Friday, March 13, 2015

Kumpulan Artikel Seputar Keberadaan Allah Di Atas Langit

Ditulis pada 15 Januari 2015 oleh Abu Zahra Hanifa

Sesungguhnya segala puji bagi Allah, kita meminta pertolongan dan ampunan kepada-Nya. Dan kita berlindung kepada-Nya dari kejahatan diri-diri kita dan dari keburukan amalan-amalan kita. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada seorangpun yang bisa menyesatkannya. Dan barangsiapa disesatkan oleh Allah maka tidak ada seorangpun yang bisa memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan- Nya.
Allah Azza wa Jalla berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar- benarnya takwa dan janganlah sekali-kali kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim.” (QS. Ali Imran : 102).
Allah juga berfirman dalam ayat yang lain : “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu dan daripadanya Allah menciptakan istrinya dan daripada keduanya Allah mengkembang-biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain. Dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. An Nisa’ : 1)
Allah Azza wa Jalla berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar. Niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Barangsiapa menaati Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS. Al Ahzab : 70-71)
Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah Kitabullah. Sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Rasulullah. Dan seburuk-buruk perkara adalah perkara yang diada-adakan. Dan setiap perkara yang diada-adakan adalah bid’ah. Dan setiap bid’ah adalah sesat. Dan setiap kesesatan tempatnya di neraka.
Amma ba’du.
Diantara fitnah yang tersebar di tengah kaum muslimin adalah mengenai pernyataan orang orang jahil yang rusak aqidahnya. Mereka tidak henti hentinya menebar syubhat dengan menyatakan bahwa Allah itu ada tanpa tempat. Dan keyakinan seperti ini merupakan penentangan mereka terhadap aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang menyatakan bahwa Allah berada di atas langit dan Allah berada tinggi di atas ‘Arsy-Nya. Maha Suci Allah atas apa yang mereka tuduhkan.
Berikut ini penyusun kumpulkan beberapa artikel seputar pembahasan ilmiyyah mengenai pembahasan tersebut, diantaranya :
1.     Di Manakah Allah (1) : Keyakinan Yang Benar Mengenai Sifat Allah
6.     Di Manakah Allah (6) : Ilmu Allah Dimana Mana, Bukan Dzat Allah !
8.     Di Manakah Allah (8) : Syubhat Allah Ada Tanpa Tempat
9.     Di Manakah Allah ?
12. Maha Tinggi Allah Di Atas Seluruh Makhluk-Nya : Dalil Dalil Sunnah Yang Menetapkan Sifat ‘Uluw Bagi Allah
13. Maha Tinggi Allah Di Atas Seluruh Makhluk-Nya : Perkataan Ulama Salaf Dari Masa Ke Masa
14. Maha Tinggi Allah Di Atas Seluruh Makhluk-Nya : Dalil Akal, Fitrah & Ijma’ Tentang Sifat ‘Uluw bagi Allah
Demikianlah beberapa penjelasan ilmiyyah terkait tentang keberadaan Allah subhanahu wata’ala yang menegaskan bahwa Allah Maha Tinggi, Berada Di Atas Langit, Dan Ia ber-istiwa Di Atas ‘Arsy-Nya.
Dan Inilah aqidah yang diyakini oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, para sahabat, tabi’in, para imam dan ulama ahlus sunnah wal jama’ah sejak dahulu hingga sekarang.
Hanya dengan pertolongan dan taufik dari Allah Ta’ala, kita menjadikanya sebagai renungan dan kajian yang baik, semoga bermanfaat.