Saturday, October 24, 2015

Koalisi Pimpinan Arab Saudi Menyelamatkan Wilayah Teluk dari Peperangan

Koalisi Pimpinan Arab Saudi Menyelamatkan Wilayah Teluk dari Peperangan
Menteri Luar Negeri Bahrain:
KOALISI PIMPINAN ARAB SAUDI MENYELAMATKAN WILAYAH TELUK DARI PEPERANGAN

London, Asharq Al-Awsat-
Aksi militer yang dipimpin Saudi melawan Houthi telah menghindarkan bencana perang yang lebih besar, yang akan mengubah demografi tidak hanya Yaman tetapi seluruh wilayah teluk, menteri luar negeri Bahrain mengatakan kepada Asharq Al-Awsat.

“Jika bukan karena intervensi dari Arab Saudi di bawah kepemimpinan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman Bin Abdulaziz pada saat yang kritis dalam sejarah, demografi wilayah teluk akan berubah dan menjadi buruk selama beberapa dekade yang akan datang,” Menteri Luar Negeri Bahrain, Sheikh Khalid Bin Ahmed Al Khalifa mengatakan dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Asharq Al-Awsat.

“Jika Operasi Decisive Storm tidak datang tepat waktu, situasi akan menjadi lebih berbahaya dan pemberontak Houthi akan merebut kendali penuh Yaman yang berarti menciptakan peperangan tanpa akhir,” kata Sheikh Khalid, mengacu pada codename dari kampanye militer Arab Saudi dan sembilan negara Arab lainnya yang diluncurkan pada akhir Maret dalam upaya untuk mengembalikan pemerintahan Yaman pada presiden yang diakui secara internasional, Presiden Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi.
Yaman jatuh ke dalam kekacauan ketika aliansi Syiah utara, yang dikenal sebagai Houthi, dan pendukung mantan presiden Ali Abdullah Saleh mengambil alih sebagian besar Yaman, termasuk ibukota, Sana’a, pada bulan September 2014, mendorong Hadi melarikan diri ke kota selatan Aden dan kemudian ke Arab Saudi.
Semua negara Gulf Cooperation Council (GCC) menyatakan, kecuali Oman, ikut ambil bagian dalam kampanye militer Arab Saudi yang dimulai atas permintaan Hadi.
Sheikh Khalid, membantah adanya perpecahan dalam GCC atas Operasi Decisive Storm dan penyikapan situasi di Yaman, mengatakan: “Ada perbedaan pandangan tentang cara menangani masalah dimana ada pihak yang tidak ingin berpartisipasi, seperti Kesultanan Oman, sementara pihak lainnya berpartisipasi sampai ke tingkat mengerahkan pasukan di Yaman. ”
Tujuan utama dari pasukan Teluk memasuki Yaman, Sheikh Khalid mengatakan, adalah untuk menstabilkan negara dan membantu pemerintah yang sah dari Presiden Hadi untuk mengambil inisiatif, dalam pelaksanaan resolusi Dewan Keamanan PBB 2216 yang menyerukan penarikan segera Houthi dari daerah yang mereka duduki di Yaman.
Semua negara anggota GCC setuju pada keputusan untuk melaksanakan resolusi 2216, Sheikh Khalid mengatakan, “Memang adanya perbedaan pendapat dalam menghadapi situasi di Yaman, tetapi tidak dalam hal visi.”
Mengomentari tentang kesepakatan nuklir Iran, Menlu Bahrain mengatakan menemukan solusi untuk program nuklir Iran telah menjadi prioritas bagi Negara Teluk, dalam rangka memainkan peran atas destabilisasi Iran di wilayah tersebut.
Sheikh Khalid menyebut program nuklir Iran mengalami “kemunduran” ,dan bisa menimbulkan risiko lebih lanjut untuk wilayah teluk jika terus dikembangkan.
“Resiko lainnya adalah Iran berada di belakang penyebaran terorisme dan teroris di kawasan itu,” kata Sheikh Khalid, menambahkan bahwa ribuan tentara Iran berjuang dengan pasukan Bashar Al-Assad di Suriah.
Asharq Al-Awsat