliau berusaha mencari kesempatan melepaskan kekuasaan pemerintah (Sultan) dari pengaruh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah yang tidak pernah bersikap munafik, riya, atau menjilat demi mencari keselamatan pribadi.

Ibnu Taimiyah kembali dipenjarakan. Tapi yang terakhir ini lebih berat beliau rasakan. Perlakuan yang beliau terima lebih buruk dari sebelumnya. Beliau dijauhkan dari semua alat tulis dan dilarang melakukan penelitian (membaca). Hanya saja, penderitaan itu tidak berlangsung lama. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah akhirnya sakit keras beberapa hari. Hal itu mulai dirasakan sejak dikeluarkannya semua perlengkapan tulis menulis dan membaca dari sisi beliau selama di penjara.

Begitu mengetahui beliau sakit, Syamsuddin Al-Wazir meminta izin menjenguk beliau. Melihat keadaan beliau, dia meminta maaf atas semua kesalahannya selama ini. Oleh Syaikhul Islam, dia dimaafkan bahkan semua yang memusuhinya, termasuk Sultan Nashir Al-Qalawun yang memenjarakannya.

Kemudian, pada malam 22 Dzul Qa’dah 728 H, wafatlah Syaikhul Imam, Al-‘Allamah Al-Faqih Al-Hafizh Az-Zahid, Al-Mujahid Syaikhul Islam Taqiyuddin Abul ‘Abbas Ahmad bin Al-Imam Syihabuddin Abul Mahasin ‘Abdul Halim bin Syaikhul Islam Abul Barakat ‘Abdus Salam bin ‘Abdullah bin Abul Qasim Muhammad bin Al-Khidhir bin Muhammad bin Al-Khidhir bin ‘Ali bin ‘Abdullah bin Taimiyah Al-Harrani Ad-Dimasyqi, di dalam tembok penjara Damaskus.

Berita ini mulanya hanya diketahui orang-orang yang di dalam penjara. Kemudian, berita ini meluas hingga didengar oleh kaum muslimin. Mereka terenyak. Berita itu betul-betul menggemparkan.

Akhirnya, berduyun-duyun mereka menuju ke benteng tersebut untuk melihat jenazah beliau. Setelah itu mereka keluar, kemudian masuklah kaum wanita seperti itu juga.

Setelah selesai dimandikan oleh sebagian tokoh seperti Al-Mizzi, jenazah beliau dibawa ke luar penjara. Masyarakatpun berkumpul ikut menyaksikan prosesi jenazah beliau. Mereka rela menutup pintu toko dan menghentikan aktivitas mereka demi mengiringi jenazah beliau. Kaum wanita yang tidak ikut serta, berdiri di atas rumah-rumah mereka melepas jenazah sang imam. Sebagian mereka membagi-bagi daun bidara yang dipakai untuk memandikan beliau.

Ibnu Katsir t memperkirakan dalam Al-Bidayah, ada sekitar 15.000 orang wanita ikut mengantar jenazah beliau.1 Belum lagi yang ada di atas rumah-rumah mereka. Semua mendoakan rahmat dan menangisi beliau. Para tentarapun ikut sibuk mengamankan prosesi jenazah tersebut.

Air mata tumpah, langitpun menangis. Ratapan duka dan doa mengantar jenazah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah t. Seluruh rakyat di sekitar penjara benteng tersebut tumpah ke jalanan mengantarkan jenazah beliau. Pintu-pintu masjid Jami’ tak cukup menampung desakan rakyat banyak yang ingin mendekati jenazah beliau. Kejadian ini tak jauh beda dengan prosesi pemakaman jenazah Imam Ahli Sunnah wal Jamaah Abu ‘Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal t. Di mana ketika beliau wafat di Baghdad, ratusan ribu manusia mengantar jenazah beliau ke pemakaman. Al-Imam Ahmad pernah mengatakan kepada ahli bid’ah: “Katakan kepada ahli bid’ah: ‘Keputusan antara kami dan kamu (ahli bid’ah) adalah yaumul janaiz (hari kematian)’.”

Beliau dikebumikan setelah selesai shalat ‘ashar di pemakaman Shufiyah, di sebelah kuburan saudaranya Syarafuddin ‘Abdullah. Di situ pula dikebumikan salah seorang murid beliau yang terkemuka yaitu Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahumullah beberapa tahun kemudian.

Setelah dikebumikan, Asy-Syaikh Al-Imam Burhanuddin Al-Fazari dan sejumlah ulama besar Asy-Syafi’iyah selama tiga hari berulang-ulang mengunjungi kuburan Ibnu Taimiyah t.

Tidak ada yang tertinggal mengantar jenazah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah ke pemakaman kecuali mereka yang lemah dan tidak dapat hadir, serta tiga orang yang sangat keras permusuhannya terhadap beliau, yaitu Ibnu Jumlah, Ash-Shadr, dan Al-Qafjari. Mereka yakin, seandainya mereka ikut keluar niscaya umat akan menyakiti bahkan membunuh mereka.

Semoga Allah l merahmati ulama salaf yang telah wafat dan memelihara mereka yang masih hidup.



Tentang ziarah ke kuburan Rasulullah SAW yang anda persoalkan , maka  saya kutip perkataan Ibnu Taimiyah  sbb :
وَقَدْ كَرِهَ مَالِكٌ وَغَيْرُهُ أَنْ يَقُولَ الرَّجُلُ : زُرْتُ قَبْرَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَنَّ هَذَا اللَّفْظَ لَمْ يَرِدْ

Imam Malik  dan orang lain mengatakan tidak suka seorang lelaki berkata : : Saya mengunjungi makam Rasulullah SAW karena kalimat ini tidak pernah di dengar di kalangan penduduk Medinah saat itu . ( atau  tidak ada dalilnya ) [1]
وَالْأَحَادِيثُ الْمَرْوِيَّةُ فِي زِيَارَةِ قَبْرِهِ كُلُّهَا ضَعِيفَةٌ بَلْ كَذِبٌ .

Hadis – hadis Nabi SAW  tentang berkunjung ke kuburan beliau seluruhnya adalah lemah , bahkan dusta. [2]

وَلَيْسَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي زِيَارَةِ قَبْرِهِ وَلَا قَبْرِ الْخَلِيلِ حَدِيثٌ ثَابِتٌ أَصْلًا
Tiada hadis sahih yang memerintahkan untuk mengunjungi kuburan nabi Muhammad atau  nabi Ibrahim . [3]

Mengapa anda  tidak menyatakan sesat kepada Imam Malik yang menyatakan seperti itu, lalu anda menyesatkan Ibnu Taimiyah karenanya . Pada hal Ibn Taimiyah tidak melarang mengunjungi kuburan Nabi SAW . Yang di larang oleh Ibnu Taimiyah dari jauh – jauh pergi hanya untuk berziarah ke kuburan Rasulullah SAW, tapi niat yang terbaik bukan itu , tapi ziarah ke masjidnya karena ada hadis :

882‏- حَدِيْثُ  ‏أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ  ‏، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  ، قَالَ: لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ: الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ، وَمَسْجِدِ الرَّسُولِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  ، وَمَسْجِدِ الأَقْصى
882.Abu Hurairah ra menturkan: “Nabi saw bersabda: “Janganlah bersusah payah menuju suatu tempat, kecuali menuju ketiga masjid: Masjidil Haram, Masjid Rasul saw, dan Masjidil Aqsa.” (Bukhari, 20, Kitab Fadhlush Shalat fii Masjidi Mekah wal Madinah, 1, bab keutamaan tempat di antara kubur dan mimbar Rasulullah saw).
Allu`lu` wal marjan 418/1 Al albani berkata : Muttafaq alaih
Lihat di kitab karyanya : Misykatul  mashobih ,nomer hadis:  693.

Anda menyatakan lagi :

oleh karena terhadap Allah saja dia telah melakukan penghinaan, –Allah maha suci darisegala apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir dengan kesucian yang agung–. KepadaAllah; Ibn Taimiyah ini telah menetapkan arah, tangan, kaki, mata, dan lain sebagainya dari keburukan-keburuan yang sangat keji.

Jadi anda menyatakan Allah tidak punya tangan , mana dalilnya , pasti anda  tidak tahu . Lalu anda menentang ayat ini :

قَالَ يَاإِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ أَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنْتَ مِنَ الْعَالِينَ(75)
Allah berfirman: "Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?".[4]

وَقَالَتِ الْيَهُودُ يَدُ اللهِ مَغْلُولَةٌ غُلَّتْ أَيْدِيهِمْ وَلُعِنُوا بِمَا قَالُوا بَلْ يَدَاهُ مَبْسُوطَتَانِ يُنْفِقُ كَيْفَ يَشَاءُ وَلَيَزِيدَنَّ كَثِيرًا مِنْهُمْ مَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ طُغْيَانًا وَكُفْرًا وَأَلْقَيْنَا بَيْنَهُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ كُلَّمَا أَوْقَدُوا نَارًا لِلْحَرْبِ أَطْفَأَهَا اللهُ  وَيَسْعَوْنَ فِي اْلأَرْضِ فَسَادًا وَاللهُ لاَ يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ(64)
Orang-orang Yahudi berkata: "Tangan Allah terbelenggu", sebenarnya tangan merekalah yang dibelenggu dan merekalah yang dila`nat disebabkan apa yang telah mereka katakan itu. (Tidak demikian), tetapi kedua-dua tangan Allah terbuka; Dia menafkahkan sebagaimana Dia kehendaki. Dan Al Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sungguh-sungguh akan menambah kedurhakaan dan kekafiran bagi kebanyakan di antara mereka. Dan Kami telah timbulkan permusuhan dan kebencian di antara mereka sampai hari kiamat. Setiap mereka menyalakan api peperangan, Allah memadamkannya dan mereka berbuat kerusakan di muka bumi dan Allah tidak menyukai orang-orang yang membuat kerusakan.[5]

Ada orang yang mengartikan kedua tangan Allah bukan tangan tapi kekuasaan , orang itu ngelindur . 

Saya katakan : Bila tangan di artikan kekuasaan maka wajah Allah di artikan apa , betis Allah di artikan apa ? Lantas tapak kaki Allah  di artikan apa ? Sudahlah  , jangan menggurui Allah , biarkan arti  kalimat al Quran sebagaimana  arti semestinya dan jangan di takwil . Sebab takwilan itu belum tentu cocok dengan kehendak Allah. Yang jelas takwilan itu cocok untuk pikiran yang  kotor .

Ada lagi hadis sbb:

عَنْ  أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : يَجْمَعُ اللهُ النَّاسَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَيَقُوْلُوْنَ لَوِ اسْتَشْفَعْنَا عَلَى  رَبِّنَا حَتَّى يُرِيْحَنَا مِنْ مَكَانِنَا فَيَأْتُوْنَ آدَمَ فَيَقُوْلُوْنَ: أَنْتَ الَّذِيْ خَلَقَكَ اللهُ بِيَدِهِ، وَنَفَخَ فِيْكَ مِنْ رُوْحِهِ، وَأَمَرَ الْمَلاَئِكَةَ فَسَجَدُوْا لَكَ،

.Anas ibnu Malik menuturkan: “Rasulullah saw bersabda: “Allah mengumpulkan manusia pada hari kiamat dan mereka berkata: “Alangkah baiknya, jika kami minta syafaat kepada Tuhan kami, agar Dia membebaskan kami dari tempat kami.”

Mereka mendatangi Adam as dan berkata: “Engkau adalah manusia yang dijadikan oleh Allah dengan tangan-Nya, engkau diberi ruh daripada-Nya. Dan Dia menyuruh malaikat bersujud kepadamu. Karena itu, mintakanlah syafaat dari Tuhanmu  bagi kami.”

Jawab Adam as: “Aku tidak pantas untuk melakukannya bagi kalian, karena aku pernah berdosa, sebaiknya kalian mendatangi Nuh as, rasul Allah yang pertama kali.”[6] (Bukhari, 81, kitab Riqaq, 51, bab sifat surga dan neraka).

Bila anda mengkafirkan orang yang menyatakan bahwa Allah punya tangan , maka anda termasuk menentang  quran dan hadis sahih.  Bagaimanakah hukum orang yang berbuat seperti itu . Setahu saya ada ayat :

مَا يُجَادِلُ فِي ءَايَاتِ اللَّهِ إِلاَّ الَّذِينَ كَفَرُوا فَلاَ يَغْرُرْكَ تَقَلُّبُهُمْ فِي الْبِلَادِ(4)

Tidak ada yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah, kecuali orang-orang yang kafir. Karena itu janganlah pulang balik mereka dengan bebas dari suatu kota ke kota yang lain memperdayakan kamu.[7]

Kaum dulu yang di binasakan juga karena  mereka enggan menerima ayat – ayat Allah bahkan tidak mau beriman kepadanya  , menyatakan kedustaan terhadap ayat – ayat itu  sebgaimana  ayat :

وَلَقَدْ مَكَّنَّاهُمْ فِيمَا إِنْ مَكَّنَّاكُمْ فِيهِ وَجَعَلْنَا لَهُمْ سَمْعًا وَأَبْصَارًا وَأَفْئِدَةً فَمَا أَغْنَى عَنْهُمْ سَمْعُهُمْ وَلَا أَبْصَارُهُمْ وَلَا أَفْئِدَتُهُمْ مِنْ شَيْءٍ إِذْ كَانُوا يَجْحَدُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَحَاقَ بِهِمْ مَا كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِئُونَ(26)

Dan sesungguhnya Kami telah meneguhkan kedudukan mereka dalam hal-hal yang Kami belum pernah meneguhkan kedudukanmu dalam hal itu dan Kami telah memberikan kepada mereka pendengaran, penglihatan dan hati; tetapi pendengaran, penglihatan dan hati mereka itu tidak berguna sedikit juapun bagi mereka, karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan mereka telah diliputi oleh siksa yang dahulu selalu mereka memperolok-olokkannya.[8]

Bila Allah tidak punya tangan , apakah Allah buntung , maksudnya  tidak memiliki dua tangan , lalu siapakah yang mengatakan seperti itu . Allah punya wajah karena ada ayat :
وَلِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ إِنَّ اللهَ وَاسِعٌ عَلِيمٌ(115)
Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka ke manapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui.[9]

Ayat tersebut juga menyatakan  bahwa Allah punya wajah dan tiada satupun dalil yang menyatakan  bahwa Allah tidak punya wajah . Setahu saya , kalangan  orang yang menyatakan bahwa Allah tidak punya wajah hanyalah ahli bid`ah . Kebanyakan  ahli hadis menyatakan  sebagaimana  apa yang di katakan  oleh Allah tanpa takwil .

Ibnu taimiyah berkata :
وَنُفَسِّرُ مَا فَسَّرَهُ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم وَأَصْحَابُهُ وَالتَّابِعُوْنَ وَاْلأَئِمَّةُ الْمَرْضِيُّوْنَ مِنَ السَّلَفِ الْمَعْرُوْفِيْنَ بِالدِّيْنِ وَاْلأَمَانَةِ، وَنُجْمِعُ عَلَى مَا أَجْمَعُوْا عَلَيْهِ، وَنُمْسِكُ عَنْ مَا أَمْسَكُوْا عَنْهُ، وَنُسَلِّمُ الْخَبَرَ الظَّاهِرَ وَاْلآيَةَ الظَّاهِرَةَ تَنْزِيْلُهَا، لاَ نَقُوْلُ بِتَأْوِيْلِ الْمُعْتَزِلَةِ وَاْلأَشْعَرِيَّةِ وَالْجَهْمِيَّةِ وَالْمُلْحِدَةِ وَالْمُجَسِّمَةِ وَالْمُشَبِّهَةِ وَالْكَرَامِيَّةِ وَالْمُكَيِّفَةِ، بَلْ نَقْبَلُهَا بِلاَ تَأْوِيْلٍ وَنُؤْمِنُ بِهَا بِلاَ تَمْثِيْلٍ،
Dan kita mentafsiri sebagaimana  tafsiran Nabi SAW  , para sahabat , tabi`in , imam  - imam  yang di ridai  , dari kalangan  kaum salaf yang terkenal  dengan agama dan amanat . Kita ber ijma` sebagaimana  apa yang telah mereka ijma`kan dan kita tidak memberikan komentar terhadap apa yang mereka tidak ada commend , kita serahkan hadis dan ayat sebagaimana  arti yang populer atau arti aslinya  . Kita  tidak akan berkata sebagaimana kaum mu`tazialh , asy`ariyah , jahmiyah , mulhidah , mujassimah , musyabbihah , al karamiyah , mukayyifah   . tapi kita terima ayat dan hadis tsb tanpa takwil , kita beriman tanpa memiripkan Allah dengan mahlukNya . [10]

Ada juga hadis sbb :
وَأَسْأَلُكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ وَالشَّوْقَ إِلَى لِقَائِكَ فِي غَيْرِ ضَرَّاءَ مُضِرَّةٍ وَلَا فِتْنَةٍ مُضِلَّةٍ
Aku  mohon kepadaMu memandang wajahMu dengan lezat ,rindu bertemu denganMu  tanpa penderitaan yang membahayakan atau fitnah yang menyesatkan [11]

Lantas orang yang percaya ayat tersebut anda katakan kafir , lalu orang yang menyatakan menolak ayat itu ,kamu katakan mukmin . Itu ber arti kamu termasuk ahli bid`ah dan menentang ayat lalu berpedoman pada ayat mana , kamu bisa mengatakan Allah tidak punya wajah . lalu kamu di akhirat melihat Allah , apanya yang kamu lihat . Apakah Allah berbentuk segi empat tidak punya wajah . Wah , berbicara  tentang Allah dengan akal – akalan itu akan menyesatkan diri dan orang lain . Lebih baik diamlah dan jangan menerangkan agama bila  tanpa dalil. Allah  berfirman :
وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا
               Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui dalilnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.[12]

Dan masih banyak , saya  cukupi sekian dulu , barang kali belum sadar , maka banyak orang yang sadar dengan satu dalil dan banyak juga orang yang punya dalil tapi tidak mengerti kemana arah dalil itu . lalu di buat amunisi untuk menentang orang yang hidupnya selalu berdalil.

[1] Majmu` fatawa  111/1
[2] Majmu` fatawa  195/6
[3] Majmu` fatawa  Ibn Taimiyah  195/ 6
[4]  Shod 75
[5]  Al maidah 64
[6] Allu`lu` wal marjan 74/1 Al albani berkata :  sahih , lihat di kitab karyanya dhilalul jannati 74/2
[7] Ghofir 4
[8] Al ahqaf 26
[9] Al baqarah 115
[10] ijtim`aul juyus al islamiyah 47/1
[11] Nasai , Al Hakim dan beliau mensahihkan , imam  Dzahabi menyetujuinya . 1305
[12] ( Al isra` 36 )