Beberapa hari yang lalu, saya membaca sebuah buku dalam bahasa Melayu yang baru diterbitkan dengan judul “Salafiyah Wahabiyah: Suatu Penilaian” karya Zamihan bin Mat Zin Al Ghari.
Amat mengejutkan saya, jika
buku ini penuh dengan penyelewengan fakta dan fitnah terhadap Syaikh Al Islam
Ibnu Taimiyah Rahimahullah dan para ulama yang lain. Maka saya merasa
terpanggil untuk membuat sedikit ulasan ringkas mengenai buku yang sarat dengan
penipuan fakta itu.
Tujuan saya di sini, bukan
untuk mempertahankan Salafi atau Wahabi, karena itu bukanlah suatu topik utama.
Setiap aliran boleh dikritik ataupun dipuji, namun mestilah berdasarkan
batas-batas amanah ilmu dan adil dalam hukuman, seperti yang dituntut oleh Al
Quran.
Al Imam Ibnu Taimiyah
bukanlah seorang yang maksum seperti seorang rasul, sehingga tiada sebarang kekhilafan
fakta. Dia seperti imam-imam lain juga, ada pendapatnya yang kuat dan ada yang
lemah. Namun penulis buku tersebut telah menjadikan cacian, penghinaan, fitnah,
dan kebohongan fakta sebagai metodologi penulisannya. Ini adalah sesuatu
menyalahi ajaran Islam yang suci dan bersih.
Pendahuluan 'Fitnah terhadap syaikh al islam ibnu taimiyah'
بسم الله الرحمن الرحيم
Seruan
Penulis
الحمد لله نحمده ونستعينه ونستهديه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضل له، ومن يضلل فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله، أرسله بالهدى ودين الحق ليظهره على الدين كله، وكفى بالله شهيدا، صلى الله عليه وعلى آله وسلم تسليما
Adalah sesuatu yang sangat
malang, jika lahir di kalangan umat ini golongan yang sanggup untuk melakukan
berbagai penipuan dan kebohongan semata-mata karena membela keta’ashuban dan
kebencian yang tidak berdasar. Jika tuduhan dan cercaan menjadi mainan golongan
yang menggelarkan diri mereka golongan agama, akhirnya yang menjadi mangsa
adalah umat awam yang kebingungan. Umat kita sepatutnya dididik bagaimana untuk
berterimakasih kepada generasi lalu yang telah memberikan sumbangan serta
memohon ampunan kepada Allah untuk mereka di atas segala kekhilafan mereka
sebagai insan. Sebagaimana kita diajarkan agar mendoakan kepada para Shahabat.
Firman Allah dalam surah Al Hasyr ayat ke-10 :
وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ
“Dan orang-orang (Islam)
yang datang kemudian setelah mereka (berdoa dengan) berkata: “Wahai Tuhan Kami!
Ampunkanlah dosa kami dan dosa saudara-saudara kami yang mendahului kami dalam
iman, dan janganlah Engkau jadikan dalam hati kami perasaan hasad dengki dan
dendam terhadap orang-orang yang beriman. Wahai Tuhan kami! Sesungguhnya Engkau
Maha Pengasih dan RahmatMu.”
Inilah akhlak yang baik,
yang diajar oleh Al Quran. Jika akhlak ini hilang, maka lahirlah buku yang
seperti Salafiyah Wahabiyah yang dipenuhi dengan fitnah dan
cercaan terhadap ulama. Lebih malang lagi, jika inti kandungannya adalah
kebohongan dan kepalsuan. Saya tidak dapat membayangkan, bagaimana seorang
insan sanggup membohongi orang banyak demi untuk memfitnah para ulama yang
berjasa. Ragu bersusah payah mengeluarkan buku untuk keinginan itu. Apakah yang
akan dia jawab di hadapan Allah di mahsyar kelak jika dia berdiri untuk
dibicarakan terhadap fitnahnya yang dinyatakan kepada golongan ulama yang
shalih seperti Al Imam Ibnu Taimiyah Rahimahullah.
Dengan kedhaifan yang ada, saya
coba untuk menjawab sedikit dari kebohongan yang banyak itu sebagai peringatan
kepada orang awam dan tanggungjawab terhadap hak para ulama masa silam.
Akhirnya marilah kita
berusaha umat menyatukan umat bukan memecahkannya, mengambil kebaikan daripada semua
golongan Muslimin yang berjasa dan bersatu menghadapi musuh-musuh Allah dan
RasulNya.
Sekian,
Mohd Asri bin Zainul Abidin
moasriza@yahoo.com
Pengkhianatan
Fitnah Terhadap Syaikh Al Islam Ibnu Taimiyah
Lebih dahsyat dari itu, kebohongan Penulis Salafiyah Wahabiyah dalam halaman 127 terhadap Al Imam Hajar Al `Asqalani, sehingga menggambarkan seolah-seolah Al Hafizh Ibnu Hajar Al `Asqalani الحافظ ابن حجر العسقلاني (meninggal 852H) dalam Al Durar Al Kaminah الدرر الكامنة mempermasalahkan `aqidah Ibnu Taimiyah. Penulis Salafiyah Wahabiyah tersebut menyelewengkan terjemahan seperti berikut: “Para ulama telah menggelarkan Ibnu Taimiyah dengan tajsim berdasarkan apa yang telah beliau tulis, Ibnu Hajar menambah lagi: “Dia dihukum dengan munafiq karena perkataannya terhadap Sayidina `Ali.”
Saya tidak pasti, apakah
beliau tidak dapat memahami bahasa `Arab, atau sengaja melakukan pengkhianatan.
Sebenarnya, terjemahannya sepatut begini: “Orang banyak telah berbeda pendapat
mengenainya kepada beberapa golongan, di kalangan mereka, ada yang
mengaitkannya dengan tajsim…di kalangan ada yang mengaitkannya dengan nifaq ومنهم من ينسبه إلى النفاق.”.”
Kemudian Ibnu Hajar
meneruskan ceritakan mengenaikan fitnah yang dikenakan kepada Ibnu Taimiyah
itu, sehingga beliau menyebut: ”Ibnu Taimiyah terus dipenjara hingga kembali ke
rahmat Allah. Kepada Allah juga kembali segala urusan. Dia memerhatikan mereka
yang khianat dan apa yang disembunyikan di dalam dada. Hari kematian Ibnu
Taimiyah itu menjadi bukti, manusia memenuhi jalan menyambut jenazahnya, orang
Islam datang dari serata pelosok. Mereka mengambil keberkatan dengan menghadiri
jenazahnya, pada hari yang ditegakkan bukti, mereka semua ingin memegang
kerandanya sehingga patah kayunya.”[1]
Lihatlah niat buruk penulis
untuk mengkhianati ulama dan menipu para pembaca yang tidak mengetahui bahasa
Arab. Lain yang maksudkan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar Al `Asqalani, yang pula
yang digambarkannya. Orang yang berbohong seperti ini, tidak diterima
penyaksiannya.
Penulis Salafiyah
Wahabiyah, juga coba membohongi pembaca dengan menggambarkan seolah-olah Al
Imam Azd Dzahabi (meninggal 848 hijrah), yang juga salah seorang murid utama
Ibnu Taimiyah, mempermasalahkan Ibnu Taimiyah, demikian juga Al Imam As Subki
yang hidup di zaman itu, yang menjadi murid dari Adz Dzahabi. Beliau
menyembunyikan apa yang Al Hafizh Ibnu Hajar Al `Asqalani sebut dalam kitabnya
di atas, Al Durar Al Kaminah. Sebenarnya Al Hafizh Ibnu Hajar Al
`Asqalani, selepas mencerita sejarah kewafatan Ibnu Taimiyah, memetik ucapan Al
Imam Adz Dzahabi yang memuji-muji gurunya Ibnu Taimiyah, sehingga kata Ibnu
Hajar: “Adz Dzahabi telah menulis surat kepada As Subki, lantas memarahinya di
atas perkataannya terhadap Ibnu Taimiyah.
As Subki menjawabnya, antara
jawabannya: “Adapun apa yang Tuan katakan mengenai Asy Syaikh Taqiyuddin (Ibn
Taimiyah), maka hamba ini (saya) telah pun pasti ketinggian kemampuannya,
limpahan dan keluasan lautan ilmunya dalam naql (Al Quran dan As Sunnah) dan
akal, kehebatan kebijaksanaan dan ijtihadnya, juga dia mencapai kesemuanya itu
lebih dari yang disifatkan. Hamba ini (saya) sentiasa akan mengakuinya.
Nilainya (Ibnu Taimiyah) pada diri ini, lebih besar dan mulia dari segalanya.
Dengan apa yang telah Allah himpunkan padanya dari sifat zuhud, wara’, kuat
beragama, membela dan menegakkan agama kebenaran semata-mata karena Allah. Dia
melalui perjalanan ulama salaf dengan sepenuhnya, sangat asing orang sepertinya
pada zaman ini bahkan di zaman apa pun.”
Hingga Ibnu Hajar menyebut:
“Ibnu Taimiyah imam dari semua para imam, keberkatan umat, yang sangat alim di
kalangan ulama, pewaris para anbiya..” hingga beliau menggelarinya sebagai
“Syaikh Al Islam”.[2]
Bahkan Adz Dzahabi
menyebutkan gurunya itu di dalam kitabnyaTadzkirah Al Huffazhh تذكرة الحفاظ yang
dikhususkan untuk para hafizh dalam hadits. Beliau memuji Ibnu Taimiyah dengan
pujian yang sangat hebat juga menggelarnya dengan gelaran Syaikh Al Islam,
antara katanya: “Ibnu Taimiyah: seorang Syaikh, Imam, Al `Allamah (sangat
alim), Al Hafizh (dalam hadits), seorang yang kritis, mujtahid, penafsir (Al
Quran) yang mahir, beliau adalah Syaikh Al Islam….dari lautan ilmu, dari para
cendikiawan yang terbilang, dari golongan zuhud yang sukar dicari, dari
tokoh-tokoh yang berani dan pemurah lagi mulia, dipuji oleh penyokong dan
penentang.”[3]
Demikian cara kebohongan dan
penyembunyian fakta dalam bukuSalafiyah Wahabiyah tersebut. Bahkan
penulisnya meniru lagak gurunya, meremehkan siapa yang menamakan Ibnu Taimiyah
dengan Syaikh Al Islam. Kemudian mengkhianati fakta dengan memutar belitkan
tulisan-tulisan tokoh ulama. Perbuatan ini bukan sekadar memfitnah Ibnu
Taimiyah, tetapi memfitnah sekalian ulama yang lain. Inilah suatu sikap yang
diwarisi dari Syi`ah dan hal ini sangat buruk.
Lihat lagi dalam halaman 132
dan ke atas, buku penulis buku ini coba menggambarkan seolah-seolah, Asy Syaikh
Muhammad Abu Zahrah Rahimahullah juga tidak menyukai Ibnu Taimiyah berdasarkan
kitabnya Tarikh Al Mazahib Al Islamiyah تاريخ المذاهب الإسلامية. Sebenarnya siapa yang membaca buku tersebut akan melihat bagaimana
Muhammad Abu Zahrah memuji dan membela Ibnu Taimiyah. Bahkan Muhammad Abu
Zahrah menulis buku khas dengan judul “Al Imam Ibnu Taimiyah”, membela
dan memuji sejarah perjuangannya. Maka jelas, ini adalah satu kebohongan
terhadap Asy Syaikh Abu Zahrah, yang merupakan tokoh besar di zaman kita ini.
Lihatlah petikan sebenarnya
dari kitab Tarikh Al Mazahib Al Islamiyah, kata Syaikh
Muhammad Abu Zahrah ketika selesai menceritakan sejarah Ibnu Taimiyah:”Demikian
itu kita lihat pendirian Ibnu Taimiyah terhadap An Nasir (pemerintah di
zamannya) sama seperti pendirian (Al Imam) Izzu Al Din `Abd As Salam dan Muhyi
Al Din An Nawawi (Al Imam Nawawi). Maka berlanjutlah rangkaian para ulama yang
membela Islam. Bahkan Ibnu Taimiyah melebihi mereka berdua karena dia
menghunuskan pedang di medan jihad. Dia telah diberi ujian dengan sebab
pandangan-pandangannya dalam agama. Dia meninggal dalam keadaan Allah
meridhainya, dalam penjara yang sempit, semoga Allah meridhai dan memuliakan tempat
tinggalnya (surga) dan mengarunianya sebaik-baik balasan di atas sumbangannya
kepada ilmu dan Islam.”[4]
Adapun Zahid Al Kautsari
(meninggal 1371H), yang lahir di Istanbul, memang tidak menyukai Ibnu Taimiyah.
Tetapi itu semua bukan satu hujah yang diterima sebagai bukti Ibnu Taimiyah
tertolak. Apa lagi Zahid Al Kautsari terkenal sebagai seorang yang sangat
ta’ashub kepada mazhab Hanafi, juga tidak amanah terhadap petikan-petikan
ilmiah. Beliau pernah mempermasalahkan nasab Al Imam Asy Syafi`I, menuduh Al
Imam Ahmad sebagai seorang yang tidak faqih, memfitnah Ibnu Hajar Al `Asqalani
sebagai “kaki perempuan” dan berbagai tuduhan liar terhadap para ulama yang
lain. Ahmad bin Muhammad As Siddiq Al Ghumari الصديق الغماري menghimpunkan
penyelewengan-penyelewengan fakta dan cerca-cercaan ini di dalam kitabnya Radd
Al Kautsari `ala Al Kautsari رد الكوثري على الكوثري. Maka
tidaklah heran jika orang seperti ini menghina dan memfitnah Ibnu Taimiyah.
Asy Syaikh `Abd Al Fattah
Abu Ghuddah Rahimahullah pernah menjadi murid Al Kautsari, beliau juga menolak
cercaan Kautsari terhadap Ibnu Taimiyah, katanya.: “Bukti yang kuat (bahwa aku
tidak membenci Ibnu Taimiyah dan Ibnu Al Qayim) adalah aku telah penuhi
kitab-kitabku dan ulasan-ulasanku dengan pendapat-pendapat Syaikh Al Islam Ibnu
Taimiyah dan Al Imam Ibnu Qayim-semoga Allah merahmati keduanya-. Aku telah
berkhidmat untuk kitab-kitab Al Imam Ibnu Al Qayim dengan menyebar dan
mentahqiqkannya, -seperti yang telah disebutkan-. Aku juga telah menyokong dan
membela mereka berdua. Aku menyebut mereka dengan penuh sanjungan dan hormat
pada berpuluh-puluh tempat di dalam kitab-kitabku. Sebagaimana yang jelas
sebelum ini tanpa sembarang keraguan lagi. Adapun Asy Syaikh Al Khautsari
Rahimahullah, semoga Allah mengampuni kita dan juga dia, tidak menyukai kedua
Imam ini. Itu adalah pandangan dan ijtihadnya. Sekiranya aku ini berpegang
dengan setiap yang dia kata, tentu aku juga akan tidak menyukai kedua mereka
(Syaikh Al Islam Ibnu Taimiyah dan Al Imam Ibnu Al Qayim) lalu mengikuti
sikapnya terhadap mereka berdua –Allah rahmati keduanya-.Namun apa yang terjadi
membuktikan sebaliknya….” Hingga katanya .”.Segala puji bagi Allah yang telah
mengurniakanku dapat membedakan antara yang pendapat yang boleh diterima dan
ditolak. Aku akan mengakui apa yang aku lihat benar berdasarkan pemahamanku,
sekalipun ia datang dari seorang yang rendah kedudukannya. Aku akan tinggalkan
apa yang aku dapati menjauhi kebenaran, sekalipun ianya datang dari tokoh yang
lebih besar dari Al Kautsari, yang terdiri daripada para ulama yang masyhur.
Sekalipun aku seorang pengikut, segala puji bagi Allah di atas karunianya,
namun tiada seorang pun yang mengikut segala-galanya, melainkan dia seorang
yang ta`ashub ataupun seorang yang bodoh.”[5]
Apa yang dinyatakan itu
terbukti dalam banyak tempat di dalam penulisan Asy Syaikh `Abd Al Fattah Abu
Ghuddah ini, antaranya, ketika mentahqiq (mengulas) kitab Qawa`id fi
`Ulum Al Hadits قواعد في علوم الحديث oleh Zafar Ahmad Al Uthmani Ath Thahanawi التهانوي Jika beliau mendapati ada perkataan yang kurang tepat kepada Syaikh Al
Islam Ibnu Taimiyah, Asy Syaikh Abu Ghuddah menulis surat kepada Ath Thahanawi,
dan menegurnya. Ath Thahanawi menjawab surat itu dengan katanya: “Aku pernah
menyuruh seorang sahabatku untuk menghapus ungkapan tersebut yang berkait
dengan Al Imam Ibnu Tamiyah Rahimahullah, tetapi dia terlupa, dan syaitan
melupakan aku untuk mengingatkannya. Kamu semua hapuskanlah ungkapan itu dan
tulis pada nota kakinya: “Sesungguhnya penulis telah menarik balik ungkapan
tersebut, itu adalah dari kegelinciran penanya, dia telah beristighfar dan
bertaubat kepada Allah mengenai adab yang buruk terhadap para imam Islam,
antaranya Al Imam Ibnu Taimiyah Al Harrani, Syaikh Al Islam, semoga Allah
merahmatinya serta memasukkannya dan kita juga ke dalam Dar As Salam (surga).”[6]
Memang benar, adanya para
ulama silam yang mempermasalahkan Ibnu Taimiyah di atas salah paham mereka.
Namun bagi siapa yang mempelajari ilmu Al Jarh wa Al Ta’dil الجرح والتعديل (mempermasalahkan atau mengangkat kedudukan seseorang rawi) perkara
seperti ini adalah fenomena biasa. Al Imam Al Bukhari Rahimahullah sendiri pada
hayatnya dipermasalahkan akidahnya oleh gurunya sendiri, iaitu Muhammad bin
Yahya Az Zuhli yang merupakan juga tokoh hadits dan ulama Naisabur sehingga Al
Imam Al Bukhari terpaksa meninggalkan negeri Naisabur. Al Imam Al Bukhari
dituduh bahwa beliau menyatakan Al Quran makhluk. Kita yakin bahwa tuduhan yang
dikenakan kepada Al Imam Al Bukhari tidak benar dan itu hanyalah salah paham.
Kisah ini disebut dengan banyak dalam kitab-kitab ilmu hadits. Untuk kemudahan,
pembaca boleh merujuk kitab At Ta’rif bi Kutub As Sittah, oleh
Muhammad bin Muhammad Abu Syahbah.
Al Imam Al Bukhari pula
dalam hayatnya mempermasalahkan kedudukan Abu Hanifah Rahimahullah, imam mazhab
Hanafi. Al Imam An Nasai juga menghukum Abu Hanifah sebagai dhaif. Tokoh ilmu
rawi iaitu Al Yahya bin Ma`in pula mempermasalahkan kepribadian Al Imam Asy
Syafi`i. Ini semua terjadi karena salah paham dan maklumat yang tidak tepat.
Adapun kita ini, yakin kepada ketsiqahan (dipercayai) semua imam-imam tersebut.
Kita tidak dapat menerima semua pertikaian itu, karena ini akan meyebabkan
banyaknya para imam tertolak. Kalau kita hanya melihat kepada satu pandangan
saja tanpa kajian, sekalipun pandangan itu datang dari tokoh yang besar seperti
Al Bukhari dan Yahya bin Ma`in, tentu kita akan terkhilaf hukuman terhadap para
imam yang lain. Para ulama hadits telah membincangkan persoalan seperti ini pada
berbagai tempat di dalam kitab mereka. Antaranya, apa yang dibahaskan oleh Al
Imam Anwar Shah Al Kasymiri dalam kitabnyaFaidh Al Bari `ala Shahih Al
Bukhari فيض الباري على صحيح البخاري dalam jilid pertama di dalam bab Al `Ilm Qabl Al Qaul wa Al
`Amal (cetakan Deoband, India). As Subki menyebut dalam Thabaqat
Asy Syafi`iyah: “Tiada seorang imam pun melainkan ada yang mencercanya.”
Dengan itu maka para ulama hadits mensyaratkan tajrih (mempermasalahkan rawi)
mestilah mufassar iaitu dinyatakan bukti kesalahan yang diterima.
Hal yang sama telah menimpa
Ibnu Taimiyah, perkara ini bertambah buruk jika musuh-musuhnya dari kalangan
Syi`ah dan golongan tarikat sufi yang ekstrem menabur fitnah yang begitu
dahsyat. Dengan harapan, jatuhnya Ibnu Taimiyah, dapatlah bermaharajanya
kesesatan. Maulana Abu Al Hasan `Ali An Nadwi, dalam bukunya tadi telah
menceritakan bagaimana golongan yang sesat berusaha menyebabkan Ibnu Taimiyah
dipenjarakan. Jika beliau dipenjarakan, maka mereka kembali berani untuk
menyebarkan kesesatan mereka. Maka, para ulama pada zaman itu mulai sadar
betapa besar dan pentingnya peranan Ibnu Taimiyah. Mereka mulai menulis surat,
merayu dan membelanya di hadapan pemerintah, sehingga An Nadwi menyebut: “Ahli
bid`ah dan hawa nafsu yang dahulu coba untuk menonjolkan diri sebagai bermazhab
Ahlus Sunnah, untuk menipu para pemerintah dan hakim (agar menangkap Ibnu
Taimiyah). Sebaik saja berhasil penipuan mereka, maka nampaklah kejahatan
mereka pada orang banyak dan mulailah mereka menonjol dan tidak bersembunyi
lagi.” (halaman 93-94).
Nampaknya sejarah tersebut,
coba untuk ditimbulkan semula oleh golongan yang bertopengkan Ahlus Sunnah pada
belakangan ini.
Jika kita perhatikan
tokoh-tokoh umat pada zaman lalu dan kini, mereka banyak mengambil manfaat
daripada khazanah Ibnu Taimiyah. Lihat An Nadwi yang saya sebutkan di atas.
Demikian juga Asy Syaikh Yusuf Al Qaradawi pernah menyebut dalam bukunyaKaifa
Nata`amul Ma`a As Sunnah: “Al Imam Ibnu Taimiyah adalah dari kalangan ulama
umat yang aku sayangi, bahkan barangkali dadalah yang paling hatiku sayangi di
kalangan mereka dan paling dekat kepada pemikiranku.” (halaman 170, cetakan:
Dar Al Wafa, Mesir)
Sebenarnya, golongan yang
ingin supaya orang banyak menghukum Ibnu Taimiyah sesat, kufur dan seumpamanya
itu sadar, bahwa jika langkah ini berhasil maka sebahagian besar tokoh-tokoh
umat dapat dileburkan, dan khazanah umat dapat dihancurkan. Antara murid
terbesar Ibnu Taimiyah adalah Al Imam Ibnu Katsir, yang terkenal dengan Tafsir
Al Quran Al ‘Azhim atau dikenali dengan Tafsir Ibnu Katsir.
Bacalah buku At Tafsir wa Al Mufassirun, karangan Asy Syaikh Husain
Adz Dzahabi, dalamnya diceritakan bagimana Ibnu Katsir begitu mencintai
gurunya, Syaikh Al Islam Ibnu Taimiyah dan banyak berpegang dengan fatwanya.
Kemunculan Al Imam Ibnu Katsir, Al Imam Adz Dzahabi, Al Imam Ibnu Al
Qayim dan lain-lain adalah antara sumbangan besar Ibnu Taimiyah dalam bidang
kesarjanaan Islam. Musuh-musuh Ahlus Sunnah mengetahui hal ini, mereka berusaha
merobohkan khazanah ini.
Para pembaca sebuah buku
atau tulisan hendaklah mengambil sikap berhati-hati, apatah lagi jika dia bukan
seorang pengkaji yang dapat menyemak apa yang ditulis. Berpeganglah kepada
ajaran Allah dalam surah Al Hujurat ayat 6:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
“Wahai orang-orang yang
beriman, jika datang seseorang fasik membawa berita, maka selidikilah, agar kamu
tidak menimpakan (hukuman) kepada sesuatu kaum dengan secara jahil, lalu kamu
akan menyesal.”
Saya tertarik dengan apa
yang dipetik oleh Al Imam Ibnu Ash Shalah ( meninggal 643H) dalam
kitabnya `Ulum Al Hadits: “Entah berapa banyak di kalangan ulama yang
telah melangkah kaki mereka di dalam surga sejak seratus atau dua ratus tahun
yang lalu, sedangkan kamu menyebut dan mengumpat mereka.” (halaman 390,
cetakan: Dar Al Fikr, Beirut)
Syaikh Al Islam Ibnu
Taimiyah Rahimahullah telah pergi menemui Allah sejak tujuh ratus tahun lalu.
Hidupnya dahulu dibaluti dengan perjuangan yang penuh ikhlas. Para ulama hadits
dan mereka yang mengenalinya memuji dan menghormatinya, seperti yang telah saya
nyatakan dalam tulisan ini, bahkan lebih dari itu. Siapa yang menghina dan
mencerca Ibnu Taimiyah di zaman ini, akan berdiri bertanggungjawab di hadapan
mahkamah Allah Yang Maha Adil di akhirat. Mereka mesti bertanggungjawab di atas
segala perkataaan yang dilempar kepada tokoh ulama yang mulia itu, yang
menyampaikan ilmu, menulis, berjihad dengan pedang menentang tentara kuffar
Monggol dan berbagai jasanya yang tidak mampu dihitung. Semoga Allah memelihara
kita semua dari kegelinciran dan disesatkan oleh golongan yang jahat.
[1] Ibn Hajar Al
`Asqalani, Al Durar Al Kaminah, jilid1, halaman155, cetakan: Dar Al Turats Al
`Arabi, Beirut
[2] ibid, jilid 1, halaman
158-159
[3] Al Imam Adz Dzahabi,
Tazkirah Al Huffazh, jilid 4, halaman 1496, cetakan Haidar Abad, India.
[4] Abu Zahrah, Tarikh Al
Mazahib Al Islamiyah, halaman 648, cetakan Dar Al Fikr Al `Arabi, Mesir
[5] Imdad Al Fattah, bi
Asanid wa Marwiyat Asy Syaikh `Abd Al Fattah, halaman 657, cetakan: Maktabah Al
Imam Asy Syafi’i, Riyadh
[6] Ath Thahanawi, Qawaid
fi `Ulum Al Hadits, halaman 442, cetakan Dar As Salam, Kaherah.
Pada halaman 70-76, beliau menyebutkan daftar pertentangan pendapat para imam-imam Ahlus Sunnah dengan Ibnu Taimiyah. Lalu beliau memetik nash-nash para imam berkenaan yang bukan ditujukan kepada Ibnu Taimiyah. Di antaranya, Al Imam An Nawawi الإمام النووي yang meninggal pada tahun 676 hijrah, sedangkan Ibnu Taimiyah lahir pada tahun 661 hijrah. Beliau tidak mengenali Ibnu Taimiyah. Begitu Al Imam Ibnu Al Jauzi الإمام ابن الجوزي yang meninggal pada tahun 598 hijrah.
Beliau juga meletakkan judul
“Pertentangan Pendapat Ibnu Taimiyah dengan Imam Al Hafizh As Sayuthi”.[1] Sedangkan Ibnu Taimiyah telah
meninggal 121 tahun sebelum kelahiran As Suyuthi السيوطي pada tahun
849H. Kemudian beliau memetik nash As Suyuthi yang tiada kena mengena dengan
Ibnu Taimiyah. Dengan cara ini, pembaca akan menyangka Al Imam Suyuthi
(meninggal 911 hijrah) dalam hayatnya tidak menyukai Ibnu Taimiyah. Sedang Al
Imam Suyuthi memasukkan Ibnu Taimiyah dalam senarai Huffazhh hadits (para
hafizh hadits), dalam kitabnya Thabaqat Al Huffazhh طبقات الحفاظ, Al Imam
Suyuthi yang bermazhab Syafi’i itu memperkenalkan Ibnu Taimiyah seperti
berikut: “Ibnu Taimiyah, seorang Syaikh, Imam, Al `Allamah (sangat Alim)
Hafizh, seorang yang kritis, Faqih, Mujtahid, seorang penafsir Al Quran yang
mahir, Syaikh Al Islam, lambang golongan zuhud, sangat sedikit sepertinya di
zaman ini,..salah seorang tokoh terbilang..memberi perhatian dalam bidang
hadits, memetik dan menyeleksinya, pakar dalam ilmu rijal (para perawi), `illal
hadits (kecacatan tersembunyi hadits) juga fiqh hadits, ilmu-ilmu Islam, ilmu
kalam dan lain-lain. Dia daripada lautan ilmu, daripada cendikiawan yang
terbilang, golongan zuhud dan tokoh-tokoh yang tiada tandingan..”[2]
Demikian juga penulis Salafiyah Wahabiyah, meletakkan
judul “Pertentangan Pendapat Ibnu Taimiyah dengan Imam Az Zarqani”[3].
Beliau memetik ungkapan Az Zarqani yang tiada kena mengena dengan Ibnu Taimiyah
daripada kitab Manahil Al `Urfanمناهل العرفان . Beliau coba
menggambarkan pertentangan yang sebenarnya tidak ada sama sekali. Sebaliknya
dalam kitab itu sendiri, penulis Muhammad `Abdul `Azhim Az Zarqani, banyak
memetik pendapat Ibnu Taimiyah dengan hormatnya. Pada penelitian saya, sebanyak
lima kali Az Zarqani memetik pendapat Ibnu Taimiyah di dalam kitabnya tersebut.
Pada cetakan yang pada tangan saya adalah pada jilid pertama halaman 78 dan 90,
pada jilid kedua pada halaman 162, 192, 202.[4] Bahkan halaman 202 beliau
menamakan Ibnu Taimiyah sebagai Syaikh Al Islam, katanya: “Kata Syaikh Al Islam
Ibnu Taimiyah: “Khilaf di dalam tafsir itu ada dua jenis….” . Lihatlah betapa
penulis Salafiyah Wahabiyah ini ternyata melakukan kebohongan terhadap para ulama dan pengkhianatan
terhadap ilmu.
[1] halaman 75
[2] Al Imam As Suyuthi, Thabaqat
Al Huffazh, halaman 516, cetakan Maktabah Wahbah, Mesir.
[3] halaman 76
Penulis buku ini mengaku beliau adalah pengikut Hasan bin `Ali As Saqqaf (السقاف) dari Jordan. Perkataan As Saqqaf pada namanya berarti beliau berasal dari keluarga tersebut. Di Malaysia keluarga ini di sebut sebagai Assagoff (di Indonesia disebut Assegaf). Hasan As Saqqaf yang menjadi guru penulis berkenan, di kalangan yang mengenalinya menyatakan dia seorang agak pro-Syiah. Dia mengkafirkan para Shahabat yang terlibat dalam peperangan dengan ‘Ali. Sebagaimana ada di kalangan rumpun tersebut di Malaysia dan Nusantara, yang berpegang kepada Syi`ah. Beliau coba menonjolkan diri bahwa beliau seorang Ahlus Sunnah dan bermazhab Al Imam Asy Syafi`i. Dalam masa yang sama, beliau selalu menghantam secara lisan para Shahabat yang terlibat dalam peperangan menentang Sayidina `Ali. Sementara dalam bukunya,Shahih Sifat Salat An Nabi beliau menyebut: “Maka jelas bahwa hadits (kamu tidak akan sesat selagi kamu berpegang dengan) “kitab Allah dan kaum keluargaku (Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam)” itulah yang shahih lagi tsabit di dalam Shahih Muslim, adapun lafaz (berpegang) dengan kitab Allah dan sunnahku” adalah batil dari segi sanad dan tidak shahih. Maka hendaklah para khatib, penceramah dan imam meninggalkan lafaz ini..”[1]
Dalam buku Salafiyah Wahabiyah, penulisnya
mencatatkan nasihat gurunya itu, dengan katanya: “Aku berpesan kepada engkau
agar beriltizam dengan jalan ahli Al Haq dan Ahli Bait (kaum keluarga)”[2].
Hasan As Saqqaf juga memarahi Ibnu Taimiyah karena menyatakan para ulama
sepakat bahwa Sayidina Abu Bakar dan `Umar lebih afdhal daripada Sayidina `Ali.
Muridnya yang menulis buku ini turut membuat bantahan yang sama dalam buku
tersebut.[3] Walaupun begitu coba
menyembunyikan racun Syiahnya, tetapi ianya tetap dapat dicium oleh orang lain.
Oleh karena di dalam Ahlus
Sunnah, Ibnu Taimiyah adalah tokoh yang paling hebat mempertahankan aqidah
Ahlus Sunnah dan menyerang hujah-hujah Syi`ah, maka cara terbaik untuk
mempertahankan Syi`ah adalah dengan menghantam habis-habisan Ibnu Taimiyah.
Hantaman itu pula akan dilihat lebih mantap dengan menggunakan nama Ahlus
Sunnah itu sendiri. Ini dengan cara diselewengkan fakta-fakta ulama, membuat
pengkhianatan ilmiah dan membohongi pembaca yang tidak mampu membuat
penyelidikan. Tokoh pendakwah Islam yang terkenal di kurun ini, Maulana Abu Al
Hasan `Ali An Nadwi berkata dalam bukunya yang ditulis khusus mengenai sejarah
perjuangan Ibnu Taimiyah sebagai tokoh pemikir dan dakwah yang hafizh, berjudul
“Al Hafizh Ahmad bin Taimiyah (الحافظ أحمد بن تيمية): ”Sesungguhnya Al Imam Ibnu Taimiyah telah bangkit menjawab Syi`ah
dalam banyak tempat dalam buku-bukunya. Dia telah benar-benar menunaikan
tanggungjawab dengan kuatnya mempertahankan sunnah, aqidah Ahlus Sunnah, Al
Khulafa Al Rasyidin dan para Shahabat yang mulia Radhiyallahu ‘Anhum. Di
samping itu, dia mengkhususkan menjawab Syi`ah dalam sebuah kitab khusus,
dinamakan “Minhaj As Sunnah
An Nabawiyah fi Naqd Kalam Asy Syi`ah wa Al Qadariyah” (Artinya: Jalan Sunnah Nabi
dalam menolak pendapat Syi`ah dan Qadariyah).[4]
Maka, kita akan dapati Hasan
As Saqqaf begitu marah kepada buku“Minhaj As
Sunnah An Nabawiyah fi Naqd Kalam Asy Syi`ah wa Al Qadariyah منهاج السنة النبوية في نقد كلام الشيعة والقدرية., karya agung Ibnu Taimiyah tersebut. Namun beliau mempermasalahkannya
dengan caranya yang seolah-olah membela Ahlus Sunnah. Dalam buku“Salafiyah Wahabiyah”, penulisnya juga menghantam kitab Ibnu Taimiyah tersebut berkali-kali
sebagai mengikut jejak langkah gurunya itu dengan tuduhan sesat dan yang
seumpamanya.
Kata Maulana Abu Al Hasan An
Nadwi lagi: “Siapa yang ingin melihat lautan ilmu Ibnu Taimiyah, keluasan
pandangannya, penguasaannya, kekuatan hafalannya, ingatannya terhadap
masalah-masalah (yang di bahaskan), kematangannya, ketelitiannya,
kebijaksaannya dan kegemilauannya, maka bacalah kitab tersebut.”[5]
Cobalah lihat perbedaan dan
bandingkan antara dua sikap, Maulana Abu Al Hasan `Ali An Nadwi Rahimahullah
seorang tokoh umat dan pendakwah yang dikagumi. Sementara yang seorang lagi
seorang yang mengaku Ahlus Sunnah, namun menyembunyikan racun Syi`ahnya. Ini
diikuti oleh murid Melayu-nya yang menulis bukuSalafiyah
Wahabiyah. Saya meyakini, penulis buku
tersebut tidak membuat sembarang kajian melainkan menciduk sepenuhnya dari
gurunya itu dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Melayu. Siapa yang membaca
tulisan Hasan As Saqqaf, akan mengetahui bahwa beliau menjadikan kebohongan
fakta sebagai mainan tulisannya. Ini diikuti oleh murid Melayu tersebut. Maka
pengkhianatan ilmu jelas pun pribadi. Pengkhianatan yang diwarisi dari sikap
para penulis yang ikut-ikutan dengan rentak orientalis dan tokoh-tokoh Syi`ah.
Saya akan perlihatkan contoh-contohnya untuk para pembaca secara ringkas.
[1] Hasan As Saqqaf, Shahih Sifat
Salat An Nabi, halaman 294, cetakan: Dar Al Imam An Nawawi, Jordan
[2] halaman ijazah am
[3] lihat halaman 111.
[4] Abu Hasan `Ali An Nadwi, Al
Hafizh Ahmad bin Taimiyah, halaman 213 cetakan Dar Al Qalam, Kuwait.
[5] Ibid, halaman 215.