Sunday, September 27, 2015

Rendahkan Kerja Keras Arab Saudi, Iran Dikecam Liga Muslim Se-Dunia, Negara-negara Muslim Sampaikan Dukungan Pada Saudi .

dr abdullahmohsen al turki
Sabtu 12 Zulhijjah 1436 / 26 September 2015 22:34
SEKJEN Liga Muslim Se-Dunia (LMD) Dr. Abdullah mengecam pernyataan sejumlah pejabat Iran yang menyerang Saudi atas insiden Mina. Iran melempar pernyataan kontroversial dengan berupaya menggeser Saudi untuk mengelola pelayanan haji.
“Pernyataan mereka menggambarkan sikap tak bertanggung jawab yang bertujuan menyindir Kerajaan Saudi beserta pimpinannya,” tegas Dr. Abdullahmohsen Al Turki seperti dilansir Saudi Press Agency, Jum’at (25/9/2015).
Ia memperingatkan, siapa pun yang memanfaatkan kesempatan ini untuk merendahkan upaya terbaik yang dilakukan Kerajaan Arab Saudi untuk melayani jamaah haji.
“Mereka memiliki tujuan lain dan ingin meraihnya dengan cara-cara yang tidak baik. Tapi mereka akan sia-sia,” Dr. Abdullah menekankan.
LMD juga menyatakan belasungkawa atas insiden Mina yang menelan sedikitnya 700 korban jiwa.
“Saya menyatakan simpati dengan keluarga korban, dan berharap para syuhada mendapatkan rahmat Allah SWT dan yang terluka segera lekas sembuh,” ujar Dr. Abdullah. [rn/Islampos]

Negara-negara Muslim Sampaikan Dukungan pada Saudi terkait Insiden Mina

Negara-negara Muslim pada Jumat, (25/09) menyatakan dukungan penuh terhadap Arab Saudi atas penanganan haji menyusul insiden yang merenggut nyawa 719 jemaah haji di Mina.
Di Abu Dhabi, Yang Mulia Shaikh Mohammad Bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Deputi Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA, dalam panggilan telepon, menyatakan simpati yang tulus dan ucapan belasungkawa untuk Pangeran Mohammad Bin Nayef Bin Abdul Aziz Al Saud, Putra Mahkota Saudi, atas insiden itu.
Shaikh Mohammad berdoa kepada Allah SWT agar memberkahi jiwa para korban dan memberikan penghiburan dan kesabaran pada keluarga yang berdukaa, lapor WAM.
Sebelumnya, sejumlah pejabat Iran mempertanyakan kemampuan kerajaan untuk mengelola ibadah tahunan ini, Organisasi Kerjasama Islam mengatakan dukungannya pada upaya Arab Saudi menjaga keamanan sekitar dua juta jemaah haji.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan sikapnya bahwa Arab Saudi telah melakukan yang terbaik untuk terselenggaranya ibadah haji.
Imam dari Masjid Agung Dubai, Dr Saleh Al Thalib mengatakan bahwa kerajaan Saudi sepenuhnya mampu menangani haji, sembari menekankan “kedaulatan tak terbantahkan” Saudi atas tempat-tempat suci itu.
Dia mengecam orang-orang yang “mengeksploitasi” tragedi “untuk keuntungan politik”.
Pemerintah Saudi sedang menyelidiki apa yang memicu bencana di Mina, sekitar 5 km dari Makkah, dan Raja Saudi Salman Bin Abdul Aziz mengatakan ia telah memerintahkan peninjauan rencana kerajaan untuk ibadah haji.
Sumber: Gulfnews
Penulis: Bunyanun Marsus