2.Definisi Ahlus Sunnah Wal Jamaah Yang Menyesatkan (
? )
Dalam artikel yang menyesatkan
Golongan Ahlussunnah menurut Imam al-Baghdadi
Oleh DR. ASMADI MOHAMED NAIM
SAYA membaca tulisan mengenai makna atau definisi Ahlu
al-sunnah wal Jamaah (ASWJ) daripada seorang penulis mingguan pada pertengahan
November 2009 lepas. Penulis mengutip definisi Ahlussunnah yang ditulis oleh
Imam al-Baghdadi (wafat429H) dalam kitabnya, al-Farq Baina al-Firaq.
Namun malangnya perkataan al-turuq al-sifatiah atau
‘jalan-jalan sifat’ dalam definisi tersebut diabaikan. Walhal, itulah antara
perkara yang penting untuk menentukan sama ada tauhid yang mensyarahkan
sifat-sifat 20 adalah sesuatu yang baru atau sememangnya sudah lama.
Pada saya, ada sedikit masalah ‘ketidakjujuran ilmu’,
bila dia tidak menerangkan secukupnya maksud al-Baghdadi apabila mensyarahkan
pengertian ASWJ.
Demikian juga, ada sebuah lagi penulisan yang
menceritakan aliran pemikiran tauhid di Nusantara, yang merujuk bahawa aliran
yang mensyarahkan Sifat 20 hanyalah muncul selepas tahun 1,000 Hijrah melalui
Imam Sanusi dengan kitabnya Umm al-Barahin.
Penulis tidak merujuk kemunculan metod tersebut kepada
penyusunnya yang sebenar iaitu Abu Hassan al-Asy’ari (wafat324H) yang muncul
pada akhir kurun ke 3 Hijrah. Ini masalah ‘sikap amanah’ dalam penulisan.
Dalam kesempatan ini, saya hanya mahu menjelaskan
siapakah Ahlussunnah menurut penulisan Imam al-Baghdadi yang telah menjadi
rujukan definisi ASWJ supaya pembaca dapat memahaminya secara jelas.
Beliau menyatakan (hal.19): “Maka golongan yang ke 73
ialah Ahli Sunnah Wal Jamaah iaitu golongan ahl al-ra’y (Ibu Hanifah dan
murid-muridnya) dan ahlu al-hadis; bukan mereka yang mempermain-mainkan hadis;
dan ulama fikah mereka, penghafal al-Quran mereka, perawi hadis daripada
mereka, dan ulama hadis di kalangan mereka, semuanya sepakat atas keesaan
Pencipta, keesaan sifat-sifat-Nya, keadilan-Nya, hikmah-Nya dan nama-nama-Nya
dan pada bab kenabian dan kepimpinan, hukum hudud dan pada perkara usuluddin.”
Seterusnya, Imam al-Baghdadi Rahimahullah
memperincikan lapan golongan yang termasuk dalam Ahlusunnah wal Jamaah (lihat bukunya
dari halaman 240-243):
lGolongan pertama, mereka yang menguasai ilmu
khususnya dalam bab Tauhid (meng-esa-kan Allah) dan kenabian, hukum-hukum wa’ad
(khabar gembira) dan wa’id (ancaman seksa), pahala dan balasan, syarat-syarat
ijtihad, pemerintahan dan kepimpinan. Mereka yang melalui jalan ini ialah ulama
Kalam (Tauhid) yang bebas dari fahaman tasybih (menyerupakan sifat Allah dengan
makhluk) dan bebas daripada fahaman ta’til (yang menafikan sifat-sifat yang
Azali bagi Allah SWT), dan bebas daripada bidaah al-Rafidhah, Khawarij,
Jahmiah, Najariah dan seluruh pengikut bidaah dan hawa nafsu.
Golongan kedua ialah imam-imam fiqh sama ada kumpulan
yang cenderung pada rakyun (dalil aqal) atau hadis. Iaitu mereka yang
beriktikad (berkeyakinan) pada perkara usuluddin dengan mazhab-mazhab sifat
pada Allah dan pada sifat-sifatnya yang azali (membicarakan sifat-sifat Allah
SWT sebagaimana sifat 20), dan mereka bebas daripada fahaman Qadariah dan
Muktazilah; mereka menetapkan melihat Allah Taala dengan mata (di akhirat
kelak) dengan mata tanpa tasybih (menyerupakan Allah dengan makhluk), tanpa
ta’til’ (menafikan sifat-sifat Allah).
………..
Termasuk dalam golongan ini ialah murid-murid kepada
Malik, al-Shafie, al-Auza’i, al-Thauri, Abu hanifah, Ibn Abu Laila (wafat148H),
sahabat-sahabat Abu Thaur (wafat240H), sahabat-sahabat Ahmad bin Hanbal
(wafat241H), ahli al-Zahir, keseluruhan ulama fiqh yang beriktikad dalam
bab-bab akal ini dengan prinsip-prinsip Sifat (tauhid yang membahaskan
Sifat-sifat Allah). Dan mereka tidak mencampurkannya dengan apa-apa daripada
ahli bidaah dan hawa nafsu.
lGolongan ketiga ialah mereka yang menguasai ilmu-ilmu
yang berkaitan dengan periwayatan hadis dan sunnah yang disampaikan oleh Nabi
SAW, mereka berupaya membezakan antara sahih dan cacat antaranya, mengetahui
sebab-sebab al-jarh wa al-ta’dil (kredibiliti seorang rawi) dan mereka tidak
memasukkan ilmu mereka dengan apa-apa daripada ahli bidaah dan nafsu yang
menyesatkan.
lGolongan keempat ialah kaum yang menguasai kebanyakan
topik-topik sastera Arab, nahu dan saraf. Mereka berada atas jalan pakar bahasa
seperti al-Khalil (wafat175H), Abu ‘Amr bin al-’Ala (wafat 145), Sibawaih
(wafat 180H), al-Farra’ (wafat 207H), al-Akhfash (wafat 215H), al-Asma’i,
al-Mazini (wafat 236H), Abu Ubaid (wafat 224H) dan seluruh imam-imam Nahu sama
ada ulama-ulama Kufah atau Basrah, yang mana mereka tidak mencampurkan ilmu
mereka dengan sesuatu daripada bidaah al-Qadariah, atau Rafidhah atau
Khawarij.Maka sekiranya seseorang itu cenderung ke arah nafsu yang menyesatkan,
maka bukanlah ia daripada golongan Ahlussunnah walaupun kata-katanya adalah
‘hujah’ dalam ilmu bahasa dan Nahu.
lGolongan kelima, antaranya ialah mereka yang
menguasai ilmu yang berkaitan dengan jenis-jenis qiraat untuk al-Quran dan
jenis-jenis tafsiran al-Quran, penakwilannya berdasarkan mazhab-mazhab
Ahlussunnah, tanpa berpegang dengan takwilan ahli nafsu yang sesat.
lGolongan keenam ialah, antaranya ialah para ahli
zuhud sufi yang mempunyai ilmu maka jauh pandangan, yang telah dinilai maka ia
diiktibarkan, mereka reda dengan hidup yang ringkas, mereka mengetahui bahawa
penglihatan, pendengaran dan hati dipertanggungjawabkan terhadap kebaikan dan
kejahatan; menghisab dengan neraca zarah-zarah, justeru menyediakan diri mereka
dengan sebaik-baik persiapan untuk hari Kiamat. Perkataan mereka berjalan di
atas dua jalan iaitu secara jelas dan isyarat di atas jalan ahli hadis, tanpa
mereka ‘membeli’ pandangan yang mempermainkan hadis. Mereka tidak melakukan
kebaikan kerana riak, tidak pula meninggalkan kebaikan kerana malu kepada orang
lain. Agama mereka hanya satu dan menafikan pentasybihan (menyerupakan Allah
dengan makhluk), mazhab mereka ialah tafwidh (menyerahkannya) kepada Allah SWT,
bertawakal kepada-Nya, penyerahan kepada-Nya, tenang dengan apa yang
direzekikan-Nya.
Golongan ketujuh ialah, antaranya kaum yang terikat
dengan barisan hadapan peperangan dengan orang-orang kafir, berjihad melawan
musuh-musuh Islam, mereka menjadi benteng melindungi umat Islam, meninggalkan
isteri-isteri mereka dan negara mereka dan menzahirkan pada barisan hadapan
mereka Mazhab ASWJ. (
lGolongan kelapan ialah, antaranya kebanyakan
negara-negara yang secara kebiasaannya terdapat syiar ASWJ, bukannya negara
yang menzahirkan syiar ahli hawa-nafsu yang sesat.
Itulah huraian sebenar al-Imam Abdul Qahir bin Tohir
bin Muhammad al-Baghdadi. Rupanya, ramai sebenarnya yang diiktiraf sebagai
Ahlussunnah. Ia berbeza dengan pandangan yang meminoritikan dan
mengeksklusifkan ASWJ hanya untuk golongannya sahaja, dengan tuduhan sesat dan
bidaah pada perkara remeh-temeh seperti qunut, talkin, zikir selepas solat,
berdoa beramai-ramai dan sebagainya.
Lihat kata Imam al-Baghdadi tentang perkara-perkara
cabang (hal. 19): “Mereka (ASWJ) hanya khilaf mengenai halal dan haram pada
cabang hukum, bukanlah khilaf tersebut mengundang kepada sesat dan fasik;
mereka adalah puak yang terselamat, kerana mereka bersatu pada keesaan Pencipta
dan qidam-Nya, qidam segala sifatnya sejak azali, dan harus melihat-Nya tanpa
sebarang perumpamaan dan gangguan, serta yakin terhadap isi kandungan kitab-Nya
dan rasul-Nya, dan mengikut segala syariat Islam dan menghalalkan segala yang
dihalalkan oleh al-Quran, dan mengharamkan segala yang diharam oleh al-Quran
serta menerima apa yang dibawa oleh Rasulullah SAW dan beriman pada hari
kebangkitan dan perhitungan, dan soal dua Malaikat dalam kubur, beriman dengan
telaga Kauthar dan Timbangan.
Semoga masyarakat Islam tidak terbelenggu dengan
perpecahan yang lebih parah, lantaran perkara-perkara tersebut.
Banyak masa yang perlu digunakan untuk memperbetulkan
generasi muda yang menyongsang arus dengan pelbagai gejala sosial. Wallahu
a’lam.
Dikirim dalam Pandangan Ulama', Siapa Wahabi
Komentarku ( Mahrus ali )
Anda menyatakan :
Demikian juga, ada sebuah lagi penulisan yang
menceritakan aliran pemikiran tauhid di Nusantara, yang merujuk bahawa aliran
yang mensyarahkan Sifat 20 hanyalah muncul selepas tahun 1,000 Hijrah melalui
Imam Sanusi dengan kitabnya Umm al-Barahin.
Penulis tidak merujuk kemunculan metod tersebut kepada
penyusunnya yang sebenar iaitu Abu Hassan al-Asy’ari (wafat324H) yang muncul
pada akhir kurun ke 3 Hijrah. Ini masalah ‘sikap amanah’ dalam penulisan.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Walaupun begitu sifat wajib 20 adalah bid`ah –
ajaran sesat, mana dalilnya bahwa Allah
mempunya sifat wajib 20 . Komete riset ilmiyah dan fatwa Saudi Arabia juga
mengeluarkan pernyataan sbb :
وَأَمَّا اْلقَوْلُ
بِأَنَّهَا عِشْرُوْنَ أَوْ سَبْعٌ أَوْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ فَلاَ أَصْلَ لَهُ بَلْ
هُوَ مُخَالِفٌ لِلْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ وَاْلإِجْمَاعِ، وَاْلكِتَابُ الَّذِي
ذَكَرْتَهُ لاَ يَصْلُحُ أَنْ تَعْتَمِدَ عَلَيْهِ وَإِلَيْكَ نُسْخَةٌ مِنَ [اْلعَقِيْدَةِ
اْلوَاسِطِيَّةِ] لِشَيْخِ اْلإِسْلاَمِ ابْنِ تَيْمِيَّةِ ، وَشَرْحِ الشَّيْخِ
مُحَمَّدٍ خَلِيْلٍ الْهَرَّاسِ ، وَنُسْخَةِ مِنَ [التَّدَمُّرِيَّةِ] وَ
[الْحَمَوِيَّةِ] كِلاَهُمَا لِشَيْخِ اْلإِسْلاَمِ ابْنِ تَيْمِيَّةِ ،
وَاْلكُتُبُ الثَّلاَثَةُ الْمَذْكُورة قَدْ أَوْضَحَتْ مَذْهَبَ أَهْلِ
السُّنَّةِ فِي اْلأَسْمَاءِ وَالصِّفَاتِ وَالرَّدِّ عَلىَ مُخَالِفِيْهِمْ.
Adapun pernyataan
bahwa sifat wajib bagi Allah 20, 7 atau 13 , maka tiada dalilnya , bahkan
menyalahi al Quran , hadis dan Ijma`. Kitab yang kamu sebut tidak layak dibuat
pegangan . Silahkan kamu baca kitab Al
akidah al wasitiyah karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah , syarah Syekh M.Kholil
Al Harras dan kitab Attadammuriyah dan hamawiyah karya
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah . Tiga
kitab tsb menerangkan madzhab ahlus sunnah tentang asma` dan sifat Allah
dan jawaban bagi orang –orang yang
bertentangan dengannya .
Wabillahit taufiq ,
semoga sholawat dan salam di sampaikan kepada nabi kita Muhammad , keluarga dan sahabatnya .
Lembaga Tetap Pengkajian Ilmiyah dan Fatwa
Saudi
Syekh Abd Aziz bin
Abdillah bin Baz .
DR. ASMADI MOHAMED
NAIM menyatakan :
Beliau menyatakan
(hal.19): “Maka golongan yang ke 73 ialah Ahli Sunnah Wal Jamaah iaitu golongan
ahl al-ra’y (Ibu Hanifah dan murid-muridnya) dan ahlu al-hadis; bukan mereka
yang mempermain-mainkan hadis .
Arabnya sbb :
فَامَّا الْفِرْقَة
الثَّالِثَةُ وَالْسَّبْعُوْن فَهِي أَهْلُ الْسُّنَّة وَالْجَمَاعَة مِن
فْرِيْقَى الْرَّأْي وَالْحَدِيْثِ دُوْن مَن يَشْتَرِى لَهْوَ الْحَدِيْثِ
Komentarku ( Mahrus
ali ) :
Maksud ahl al-ra’y
adalah orang yang menggunakan akal pikirannya dlm beragama dan ini di golongkan
sebagai ah lus sunnah wal jama`ah
menurut Al baghdadi itu . Menurut saya sendiri beragama itu harus berlandaskan hadis dan al quran .
Bukan pendapat manusia yang mungkin benar atau keliru.
Dalam http://fuad.wordpress.com/ adav artikel sbb :
Muhammad_Fuad menulis
sbb :
Mei 6, 2011
APABILA HADITS
BERTENTANGAN DENGAN PENDAPAT- PRINSIP-PRINSIP IMAM ASY-SYAFI’I DALAM BERAGAMA
Sumber: Blog Abang
Dani
Inilah prinsip imam
syafi’i dalam beragama, harap orang-orang yang mengaku bermadzhab syafi’i
mengikuti prinsip imam mereka ini:
Imam Syafi’i telah
berwasiat emas kepada kita semua apabila ada hadits yang bertentangan dengan
pendapat kita, maka hendaknya kita mendahulukan hadits dan berani meralat
pendapat kita.
Imam Ibnu Rojab
berkata: “Adalah Imam Syafi’i sangat keras dalam hal ini, beliau selalu
mewasiatkan kepada para pengikutnya untuk mengikuti kebenaran apabila telah
nampak kepada mereka dan memerintahkan untuk menerima sunnah apabila datang
kepada mereka sekalipun menyelisihi pendapat beliau”.[1]
Syaikh Jamaluddin
Al-Qosimi juga berkata: “Imam Syafi’i sangat mengangungkan Sunnah, mendahulukan
sunnah daripada akal, kapan saja sampai kepada beliau sebuah hadits maka beliau
tidak melampui kandungan hadits tersebut”.[2]
Banyak sekali bukti
akan hal itu. Cukuplah sebagian nukilan berikut sebagi bukti akan hal itu:
1. Robi’ (salah
seorang murid senior Syafi’i) berkata: “Saya pernah mendengar Imam Syafi’i
meriwayatkan suatu hadits, lalu ada seorang yang hadir bertanya kepada beliau:
“Apakah engkau berpendapat dengan hadits ini wahai Abu Abdillah? Beliau
menjawab:
مَتَى رَوَيْتُ عَنْ
رَسُوْلِ اللهِ حَدِيْثًا صَحِيْحًا وَلَمْ آخُذْ بِهِ، فَأُشْهِدُكُمْ أَنَّ
عَقْلِيْ قَدْ ذَهَبَ
“Kapan saja saya
meriwayatkan sebuah hadits shohih dari Rasulullah kemudian saya tidak
mengambilnya, maka saksikanlah bahwa
akalku telah hilang”.[3]
2. Imam Syafi’i juga
berkata:
يَا ابْنَ أَسَدٍ
اقْضِ عَلَيَّ حَيِيْتُ أَوْ مُتُّ أَنَّ كُلََّ حَدِيْثٍ يَصِحُّ عَنْ رَسُوْلِ
اللهِ فَإِنِّيْ أَقُوْلُ بِهِ وَإِنْ لَمْ يَبْلُغْنِيْ
“Wahai Ibnu Asad,
putuskanlah atasku, baik aku masih hidup atau setelah wafat bahwa setiap hadits
yang shahih dari Rasulullah, maka sesungguhnya itulah pendapatku sekalipun
hadits tersebut belum sampai kepadaku”.[4]
3. Al-Humaidi (salah
seorang murid Syafi’i) berkata: “Suatu kali Imam Syafi’i meriwayatkan suatu
hadits, lalu saya bertanya kepada beliau: Apakah engkau berpendapat dengan
hadits tersebut? Maka beliau menjawab:
رَأَيْتَنِيْ
خَرَجْتُ مِنْ كَنِيْسَةٍ، أَوْ عَلَيَّ زُنَّارٌ، حَتَّى إِذَا سَمِعْتُ عَنْ
رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم حَدِيْثًا لاَ أَقُوْلُ بِهِ وَلاَ
أُقَوِّيْهِ؟
“Apakah kamu
melihatku keluar dari gereja atau memakai pakaian para pendeta sehingga bila
aku mendengar sebuah hadits Rasulullah, aku tidak berpendapat dengan hadits
tersebut dan tidak mendukungnya?!!”.[5]
“Dalam ucapan ini
terdapat bantahan yang jelas bagi para ahli taklid yang taklid buta pada imam
atau madzhab tertentu sehingga ketika didatangkan kepada mereka hadits Nabi
yang shahih, mereka berpaling seraya mengatakan: Kami bermazdhab Syafi’i, atau
madzhab kami Abu Hanifah dan sebagainya.
Lihatlah bagaimana
Imam Syafi’i merasa heran dan mengingkari seorang yang bertanya kepadanya:
Apakah engkau akan mengambil hadits yang engkau riwayatkan? Perhatikanlah wahai
saudaraku bagaimana jawaban Imam Syafi’i, beliau menyamakan orang yang
meninggalkan hadits dengan orang Nashrani yang kafir?!!!”.[6]
4. Imam Syafi’i
berkata: “
إِذَا صَحَّ
الْحَدِيْثُ فَهُوَ مَذْهَبِيْ
“Apabila ada hadits
shohih maka itulah madzhabku”.[7]
Ucapan emas dan
berharga ini memberikan beberapa faedah kepada kita:
a. Madzhab Imam
Syafi’i dan pendapat beliau adalah berputar bersama hadits Nabi. Oleh karena
itu, seringkali beliau menggantungkan pendapatnya dengan shahihnya suatu hadits
seperti ucapannya “Apabila hadits Dhuba’ah shahih maka aku bependapat
dengannya”, “Apabila hadits tentang anjuran mandi setelah memandikan mayit
shohih maka aku berpendapat dengannya” dan banyak lagi lainnya sehingga dikumpulkan
oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqolani dalam kitab berjudul “Al-Minhah Fiima
‘Allaqo Syafi’i Al-Qoula Fiihi Ala Sihhah”.[8]
b. Hadits yang lemah
dan palsu bukanlah madzhab Imam Syafi’i, karena beliau mensyaratkan shohih.
Imam Nawawi berkata
menjelaskan keadaan Imam Syafi’i: “Beliau sangat berpegang teguh dengan hadits
shahih dan berpaling dari hadits-hadits palsu dan lemah. Kami tidak mendapati
seorangpun dari fuqoha’ yang perhatian dalam berhujjah dalam memilah antara
hadits shohih dan dho’if seperti perhatian beliau. Hal ini sangatlah nampak
sekali dalam kitab-kitabnya, sekalipun kebanyakan sahabat kami tidak menempuh
metode beliau”.[9]
Al-Hafizh al-Baihaqi
juga berkata setelah menyebutkan beberapa contoh kehati-hatian beliau dalam
menerima riwayat hadits: “Madzhab beliau ini sesuai dengan madzhab para ulama
ahli hadits dahulu”.[10]
c. Imam Syafi’i tidak
mensyratakan suatu hadits itu harus mutawatir, tetapi cukup dengan shohih saja,
bahkan beliau membantah secara keras orang-orang yang menolak hadits shohih
dengan alasan bahwa derajatnya hanya ahad bukan mutawatir!!
Demikianlah beberapa
contoh pengagungan beliau terhadap sunnah Nabi dan peringatan keras beliau
terhadap menolak Sunnah Nabi. Maka ambilah pelajaran wahai orang yang
berakal!!.
Komentarku ( Mahrus
ali )
Jadi berpendapat dalam beragama bukan ajaran yang benar , lihat Imam Bukhari
sendiri berkata :
بَاب مَا كَانَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسْأَلُ مِمَّا لَمْ يُنْزَلْ
عَلَيْهِ الْوَحْيُ فَيَقُولُ لَا أَدْرِي أَوْ لَمْ يُجِبْ حَتَّى يُنْزَلَ
عَلَيْهِ الْوَحْيُ وَلَمْ يَقُلْ بِرَأْيٍ وَلَا بِقِيَاسٍ لِقَوْلِهِ تَعَالَى (
بِمَا أَرَاكَ اللَّهُ )
Nabi SAW ditanya
tentang sesuatu yang tiada dalilnya dalam al Quran lalu beliau berkata :” Tidak tahu “ atau tidak menjawab hingga wahyu diturunkan .
Beliau tidak berpendapat atau menggunakan
qiyas karena Allah berfirman :
إِنَّا أَنْزَلْنَا
إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ لِتَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ بِمَا أَرَاكَ اللَّهُ
وَلَا تَكُنْ لِلْخَائِنِينَ خَصِيمًا
Sesungguhnya Kami
telah menurunkan Kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu mengadili
antara manusia dengan apa yang telah Allah wahyukan kepadamu, dan janganlah
kamu menjadi penantang (orang yang tidak bersalah), karena (membela)
orang-orang yang khianat,[11]
بَاب تَعْلِيمِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُمَّتَهُ مِنَ الرِّجَالِ
وَالنِّسَاءِ مِمَّا عَلَّمَهُ اللَّهُ لَيْسَ بِرَأْيٍ وَلَا تَمْثِيلٍ *
Nabi S.A.W.
mengajari umatnya lelaki atau
perempuan dengan apa yang diajarkan oleh Allah kepadanya tidak menggunakan pendapat atau perumpamaan . [12]
Banyak ayat yang
melarang berpendapat dalam beragama sbb
:
أَمْ يَقُولُونَ
تَقَوَّلَهُ بَلْ لَا يُؤْمِنُونَ
Ataukah mereka
mengatakan: "Dia (Muhammad) membuat-buatnya". Sebenarnya mereka tidak
beriman.[13]
أَمْ يَقُولُونَ
افْتَرَاهُ قُلْ إِنِ افْتَرَيْتُهُ فَلَا تَمْلِكُونَ لِي مِنَ اللَّهِ شَيْئًا
هُوَ أَعْلَمُ بِمَا تُفِيضُونَ فِيهِ كَفَى بِهِ شَهِيدًا بَيْنِي وَبَيْنَكُمْ
وَهُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
Bahkan mereka
mengatakan: "Dia (Muhammad) telah mengada-adakannya (Al Qur'an)",
Katakanlah: "Jika aku mengada-adakannya, maka kamu tiada mempunyai kuasa
sedikitpun mempertahankan aku dari (azab) Allah itu. Dia lebih mengetahui
apa-apa yang kamu percakapkan tentang Al Qur'an itu. Cukuplah Dia menjadi saksi
antaraku dan antaramu dan Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha
Penyayang".[14]
Muhammad pun tidak berani berbuat atiuran
agama sebab beliau tidak memiliki hak
untuk itu . Allah menerangkan :
أَمْ لَهُمْ
شُرَكَاءُ شَرَعُوا لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ
وَلَوْلَا كَلِمَةُ الْفَصْلِ لَقُضِيَ بَيْنَهُمْ وَإِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ
عَذَابٌ أَلِيمٌ
Apakah mereka
mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama
yang tidak diizinkan Allah? Sekiranya tak ada ketetapan yang menentukan (dari
Allah) tentulah mereka telah dibinasakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang
zalim itu akan memperoleh azab yang amat pedih.[15]
. أَلَا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ
Ingatlah, hanya
kepunyaan Allah-lah agama yang bersih [16]
Dan masih banyak ayat – ayat yang
mengharuskan berpegangan dalil dalam beragama
bukan dengan pegangan pendapat orang yang mungkin menyesatkan atau
meluruskan .
DR. ASMADI MOHAMED
NAIM menulis lagi :
lGolongan pertama,
mereka yang menguasai ilmu khususnya dalam bab Tauhid (meng-esa-kan Allah) dan
kenabian, hukum-hukum wa’ad (khabar gembira) dan wa’id (ancaman seksa), pahala
dan balasan, syarat-syarat ijtihad, pemerintahan dan kepimpinan. Mereka yang
melalui jalan ini ialah ulama Kalam (Tauhid) yang bebas dari fahaman tasybih
(menyerupakan sifat Allah dengan makhluk) dan bebas daripada fahaman ta’til
(yang menafikan sifat-sifat yang Azali bagi Allah SWT), dan bebas daripada
bidaah al-Rafidhah, Khawarij, Jahmiah, Najariah dan seluruh pengikut bidaah dan
hawa nafsu.
Arabnya sbb :
الفرق بين الفرق
لعبد القاهر - (ج 1 / ص 208)
صِنْفٌ مِنْهُم
أَحَاطُوْا عِلْمًا بِأَبْوَابِ الْتَّوْحِيْدِ وَالْنُّبُوَّةِ وَأَحْكَامِ
الْوَعْد وَالْوَعِيد، وَالْثَّوَابِ وَالْعِقَابِ، وَشُرُوْط الِإِجْتِهَادِ،
وَالْإِمَامَة، وَالزَّْعَامَةِ، وَسَلَكُوْا فِي هَذَا الْنَّّوْعِ مِن الْعِلْمِ
طُرُقَ الْصِّفَاتِيَّةِ مِن الْمُتَكَلِّمِيْنَ الََّذِيْنَ تَبَرَّءُوْا مِن
التَّشْبِيْهِ وَالْتَّعْطِيْل، وَمِن بِدَعِ الرَّافِضَةِ وَالْخَوَارِجِ
وَالْجَْهِمِيَّةِ وَالنَّجَارِيّةِ وَسَائِرِ أَهْلِ الْأَهْوَاءِ الْضَّالََّّةِ
Komentarku ( Mahrus
ali )
Ada kekeliruan
terjemahan yaitu kalimat :
وَالْثَّوَابِ
وَالْعِقَابِ
Beliau mengartikan :
), pahala dan balasan
. Arti seperti itu
kurang pas . Mestinya pahala dan siksaan . Bukan balasan yang mungkin di artikan pahala atau siksa .
Lalu berijtihad dan
sarat – saratnya di masukkan dalam ajaran aswaja > Ini yang tidak memiliki
dalil , mana dalilnya ijtihad , tidak ada dalil . Seluruh dalil ijtihad telah saya teliti dan seluruh jalurnya lemah .
Sebab , ijtihad adalah sama dengan
berpendapat . Disini tidak perlu saya
ulas lagi , tapi anda boleh lihat dlm bab hukum Ijtihad dalam blog saya ini .
DR. ASMADI MOHAMED
NAIM menulis sbb :
Mereka yang melalui
jalan ini ialah ulama Kalam (Tauhid) yang bebas dari fahaman tasybih
(menyerupakan sifat Allah dengan makhluk) dan bebas daripada fahaman ta’til
(yang menafikan sifat-sifat yang Azali bagi Allah SWT), dan bebas daripada
bidaah al-Rafidhah, Khawarij, Jahmiah, Najariah dan seluruh pengikut bidaah dan
hawa nafsu
Komentarku ( Mahrus
ali )
Apakah tidak mengerti bahwa Ilmu kalam itu di benci oleh ulama ahlus sunnah , lantas anda masukkan termasuk
golongan ahlus sunnah .
Imam Syafi'i pernah
berkata, "Tidak ada yang lebih aku benci daripada ilmu kalam dan
ahlinya."
Al-Muzani berkata,
"Merupakan madzhab Imam Syafi'i membenci kesibukan dalam ilmu kalam.
Beliau melarang kami
sibuk dalam ilmu kalam." Ketidaksukaan beliau sampai pada tingkat memberi
fatwa bahwa hukum bagi ahli ilmu kalam adalah dipukul dengan pelepah kurma,lalu
dinaikkan ke atas punggung unta dan digiring berkeliling di antara
kabilahkabilahdengan mengumumkan bahwa itu adalah hukuman bagi orang yang
meninggalkan alQur'an
dan Sunnah dan memilih ilmu kalam.
قَالَ أَبُو حَامِدٍ
الْغَزَالِيُّ " أَكْثَرُ النَّاسِ شَكًّا عِنْدَ الْمَوْتِ أَهْلُ
الْكَلَامِ
"
Abu Hamid Al-Ghazali
mengatakan, " Paling banyak orang
yang ragu ketika
mati adalah orang ahli ilmu kalam
[17]
بْنُ وَاصِلٍ الحموي
كَانَ يَقُولُ : " أَسْتَلْقِي عَلَى قَفَايَ وَأَضَعُ الْمِلْحَفَةَ عَلَى
نِصْفِ وَجْهِي ثُمَّ أَذْكُرُ الْمَقَالَاتِ وَحُجَجَ هَؤُلَاءِ وَهَؤُلَاءِ
وَاعْتِرَاضَ هَؤُلَاءِ وَهَؤُلَاءِ حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ وَلَمْ يَتَرَجَّحْ
عِنْدِي شَيْءٌ
"
Ben Wasil Al Hamwi
berkata: "aku berbaring dengan belakang kepalaku dan meletakkan selimut di setengah wajahku,
kemudian aku ingat artikel dan argumen ini dan itu, dan jawaban mereka dan mereka sampai
fajar terbit , tiada satupun yang
bisa di buat keputusan yang pas . "
[18]
وَكَذَلِكَ أَبُو
عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ الرازي قَالَ فِي كِتَابِهِ الَّذِي
صَنَّفَهُ فِي أَقْسَامِ اللَّذَّاتِ ] : " لَقَدْ تَأَمَّلْت الطُّرُقَ
الْكَلَامِيَّةَ وَالْمَنَاهِجَ الْفَلْسَفِيَّةَ فَمَا رَأَيْتهَا تَشْفِي
عَلِيلًا وَلَا تَرْوِي غَلِيلًا وَرَأَيْت أَقْرَبَ الطُّرُقِ طَرِيقَةَ
الْقُرْآنِ
Seperti halnya Abu
Abdullah Muhammad bin Umar al-Razi mengatakan dalam bukunya yang di karang di
bagian kesenangan]:
"Saya merenungkan pendekatan cara verbal
dan filosofis, namun aku tidak melihat nya bisa menyembuhkan orang sakit atau
menyegarkan orang yang haus. Saya melihat gaya jalan terdekat adalah Quran [19]
Lalu Al baghdadi menyatakan orang yang punya sepesialisasi dalam ilmu
kalam adalah ahlus sunnah yang selamat . Di antara para sahabat jarang yang
ahli dalam ilmu kalam . Mereka hanya berpegangan kepada al quran dan hadis dan
ini lebih layak untuk di ikuti dan bagi mereka yang ahli dalam ilmu kalam sering debat dan kebanyakan mereka menyimpang
.
Pembagian aswaja yang delapan itupun tidak
memiliki dalil , bid`ah sekali dan lebih baik di simpan dari pada di publikasikan lalu menyesatkan orang
banyak.
DR. ASMADI MOHAMED
NAIM menulis lagi :
Golongan kedua ialah
imam-imam fiqh sama ada kumpulan yang cenderung pada rakyun (dalil aqal) atau
hadis. Iaitu mereka yang beriktikad (berkeyakinan) pada perkara usuluddin
dengan mazhab-mazhab sifat pada Allah dan pada sifat-sifatnya yang azali
(membicarakan sifat-sifat Allah SWT sebagaimana sifat 20), dan mereka bebas
daripada fahaman Qadariah dan Muktazilah; mereka menetapkan melihat Allah Taala
dengan mata (di akhirat kelak) dengan mata tanpa tasybih (menyerupakan Allah
dengan makhluk), tanpa ta’til’ (menafikan sifat-sifat Allah). ………..
Komentarku ( Mahrus
ali )
Arabnya sbb :
وَالصِّنْف
الْثَّانِي مِنْهُم: أَئِمَّة الْفِقْه مَن فَرِيْقَي الْرَّأْي وَالْحَدِيْث، مَن
الَّذِيْن اعْتَقَدُوْا فِي أُصُوْل الْدِّيْن مَذَاهِب الْصِّفَاتِيَّة فِي
الْلَّه وَفِي صِفَاتِه الْأَزَلِيَّة، وَتَبَرَّءُوْا مِن الْقَدَر
وَالَإِعْتَزَال، وَأَثْبَتُوْا رُؤْيَة الْلَّه تَعَالَى بِالْأَبْصَار مِن غَيْر
تَشْبِيْه وَلَا تَعْطِيْل،
Lalu di potong dan
tidak di terjemahkan . Pada hal sangat
penting . . Kalimatnya sbb :
وَأَثْبَتُوْا
الْحَشْر مَن الْقُبُوْر، مَع إِثْبَات الْسُّؤَال فِي الْقَبْر، زَمَع إِثْبَات
الحُزض وَالْصِّرَاط وَالْشَّفَاعَة وَغُفْرَان الْذُّنُوب الَّتِى دُوْن
الْشِّرْك.
وَقَالُوْا:
بِدَوَام نَعِيْم الْجَنَّة عَلَى أَهْلِهَا، وَدَوَام عَذَاب الْنَّار عَلَى
الْكَفَرَة،
وَقَالُوْا:
بِإِمَامَة أَبِي بَكْر، وَعُمَر، وَعُثْمَان، وَعَلَي، وَأَحْسِنُوَا الْثَّنَاء
عَلَى الْسَّلَف الْصَّالِح مِن الْأُمَّة، وَرَأَوُا وُجُوْب الْجُمُعَة خَلْف
الْأَئِمَّة الَّذِيْن تَبَرَّءُوْا مِن أَهْل الْأَهْوَاء الْضَّالَّة،
ورِوَّأَوا وُجُوْب اسْتِنْبَاط أَحْكَام الْشَرِيعَة مِن الْقُرْآَن وَالْسُّنَّة
وَمَن إِجْمَاع الْصَّحَابَة، وَرَأَوُا جَوَاز الْمَسْح عَلَى الْخُفَّيْن،
وَوُقُوْع الْطَّلَاق الثَّلَاث، وَرَأَوُا تَحْرِيْم الْمُتْعَة، وَرَأَوُا
وُجُوْب طَاعَة الْسُّلْطَان فِيْمَا لَيْس بِمَعْصِيَة.
Komentarku ( Mahrus ali )
Saya kurang sreg
dengan tokoh – tokoh fikih , sebab mereka selalu menggunakan pendapat dalam
beragama . Saya suka dengan tokoh ahli hadis dan al quran . Ini lebih saya tekankan kepada pembaca .
DR. ASMADI MOHAMED
NAIM menulis lagi sbb :
Termasuk dalam
golongan ini ialah murid-murid kepada Malik, al-Shafie, al-Auza’i, al-Thauri,
Abu hanifah, Ibn Abu Laila (wafat148H), sahabat-sahabat Abu Thaur (wafat240H),
sahabat-sahabat Ahmad bin Hanbal (wafat241H), ahli al-Zahir, keseluruhan ulama
fiqh yang beriktikad dalam bab-bab akal ini dengan prinsip-prinsip Sifat
(tauhid yang membahaskan Sifat-sifat Allah). Dan mereka tidak mencampurkannya
dengan apa-apa daripada ahli bidaah dan hawa nafsu.
Komentarku ( Mahrus
ali )
Arabnya sbb :
الفرق بين الفرق
لعبد القاهر - (ج 1 / ص 209)
وَيَدْخُل فِي هَذِه
الْجَمَاعَة أَصْحَابُ مَالِك وَالْشَّافِعِي وَالْأَوْزَاعِي وَالْثَّوْرِي
وَأَبُو حَنِيْفَة وَابْن أَبِي لَيْلَى وَأَصْحَابُ أَبِي ثَوْر وَأَصْحَابُ
أَحْمَد بْن حَنْبَل وَأَهْل الْظَّاهِر وَسَائِر الْفُقَهَاء الَّذِيْن
اعْتَقَدُوْا فِي الْأَبْوَاب الْعَقْلِيَّة أُصُوْل الْصِّفَاتِيَّّة، وَلَم
يَخْلِطُوْا فِقْهَه بِشَيْءٍ مِن بِدَعِ أَهْلِ الْأَهْوَاء الْضَّالَّة.
Terjemahan yang benar
dari kalimat yang di polas kuning .
Dan mereka tidak
mencampurkannya dengan apa-apa daripada
bida`ah orang – orang orang yang suka mengikuti hawa nafsu.. Maksudnya
bid`ah ahli hawa nafsu adalah bid`ahnya Syi`ah , Qadariyah , Jabariyah ,
Mu`tazilah dll seperti muludan , haul ,
asyura`an dll .
Begitu juga kesalahan dalam terjemahan yang ketiga
ada di kalimat tsb .
DR. ASMADI MOHAMED
NAIM menulis lagi sbb :
lGolongan keenam
ialah, antaranya ialah para ahli zuhud sufi yang mempunyai ilmu maka jauh
pandangan, yang telah dinilai maka ia diiktibarkan, mereka reda dengan hidup
yang ringkas, mereka mengetahui bahawa penglihatan, pendengaran dan hati
dipertanggungjawabkan terhadap kebaikan dan kejahatan; menghisab dengan neraca
zarah-zarah, justeru menyediakan diri mereka dengan sebaik-baik persiapan untuk
hari Kiamat. Perkataan mereka berjalan di atas dua jalan iaitu secara jelas dan
isyarat di atas jalan ahli hadis, tanpa mereka ‘membeli’ pandangan yang
mempermainkan hadis. Mereka tidak melakukan kebaikan kerana riak, tidak pula
meninggalkan kebaikan kerana malu kepada orang lain. Agama mereka hanya satu
dan menafikan pentasybihan (menyerupakan Allah dengan makhluk), mazhab mereka
ialah tafwidh (menyerahkannya) kepada Allah SWT, bertawakal kepada-Nya,
penyerahan kepada-Nya, tenang dengan apa yang direzekikan-Nya. ( Kurang )
Komentarku ( Mahrus
ali )
Arabnya sbb :
الْصِّنْف
الْسَّادِسُ مِنْهُم الزُّهَّاد الصُّوْفِيَّة الَّذِيْن ابُْصِرُوا
فَاقْتَصَُرُوا وَاخْتُبِرُوا فَاعْتَبرَُوْا وَرَضُوْا بِالْمَقْدُوْر
وَقَنِعُوْا بِالْمَيْسُور وَعَلِمُوْا ان الْسَّمْع وَالْبَصَر وَالْفُؤَاد كُلُّ
اوْلَئِك مَسْئُوْل عَن الْخَيْر وَالشَّر وَمُحَاسَب عَلَى مَثَاقِيْل الذَّر
فَاعَدُّوَا خَيْرَ الِاعْتِدَاد لِيَوْم الْمَعَاد وَجَرَى كَلَامُهِم فِى
طَرِيِقَى الْعِبَارَة وَالاشَارَة عَلَى سِمْت اهْل الْحَدِيْث دُوْن مَن
يَشْتَرِى لَهْو الْحَدِيْث لَا يَعْمَلُوْن الْخَيْر رِيَاء وَلَا يَتْرَكُوْنه
حَيَاءً دِيْنُهُم الْتَّوْحِيْدُ وَنَفْىُ التَّشْبِيْه وَمَذْهَبُهُم
الْتَّفْوِيْض الَى الْلَّه تَعَالَى وَالتَّوَكُّل عَلَيْه وَالتَّسْلِيْم
لامْرِه وَالْقَنَاعَة بِمَا رُزِقُوْا وَالْإِعْرَاض عَن الِاعْتِرَاض عَلَيْه
{ذَلِك فَضْل الْلَّه يُؤْتِيه مَن يَشَاء وَالْلَّه ذُو الْفَضْل الْعَظِيْم}.
Ada kekeliruan
terjemah sbb “
الَّذِيْن ابْصُرُوا
فَاقْصُرُوا وَاخْتَبَرُوا فَاعْتَبِرُوْا وَرَضُوْا بِالْمَقْدُوْر وَقَنِعُوْا
بِالْمَيْسُور
maka jauh pandangan,
yang telah dinilai maka ia diiktibarkan mereka reda dengan hidup yang ringkas,
Mestinyaq sbb :
Mereka di beri pandangan hati , lalu bisa merasa puas , di beri cobaan lalu
bisa mengambil pelajaran , rida apa yang di takdirkan dan puas dengan apa
adanya .
دِيْنُهُم الْتَّوْحِيْدُ
Agama mereka hanya
satu
Arti sebenarnya
adalah : Agama mereka tauhid .
وَمُحَاسَب عَلَى
مَثَاقِيْل الذَّر
; menghisab dengan
neraca zarah-zarah,
Mestinya
: Di hisap sekalipun seberat dzarrah .
Lalu kalimat ini di
tinggalkan :
وَالْإِعْرَاض عَن
الِاعْتِرَاض عَلَيْه {ذَلِك فَضْل الْلَّه يُؤْتِيه مَن يَشَاء وَالْلَّه ذُو
الْفَضْل الْعَظِيْم}.
Dan tidak suka perotes kepada Allah . Itulah
karunia Allah yang di berikan kepada orang yang di kehendaki . Allah Maha
pemberi karunia yang agung .
Kita kembali kepada
hadis bahwa golongan yang selamat adalah
yang mengikuti Nabi dan sahabatnya ketika beliau masih hidup .
افْتَرَقَتْ
الْيَهُودُ عَلَى إحْدَى وَسَبْعِينَ فِرْقَةً كُلُّهَا فِي النَّارِ إلَّا
وَاحِدَةً وَافْتَرَقَتْ النَّصَارَى عَلَى اثْنَتَيْنِ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً
كُلُّهَا فِي النَّارِ إلَّا وَاحِدَةً وَسَتَفْتَرِقُ هَذِهِ الْأُمَّةُ عَلَى
ثَلَاثٍ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً كُلُّهَا فِي النَّارِ إلَّا وَاحِدَةً
Kaum yahudi terpecah belah menjadi
71 golongan . Seluruhnya di neraka kecuali satu kelompok. Dan kaum Nasrani terpecah menjadi 72 sekte seluruh nya di neraka kecuali satu. Dan umat
ini akan terpecah menjadi 73 kelompok. Seluruhnya di neraka kecuali satu. Para
sahabat berkata : “Wahai Rasulullah ! Siapakah
golongan yang selamat? Rasul
bersabda : “ مَنْ كَانَ عَلَى مِثْلِ مَا أَنَا عَلَيْهِ الْيَوْمَ
وَأَصْحَابِي Orang yang
berpegangan kepada prilakuku dan
sahabat –sahabatku sekarang “. [20]
72 golongan tsb tidak
konsis dalam menjalankan al Quran dan hadis , bahkan kalau perlu keduanya di tolak bilabertentangan dengan
budaya ,pendapat ulama ` mazhab ,apalagi
imamnya .jadi seolah hadis dan al Qur an di taruh di belakang dengan alasan ,kita belum mampu belajar atau
mengambil keputusan hukum dari keduanya .
Kita katakan kepada mereka :”Para
sahabat itu tidak semuanya
pandai,menguasai hadis , tapi juga banyak yang bodoh , tapi mereka tidak bermazhab dan langsung mengamalkan keduanya .
[1] Al-Farqu Baina
Nashihah wa Ta’yir hlm. 9.
[2] Syarh Al-Arba’in Al-Ajluniyyah hlm. 262.
[3] Al-Faqih wal
Mutafaqqih 1/389 oleh al-Khothib al-Baghdadi.
[4] Al-I’tiqod hlm.
133 oleh al-Baihaqi.
[5] Manaqib Syafi’i
1/475 oleh al-Baihaqi.
[6] Silsilah Atsar
Shahihah hlm. 25.
[7] Hilyatul Auliya’ 9/170 oleh Abu Nu’aim dan
dishohihkan an-Nawawi dalam Al-Majmu’ 1/63. Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata:
“Ucapan ini masyhur dari beliau”. (Tawali Ta’sis hlm. 109). Dan as-Subki
memiliki kitab khusus tentang ucapan ini berjudul “Makna Qoulil Imam
Al-Muthollibi Idha Shohhal Haditsu Fahuwa Madzhabi”.
[8] Lihat Tawali
Ta’sis hlm. 109 oleh Ibnu Hajar, Mu’jam Al-Mushonnafat Al-Waridah fi Fathil
Bari hlm. 415 oleh Syaikhuna Masyhur bin Hasan Salman.
[9] Al-Majmu’ 1/28.
[10] Risalah
Al-Baihaqi ila al-Juwaini sebagaimana dalam Thobaqot Syafi’iyyah 5/81.
[11] Annisa` 10.
[12] Sahih Bukhori
[13] Atthur 33
[14] Ahqaf 8
[15] Syura 21
[16] Zumar 3
[17] Fatawa Ibnu
taimiyah 296/1
[18] Majmu`Fatawa
Ibnu Taimiyah - (c 1 / hal 296)
[19] Fatawa Ibnu
Taimiyah Jumlah - (c 1 / hal 303)
[20] Lihat Tafsir Al
Baidhowi 470/2. Qurthubi 159/4. Addurul mantsur / 289/2. Abus suud 206/3. Al
baghowi 333/1. Fathul qadir 370/1.
Kasyfud dhunun 1039/1. Annasafi 355/1. Ruhul
maani 68/8. HR Abu D awud 3980. Tirmidzi / Iman /25064.
Ibnu Majah /3981. Ahmad Baqi musnad muktsirin /8046.Dalam riwayat lain di sebut
, golongan yang selamat adalah al jamaah. Penyusun kitab Misbahuz zujajah
berkata : Sanad hadis sahih , perawi – perawinya terpercaya. Abu Ya`la Al maushili
meriwayatkannya.Lihat misbahuz zujajah
3041. Ia juga di riwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam kitab sahihnya 6138. Imam
Tirmidzi menyatakan hadis tsb
hasan sahih .
Madzhab
Syafi'i = Aqidah Asy'ari ???
Rabu, februari 10, 2016
Abu Hanifah Ibnu Yasin menulis
Siapa yang tidak mengenal Al Imam
Ibnu Khuzaimah, shahib kitab Shahih Ibnu Khuzaimah, Muhammad bin Ishaq bin
khuzaimah bin Al Mughirah yang berkunyah dengan Abu Bakr. Tajuddin As Subki
memulai biografi beliau, kalimat pertama yang beliau lontarkan ialah
"Seorang Mujtahid Muthlaq". Beliau adalah salah satu ulama besar
bermadzhab Syafi'i pada thabaqat ketiga (yang wafat antara tahun 300-400 H)
pengarang banyak kitab, dan sangat panjang pujian ulama terhadap beliau
(Thabaqat Asy Syafi'iyyah Al Kubra hal. 84 jilid 3 terbitan DKi)
Aqidah beliau ?
Beliau mengabarkan sendiri
bagaimana aqidah beliau di kitab beliau : Kitab At Tauhid wa Istbat Shifaat Ar
Rabb 'Azza wa Jalla. Di Kitab tersebut beliau menetapkan sejumlah sifat sifat
yang tinggi bagi Allah, yang tidak ditetapkan oleh madzhab Asy'ariyyah. Beliau
menetapkan bagi Allah sifat wajah, sifat mata, sifat kedua tangan, sifat nuzul,
sifat beristiwa diatas Al 'Arsy, sifat kalam, dan juga beliau menetapkan bahwa
Al Qur'an kalamullah (bukan kalam nafsi, ibaroh, atau hikayah 'anillah seperti
versi Asy'ariyyah dan Kullabiyyah), sifat tertawa dll.
Al Muzanni, Abu Ibrahim Isma'il
bin Yahya bin Yahya Al Muzanni, murid Al Imam Muhammad bin Idris Asy Syafi'i di
Mesir. Beliau pun tidak beraqidah dengan aqidah Asy'ariyyah, bahkan beliau
berakidah sebagaimana para ulama sebelum beliau termasuk gurunya, beliau
berkata tentang Allah di kitab beliau Syarhus Sunnah :
عال على عرشه
"Allah tinggi
diatas 'arsy-Nya" (Syarhus Sunnah hal. 81terbitan Dar Al Minhaj)
Maka jelaslah
perbedaan yang tajam antara aqidah beliau dengan aqidah Asy'ariyyah.
Al Imam Asy Syafi'i
sendiri pun tidak beraqidah dengan aqidah Asy'ari. Beliau beraqidah sebagaimana
para ulama sebagaimana tiga generasi awal. Dan ini juga sebagai peringatan bagi
mereka yang masih terus membuat kedustaan atas nama Al Imam Muhammad bin Idris
asy Syafi'i, bagaimana mungkin beliau beraqidah dengan aqidah seseorang yang
baru lahir 56 tahun setelah beliau wafat ?! Asy Syafi'i wafat tahun 204 H,
sedangkan Abul Hasan Al Asy'ari lahir tahun 260 H
Para ulama yang
belajar langsung kepada Al Imam Syafi'i pun tidak ada yang beraqidah dengan
aqidah Asy'ariyyah. Sebut saja semisal : Ahmad bin Sinan, Al Muzanni, Ahmad bin
Hanbal, Ahmad bin Khalid Al Baghdadi, Abu Ja'far Ath Thabari, Ahmad bin 'Amr
bin Abdillah Al Mishri Al Faqih dll dari seluruh murid Asy Syafi'i, TIDAK ADA
SATUPUN DARI MEREKA YANG BERAQIDAH ASY'ARI.
Begitu juga dengan
para ulama Syafi'iyyah lainnya semisal Khathib Al Bahgdadi, Al Isma'iliy, Ibnu
'Adi dll dari kibar Syafi'iyyah yang tidak beraqidah dengan aqidah Asy'ariyyah.
Bahkan Al Khatib Al Baghdadi memiliki sebuah kitab yaitu Al Kalam Fis Sifat,
dimana dalam kitab ini beliau membantah kaum mu'atthilah dengan memberikan
faidah aqidah yang sangat penting yang beliau tuangkan dalam kitab tersebut :
القول في الذات
كالقول في الصفات والقول في بعض الصفات كالقول في البعض الاخر
Demikian pula dengan
Al Imam Asy syirazi asy syafi'i, beliau bahkan membantah aqidah Asy'ariyyah di
kitab beliau Al Luma' dalam bahasan : Al Kalam Fil Al Amri wa Nahyi, dimana
beliau menetapkan sebagaimana penetapan para ulama ushul fiqih dari kalangan
Ahlus Sunnah bahwa Al Amr memiliki shighah yang maudhu'ah dalam bahasa, sesuatu
hal yang diingkari oleh Asy'ariyah karena penetapan mereka bahwa kalamullah
adalah kalam nafsi. (Al Luma' fi Ushul Al Fiqhi hal. 13 terbitan DKi)
Dalam bidang hadits
pun para ulama Syafi'iyyah seperti ingin membedakan antara Asya'iroh dan
Syafi'iyyah sebagaimana. Al Imam Al Bilqini. Beliau berkata :
"Sebagian para
hafizh muta-akkhirin mengutip pendapat semisal pendapat Ibnu Shalah dari sekelompok
ulama madzhab Syafi'i seperti Abu Ishaq Asy Syirozi ....... dan mayoritas Ahli
kalam dari Asy'ariyyah. (Tadribur Rawi hal. 188 jilid 2 terbitan Dar Al
'Ishmah)
Dan lain lain yang
sangat kentara perbedaan antara madzhab Syafi'i dan Asy'ari. Benar saya tidak
menafikan banyak ulama syafi'iyyah yang beraqidah dengan aqidah Asy'ari, akan
tetapi menggeneralisirkan hal tersebut adalah sebuah kekeliruan besar.
Taman Sakinah Tambun
Artikel terkait untuk pendalaman :
Hanya Satu Jalan Menuju Allah Azza Wa Jalla
Siapakah Ahl As-Sunnah
Makna Ahlus Sunnah Wal Jama’ah
Siapakah Ahlussunnah Wal Jama’ah?
Prof. Dr. Kamaluddin Nurdin Marjuni : Siapakah
Ahlu Sunnah Wal Jama'ah?
Silsilah Ulama Ahlus Sunnah
As-Sunnah dan Akal
Ciri-ciri Aqidah dan Karakteristik Pengikut
Ahlussunnah Wal Jama’ah
Sebagian Pokok-Pokok 'Aqidah Ahlus-Sunnah
wal-Jama'ah - Komparasi Antara Klaim dan Realitas
Aqidah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab
Ahlussunnah Wal Jama’ah [Bukti Otentik Dari Surat Beliau Kepada Penduduk
Al-Qashim]
Imam Syafi’i : Sang Pembela Sunnah dan Hadits
Nabi dan Biografi Singkat Imam Ahmad bin Hanbal
Abul-Hasan Al-Asy’ariy Bertaubat ke ‘Aqidah
Asy’ariyyah atau Salafiyyah ?
Hakikat Yang Terlupakan Dari Imam Asy-Syafi'i
Dan Kesamaan Aqidah Imam Empat
Sebagian ‘Aqidah Para Imam Ahli Hadits
Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy, Asyaa’irah
(Asy’ariyyah), dan Bahasan Pemalsuan Kitab Al-Ibaanah ‘an Ushuulid-Diyaanah
Bermadzhab Syafi’i, Berakidah Asy’ari
Ajaran Madzhab Syafi’i Yang Ditinggalkan
Sebagian Pengikutnya : Mengingkari Aqidah Syi’ah
Imam An-Nawawi, Sang Penulis Kitab Hadits
Arbain
Bentuk-Bentuk Perendahan Sunnah Nabi
shallallahu 'alihi wa sallam - Golongan Al Qur’aniun ( Inkar Sunnah )
Makna Ahlussunnah Wal Jama’ah
Mengenal Manhaj Salaf
MULIA DENGAN MANHAJ SALAF: MELURUSKAN PEMAHAMAN
HABIB RIZIEQ SHIHAB
Sejarah Istilah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah: Meluruskan
Pemahaman Habib Rizieq Shihab
Abul-Hasan Al-Asy’ariy Bertaubat ke ‘Aqidah Asy’ariyyah atau
Salafiyyah ?