Posted on August
17, 2010 by salafytobat
Ibnu Hajar
al-Haitami; Ulama Terkemuka Madzhab Syafi’i, Mengatakan: “IBNU TAIMIYAH SESAT”
(Menohok Wahabi)
Kitab Karya Imam
Ibnu Hajar al-Haitami berjudul Hasyiyah al-Idlah Ala Manasik al-Hajj Wa
al-’Umrah (Kitab Penjelasan terhadap Karya Imam an-Nawawi)
Bab VI:
Menjelaskan tentang ziarah ke makam tuan kita dan baginda kita Rasulullah
(Shallallahu Alyhi Wa Sallam) dan segala permasalahan yang terkait dengannya
Terjemah:
“… Jangan tertipu
dengan pengingkaran Ibn Taimiyah terhadap kesunahan ziarah ke makam Rasulullah,
karena sesungguhnya dia adalah manusia yang telah disesatkan oleh Allah;
sebagaimana kesesatannya itu telah dinyatakan olehImam al-’Izz ibn Jama’ah,
juga sebagaimana telah panjang lebar dijelaskan tentang kesesatannya oleh Imam
Taqiyyuddin as-Subki dalam karya tersendiri untuk itu (yaitu kitab Syifa’
as-Siqam Fi Ziyarah Khayr al-Anam). Penghinaan Ibn Taimiyah terhadap Rasulullah
ini bukan sesuatu yang aneh; oleh karena terhadap Allah saja dia telah
melakukan penghinaan, –Allah maha suci darisegala apa yang dikatakan oleh
orang-orang kafir dengan kesucian yang agung–. KepadaAllah; Ibn Taimiyah ini
telah menetapkan arah, tangan, kaki, mata, dan lain sebagainya dari
keburukan-keburuan yang sangat keji. Ibn Taimiyah ini telah dikafirkan oleh
banyak ulama, –semoga Allah membalas segala perbuatan dia dengan keadilan-Nya
dan semoga Allah menghinakan para pengikutnya; yaitu merekayang membela segala
apa yang dipalsukan oleh Ibn Taimiyah atas syari’at yangsuci ini–”.
Komentarku (
Mahrus ali )
Sebetulnya
komentar seperti itu telah di dahului oleh Syi`ah dalam salah satu
situsnya
ttp://alkafi.net/vb/showthread.php?t=1210.
Jadi ahli bid`ah
itu kapanpun mereka berada dan di negara manapun , hakikatnya tidak beda – anti
kepada dakwah salafiyah yang mengikuti al quran dan hadis. Jadi tidak
usah terjerumus kepada ahli bid`ah lagi setelah masuk dalam lingkaran ahli
hadis . Lihat perkataan Imam Suyuthi pengarang tafsir Jalalain dan Jamius
shaghir- yang mereka tokohkan sendiri dan kitab – kitabnya sering di pakai di
Pesantren NU sbb :
Usamah dari
Mesir berkata sbb :
خَامِسا..
أَقْوَال الْسُّيُوْطِي فِي ابْنِ تَيْمِيَّةِ:
قَالَ فِي كِتَابِهِ الإِتْقَانِ.. فِي الْنَّوْعِ
الْثَََّامِنِ وَالْسَّبْعِيْنَ: فِي مَعْرِفَةِ شُرُوْطِ الْمُفَسِّرِ وَآَدَابِهِ.. قَالَ بَعْدَ ذِكْرِهِ لِكَلَامِ لاِبْن تَيْمِيَّةِ:
«انْتَهَى كَلَامُ ابْنِتَيْمِيَّةَ مُلَخَّصًا، وَهُوَ نَفِيْسٌ جِدًّا»..
V. .. Komentar
Imam Suyuti tentang Ibnu Taimiyah:
Beliau berkata dalam bukunya Al Itqan .. dalam bagian ke tujuh
puluh delapan: Untuk mengetahui sarat dan etiket penafsir .. Beliau
berkata setelah mengutip kata-kata Ibnu Taimiyah : « Selesailah
komentar Ibnu Taimiyah secara ringkas, Dan bagus sekali » ..
وَفِي تَارِيْخِ الْخُلَفَاءِ.. فِي تَرْجَمَةِ
الْمُسْتَكْفِي بِاللهِ قَالَ: «وَفِي هَذِهِ الْسَّنَةِ تَكَلَّمَ
الْوَزِيْرُ فِي إِعَادَةِ أَهْلِ الذِّمَّةِ إِلَى لُبْسِ الْعَمَائِمِ الْبِيْضِ،
وَأَنَّهُمْ قَدِ الْتَزَمُوْا لِلْدُّيُوْنِ بِسَبْعِمِائَة أَلْف دِيْنَارٍ كُلَّ
سَنَةٍ زِيَادَةً عَلَى الْجَالِيَة، فَقَامَ الْشَّيْخُ تَقِيُّ الْدِّيْنِ
ابْنُ تَيْمِيَّةِ فِي إِبْطَالِ ذَلِكَ قِيَامًا عَظِيْمًا وَبَطَلَ
وَلِلَّه الْحَمْدُ»..
Dalam kitab
Tarikhul khulafa` .. Dalam menerangkan riwayat hidup Mustakfi billah,
beliau berkata : «Tahun ini, sang menteri berbicara untuk mengembalikan
Ahli dzimmah agar memakai surban putih , dan bahwa mereka
telah di tetapkan menanggung utang tujuh ratus ribu dinar per tahun
sebagai tambahan atas imigran , sehingga Syekh Taqi al-Din Ibnu Taimiyah
berdiri untuk menghapus hal itu dengan gagah berani ahirnya tidak
jadi , walillahil hamd». .
وَقَالَ
بَعْدَ ذَلِكَ: «وَمِمَّنْ مَاتَ فِي أَيَّامِ الْمُسْتَكْفِي مِنَ الْأَعْلَامِ:..».. حَتَّى بَلَغَ: «..وَالْشَّيْخُ
تَقِيُّ الْدِّيْنِ بْنُ تَيْمِيَّةِ».. عِلْمًا بِأَنَّهُ لَمْ يَذْكُرْ
كَلِمَةَ شَيْخٍ عِنْدَمَا ذَكَرَ عُلَمَاءَ آخَرِيْنَ كَالزَّمَلْكَانِي.. وَالْعَلاَءِ
بْنِ الْعَطََّارِ تِلْمِيْذِ الْنَّوَوِي.. وَهَذَا يَدُلُّ عَلَى احْتِرَامِهِ لِذَلِك الْإِمَام.. رَحِم اللهِ الْجَمِيْعَ..
Dan kemudian berkata: «Di antara mereka yang meninggal pada hari-hari kekuasaan
Mustakfi dari kalangan tokoh :..».. Sampai ………………..: «.., Syekh Taqi
al-Din Ibnu Taimiyah» .. Perhatikan bahwa beliau ( Imam Suyuthi ) tidak
menyebutkan kata syaikh ketika ia menyebutkan ilmuwan lain seperti Zamalkani
.. Ala` Ben Attar murid Imam Nawawi r .. Hal ini menunjukkan rasa
hormat terhadap Imam .. Tuhan memberkati rahmat kepada semua ..
وَيَكْفِيْنَا
لِنَعْلَمَ رَأْيَ الْسُّيُوْطِي فِي ابْن تَيْمِيَّةَ قَوْلُهُ فِي طَبَقَاتِ الْحُفَّاظِ: «ابْنُ
تَيْمِيَّةَ، الْشَّيْخُ، الْإِمَامُ، الْعَلاَّمَةُ، الْحَافِظُ، الْنَّاقِدُ، الْفَقِيْهُ،
الْمُجْتَهِدُ، الْمُفَسِّرُ الْبَارِعُ، شَيْخُ اْلإِسْلَامِ، عَلَمُ الزُّهَّادِ،
نَادِرَةُ الْعَصْر،ِ تَقِيُّ الْدِّيْنِ أَبُو الْعَبَّاسِ أَحْمَدُ بْن الْمُفْتِي
شِهَابِ الْدِّيْنِ عَبْدِ الْحَلِيْمِ ابْنِ الْإِمَامِ الْمُجْتَهِدِ شَيْخِ اْلإِسْلَامِ مَجْدِ الْدِّيْنِ عَبْدِ الْسَّلاَمِ
بْنِ عَبْد الله بْنِ أَبِي الْقَاسِم الْحَرَّانِي،
Kita perlu
mengetahui pendapat Suyuti tentang Ibnu Taimiyah. Beliau mengatakan dalam
kitab Thobaqat huffadh : «Ibnu Taimiyah adalah Syaikh, Imam, al
Hafidh , kritikus, sarjana, mujtahid, ekspositor master / ahli tafsir unggulan
, Syaikh al-Islam, tokoh ahli zuhud , langka, Taqi al-Din Abu
al-Abbas Ahmad bin Mufti Shihab Abdel Halim bin Imam
mujtahid Syaikh al-Islam Majdedin Abdul Salam bin Abdullah bin Abu Qasim
Aharani,
أَحَدُ
الْأَعْلاَمِ وُلِدَ فِي رَبِيِعِ اْلأَوَّلِ سَنَةَ إِحْدَى وَسِتِّيْن وَسِتِّمِائَة».. وَقَال
بَعْد ذَلِك بِقَلِيْل: «وَعَنَي
بِالْحَدِيْث، وَخَرَّجَ وَانْتَقَى، وَبَرَعَ فِي الْرِّجَالِ وَعِلَل الْحَدِيْث وَفِقْهِه، وَفِي عُلُوْم
اْلإِسْلَامِ وَعِلَْمِ الْكَلَامِ وَغَيْرِ ذَلِكَ، وَكَانَ مِن بُحُوْرِ
الْعِلْمِ، وَمِنَ الأَذْكِيَاءِ الْمَعْدُوْدِيْن، وَالزُّهَّادِ وَالْأَفْرَادِ، أَلَّفَ ثَلاَثمَِائَة مُجَلََّدَةٍ وَامْتَحَنَ وَأُوْذِي
مِرَارَا».
Beliau salah satu
tokoh yang lahir pada Rabiul awal tahun »enam ratus enam puluh
satu.. Ia mengatakan tak lama kemudian: «dan beliau perhatian dengan
hadis , dan mampu mentakhrij dan bisa memilah – milah hadis , dan unggul
tentang perawi – perawi hadis dan penyakit hadis dan pemahamannya ,
dan dalam ilmu-ilmu Islam dan teologi dan sebagainya. Beliau juga lautan
ilmu , termasuk orang-orang cerdas yang terbilang , termasuk zuhud
, tunggal , Beliau mengarang tiga ratus jilid . Beliau diuji dan di
sakiti berulang kali» ..
Komentarku (
Mahrus ali )
شُيُوْخُهُ الْشَّيْخُ زَيْنُ الْدِّيْنِ ابْنُ
الْمَنْجَا
وَالْمُنْجِد
بْن عَسَاكِر وَغَيْرِهِم.
Guru – gurunya
Syeikh Zain Al-Din
Ibn Manja dan Al munjid bin Asakir dan lain-lain.
Murid – muridnya sbb :
• شَمْسُ الْدِّيْنِ ابْنُ قَيِّم
الْجَوْزِيَّة.
• أَبُو عَبْدِالْلَّهِ مُحَمَّدٍ
الْذََّهَبِي صَاحِبِ (مِيْزَان الاعْتِدَالِ)).
• اسْمَاعِيْل بْن عُمَر بْن كَثِيْر.
• مُحَمَّد بْنُ أَحْمَدَ بْنِ
عَبْدِالْهَادِي الْمَقْدِسِي.
• أَبُو الْعَبَّاسِ أَحْمَد بْن الْحَسَن
الْمَشْهُوْر بِقَاضِي الْجَبَل.
• زَيْنُ الْدِّيْن عُمَر بِابْنِ
الْوَرْدِي.
• أَبُو حَفْص عُمَر الْحَرَّانِي.
• أَبُو عَبْدِالْلَّه مُحَمَّد بْن مُفْلِح.
• وَغَيْرِهِم
• Shamsuddin Ibn Qayyim al Jawziyyah
• Abu Abdullah
Muhammad al-Dhahabi pengarang buku (Mizanul i`tidal ).
Ismail bin Umar Ibn Kathir. ( Pengarang tafsir Ibn Katsir )
• Mohammad bin Ahmad bin Abdul-Hadi al-Maqdisi.
• Abu al-Abbas Ahmad bin Hasan yang terkenal Hakim di gunung.
• Zainuddin Ibnu Umar terkenal dengan nama Bin Wardi.
• Abu Hafsh Omar Al harani.
Abu Abdullah Muhammad bin Muflih
• dan lain-lain
Buku karya Ibnu
Taimiyah sbb :
فِي
الْتَّفْسِيْر
• رِسَالَة فِي مِنْهَاجِ الْتَّفْسِيْر وَكَيْفَ
يَكُوْن.
• تَفْسِيْر سُوْرَة الْاخْلاص.
• جَوَاب أَهْلِ الْعِلْم وَالْايْمَانِ بِتَحْقِيْق مَا
أَخْبَر بِه رَسُوْل الْرَّحْمَن مِن أَن {قُل هُو الْلَّه أَحَد} تَعْدِل ثُلُث الْقُرْان.
• تَفْسِيْر الْمُعَوِّذَتَيْن.
Dalam Tafsir
• Pesan dalam metode untuk tafsir dan bagaimana sebaiknya.
• Tafsir surat al Ihlas
Jawaban
orang-orang ber ilmu pengetahuan dan iman untuk mengetahui hakikat apa
yang diberitahukan oleh Rasulullah bahwa {Qul huwallahu sepertiga
dari Quran}.
Tafsir dua surat al falaq dan annas
فِي الْعَقَائِد
• الْايْمَان.
• الاسْتِقَامَة.
• اقْتِضَاءُ الْصِّرَاطِ الْمُسْتَقِيْمِ.
• الْفُرْقَانُ بَيْن أَوْلِيَاءِ الْرَّحْمَنِ
وَأَوْلِيَاءِ الْشَّيْطَانِ.
• رِسَالَةٌ فِى عِلْم ِالْبَاطِنِ و الْظَّاهِر
Dalam keyakinan
• iman.
• Integritas.
• Maksud jalan lurus dan apa yang di maukan
• Kriteria waliyullah dan teman-teman setan.
• Pesan dalam ilmu pengetahuan batin dan dhahir
• التَّوَسُّلُ وَالْوَسِيْلَة.
• الْرِّسَالَةُ الْحَمَوِيّة.
• الْرِّسَالَة الْتَدَمُّرِيَّة.
• الْعَقِيْدَةُ الْوَاسِطِيَّة
• رِسَالَةُ مَرَاتِبِ الْادَارَة
الِاحْتِجَاجُ
بِالْقَدَر.
• بَيَانُ الْهُدَى مِن الضَّلَالِ.
• الْجَوَاب الْصَّحِيْح.
• مُعْتَقَدَاتُ اهْل الْضَّلالِ.
• Tawassul dan wasilah
• Misi al hamawiyah
• Misi Tadamuriyyah. ( penghancuran akidah batil )
• Risalah Waasitiyyah ( Ajaran yang tepat )
• Risalah manajemen.( Manajemen diri )
• Berhujjah dengan takdir.
• Pernyataan hidayah dan kesesatan .
• jawaban yang benar.
• Kepercayaan orang sesat .
• • مَعَارِج الْوُصُوْل.
• الْسُّؤَال عَن الْعَرْش.
• بَيَانُ الْفِرْقَة الْنَّاجِيَة.
• دَرْء تَعَارُضِ الْعَقْلِ وَالْنَّقْل.
• مِنْهَاج الْسُّنَّة الْنَّّبَوِيَّة.
• ابْطَالُ قَوْلِ الْفَلَاسِفَة بِاثْبَاتِ
الْجَوَاهِرِ الْعَقْلِيَّة.
• شَرْح حَدِيْث الْنُّزُوْل.
• نَقْضُ الْمَنْطِق.
• الْرَّدُّ عَلَى الْمَنْطِقِيِّين.
رَفْعُ المَلَام عَن الْأَئِمَّةِ الْأَعْلامِ
• الْوَاسِطَة بَيْن الْحَقِّ وَالْخَلْقِ.
• فَتْوَي ابْن تَيْمِيَّةِ عَن كِتَابِ فُصُوْصِ
الْحِكَم
• Tangga wusul
• Pertanyaan tentang Arasy .
• Keterangan golongan yang selamat.
• Pencegahan konflik akal dan dalil quran atau hadis.
• Platform Sunnah.
• Menyalahkan kata-kata para filsuf untuk membuktikan hakikat akliyah.
•Menjelaskan hadis Allah turun ke bawah.
• Menghancurkan dalil logika.
• Menanggapi kaum logika .
• Tidak menyalahkan para tokoh unggulan
• Medium antara Allah dan Mahluk.
• fatwa Ibnu Taimiyah tentang buku fusus Hekam ( karya Ibn Arabi )
• فِي الْفِقْه
• رِسَالَةُ الْقِيَاس.
• الْقَوَاعِد.
• رِسَالَةُ الْحِسْبَة.
• الْأَمْر بِالْمَعْرُوْف.
• الْعُقُوْد.
• الْمَظَالِم الْمُشْتَرَكَة.
• حَقِيْقَة الصِّيَام.
Dalam literatur
fikih
• Risalah tentang Qiyas .
• Kaidah ( Pakem )
• Risalah Perhitungan.
• Amar Ma`ruf .
• Kontrak.
• Ombudsman yang berserikat
• Hakikat puasa
قَصَائِدُه
• يَاسَائِلِي عَن مَذْهَبِي وَعَقِيْدَتِي
• الْقَصِيْدَة الْتَّائِيَّة.
Puisi
• Wahai orang yang bertanya tentang madzhab dan akidahku
• Puisi yang
di akhiri dengan ta`
Imam Dzahabi
menyatakan :
Dalam http://www.asysyariah.com terdapat artikel sbb:
Pujian Para Ulama
Terhadap Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
(ditulis
oleh: Al-Ustadz Abu Muhammad Harits)
Keharuman nama
beliau tidak hanya diakui oleh sahabat dan murid-murid beliau. Bahkan sebagian
seteru beliau juga memberikan sanjungan tidak hanya berkaitan dengan keilmuan
beliau tapi juga pribadinya.
Di antara mereka
adalah Al-Qadhi Ibnu Makhluf yang juga lawan beliau, sebagaimana telah dinukil
sebelumnya.
Ibnu Daqiqil ‘Ied
t, seorang ulama yang ahli dalam dua mazhab; Maliki dan Syafi’i, menceritakan
pengalamannya ketika berkumpul dengan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah t: “Saya
lihat dirinya, dalil itu seolah-olah ada di depan matanya. Dia ambil mana yang
dia mau dan dia tinggalkan mana yang dikehendakinya.”
Ibnu Az-Zamlakani
t, juga mengatakan: “Terkumpul pada dirinya (Ibnu Taimiyah) syarat-syarat seorang
mujtahid secara sempurna. Dia mempunyai andil besar dalam karya-karya bermutu,
ungkapannya yang bernas dan sistematis.”
Secara khusus,
beliau memberi pujian terhadap karya Syaikhul Islam yang berjudul Raf’ul Malam
‘an A’immatil A’lam. Kata beliau: “(Ini) adalah karya tulis Asy-Syaikh Al-Imam,
Al-‘Alim Al-‘Allamah, tidak ada tandingannya, hafizh mujtahid, tokoh zahid ahli
ibadah, teladan, imam para imam, panutan umat, keagungan ulama, pewaris para
Nabi, barakah Islam, hujjatul Islam, pemberantas bid’ah, menghidupkan sunnah.
Bagian dari anugerah besar yang Allah k berikan kepada kita, yang dengannya
tegaklah hujjah terhadap musuh-musuh-Nya.”
Lalu beliau
menulis beberapa bait memuji Syaikhul Islam:
مَاذَا
يَقُولُ الْوَاصِفُوْنَ لَهُ * وَصِفَاتُهُ جَلَّتْ عَنِ الْحَصْرِ
هُوَ
حُجَّةٌ للهِ قَاهِرَةٌ * هُوَ بَيْنَنَا أُعْجُوْبَةُ الدَّهْرِ
هُوَ آيَةٌ
ِللْخَلْقِ ظَاهِرَةٌ * أَنْوَارُهَا أَرْبَتْ عَلَى الْفَجْرِ
Apa yang kan
diuraikan mereka yang mensifatkannya
Sedangkan
sifat-sifatnya melampaui batasan
Dia adalah hujjah
Allah yang menaklukkan
Dia adalah
keajaiban masa di tengah-tengah kita
Dia adalah satu
ayat Allah yang nyata bagi makhluk-Nya
Cahayanya
mengalahkan kemilau fajar
Ibnu Az-Zamlakani
juga menyatakan: “Apabila dia ditanya tentang satu cabang ilmu, niscaya orang
yang mendengar dan melihatnya pasti menyangka Ibnu Taimiyah tidak punya ilmu
lain kecuali itu, dan memastikan bahwa tidak ada satupun yang memahami seperti
dia. Ahli fikih dari berbagai mazhab, jika berdiskusi dengannya, niscaya mereka
memetik faedah dari beliau hal-hal yang sebelumnya tidak pernah mereka ketahui.
Tidak pula pernah terdengar bahwa beliau berdebat dengan seseorang lalu kalah.
Jika dia membahas satu cabang ilmu –baik ilmu syariat atau lainnya–, niscaya
beliau mengungguli orang-orang yang ahli di bidang tersebut. Beliau memiliki
kelebihan dalam karya tulis, ungkapan yang berisi, runut, juga dalam pembagian
dan pejelasan.”
As-Subki, setelah
mendapat teguran dari syaikhnya, Al-Imam Adz-Dzahabi t, dia mengatakan: “Adapun
ucapan sayyidi (tuanku) tentang syaikh (Ibnu Taimiyah), maka hamba menyaksikan
besarnya kedudukan beliau, luasnya ilmu beliau dalam hal syariat maupun logika,
juga kejeniusannya, ijtihadnya, yang semua itu beliau capai melampaui keadaan
yang disifatkan orang. Hamba senantiasa mengatakan bahwa kedudukan beliau dalam
diri hamba amatlah agung dan lebih mulia dari itu. Seiring dengan apa yang
Allah l berikan kepada beliau, berupa sifat zuhud, wara’, diyanah (pengamalan
terhadap agama), membela al-haq, berdiri di atas kebenaran tanpa tujuan lain,
serta perjalanannya di atas cara hidup kaum salaf, serta capaiannya yang luar
biasa, yang sangat jarang ditemukan seperti itu di zaman ini, bahkan di zaman
kapanpun.”
Tajuddin As-Subki
sendiri merasa bangga ketika Al-Mizzi menulis biografi ayahnya Taqiyuddin
As-Subki dengan gelar Syaikhul Islam, dan tidak menuliskan gelar ini kecuali
hanya kepada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan ayahnya As-Subki. Seandainya
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, seorang mubtadi’, zindiq apalagi kafir, tentulah
dia tidak rela ayahnya disejajarkan dengan Ibnu Taimiyah.
Al-‘Allamah
Al-Imam Qadhi Qudhah Mesir dan Syam, Abu ‘Abdullah Muhammad bin Ash-Shafi
‘Utsman Ibnul Hariri Al-Anshari Al-Hanafi menegaskan: “Kalau Ibnu Taimiyah
bukan Syaikhul Islam, siapa lagi?”
Al-Imam Al-Mizzi
(penyusun Tahdzibul Kamal) menyatakan pujiannya: “Saya tidak pernah melihat
tokoh seperti dia. Diapun tidak melihat ada yang seperti dirinya. Saya tidak
pernah melihat tokoh yang paling tahu tentang Al-Kitab (Al-Qur’an) dan
As-Sunnah serta paling teguh mengikuti keduanya daripada beliau.”
Seorang syaikh
yang shalih, ahli ibadah, Abu Thahir Muhammad Al-Ba’li Al-Hanbali t membawakan
beberapa bait syair, memuji Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Di antara pujian
beliau:
يَا ابْنَ
تَيْمِيَّةَ ياَ أَنْصَحَ الْعُلَمَا * يَا مَنْ لِأَسْرَارِ دِيْنِ اللهِ قَدْ
فَهِمَا
يَا آيَةً
ظَهَرَتْ فِي اْلكَوْنِ بَاهَرَةً * لاَ ِزلْتَ فِي سِلْكِ دِيْنِ اللهِ مُنْتَظِمًا
وَكُنْتَ
وَاسِطَةً فِي عَقْدِهِ أَبَدَا * تُزِيْلُ مِنْهُ اْلأذَىَ وَاْلفُحْشَ
وَالسَّقَمَا
جَمَعْتَ
مِنْهُ الَّذِي قَد كَانَ فَرَّقَهُ * قَوْمٌ رَأَوْهُ هُدًى مِنْهُ وَكَانَ عَمَى
Hai Ibnu Taimiyah,
hai ulama yang banyak memberi nasihat
Hai orang
yang paham rahasia dien Allah
Hai ayat yang
nampak cemerlang di alam semesta
Engkau
senantiasa di siplin di dalam dien Allah ini
Engkau menjadi
perantara dalam menguatkannya selamanya
Engkau
lenyapkan kotoran darinya, juga kekejian dan kerusakan
Engkau kumpulkan
dari dien ini apa yang dahulu diserakkan
Oleh
kelompok yang menyangkanya hidayah padahal dia buta
Ibnu Hajar
Al-‘Asqalani t juga mengatakan (Fathul Bari 6/289): “...tambahan ini tidak ada
sedikitpun dalam buku-buku hadits. Hal ini telah diperingatkan oleh Al-‘Allamah
Taqiyuddin Ibnu Taimiyah.”
Di dalam kitab
lainnya (At-Talkhishul Habir 3/179), Ibnu Hajar memuji beliau sebagai
Al-Hafizh.
Jalaluddin
As-Suyuthi (pengarang Al-Itqan dan Tafsir Jalalain) mengatakan: “Demi Allah,
belum pernah kedua mata saya melihat orang yang paling luas ilmunya dan paling
kuat kecerdasannya daripada seseorang yang bernama Ibnu Taimiyah, disertai
sikap zuhudnya dalam berpakaian, makanan, wanita dan senantiasa tegak bersama
al-haq (kebenaran) dan berjihad dengan segenap kemampuannya.”
Kata beliau juga:
“Ibnu Taimiyah adalah seorang syaikh, imam, Al-‘Allamah, hafizh, kritikus, ahli
fiqih, mujtahid, pakar tafsir yang ulung, Syaikhul Islam. Simbol kezuhudan,
salah seorang tokoh yang langka di zamannya. Beliau adalah lautan ilmu, jenius
dan ahli zuhud yang sulit dicari tandingannya.”
Terakhir,
perhatikanlah ucapan As-Subki (ayah Tajuddin As-Subki) tentang Syaikhul Islam
Ibnu Taimiyah t, ketika menegur orang yang mencerca Ibnu Taimiyah: “Demi Allah,
hai Fulan. Tidaklah ada yang membenci Ibnu Taimiyah melainkan orang yang jahil
atau pengikut hawa nafsu. Adapun orang jahil, dia tidak tahu apa yang
dikatakannya. Sedangkan pengikut hawa nafsu, dia dihalangi oleh hawa nafsunya
dari al-haq setelah dia mengetahuinya.”
Jadi, hanya ada
dua kemungkinan pada diri orang-orang yang memusuhi Ibnu Taimiyah t; orang
jahil yang tidak mengerti apa yang dia katakan, atau orang yang memperturutkan
hawa nafsunya, sehingga ilmu dan kebenaran yang diketahuinya, tentang pribadi
Syaikhul Islam atau pemikirannya, terkubur oleh dendam kesumat, kedengkian, dan
kesesatan bid’ah yang diyakininya. Wallahul musta’an.
Wafat dalam
Penjara
Syaikhul Islam
Ibnu Taimiyah telah menghabiskan hidupnya dengan penuh kesabaran, rasa syukur
dan perjuangan, baik dalam keadaan susah maupun senang. Tidak sekalipun beliau
ber-mujamalah (menjilat) dalam amar ma’ruf nahi munkar, bahkan tidak pernah
beliau mundur dari perkataan yang haq, selamanya. Sikap terus terang dan
keberanian beliau dalam menyuarakan yang haq, berkali-kali menyeret beliau ke
penjara. Mungkin itu pula salah satu sebab beliau tidak menikah.
Pada tahun 726 H,
adalah akhir dari hukuman penjara yang beliau terima. Ini disebabkan pemalsuan
yang dilakukan oleh musuh-musuhnya terhadap fatwa beliau tentang ziarah kubur.
Sehingga seolah-olah Syaikhul Islam mengharamkan ziarah kubur terlebih lagi makam
Rasul n. Ditambah lagi, sikap beliau kepada Sultan Nashir Al-Qalawun yang
beliau perlakukan sebagai murid. Beliau tidak segan-segan menegur dan
membimbingnya, sehingga sering Baginda merasa berat. Apalagi setelah Syaikhul
Islam menulis As-Siyasah Asy-Syar’iyah.
Akhirnya,
musuh-musuh beliau berusaha mencari kesempatan melepaskan kekuasaan pemerintah
(Sultan) dari pengaruh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah yang tidak pernah bersikap
munafik, riya, atau menjilat demi mencari keselamatan pribadi.
Ibnu Taimiyah
kembali dipenjarakan. Tapi yang terakhir ini lebih berat beliau rasakan.
Perlakuan yang beliau terima lebih buruk dari sebelumnya. Beliau dijauhkan dari
semua alat tulis dan dilarang melakukan penelitian (membaca). Hanya saja,
penderitaan itu tidak berlangsung lama. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah akhirnya
sakit keras beberapa hari. Hal itu mulai dirasakan sejak dikeluarkannya semua
perlengkapan tulis menulis dan membaca dari sisi beliau selama di penjara.
Begitu mengetahui
beliau sakit, Syamsuddin Al-Wazir meminta izin menjenguk beliau. Melihat
keadaan beliau, dia meminta maaf atas semua kesalahannya selama ini. Oleh
Syaikhul Islam, dia dimaafkan bahkan semua yang memusuhinya, termasuk Sultan
Nashir Al-Qalawun yang memenjarakannya.
Kemudian, pada
malam 22 Dzul Qa’dah 728 H, wafatlah Syaikhul Imam, Al-‘Allamah Al-Faqih
Al-Hafizh Az-Zahid, Al-Mujahid Syaikhul Islam Taqiyuddin Abul ‘Abbas Ahmad bin
Al-Imam Syihabuddin Abul Mahasin ‘Abdul Halim bin Syaikhul Islam Abul Barakat
‘Abdus Salam bin ‘Abdullah bin Abul Qasim Muhammad bin Al-Khidhir bin Muhammad
bin Al-Khidhir bin ‘Ali bin ‘Abdullah bin Taimiyah Al-Harrani Ad-Dimasyqi, di
dalam tembok penjara Damaskus.
Berita ini mulanya
hanya diketahui orang-orang yang di dalam penjara. Kemudian, berita ini meluas
hingga didengar oleh kaum muslimin. Mereka terenyak. Berita itu betul-betul
menggemparkan.
Akhirnya,
berduyun-duyun mereka menuju ke benteng tersebut untuk melihat jenazah beliau.
Setelah itu mereka keluar, kemudian masuklah kaum wanita seperti itu juga.
Setelah selesai
dimandikan oleh sebagian tokoh seperti Al-Mizzi, jenazah beliau dibawa ke luar
penjara. Masyarakatpun berkumpul ikut menyaksikan prosesi jenazah beliau.
Mereka rela menutup pintu toko dan menghentikan aktivitas mereka demi mengiringi
jenazah beliau. Kaum wanita yang tidak ikut serta, berdiri di atas rumah-rumah
mereka melepas jenazah sang imam. Sebagian mereka membagi-bagi daun bidara yang
dipakai untuk memandikan beliau.
Ibnu Katsir t
memperkirakan dalam Al-Bidayah, ada sekitar 15.000 orang wanita ikut mengantar
jenazah beliau.1 Belum lagi yang ada di atas rumah-rumah mereka. Semua
mendoakan rahmat dan menangisi beliau. Para tentarapun ikut sibuk mengamankan
prosesi jenazah tersebut.
Air mata tumpah,
langitpun menangis. Ratapan duka dan doa mengantar jenazah Syaikhul Islam Ibnu
Taimiyah t. Seluruh rakyat di sekitar penjara benteng tersebut tumpah ke
jalanan mengantarkan jenazah beliau. Pintu-pintu masjid Jami’ tak cukup
menampung desakan rakyat banyak yang ingin mendekati jenazah beliau. Kejadian
ini tak jauh beda dengan prosesi pemakaman jenazah Imam Ahli Sunnah wal Jamaah
Abu ‘Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal t. Di mana ketika beliau wafat di
Baghdad, ratusan ribu manusia mengantar jenazah beliau ke pemakaman. Al-Imam
Ahmad pernah mengatakan kepada ahli bid’ah: “Katakan kepada ahli bid’ah:
‘Keputusan antara kami dan kamu (ahli bid’ah) adalah yaumul janaiz (hari
kematian)’.”
Beliau dikebumikan
setelah selesai shalat ‘ashar di pemakaman Shufiyah, di sebelah kuburan saudaranya
Syarafuddin ‘Abdullah. Di situ pula dikebumikan salah seorang murid beliau yang
terkemuka yaitu Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahumullah beberapa tahun kemudian.
Setelah
dikebumikan, Asy-Syaikh Al-Imam Burhanuddin Al-Fazari dan sejumlah ulama besar
Asy-Syafi’iyah selama tiga hari berulang-ulang mengunjungi kuburan Ibnu
Taimiyah t.
Tidak ada yang
tertinggal mengantar jenazah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah ke pemakaman kecuali
mereka yang lemah dan tidak dapat hadir, serta tiga orang yang sangat keras permusuhannya
terhadap beliau, yaitu Ibnu Jumlah, Ash-Shadr, dan Al-Qafjari. Mereka yakin,
seandainya mereka ikut keluar niscaya umat akan menyakiti bahkan membunuh
mereka.
Semoga Allah l
merahmati ulama salaf yang telah wafat dan memelihara mereka yang masih hidup.
Tentang ziarah ke
kuburan Rasulullah SAW yang anda persoalkan , maka saya kutip perkataan
Ibnu Taimiyah sbb :
وَقَدْ
كَرِهَ مَالِكٌ وَغَيْرُهُ أَنْ يَقُولَ الرَّجُلُ : زُرْتُ قَبْرَ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَنَّ هَذَا اللَّفْظَ لَمْ يَرِدْ
Imam Malik
dan orang lain mengatakan tidak suka seorang lelaki berkata : : Saya
mengunjungi makam Rasulullah SAW karena kalimat ini tidak pernah di dengar di
kalangan penduduk Medinah saat itu . ( atau tidak ada dalilnya ) [1]
وَالْأَحَادِيثُ الْمَرْوِيَّةُ فِي زِيَارَةِ
قَبْرِهِ كُلُّهَا ضَعِيفَةٌ بَلْ كَذِبٌ .
Hadis – hadis Nabi
SAW tentang berkunjung ke kuburan beliau seluruhnya adalah lemah , bahkan
dusta. [2]
وَلَيْسَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي زِيَارَةِ قَبْرِهِ وَلَا
قَبْرِ الْخَلِيلِ حَدِيثٌ ثَابِتٌ أَصْلًا
Tiada hadis sahih
yang memerintahkan untuk mengunjungi kuburan nabi Muhammad atau nabi
Ibrahim . [3]
Mengapa anda
tidak menyatakan sesat kepada Imam Malik yang menyatakan seperti itu, lalu anda
menyesatkan Ibnu Taimiyah karenanya . Pada hal Ibn Taimiyah tidak melarang
mengunjungi kuburan Nabi SAW . Yang di larang oleh Ibnu Taimiyah dari jauh –
jauh pergi hanya untuk berziarah ke kuburan Rasulullah SAW, tapi niat yang
terbaik bukan itu , tapi ziarah ke masjidnya karena ada hadis :
882- حَدِيْثُ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ
عَنْهُ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ:
لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ: الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ،
وَمَسْجِدِ الرَّسُولِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَمَسْجِدِ
الأَقْصى
882.Abu Hurairah
ra menturkan: “Nabi saw bersabda: “Janganlah bersusah payah menuju suatu
tempat, kecuali menuju ketiga masjid: Masjidil Haram, Masjid Rasul saw, dan
Masjidil Aqsa.” (Bukhari, 20, Kitab Fadhlush Shalat fii Masjidi Mekah wal
Madinah, 1, bab keutamaan tempat di antara kubur dan mimbar Rasulullah saw).
Allu`lu` wal marjan 418/1 Al albani berkata : Muttafaq alaih
Lihat di kitab karyanya : Misykatul mashobih ,nomer
hadis: 693.
Anda menyatakan
lagi :
oleh karena
terhadap Allah saja dia telah melakukan penghinaan, –Allah maha suci darisegala
apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir dengan kesucian yang agung–.
KepadaAllah; Ibn Taimiyah ini telah menetapkan arah, tangan, kaki, mata, dan
lain sebagainya dari keburukan-keburuan yang sangat keji.
Jadi anda
menyatakan Allah tidak punya tangan , mana dalilnya , pasti anda tidak
tahu . Lalu anda menentang ayat ini :
قَالَ
يَاإِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ أَسْتَكْبَرْتَ
أَمْ كُنْتَ مِنَ الْعَالِينَ(75)
Allah berfirman: "Hai iblis, apakah yang
menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku.
Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang
(lebih) tinggi?".[4]
وَقَالَتِ
الْيَهُودُ يَدُ اللهِ مَغْلُولَةٌ غُلَّتْ أَيْدِيهِمْ وَلُعِنُوا بِمَا قَالُوا
بَلْ يَدَاهُ مَبْسُوطَتَانِ يُنْفِقُ كَيْفَ يَشَاءُ وَلَيَزِيدَنَّ كَثِيرًا
مِنْهُمْ مَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ طُغْيَانًا وَكُفْرًا وَأَلْقَيْنَا
بَيْنَهُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ كُلَّمَا
أَوْقَدُوا نَارًا لِلْحَرْبِ أَطْفَأَهَا اللهُ وَيَسْعَوْنَ فِي اْلأَرْضِ
فَسَادًا وَاللهُ لاَ يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ(64)
Orang-orang Yahudi berkata: "Tangan Allah
terbelenggu", sebenarnya tangan merekalah yang dibelenggu dan merekalah
yang dila`nat disebabkan apa yang telah mereka katakan itu. (Tidak demikian),
tetapi kedua-dua tangan Allah terbuka; Dia menafkahkan sebagaimana Dia
kehendaki. Dan Al Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sungguh-sungguh
akan menambah kedurhakaan dan kekafiran bagi kebanyakan di antara mereka. Dan
Kami telah timbulkan permusuhan dan kebencian di antara mereka sampai hari
kiamat. Setiap mereka menyalakan api peperangan, Allah memadamkannya dan mereka
berbuat kerusakan di muka bumi dan Allah tidak menyukai orang-orang yang membuat
kerusakan.[5]
Ada orang yang mengartikan kedua tangan Allah
bukan tangan tapi kekuasaan , orang itu ngelindur .
Saya katakan : Bila tangan di artikan kekuasaan
maka wajah Allah di artikan apa , betis Allah di artikan apa ? Lantas tapak
kaki Allah di artikan apa ? Sudahlah , jangan menggurui Allah ,
biarkan arti kalimat al Quran sebagaimana arti semestinya dan
jangan di takwil . Sebab takwilan itu belum tentu cocok dengan kehendak Allah.
Yang jelas takwilan itu cocok untuk pikiran yang kotor .
Ada lagi hadis sbb:
عَنْ أَنَسِ بْنِ
مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : يَجْمَعُ
اللهُ النَّاسَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَيَقُوْلُوْنَ لَوِ اسْتَشْفَعْنَا
عَلَى رَبِّنَا حَتَّى يُرِيْحَنَا مِنْ مَكَانِنَا فَيَأْتُوْنَ آدَمَ
فَيَقُوْلُوْنَ: أَنْتَ الَّذِيْ خَلَقَكَ اللهُ بِيَدِهِ، وَنَفَخَ فِيْكَ مِنْ
رُوْحِهِ، وَأَمَرَ الْمَلاَئِكَةَ فَسَجَدُوْا لَكَ،
.Anas ibnu
Malik menuturkan: “Rasulullah saw bersabda: “Allah mengumpulkan manusia pada
hari kiamat dan mereka berkata: “Alangkah baiknya, jika kami minta syafaat
kepada Tuhan kami, agar Dia membebaskan kami dari tempat kami.”
Mereka mendatangi Adam as dan berkata: “Engkau
adalah manusia yang dijadikan oleh Allah dengan tangan-Nya, engkau diberi ruh
daripada-Nya. Dan Dia menyuruh malaikat bersujud kepadamu. Karena itu,
mintakanlah syafaat dari Tuhanmu bagi kami.”
Jawab Adam as: “Aku tidak pantas untuk
melakukannya bagi kalian, karena aku pernah berdosa, sebaiknya kalian
mendatangi Nuh as, rasul Allah yang pertama kali.”[6] (Bukhari, 81, kitab Riqaq, 51, bab sifat surga dan neraka).
Bila anda mengkafirkan orang yang menyatakan
bahwa Allah punya tangan , maka anda termasuk menentang quran dan hadis
sahih. Bagaimanakah hukum orang yang berbuat seperti itu . Setahu saya
ada ayat :
مَا
يُجَادِلُ فِي ءَايَاتِ اللَّهِ إِلاَّ الَّذِينَ كَفَرُوا فَلاَ يَغْرُرْكَ
تَقَلُّبُهُمْ فِي الْبِلَادِ(4)
Tidak ada yang
memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah, kecuali orang-orang yang kafir. Karena
itu janganlah pulang balik mereka dengan bebas dari suatu kota ke kota yang
lain memperdayakan kamu.[7]
Kaum dulu yang di binasakan juga karena
mereka enggan menerima ayat – ayat Allah bahkan tidak mau beriman
kepadanya , menyatakan kedustaan terhadap ayat – ayat itu
sebgaimana ayat :
وَلَقَدْ
مَكَّنَّاهُمْ فِيمَا إِنْ مَكَّنَّاكُمْ فِيهِ وَجَعَلْنَا لَهُمْ سَمْعًا
وَأَبْصَارًا وَأَفْئِدَةً فَمَا أَغْنَى عَنْهُمْ سَمْعُهُمْ وَلَا أَبْصَارُهُمْ
وَلَا أَفْئِدَتُهُمْ مِنْ شَيْءٍ إِذْ كَانُوا يَجْحَدُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ
وَحَاقَ بِهِمْ مَا كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِئُونَ(26)
Dan sesungguhnya Kami telah meneguhkan
kedudukan mereka dalam hal-hal yang Kami belum pernah meneguhkan kedudukanmu
dalam hal itu dan Kami telah memberikan kepada mereka pendengaran, penglihatan
dan hati; tetapi pendengaran, penglihatan dan hati mereka itu tidak berguna
sedikit juapun bagi mereka, karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah
dan mereka telah diliputi oleh siksa yang dahulu selalu mereka
memperolok-olokkannya.[8]
Bila Allah tidak punya tangan , apakah Allah
buntung , maksudnya tidak memiliki dua tangan , lalu siapakah yang
mengatakan seperti itu . Allah punya wajah karena ada ayat :
وَلِلَّهِ
الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ إِنَّ
اللهَ وَاسِعٌ عَلِيمٌ(115)
Dan kepunyaan
Allah-lah timur dan barat, maka ke manapun kamu menghadap di situlah wajah
Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui.[9]
Ayat tersebut juga
menyatakan bahwa Allah punya wajah dan tiada satupun dalil yang
menyatakan bahwa Allah tidak punya wajah . Setahu saya , kalangan
orang yang menyatakan bahwa Allah tidak punya wajah hanyalah ahli bid`ah .
Kebanyakan ahli hadis menyatakan sebagaimana apa yang di
katakan oleh Allah tanpa takwil .
Ibnu taimiyah berkata :
وَنُفَسِّرُ
مَا فَسَّرَهُ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم وَأَصْحَابُهُ وَالتَّابِعُوْنَ
وَاْلأَئِمَّةُ الْمَرْضِيُّوْنَ مِنَ السَّلَفِ الْمَعْرُوْفِيْنَ بِالدِّيْنِ
وَاْلأَمَانَةِ، وَنُجْمِعُ عَلَى مَا أَجْمَعُوْا عَلَيْهِ، وَنُمْسِكُ عَنْ مَا
أَمْسَكُوْا عَنْهُ، وَنُسَلِّمُ الْخَبَرَ الظَّاهِرَ وَاْلآيَةَ الظَّاهِرَةَ
تَنْزِيْلُهَا، لاَ نَقُوْلُ بِتَأْوِيْلِ الْمُعْتَزِلَةِ وَاْلأَشْعَرِيَّةِ
وَالْجَهْمِيَّةِ وَالْمُلْحِدَةِ وَالْمُجَسِّمَةِ وَالْمُشَبِّهَةِ
وَالْكَرَامِيَّةِ وَالْمُكَيِّفَةِ، بَلْ نَقْبَلُهَا بِلاَ تَأْوِيْلٍ
وَنُؤْمِنُ بِهَا بِلاَ تَمْثِيْلٍ،
Dan kita
mentafsiri sebagaimana tafsiran Nabi SAW , para sahabat , tabi`in , imam - imam
yang di ridai , dari kalangan kaum salaf yang terkenal dengan
agama dan amanat . Kita ber ijma` sebagaimana apa yang telah mereka
ijma`kan dan kita tidak memberikan komentar terhadap apa yang mereka tidak ada
commend , kita serahkan hadis dan ayat sebagaimana arti yang populer atau
arti aslinya . Kita tidak akan berkata sebagaimana kaum mu`tazialh
, asy`ariyah , jahmiyah , mulhidah , mujassimah , musyabbihah , al karamiyah ,
mukayyifah . tapi kita terima ayat dan hadis tsb tanpa takwil ,
kita beriman tanpa memiripkan Allah dengan mahlukNya . [10]
Ada juga hadis sbb
:
وَأَسْأَلُكَ
لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ وَالشَّوْقَ إِلَى لِقَائِكَ فِي غَيْرِ
ضَرَّاءَ مُضِرَّةٍ وَلَا فِتْنَةٍ مُضِلَّةٍ
Aku mohon
kepadaMu memandang wajahMu dengan lezat ,rindu bertemu denganMu tanpa
penderitaan yang membahayakan atau fitnah yang menyesatkan [11]
Lantas orang yang
percaya ayat tersebut anda katakan kafir , lalu orang yang menyatakan menolak
ayat itu ,kamu katakan mukmin . Itu ber arti kamu termasuk ahli bid`ah dan
menentang ayat lalu berpedoman pada ayat mana , kamu bisa mengatakan Allah
tidak punya wajah . lalu kamu di akhirat melihat Allah , apanya yang kamu lihat
. Apakah Allah berbentuk segi empat tidak punya wajah . Wah , berbicara
tentang Allah dengan akal – akalan itu akan menyesatkan diri dan orang lain .
Lebih baik diamlah dan jangan menerangkan agama bila tanpa dalil.
Allah berfirman :
وَلَا
تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ
كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui dalilnya.
Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta
pertanggungan jawabnya.[12]
Dan masih banyak ,
saya cukupi sekian dulu , barang kali belum sadar , maka banyak orang
yang sadar dengan satu dalil dan banyak juga orang yang punya dalil tapi tidak
mengerti kemana arah dalil itu . lalu di buat amunisi untuk menentang orang
yang hidupnya selalu berdalil.
[1] Majmu` fatawa 111/1
[2] Majmu` fatawa 195/6
[3] Majmu` fatawa Ibn Taimiyah 195/ 6
[4] Shod 75
[5] Al maidah 64
[6] Allu`lu` wal marjan
74/1 Al albani berkata : sahih , lihat di kitab karyanya dhilalul jannati
74/2
[7] Ghofir 4
[8] Al ahqaf 26
[9] Al baqarah 115
[10] ijtim`aul juyus al
islamiyah 47/1
[11] Nasai , Al Hakim dan beliau mensahihkan , imam Dzahabi
menyetujuinya . 1305
[12] ( Al isra` 36 )